Thursday, January 25, 2018

Kenali Ciri Dan Gejala Jastrobet ( Jantung, Stroke dan Diabetes )


Jastrobet ( Jantung, Stroke dan Diabetes ) tiga penyakit yang pernah diderita oleh sanak saudara dan orang tua saya. Almarhumah Mama dulu menderita jantung bocor, saudara dari keluarga Mama dan Papa juga banyak yang menderita diabetes, Almarhumah nenek juga dulu menderita stroke. Dan sekarang Papa saya sedang menjalani rangkaian pemeriksaan jantung.

Sedih dan miris melihat anggota keluarga menderita Jastrobet. Saya ikut merasakan betul susahnya merawat penderita stroke dan penderita stroke pun sangat menderita dan rasanya ga tega lihat orang tersayang menderita penyakit itu.

Waktu SD saya merawat almarhumah nenek yang menderita stroke. Banyaknya biaya pengobatan dan penderitaan membuat kadang nenek sudah putus asa. Kalau sudah begitu kita sekeluarga menyemangati nenek agar bisa lebih ikhlas dan semangat menjalani hidup.

Saat ini Papa saya lagi tahap menjalani rangkaian Jantung. Setelah berhenti Hemodialisa atau cuci darah Papa saya sering nyeri dada dan akhirnya kita memutuskan untuk periksa jantungnya. Beruntung Papa pakai BPJS karena bisa dibilang biaya yang dikeluarkan tidak cukup memberatkan walau pun prosesnya rumit dan lama.

Butuh kesabaran ekstra jika kita pakai asuransi pemerintah ini. Mau tidak mau ya pakai asuransi ini karena Papa sendiri hanya seorang pensiunan pegawai negeri. Setelah cek lab, rotgen dan periksa ini itu, Jantung Papa saya menuju sakit jantung koroner. Sedih bukan main saat mendengarnya. Tapi pada akhirnya kita semua mencoba ikhlas.

Karena tau betul bagaimana penderita Jastrobet saya ingin memutus rantai penyakit itu dan lainya agar saya dan anak-anak tidak menderita penyakit itu. Beruntung sekali beberapa waktu lalu saya di ajak mba Dewi mengikuti seminar kesehatan bersama Suplementasi nutrisi L-Arginine dengan tema Pencegahan dan Penanggulangan Stroke, Penyakit Jantung dan Diabetes.



Acara seminar diselenggarakan oleh SIETA Merah Putih bekerja sama dengan Synergy Worldwide Indonesia dan disponsori oleh PERDOSSI dan IDI ini dihadiri oleh mahasiswa, kalangan medis, blogger dan juga masyarakat umum ini sangat mengena bagi saya walau pun banyak istilah medis yang saya tidak tau atau bisa dibilang baru tahu saat ini.

Narasumber yang hadir kali ini yaitu : 
  • Prof. Dr. dr. Rusdi Lamsudin Sp.S (K) M.Med. Sc 
  • dr. Badai Bhatara Tiksnadi, MM, Sp.JP
  • dr. Lady Dhita Alfara M.Gizi Sp.GK
  • Hendri Priadi, Nutristionist Synergy Worldwide Indonesia.
Saat ini penderita penyakit Jastrobet ( Jantung, Stroke dan Diabetes ) tidak dialami oleh masyarakat usia tua tetapi masyarakat usia muda pun bisa menderita penyakit tersebut. Pola hidup yang berubah dan tidak sehat ini lah penyakit ini banyak di derita kaum muda.

Di Amerika serika sendiri Stroke menjadi penyakit pembunuh pertama disana dan di Indonesia Serangan Jantung menduduki peringkat pertama penyebab kematian. Banyak masyarakat yang belum mengetahui gejala penyakit ini. Biasanya mereka mengetahui penyakit ini ketika sudah stadium 2 atau 3.

Mungkin ada ciri gejala penyakit yang bisa terlihat oleh kasat mata dan dirasakan misalnya penyakit jantung itu nyedi dada sebelah kiri. Para penderita stroke dan jantung ini lebih banyak diderita oleh penderita darah tinggi.

Untuk stroke sendiri terjadi jika suplai darah ke otak terhambat.Hal ini dapat terjadi karena pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah.



Kalau penyakit jantung koroner merupakan penyakit pembuluh darah yang mensuplai ke jantung. Ateroklerosis adalah penyebab paling umum dari penyakit jantung yang mana ateroklerosis mengalami pengerasan dan penyempitan pembuluh darah arteri koroner jantung oleh pembentukan plak (kerak) sehingga peredaran darah ke jantung terhambat bahkan bisa pecah.

Kurangnya suplai darah ke jantung mengakibatkan nyeri dada, sesak nafas, pingsan, ketidakteraturan irama jantung, atau meninggal mendadak.

