Saturday, February 10, 2018

Buku Aplikasi Pencari Rezeki


Assalamu'alaikum.

Alhamdulillah akhirnya selesai sudah membaca buku Aplikasi Pencari Rezeki yang tebalnya 200 lembar. Aplikasi Pencari Rejeki ini adalah buku pertama bacaan saya di tahun 2018. Biasanya saya baca e-book bukan buku .

Beruntung banget bisa kenal buku ini yang awalnya saya pikir buku ini membahas sebuah aplikasi rezeki tetapi buku ini lebih dari itu dan sangat ngena dihati saya. Buku ini seakan mencubit saya agar selalu mengingat yang Maha Kuasa bahwa Dia adalah penolong dari semua segala masalah. 


Terkadang kita suka khilaf dengan mudahnya menyalahkan Tuhan kenapa rejeki kita kok segini-segini saja , padahal rejeki bukan hanya sekedar materi tetapi sehat, tubuh yang sempurna dan kebahagiaan itu termasuk rejeki.

Saya suka banget sama buku ini karena didalamnya mengajarkan banyak arti tentang bersyukur dan jangan pernah putus asa karena pertolongan Allah sangat dekat. Rejeki yang kita dapat itu tergantung dengan sikap kita juga ternyata.



Banyak yang salah sangka bahwa rejeki, jodoh dan maut sudah di atur Allah makanya sebagian orang itu merasa santai dalam mencari rejeki (tingkah ini adalah tingkah orang pemalas) padahal maksud dari itu memang Rejeki sudah ada yang mengatur tapi kita perlu usaha, ikhtiar dan berdoa untuk meraih tersebut.

Bukan kah Allah juga bilang bahwa Dia tidak akan mengubah suatu kaum kecuali kaum tersebut yang mengubahnya. Jadi kita hanya perlu berusaha dan berdoa .

Di dalam buku ini di sebutkan bahwa hidup itu harus seimbang antara dunia dan akhirat. Jadi sesibuk apapun kita ya jangan lupa beribadah karena lewat ibadah itu lah semua doa atau apa yang kita ucapkan akan terkabul.

Pentingnya menjalin silaturahmi juga ditulis dibuku ini karena lewat koneksi atau silaturahmi, pintu rejeki itu akan masuk. Percaya silaturahmi memperpanjang rejeki? Saya sih percaya banget karena saya pernah mengalaminya.

Saat terpuruk dan tidak punya uang saya selalu berkata tenang saja, bukanya Allah menjanjikan setiap orang memiliki rejekinya masing-masing jadi kenapa kita harus takut tidak kebagian rejekinya?. Rejeki juga bukan sendal jepit yang mudah tertukar karena rejeki sudah ada alurnya masing-masing.



Ada yang menarik sebuah renungan di buku ini pada halaman 73 yang berbunyi :
" Petunjuk rejeki bagi orang yang beriman dan berakal adalah bersedekah, berzakat, silaturahmi, menghormati orang tua, mengasihi anak yatim. Juga sejumlah petunjuk (arah lain) beserta risikonya bagi ynag mau menerima atau mengingkari petunjuk.Mungkin dapat direnungkan kembali.A pakah itu pilihan (lengkap dengan konsekuensinya ) atau bagaimana ? Termasuk hal-hal yang diperintahkan oleh Allah. Manusia dapat melaksanakan atau menolak perintah Allah. Itu ada pilihan. Secara keseluruhan, petunjuk Allah adalah pilihan"
Yups...Saya setuju banget dengan beranggapan bahwa jika ingin kaya maka perbanyak lah bersedekah karena kalkulator Allah itu beda.

Sedikit bercerita dan ini buka riya atau mengungkit apa yang sudah saya lakukan. Misalnya saja saya memberi sedekah 10.000 maka dengan hitungan jam saya mendapat 100.000 dan bahkan bisa 100 kali lipat dari apa yang saya sedekahkan.

