Saturday, February 3, 2018

Cegah Diabetes dengan Konsumsi Tepung Kelapa


Penyakit diabetes

Assalamualaikum.
Berbicara mengenai penyakit diabetes seakan tidak ada habisnya. Saudara dari mama dan papa hampir semua menderita penyakit diabetes. Belum lama tetangga yang juga sudah dianggap seperti saudara meninggal karena penyakit mematikan ini. Banyak orang yang bilang kalau kamu sudah kena diabetes kamu tinggal menunggu meninggal saya dan menderita penyakit lainya.


Ya..kalimat itu sudah sering saya dengar karena jika seseorang menderita penyakit diabetes maka organ tubuh lainya perlahan akan rusak jika gula dalam darah itu tidak stabil. Pasien cuci darah teman papa juga lebih banyak penderita diabetes awalnya lalu mereka ada yang kena jantung atau ginjalnya yang rusak.

Penyakit diabetes termasuk penyakit tidak menular seperti jantung, ginjal dan stroke tapi perlu tahu juga kalau penyakit tidak menular ini penyakit yang mematikan jika tidam ditangani dengan benar. Harta benda bisa habis jika seseorang kena penyakit tidak menular ini.

Banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk menjaga tubuh para penderita PTM ini tetap stabil. Kenapa tidak sembuh? Yups bisa dibilang penyakit PTM tidak bisa sembuh dan harus minum obat seumur hidup. Agar memperlambat keberlangsungan hidup ada banyak pantangan dan pengobatan secara rutin yang harus di lakukan seumur hidup.

Melihat semua itu memang lelah jiwa raga dan juga materi habis secara perlahan. Sadar akan hal itu semua apalagi dengan lingkungan keluarga yang banyak menderita penyakit diabetes ini , saya termasuk orang yang rentan terkena penyakit ini * naudzubillah.

Apa yang bisa saya lakukan sekarang ? Yaitu mencegah agar tidak kena penyakit PTM dan penyakit lainya. Diabetes sendiri 80% bisa di cegah. Beberapa waktu lalu saya menghadiri acara diskusi kesehatan bersama H2 Health & Happines di restoran Akasaka Tei di bilangan Tebet barat.



Sebelum acara diskusi saya menyempatkan diri melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh dan kulit yang telah disediakan gratis. Senang? Tentu saja kapan lagi kita bisa cek kesehatan secara gratis dan konsultasi langsung mengenai permasalahan tubuh saya.

Pertama saya melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh mulai dari lemak, kolesterol, umur orga berat badan dll. Gimana hasilnya? Jujur saya sedih sekaligus happy, happy karena saya mengetahui apa yang ada di tubuh saya , sedih karena hasil cek dari ini bisa di bilang sudah harus waspada. Lemak dalam tubuh saya sudah banyak, berat badan kemarin 62,5 kg dan dengan tinggi saya seharusnya BB saya itu dibawah 60 yaitu sekitar 55kg.

Belum lagi kondisi lemak dan kolesterol saya yang kalau dibiarkan dan tidak diatasi cepat atau lambat akan menuju menderita penyakit PTM ini. Solusi dari permasalahn ini yaitu mengubah pola hidup dan diet.

Selanjutnya saya melakukan pemeriksaan kulit wajah, nah disini saya agak senang sedikit. Permasalahn saya hanya bekas jerawat, dari hasil pemeriksaan juga ternyata kulit saya lebih mudah 3th dari usia sekarang *uhuk seneng banget yes hehe. Selesai periksa kesehatan dan konsultasi acara pun dimulai.



Acara kali ini mengambil tema "Cegah Diabetes Dengan CERDIK". Ada 4 orang narasumber yang hadir diacara ini yaitu :
  1. drg. Dyah Erti Mustikawati, MPH selaku Kepala Subdirektorat Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolisme Kemenkes, dr. Cindy Sp.GK, Ahli Gizi Klinis
  2. Dr. Didah Nur Faridag selaku Kepala Pengembangan Layanan Analisis Pangan, Institut Pertanian Bogor
  3. dr. Cindiawati Josito, MARS, MS,SpGK selaku Ahli Gizi Klinis.
  4. FX Widiyatmo selaku Head of Corporate Business Development PT. Kalbe Farma Tbk.
Penyakit diabetes dan penyakit PTM lainya makin meningkat dari tahun ke tahun dan di Indonesia sendiri banyak penderita diabetes tipe 2. Kalau dulu penyakit diabetes ini dialami oleh usia lanjut namun tidak sekarang. Saat ini usia muda bahkan anak-anak ada yang menderita diabetes. 

