Monday, February 26, 2018

Boneka Hafiz Junior Belajar Menghafal Al-Qur'an dengan Cara Menyenangkan



Assalamu'alaikum.
Memiliki anak-anak yang sholehah adalah sebuah harapan dan doa yang tidak penah berhenti saya panjatkan karena mereka lah penyelamat saya dari siksa kubur. Bagi umat muslim pasti tahu ada 3 perkara yang tidak putus amalannya jika seseorang meninggal seperti bunyi hadist di bawah ini.


" Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu : Sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, dan anak yang sholeh ( HR. Muslim ) "
Sedekah jariah yang mana amalan tersebut misalnya seperti membangun mesjid dan lainya, Ilmu yang bermanfaat  yaitu ilmu yang ia ajarkan pada orang lain dan mereka terus mengamalkannya dan yang terkhir Anak yang sholeh yang mana anak tersebut paham ilmu agama, taat kepada Allah yang mana jika sudah beriman dan bertaqwa pasti anak terus mendoakaan orang tua nya dan masih banyak definisi arti anak sholeh lainya.

ya,,siapa sih yang tidak mau memiliki anak yang sholeh dan sholehah? pasti semuanya mau termasuk saya sendiri. Saat ini saya sebagai orang tua juga sedang tahap belajar membimbing mereka menjadi anak yang sholehah. Saya, Shakila dan Kezia sama-sama belajar ilmu agama untuk bekal di akhirat nanti.

Salah satu harapan saya yaitu mereka bisa menjadi seorang penghafal Al-Qur'an dan insya Allah semoga mereka mampu menghafal kitab sucu umat muslim tersebut.

Saat ini banyak metode penghafal Al-Qur'an kita bisa cari di internet atau bisa juga memasukan anak-anak ke sekolah Tahfiz. Sebaiknya juga anak-anak diajarkan menghafal Al-Qur'an itu sejak dini karena pada usia tersebut anak-anak mudah sekali untuk menghafal tapi sekali lagi beda anak, beda kemampuan ya.



Berbicara mengenai metode menghafal Al-Qur'an ini saya ingn share sedikit, jadi beberapa waktu lalu saya mnghadiri peluncuran boneka Hafiz junior dari Al-Qolam di Toys Kingdom, Living world Alam Sutera BSD. Pada acara peluncuran dihadirkan juga Ibu Belinda selaku Psikolog yang menjelaskan tentang bermain dan mainan.

Dunia anak-anak adalah bermain. Ya.. Bermain adalah kegiatan apapun yang dilakukan dengan menyenangkan.
Pada anak usia dini bermain merupakan hal yang penting karena pada masa itu masa senang anak-anak. Anak-anak itu memerlukan pengalaman secara langsung dan nyata. Mereka tidak cukup hanya lewat informasi saja.

Dari bermain anak-anak bisa banyak belajar dan menstimulasi motoriknya. Bermain harus menyenangkan dan tidak di paksakan jadi ya terserah kepada anak-anak saja. Lalu jika ingin memberikan permain juga harus sesuai dengan umur lho.

Seperti pada anak usia 0-4 bulan yang mana disana anak-anak lagi senang-senangnya sedang asyik bermain sensorik motor dengan tubuhnya sendiri. Lalu pada anak usia 4-12 bulan anak mulai bermain dengan media menggunakan tangan namun belum tahu fungsi mainan tersebut.

Nah kalau pada usia 13-24 bulan anak sudah mengetahui fungsi permaian misalnya saja ada tombol, di tarik atau di goyang kan dan pada usia ini anak-anak lebih suka bermain pura-pura seperti masak-masakan dll.

Untuk usia 2-5 tahun anak-anak sudah mengerti fungsi permainan dan berinteraksi dengan orang lain. Nah kalau anak usia 6-8 th anak-anak sudah menyukai permainan yang ada aturanya.

Buat mommy ga puar sana ada banyak permainan tergantung usia. Dan biasanya dalam kotak mainan juga ada tulisan mainan tersebut cocok untuk usia anak berapa.

Tips Bermain Bersama Anak :

  • Pilih permainan sesuai usia dan keunikan anak
  • Fasilitas kegiatan bermain yang bervariasi indoor vs outdoor , individual vs kelompok, inttructured menuju semi instructured.
  • Sensitif terhadap cues yang di kirimkan anak contohnya mengetahui bahwa anak sudah mulai butuh bantuan orang tua untuk bermain.
  • Playful dan fokus ketika bermain bersama anak, kontak mata menunjukan bwajah bahagia saat bermain. Jadi saat bermain anak kita ga boleh mrgang gadget atau lainya.
  • Menjaga anak untuk tetap merasa senang saat bermain anak tidak merasa bosan atau terlalu bersemangat ganti permainan saat anak mulai bosan. Mengganti aktivitas bermain menjadi menyenangkan ketika anak mulai over exited.
Dalam bermain juga sebaiknya orang tua tetap mendampingi si Kecil. Waktu bermain untuk menciptakan bonding juga tidak perlu lama-lama ya minimal 5 menit setiap harinya dan itu harus konsisten.



