Wednesday, December 20, 2017

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asia Para Games 2018


Asia Para Games APG 2018

Assalamu'alaikum.
Pernah kah kita mengeluh dengan kondisi kita? Jujur saja kalau saat-saat lagi hopelesss dan capek entah kenapa saya suka mengeluh.Misalnya saja muka yang lagi berjerawat tak henti-hentinya saya mengeluh karena jerawat merusak muka dan mengurangi rasa percaya diri saya.

Saya selalu berdoa ya Allah saya pingin cantik dan mulus dengan wajah tanpa noda bekas jerawat.Tanpa saya sadari bahwa ternyata terus mengeluh hanya membuat saya tidak bahagia dan jauh dari bersyukur.Kalau sudah begitu pusing uring-uringan karena jerawat untuk mengembalikan kepercayaan diri saya biasanya saya keluar rumah.

Dengan keluar rumah kita bisa melihat bagaimana kondisi saya jauh lebih baik dari mereka.Banyak orang yang tidak lengkap anggota tubuhnya tapi masih bersyukur dan terus berjuang menjalani hidup.Tapi apa dengan saya , hanya karena jerawat sudah mengeluh... Astaghfirullah.

Keadaan makin terpukul karena tidak bersyukur saat saya menghadiri acara di Summarecon mal Serpong beberapa waktu lalu.Yang mana acara tersebut mesosialisasikan Asia Para Games 2018.Sebuah banner besar dengan wajah salah satu atlet disabilitas yang sedang berjuang dan seakan menunjukkan Semangat nya.

Malu dan haru...itu yang saya rasakan saat melihat banner itu.

Tentang Asia Para Games 2018 

Asia Para Games merupakan pesta olahraga difabel.Yups..pesta olahraga difabel bisa dibilang kalah tenar dengan pesta olah raga lainya.Tapi tau ga sih kalau tahun 2018 nanti Asian Para Games ini akan diadakan di Indonesia.

Sangat bangga sekali karena Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang dipilih untuk menyelenggarakan Asia Para Games.Kesempatan ini juga menjadi salah satu implementasi dari undang-undang No.8 Tanhun 2016 mengenai penyandang dissabilitas.

Pada tahun 2018 nanti Indonesia akan menerima sekitar 3.000 atlet penyandang disabilitas dan ofisial dari 43 negara di Asia anggota dari Asian Paralympic Committee.

Sebanyak 18 cabang olahraga dengan 582 nomor pertandingan akan dilagakan selama delapan hari pada 6-13 Oktober tahun depan.Kabar gembira ini tentunya harus disiarkan atau divocalkan lebih gaung lagi makanya Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) saat ini melakukan beberapa persiapan untuk APG 2018.




Saat ini INAPGOC sudah melakukan sosialisasi di 20 titik di 16 kota di Indonesia salah satunya di Summarecon Mal Serpong ini.Tak hanya melakukan sosialisasi saja tapi juga melakukan berbagai persiapanyang sudah berlangsung seperti melakukan perbaikan fasilitas oalhnraga dan asrama atlet.Dilakukan juga beberapa renovasi dibeberapa bangunan yang mana disajikan untuk ramah penyandang disabilitas.

Ada pula slogan Asian Para Games 2018 yaitu "The Inspiring Spirit and Energy of Asia" yang menghadirkan empat misi yaitu determination, courage, equality dan inspiration.Empat misi ini tentunya memiliki makna tersendiri yang mana semua atlet yang ikut diharapkan memiliki tekad yang kuat , kepercayaan diri dalam menghadapi segala tantangan baik fisik maupun mental.

Asia Para Games 2018 juga memiliki sebuah maskot yaitu elang bondol yang bernama Momo (Motivation and Mobility).Slogan dan logo ini seakan memberikan semangat kepada atlet agar tetap percaya diri dan memberikan inspirasi untuk yang lain.

Banyak yang belum tahu juga termasuk saya sendiri ternyata Indonesia pada tahun 2017 menyandang sebagai juara umum ASEAN Para Games yang diadakan di Malaysia.Merinding mendengarnya para atlet difabel saja mampu mengharumkan nama Indonesia tapi kita dengan tubuh yang lengkap apa kah sudah memberikan sumbangsih nyata?.

Seperti yang kita tahu bahwa para difabel masih dipandang sebelah mata dan masih belum merasakan kesamaan hak dengan masyarakat umumnya.Namun melalui moment ini Indonesia memiliki kesempatan untuk membuktikan diri untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi.

Berpartisipasi sebagai Volunter

Ingin berpartisipasi di pesta olahraga difabel tahun depan? Bisa banget nih jadi Asia Para Games 2018 juga membuka volunteer atau relawan.Volunteer yang dibutuhkan lumayan banyak sekitar 1000 volunteer.Untuk menjadi volunteer cukup daftar da registrasi di www.ina2018apg.id saja.

Para volunteer nantinya akan disediakan uang transportasi, uang makan dan seragam.Nanti juga para relawan akan diberikan tugas sesuai pos-pos yang ditempatkan.







8 comments:

  1. alhamdulillah ya sekarang difabel bisa berprestasi melalui olahraga, semoga acaranya lancar taun depan, empat jempol untuk penyelenggara event ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saudara kita yang difabel banyak yang berprestasi lho,

      Delete
  2. Semoga acara asean games berjalan lancar dan sukses tentunya mbak aaamiiin

    ReplyDelete
  3. semoga berjalan lancar acaranya, aamiin

    ReplyDelete
  4. Aku bertekat untuk nonton benerapa pertandingan para games ini nanti. Semoga gak terlewat :-)

    ReplyDelete
  5. keren ya para atlet nya super semua bisa berprestasi walau dengan kekurangannya.

    ReplyDelete

LVF Aura Lip Lacquer

Assalamu'alaikum Ladies.. Kalau boleh tau alat make up yang wajib banget kamu bawa setiap harinya dan selalu ada di pouch ada apa...