Sunday, January 21, 2018

Tips Aman Belanja Online

Tips aman belanja online



Tips aman belanja online. Saat ini semua serba mudah dan praktis hanya bermodalksn gadget dan koneksi internet.Yups saat ini mau beli apa aja tinggal klik dan klik lalu bayar.Belanja online kini tidak asing lagi. Masyarakat kota atau pun di desa sudah sering belanja online dan bahkan beberapa tahun terakhir beragam e-commerce maupun toko online makin banyak.

Saya sendiri cukup lumayan sering belanja online karena lebih praktis dan yang terpenting bagi saya yaitu banyaknya diskon yang di tawarkan haha. Maklum ya emak-emak harus jeli banget kalau belanja.Setidaknya 2 x dalam sebulan saya pasti belanja online.

Saya belanja online itu sesuai kebutuhan juga sih tapi lebih banyak kalau punya potongan harga atau kode voucher diskon baru saya belanja online. Ada plus dan minus belanja online, minusnya kadang barang yang kita inginkan tidak sesuai dengan yang digambar. Saya pernah mengalami itu, beli sepatu dengan ukuran kaki seperti biasa saya pakai tapi ternyata yang datang malah lebih kecil.

Pengalaman yang tidak mengenakan itu tapi tidak membuat saya kapok untuk belanja online karena kemudahan yang ditawarkan itu. Pernah juga teman saya sharing beliau pernah punya pengalaman yang tidak mengenakan juga jadi apa yang digambar tidak sesuai dengan yang datang. Tapi ya itu tadi sama seperti saya, kita tidak kapok untuk belanja online.

Nah biar aman bertransaksi secara online, saya akan sharing sedikit mengenai tips aman bertransaksi secara online agar mencegah trauma saat belanja online.

Tips Aman Bertransaksi Secara Online : 

  • Teliti memperhatikan reputasi tempat belanja
Sebelum belanja online atau melakukan transaksi kita harus jadi pembeli yang cerdas, kita harus wajib cek reputasi toko tersebut untuk mengetahui seberapa bagus layanan mereka. Kalau reputasinya buruk dan banyak komplain maka kita beralih saja cari toko lainya supaya lebih aman dan bebas rasa was-was. Jangan takut ga ada yang jual barang seperti itu karena saat ini lapak online cukup banyak di internet yang juga menjual produk yang sama.
  • Ketahui testimoni para pelanggan
Testimoni ini memang sifatnya objektif, namun berkat testimoni inilah kita bisa menilai apakah toko online ini bagipus atau tidak dalam segi pelayanan maupun ketepatan produknya.Jadi sebelum melakukan order kita baca dulu nih testimoni dari pelanggan dan pikirkan baik-baik apakah testimoni ini positif atau negatif. Ada keduanya logis jadi kita bisa menimbang apakah akan belanja online beragam kebutuhan di tempat belanja tersebut atau berpindah ke lapak lain.
  • Pastikan harga yang ditawarkan logis
Toko online yang terpercaya memang dijamin tetap menyediakan produk bagus dengan harga yang logis. Kenapa logis? karena umumnya orang berkunjung ke lapak online berburu harga termurah akhirnya komplain karena kualitasnya yang kita beli jelek. Jangan asal beli karena harga yang ditawarkan jauh lebih rendah dari harga pasaran karena takutnya mutu nya jelek.
  • Pihak penjual menyediakan garansi
Tidak semua penjual di internet lepas tangan terhadap komplain yang diajukan para pembeli.Kita bisa lihat di beberapa pelapak menyediakan garansi terlebih untuk penjual produk gadget maupun elektronik , taman hias hidup, barang pecah belah dan sejenisnya. Demi kenyamanan tentu tidak berlebihan kalau kita mencari penjual yang menyediakan garansi. Tapi perlu ingat kita harus baca dulu prosedur klaimnya apakah menguntungkan atau sebaliknya.
  • Proses belanja yang mudah 
Untuk buyer pemula belanja online pastinya membingungkan karena satu toko dengan yang lainya memang menyediakan proses order yang berbeda. Ada order khusus lewat website padahal memiliki toko di media sosial. Namun ada pula yang hanya menerima order sesuai format dan hanya melalui whatsapp atau line saja. Jadi sebelum belanja kita harus teliti dulu dan pahami bagaimana proses pembelian toko tersebut.

Nah sekian dulu tips dari saya ya. Belajar dari pengalaman belanja online, sebelum bertransaksi saya melakukan beberapa hal diatas karena membantu banget agar ga was-was ketipu seperti sebelumnya. Tapi yang penting kita harus belanja di tempat yang kredibel atau yang sudah dipercaya plus sesuai budget kita hehe.




8 comments:

  1. Harus benar2 hati hati nih belanja online. Biar nggak ketipu mba. Iparku pernah jadi korban penipuan soalnya :(

    ReplyDelete
  2. alhamdulilah selama ini belanja online aman yang ga aman emang barangnya mba. Harga emang murah kualitasnya suka sembarangan disitu aku percaya ada harga barang pun oke :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah tiap belanja online barangnya sesuai ekspektasi. Tapi yg suka bikin gedeg kadang kurirnya ngaret hiks

    ReplyDelete
  4. Belanja online memang jangan cuma sekedar ada promo aja sih. Kualitas toko juga perlu diperhatikan. Jujur atau enggak, dan kalau misal ada komplen, mudah nggak urusannya. Mari belanja, haha...

    ReplyDelete
  5. Belanja online memang mengasyikan ya Mel, tapi kudu tep waspada

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah, selama belanja online saya selalu menggunakan aplikasi yang tersedia umum dan tidak mentransfer uangnya di rekening pribadinya (meskipun tertulis rekening pribadinya), suka parno nanti kalau barang nggak terkirim. hehehe... makasih banget mbak infonya. mampir blog saya mbak, salam :)

    ReplyDelete

Me Time Nonton YouTube Sepuasnya Tanpa Mikirin Kuota

Me time dengan nonton YouTube sepuasnya? Boleh banget. Setelah meemilih terjun kerja di dunia digital hampir semua waktu saya hab...