Boneka Hafiz Junior 

Dalam memilih mainan tentunya sebagai orang tua kita memilih yang banyak manfaatnya untuk si Kecil, mulai dari menstimulasi sensor motorik, pendengaran dan lain-lain. Yups..menstimulasi itu butuh media nah untuk menstimulasi anak-anak lebih mudah menghafal Al-Qur'an di perlukan media yang cukup unik dan disukai oleh anak-anak salah satunya Boneka Hafiz Junior.

PT. Hidayah Insan Mulia ( Al-Qolam ) kembali mengeluarkan produk inovatif dan edukatif awal tahun 2018. Produk terbaru nya yaitu boneka Hafiz junior mainan edukatif solusi anak menghafal Alquran.

Boneka Hafiz junior ini di luncurkan dalam 2 pasang dengan tema profesi yang berbeda. Satu pasang hafiz dan hafizah dengan tema dokter dan satu lagi bertema Pilot.

Hafiz Junior ini dirancang khusus untuk para orang tua yang ingin anaknya cepat menghafal Al-Qur'an. Jadi pada boneka ini ada tombol-tombol di belakangnya. Tombol tersebut pun ada berbagai macam fungsi. Boneka ini bisa mengulang ayat per ayat sesuai keinginan kita.



Ada apa saja sih di Boneka Hafiz Junior? 

Boneka yang di bandrol seharga Rp 660.000 rupiah ini berisi Al-Qur'an murottal juz 30 + surat Al-Fatihah, lagu-lagu islami, Doa - Doa, Asmaul husna, qori-qori'ah cilik Indonesia.

Boneka yang tinggi nya 13-14 cm ini pas banget untuk anak-anak karena pas dengan genggaman si kecil juga. Ada sebuah tali juga yang memudahkan kita untuk membawa kemana-mana.



Yang lebih oke lagi dan memudahkan menghafal, di Boneka Hafiz ini kita bisa mengulang ayat perayat bisa dipilih mulai 3x , 5x 10 kali atau 20 kali.

Mau beli ini dan dapat bonus ? Bisa beli di Toys Kingdom. Boneka Hafiz Junior ini memang bisa beli secara online, reseller , gramedia dan Toys Kingdom namun jika beli di Toys Kingdom kita bisa dapat bonus Musaf Qu'an 30 juz lho. Kita juga bisa dapat garansi boneka Hafiz junior ini.



Sebelum mengeluarkan Boneka Hafiz Junior Al -Qolam juga sudah lebih dulu mengeluarkan boneka Smart Hafiz yang bentuknya lebih tinggi dan besar dari Boneka Hafiz Junior ini.

Berbeda dengan Boneka Hafiz Junior kalau Smart Hafiz ini mengambil karakter anak laki-laki dan perempuan berusia sekitar 9th.

Isi dari Smart Hafiz ini cukup lengkap yaitu berisi 30 Juz Al -Qur'an, ada lebih dari 300 konten edukatif berupa kisah para nabi, lagu anak-anak islami dll.

Boneka Hafiz junior atau Smart Hafiz menurut saya sih sama-sama bagusnya karena sebagai media audiovisual bagi anak. Kedua boneka ini juga bisa di perdengarkan sejak bayi masih kandungan juga sih alias tidak mengenal umur. Untuk orang dewasa yang lagi belajar menghafal Al-qur'an juga bisa karena ini salah satu media belajar Al-Qur'an dengan cara menyenangkan.






5 comments:

  1. Pengen deh punya yang profesi pilot atau dokter buat rayyan. Tapi kudu nabungnya dulu nih,hehhe

    ReplyDelete
  2. sekarang banyak banget metode menghafal alquran, termasuk boneka hafiz ini semoga bukan cuma hafalnya ya tapi juga bisa memahani isinya

    ReplyDelete
  3. bagus banget ya ada boneka Hafiz begini. Jadi anak-anak belajar membaca dan mengenal Al Quran lebih mudah...

    ReplyDelete
  4. pengen nabung banget biar bisa beli boneka ini :) aamiin uda alma banget ngincer ini mba hehhe

    ReplyDelete
  5. Bener banget anak sholeh merupakan amalan yang bisa membantu kita kelak y, makanya untuk menjadikan anak sholeh pun harus dimulai sejak dini termasuk dalam mengenalkan Al Quran. Inovasi Al Qolam ini sebenarnya memudahkan ortu untuk mengenalkan dan mendekatkan Al Quran pada anak. Hayoo mau pilih Smart Hafiz atau Hafiz junior nih buat duo sipit nya xixi

    ReplyDelete

Moms, Jangan Pelit Memberikan Apresiasi Kepada si Kecil Karena Manfaatnya Luar Biasa

Assalamu'alaikum. Bagi orang tua belajar tentang ilmu parenting itu wajib banget karena mencangkup gaya mendidik anak dengan ...