Berkunjung ke KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok






KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok

Tanggal 17 November 2015 saya dan teman blogger mendapatkan kesempatan mengunjungi  KPU( Kantor Pelayanan Utama) Bea Cukai Tipe A  Tanjung  Priok ,Jakarta Utara.

Dari subuh saya sudah naik kereta dari Stasiun Pondok Ranji menuju  Stasiun Senen karena kita akan berkumpul di depan ITC Cempaka Mas.Tak lama satu persatu teman blogger datang dan kemudian kami naik mobil jemputan berwarna biru dongker.


Saat memasuki wilayah Kantor Bea dan Cukai Tipe A saya sangat takjub karena baru pertama kali saya melihat begitu banyak container berlalu lalang dari yang kecil sampai yang besar.Kami pun memasuki kantor Bea dan Cukai dan masuk di sebuah ruangan dan ternyata peserta kunjungan kali ini tidak hanya blogger,ESQ Bussines School dan Universitas Trisakti.


Tak lama acara pun dimulai namun sebelumnya kita semua yang berada di ruangan itu berdiri menyanyikan lagu Bagi Mu Negeri.Suasana Khidmat dan tenang merasuk ke jiwa saya.
Setelah bernyanyi ada pak Nyoman yang maju kedepan untuk memberikan prosedur safety dan dilanjutkan Kepala bidang humas bapak Nuryanto.
Beliau mengatakan bahwa kunjungan kami dan para mahasiswa ini adalah rangkaian kegiatan Hari Anti Korupsi yang jatuh pada tanggal 9 Desember nanti.



contoh barang-barang ilegal


Dalam acara kunjungan ini Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok ini bekerjasama dengan Kepala Pusat Kepatuhan Internal Kantor Pusat DJBC dan Kepala Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe B Tanjung Priok.
Kepatuhan Internal sendiri adalah unit baru yang berawal dari semangat reformasi transformasi kelembagaan ,reformasi pada lingkungan Direktorat Jendral Bea Cukai  dimulai sejak tahun 1995.Kepatuhan Internal adalah sebuah langkah nyata dari pemberantasan segala bentuk KKN.


Tujuan para peserta kesini  juga adalah para peserta bisa langsung mengetahui  tugas Bea Cukai mulai administrasi dan tugas lapangan.Saya dan peserta yang lain diberikan tema mengenai gambaran Bea Cukai secra umum.

KPU Tanjung Priok memiliki Visi dan Misi


Visi : 

MENJADI KANTOR PERCONTOHAN BAGI PENINGKATAN KINERJA DAN CITRA DIREKTORAT BEA DAN CUKAI 

Misi :

MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA DAN MELAKSANAKAN PENGAWASAN YANG EFEKTIF KEPADA INDUSTRI PERDAGANGAN DAN MASYARAKAT.



Tanjung Priok ini merupakan barometer perekonomian Indonesia bayangkan  saja 70% ekspor impor dilakukan disini.Pelabuhan Tanjung Priok ini juga merupakan pelabuhan terbesar di Indonesia.


Tugas Bea Cukai yaitu melakukan pelayanan dan pengawasan kegiatan ekspor impor ini.KPU Tanjung Priok sendiri melakukan sebanyak 144 jenis layanan.Dengan segitu banyaknya pelayanan maka KPU Bea Cukai sendiri membuka 24 jam /7hari layanan.
Jika ingin mengetahui  lebih jauh dan beberapa informasi bisa di

Hallo KPU telp : 500-004 
fax : 43931365 atau 

jika di persulit oleh petugas atau pengaduan  kita juga bisa menghubungi Unit Kepatuhan Internal
  Telp :021-45603000 SMS : 08128280777 dan Pin BB: 2616B668


KPU Bea Cukai Tanjung Priok memiliki Budaya Anti KKN :

  • ·         Tolak = Menolak pemberian dari pengguna jasa .

  • ·         Catat = Catat nama,waktu,tempa kejadian dan bentuk pemberian.

  • ·         Laporkan=Laporkan memalui bidang Kepatuhan Internal.

kapal ini ada di depan Kantor atau tidak jauh dari pelabuhan kapal patroli
Setelah mendengarkan berbagai informasi saya dan semua peserta lain di ajak naik kapal patroli.Saat menaiki kapal patroli kita semua memakai baju pelampung lho hehe.Di atas kapal kami semua disediakan aneka makanan yang pastinya sehat tanpa lemak seperti jagung rebus,ubi rebus,kacang rebus dan dilengkapi aneka buah-buahan wuhuuuu langsung di serbuuu lho hehe.

Para blogger heboh pisan klo ketemu makanan hehe yummy





Sepanjang mata memandang saya melihat banyak sekali kontainer-kontainer berbagai ukuran dari yang besar sampai yang kecil.Tak kalah banyak dengan kapal-kapal yang siap mengangkut aneka kontainer untuk di ekspor,Para pasukan TNI AL yang sedang latihan dan saya melihat proses reklamasi pelabuhan Tanjung Priok yang baru,pelabuhan diatas air.


Foto bersama setelah keliling naik kapal
Setelah keliling naik kapal patroli dan mabok laut saya dan para peserta lain di ajak ke tempat HI-CO SCAN yaitu tempat pemeriksaan barang impor yang masuk ke Indonesia.


Hi-Co Scan Double X-Ray
Di tempat Hi-Co Scan ini kita bisa melihat benda-benda mencurigakan yang ada di dalam kontainer karena radiasinya saja 1000x lipat dari rotgen biasa yang ada di rumah sakit.Segala peralatan disini modern jadi Truk kontainer itu mesin na dimatikan dan truk itu akan jalan sendiri menuju ruangan X-Ray tentunya dengan alat khusus ya dan apabila ada manusia yang masuk ke ruangan X-Ray disana ada tali khusus yang bisa di tarik dan tali tersebut dapat menghentikan semua kegiatan men SCAN barang.

Di tempat itu juga ada berbagai sisi TV yang tentunya sangat membantu sekali juka ada kejanggalann-kejanggalan yang terjadi.


Contoh hasil X-Ray barang
Setelah itu kami sermua peserta diajak ke kantor pengurusan dokumen Export Import yang berada tak jauh dari HI-CO SCAN.

pengurusan dokumen

Ruangan pemeriksaan dokumen
Pemeriksaan dokumen sendiri kalau berkasnya sudah lengkap hanya 10 menit waktu yang di butuhkan untuk mengurusnya.Pemeriksaan dokumen sendiri  buka dari pukul 8 pagi sampai pukul 8 malam.

Tempat pemeriksaan dokumen adalah tempat terakhir yang kami kunjungi.Banyak sekali pengalaman menyambangi Bea dan Cukai ternyata kita perlu mengapresiasi kinerja para petugas Bea Cukai yang mampu menggagalkan berbagai jenis barang terlarang dan menghapuskan KKN di birokrasinya dengan Budaya Anti Korupsinya.


1 komentar


  1. http://www.kpubeacukaipriok.net atau
    Hallo KPU telp : 500-004
    fax : 43931365 atau

    jika di persulit oleh petugas atau pengaduan kita juga bisa menghubungi Unit Kepatuhan Internal
    Telp :021-45603000 SMS : 08128280777 dan Pin BB: 2616B668

    itu semua tidak bisa di akses/di hubungi...
    kalo nulis itu cari infomasi yg akurat jangan setengah setengah

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