Apa yang menyebabkan semua itu? Yaitu pola hidup sekarang dan pola makan. Saat ini pola hidup kita serba mudah dan praktis, jarang gerak alias mager. Padahal melakukan gerak itu salah satu cara untuk mencegah diabetes. 

Mungkin banyak yang hopeless memiliki keturunan diabetes tapi guys jangan khawatir risiko terkena diabetes turunan itu hanya 20% dan selebihnya itu karena pola hidup. Diabetes sendiri bisa dicegah dengan CERDIK. 

Apa itu CERDIK ? 
  • Cek kesehatan secara rutin
Melakukan cek kesehatan dilakukan setidaknya 2x dalam setahun dan itu harus rutin. Dengan melakukan cek kesehatan kita mengetahui tentang keadaan tubuh kita. Semakin dini melakukan cek kesehatan semakin dininpula kita dapat mencegahnya.
  • Enyahkan asap rokok
Saat ini masih banyak sekali orang yang merokok secara bebas walaupun banyak aturan di larang merokok. Padahal asap rokok itu jahat, banyak racun didalamnya. Yang menderita akibat asap rokok ini tidak hanya si perokok aktif saja tetapi perokok pasif.
  • Rajin aktifitas fisik
Nah ini dia setidaknya kita minimal 30 menit setiap hari melakukan aktifitas fisik misalnya saja jalan selama setengah jam atau olah raga ringan. 
  • Istirahat cukup
Bagi orang dewasa normalnya itu 8 jam setiap hari waktu tidur. Jangan pernah begadang, karena tubuh itu memiliki waktu kerja masing-masing. Kalau kita tetap memaksakan begadang sehingga kurang tidur lambat laun anggota tubuh akan rusak.
  • Kelola stres
Kelola stres ini berbeda setiap orangnya dan setiap orang pula memiliki cara tersendiri untuk mengelola stresnya. Jadi sebisa mungkin kita sendiri mengatasi stres kita, stres juga berakibat fatal dikemudian hari lho jika tidak diatasi.

CERDIK sendiri adalah salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi penderita PTM ( Penyakit Tidak Menular) karena tahu sendiri kan dana yang dikeluarkan untuk PTM sendiri sangat besar, untuk itu lebih baik masyarakat menjalani program ini.

Ubah polan hidup dan makan. Yups..untuk pola hidup kita bisa melakukan CERDIK  dan untuk pola makan kita harus mengkonsumsi gizi seimbang yang mana disetiap kita makan harus ada zat micro dan makro. Perhatikan jumlah asupan gula dan garam itu yang paling penting.

Kalau berbicara mengenai pangan kemarin ibu Didah menjelaskan mengenai indeks glikemik . Indeks glikemik adalah angka yang menunjukan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan. Secara sederhananya Indeks glikemik ini dikatakan sebagai tingkatan pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.

Lebih baik kita mengkonsumsi pangan dengan indeks glikemik rendah, kenapa? Karena akan di cerna lebih lama dan itu lebih baik. Bagi penderita diabetes nih yaperlu diperhatikan komsumsi nasi. Yang mana nasi itu banyak terdapat gula. 

Indeks glikemik pada nasi ternyata bisa di turunkan lho dengan cara campurkan nasi dengan tepung kelapa. Nah saya baru tau juga tentang ini.



Jadi gini guys H2 Health & Happines mengeluarkan produk terbarunya yaitu H2 Tepung kelapa. Tepung kelapa terbuat dari daging kelapa yang dihaluskan kemudian di keringkan.

Tepung kelapa ini ternyata tinggi serat yang baik untuk kesehatan terutama dalam menjaga usus dan saluran cerna. Dalam satu sendok makan tepung kelapa itu mengandung 5 gram serat, lebih banyak dibandingkan tepung terigu yang hanya memiliki 0,2 gram serat.

H2 Tepung kelapa tidak hanya sebagai campuran nasi saja tetapi juga bisa sebagai campuran pembuatan kue, roti dan masakan lainya. Untuk memasak nasi cukup tambahkan 25% dari jumlah beras yang  akan dimasak. Cara memasaknya pun cukup mudah beras yang sudah di cuci kemudian campur dengan tepung kelapa.