Gejala umum penyakit jantung koroner yaitu : 
  • Rasa terbakar di dada
  • Nyeri dada
  • Sesak nafas
  • Sesak didada
  • Perasaan mual
  • Detak jantung tidak teratur.

Ada pula faktor risiko penyakit jantung yaitu obesitas, diabetes, lipid, merokok, inaktifitas fisik, psikososial dan hipertensi dan kolesterol tinggi.

Kesehatan yang prima berawal dari jantung yang sehat karena jantung merupakan pusat dari sistem kardiovaskular. Sistem kardiovaskular ini akan memompa darah keluar dan kembali ke jantunguntuk memberikan oksigen serta nutrisi penting untuk sel-sel tubuh dan membuang produk-produk limbah berbahaya ke organ yang sesuai untuk disaring keluar dari tubuh.

Menurut tiga peneliti Robert F. Furchgott, Louis J.Ignarro dan Ferid Murad peran Nitrogen Monoksida (NO) merupakan kunci kesehatan jantung jangka panjang .

NO merupakan gas yang berumur pendek yang secara normal dihasilkan dalam endotelium ( lapisan terdalam) pembuluh darah arteri. NO mengirimkan sinyal ke sel lain dan menembus membran dan mengatur fungsi sel. Ketika Endotelium sehat NO akan diproduksi pada tingkat yang optimal, dilepaskan ke adalam aliran darah dan dibawa ke setiap organ tubuh. Namun ketika pembuluh darag menebal atau terjadi karena penumpukan plak maka produksi NO akan berkurang secara signifikan.

Produksi NO sendiri akan berkurang ada beberapa faktor yaitu sakit, faktor usai kurangnya aktifitas fisik atau genetika. Cara mengatasi penurunan NO yaitu L-Arginini asam amino yang diubah menjadi NO dalam tubuh dan dapat membantu merelaksasi pembuluh darah dalam tubuh.

Obat penyakit jantung


Kini ada produk ProArgi-9+ yaitu produk revolusioner mengandung asam amino l-arginin berkualitas farmasi dalam jumlah signifikan yang mudah diubah menjadi NO oleh tubuh kita.

Kandungan nutrisi ProArgi-9+ ini cukup banyak yaitu L-arginin, L- sitrulin, vitamin D3, vitamin B6, B12, dan asam folat, vitamin K2 dan Rsveratrol. Rasa ProArginin ini cukup enak dan sedikit asam sih kalau menurut saya.

Kandunganya yang cukup banyak ini ProArgi-9+ memiliki banyak manfaat :
  • Membantu menjaga tekanan darah 
  • Membantu mengurani peradangan
  • Membantu menjaga kesehatan sistim kardiovaskular
  • Membantu kinerja seksual yang sehat
  • Membantu menurunkan lemak tubuh
  • Membantu menjaga kadar gula darah
  • Membantu meningkatkan energi
  • Dan lain-lain.
ProArgi-9+ ini mungkin membantu kesehatan sistem kardiovaskular tetapi perlu diingat juga nih agar sehat dan bebas dari Jastrobet ini yaitu mengubah pola hidup kita lebih sehat. Mulai dari perhatikan asupan makanan, periksa kesehatan secara teratur, jauhi asap rokok , jangan mengkonsumsi alkohol, olah raga teratur dan istirahat yang cukup.

Beruntung sekali bisa hadir di acara seminar ini, saya mendapat banyak pengetahuan tentang Jastrobet dan cara mencegah nya. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Apa lagi Jastrobet ini , para penderita harus minum obat seumur hidupnya.

7 comments:

  1. Benar banget kalau kata iklan: sayangi jantungmu.
    Semoga Sang Ayah segera pulih ya mba.
    Btw.. Salam Kenal ��

    ReplyDelete
  2. Semoga papa lekas sembuh ya Mel. Coba aja obati dengan ProArgi-9+ Mel, tapi emang harus dalam pengawasan yang ahli ya. Moga kita dijauhkan dari segala penyakit ya. Amiiin.

    ReplyDelete
  3. Ayo ahh kita sekarang hidup dengan pola hidup sehat lagi agar terhindar dari Jastrobet

    ReplyDelete
  4. Ya Allah mak amel ,semoga papanya lekas sehat yaa. Semoga kita juga dijauhkan dari segala penyakit ya. Edukasi aeperti ini harus tetap digalakkan agar semakin bnyaknorang yang tahunjuga awre tentang kesehatannya.

    ReplyDelete
  5. Nice weblog here! Also your website rather a lot up very fast!

    What web host are you the use of? Can I get your associate link to
    your host? I desire my website loaded up as quickly as yours lol

    ReplyDelete

Moms, Jangan Pelit Memberikan Apresiasi Kepada si Kecil Karena Manfaatnya Luar Biasa

Assalamu'alaikum. Bagi orang tua belajar tentang ilmu parenting itu wajib banget karena mencangkup gaya mendidik anak dengan ...