Pada buku Aplikasi Pencari rejeki juga dijelaskan cara-cara yang benar mempercepat rejeki :

  • Sedekah ( bisa disamakan dengan investasi akhirat, sekaligus bayar premi asuransi ke Allah, sedekah juga bisa untuk tolak bala dan musibah)
  • Doa ( sama dengan meminta petunjuk pada profesional, expert, ahli sang pemilik ilmu. Doa juga bisa menjadi nota kerja sama sinergi dengan ketetapan Allah.
  • Ridha orang tua ( bisa disamakan dengans urat sakti rekomendasi)
  • Tabungan amal ( bisa disamakan dengan intangible aset)
  • Shalat Tahajud, Shalat Dhuha 


Jangan pernah takut miskin kalau bersedekah dan kalimat tersebut benar adanya. Ingat saja Allah selalu memberinlebih dari apa yang kita minta jadi tetap berkhusnudzan kepadaNya.

Selau berfikir positif dengan semua takdirnya karena saya yakin kalau takdir Allah itu selalu baik. Bahkan jika kita banyak masalah sekalipun.
Bukan pukulan seseorang yang bisa membuat kita terjatuh, tetapi kita yang memilih jatuh atau bertahan . Aplikasi Pencari Rejeki hal. 91
Ya,,semua pilihan ada di kita, jika masalah membuat kamu terjatuh kamu punya pilihan apakah mau bangkit atau terus terpuruk. Ingat dalam setiap masalah sebenarnya tersimpan mutiara iman yang berharga.
Jangan risaukan sesuatu yang tidak kita miliki. Tapi risaukan nikmat yang tidak kita syukuri.
Kutipan diatas ada pada halaman 169 ini seakan memukul saya yang terkadang suka larut dengan masalah dan merasa bahwa pertolongan Allah itu tidak ada dan seakan Allah tidak adil tapi nyatanya Allah sengaja menunda pertolongan-Nya dengan tujuan agar kita belajar percaya . Tidak ada masalah yang tidak bisa Allah selesaikan.

Masih banyak lagi cerita fiksi dan kalimat yang membangkitkan rasa ikhlas dan berserah kita kepada Allah di dalam buku ini. Banyak juga potongan ayat-ayat al-qur'an yang berkaitan dengan rezeki, qada dan qadar.

Menurut saya buku Aplikasi Pencari Rezekikarya Wusda Hetsa dan Achi TM ini sangat bagus, bisa dibilang self healing dan juga sarana intropeksi diri yang mana kadang kita merasa galau dengan takdir Allah. Buku ini mengajarkan kita agar terus berfikir positif kepada sang Maha Pencipta.

19 comments:

  1. Suka bacanya soalnya kata2nya jg lugas mudah dimengerti.

    ReplyDelete
  2. Keajaiban bersodaqoh dan bersyukur itu emang keren banget mba. Rezeki dijamin ngalir terus kalau istoqomah sodaqoh dengan ikhlas dan bersyukur.

    ReplyDelete
  3. Fotonya kereeen2 sekeren tulisannya :)

    ReplyDelete
  4. Jangan risaukan sesuatu yang tidak kita miliki. Tapi risaukan nikmat yang tidak kita syukuri.

    suka banget dengan kutipan di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss,,,aku pun suka sama kutipannya kak.

      Delete
  5. Nah ini nih... Berpikir positif kepada Yang Maha Esa terkadang lupa. Alhamdulillah, usai baca buku ini memberikan banyak manfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak,,baca buku jni jadi banyak2 bersyukur.

      Delete
  6. memang bukunya membuka mata hati ku mel, alhamdulillah loh sholat jd tepat waktu hhehe

    ReplyDelete
  7. Iyes, rezeki itu seperti jodoh perlu usaha.😁

    ReplyDelete
  8. Ulasan nya lengkap, mengingatkan kita saat berada di titik lemah, buku ini pengingat untuk terus melakukan ibadah kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak,,Ibadah dan berusaha yang terbaik.

      Delete
  9. Kutipannya semuanya menyentil hati

    ReplyDelete

PRUuniversity Persembahan Prudential Untuk Meningkatkan Pelayanan

Assalamu'alaikum. Kamu pernah ga sih di kejar-kejar sama agen asuransi? Atau pernah kesulitan klaim dan belum paham asurans...