Apa tepung kelapa sama dengan santan? Tentu tidak tepung kelapa ini merupakan hasil dari parutan kelapa yang sudah diperas dan dikeringkan.

Saat kemarin juga saya mencicipi nasi dengan campuran tepung kelapa ini. Rasanya gimana? Cukup enak dan yang paling buat saya bikin ketagihan itu icer cream dengan campuran tepung kelapa dan rasanya itu gurih banget.


21 comments:

  1. Makan enak, perlu hati hati ya kak. Jangan sampai, keenakkan makan malah diabetes.

    ReplyDelete
  2. Mencegah selalu lbh baik daripada mengobati

    ReplyDelete
  3. Mau menerapkan pola hidup sehat dan mengkomsumsi tepung kelapa ini untuk keluarga

    ReplyDelete
  4. Hayukk Mel jaga kesehatan..jd penasaran pgn coba bikin es creamnya

    ReplyDelete
  5. Iya skrng diabetes gak cuma menyerang yang senior2 tapi yg muda2 jg bisa kena. Pdhl kan usia produktif sayang banget.Duh PR banget mengubah lifestyle ke yg lbh sehat nih TFS

    ReplyDelete
  6. Aku ya baru tahu mba kalau teryata bisa juga ya dicampur dengan ice cream. ENaak ya pastinya dan sehat

    ReplyDelete
  7. Manfaat tepung kelapanya banyak ya, saya penasaran dengan rasa nasi campur kelapa nya

    ReplyDelete
  8. Kebiasaan nyemil saat ini harus ektra diperhatikan ya. Sadar gak ngenyangin, tapi gak sadar kadar gula yg sudah dikonsumsi. Belum lagi takaran nasi yg diambil kadang berlebih yg bisa menyebabkan diabetes.

    Tapi produk Kalbe seperti menjadi terobosan baik dalam mencegah diabetes ini. Nice share ka.

    ReplyDelete
  9. Walau ditirunkan indeks glikemiknya tetap ya ga boleh berlebihan

    ReplyDelete
  10. Nah ini pas banget, tepung kelapanya bisa kusarankan ke ibuku yang juga penderita diabetes, semoga beliau mau..

    ReplyDelete
  11. baru tahu nih dicampur tepung kelapa, perbandingannya?

    ReplyDelete
  12. Tante, yuk kita hidup sehat! Jangan tergoda yang manis-manis, kan kita udah manis.

    ReplyDelete
  13. Tante, aku mau diet juga ah pake naso campur tepung kelapa.

    ReplyDelete
  14. Tepung kelapanya enyaak banget neh

    ReplyDelete
  15. Kalo udah sakit pasti ngeluarin banyak biaya. Mending dicegah dari sekarang ya.

    ReplyDelete
  16. Selama baca banyak postingan tentang diabetes pasti banyak yang saudara, tetangga, atau orang terdekatnya kena penyakit ini. Jadi harus semakin peduli kesehatan dan mencegah diabetes nih.

    ReplyDelete
  17. Setuju..es krim dari tepung kelapa memang enak rasanya

    ReplyDelete
  18. Eskrim dr h2 tepung kelapa enak banget dicampur sama coklatnya.. pas gurih manis gitu. Enak.

    ReplyDelete
  19. Ternyata menerapkan pola makan dan gaya hidup yang benar itu ga mudah ya :) Setelah mengikuti acara ini setidaknya kita bisa lebih paham bagaimana kiat2 khusus mencegah penyakit diabetes melitus. Alhamdulillaah sekarang sudah ada solusi dari Kalbe Farma dengan H2 Tepung Kelapa kita berusaha menjaga nutrisi dan asupan terbaik bagi tubuh kita.

    ReplyDelete
  20. Ubah pola hidup dengan CERDIK juga ya. Semoga bisa praktekkan dalam keseharian kita ya. Meskipun mengurangi asap rokok masih susah. Padahal itu juga bisa jadi sumber penyakit kan jika dibiarkan terus menerus. Nah untungnya sekrang ada H2 yang CERDIK juga atasi diabetes ya

    ReplyDelete
  21. aku udah coba H2 tepung kelapa, rasanya enak kaya ada gurih gurinya gitu hehe

    ReplyDelete

Pemaparan Publik Tahunan dan Pengembangan Inovasi Produk Holcim Indonesia

Assalamu'alaikum. Apakabar puasanya, lancar kah? Alhamdulillah di hari ke 5 puasa tahun ini saya dan keluarga masih lancar tanpa k...