Tuesday, February 27, 2018

Pentingnya Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Generasi Emas



Pentingnya Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Generasi Emas.  Berbicara mengenai pentingnya nutrisi untuk tubuh seakan tidak ada habisnya tapi apakah sudah banyak yang tahu bahwa peran nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan itu berpengaruh terhadap mada depan si Kecil dan keturunanya? Saya pun juga baru tau. Beberapa waktu lalu saya menghadiri acara talkshow kesehatan bersama Nutrisi Untuk Bangsa di Santika Taman Mini Indonesia Indah.


Saat mendapat undangan saya sangat antusias sekali karena sudah lama tidak ikut talkshow bersama Nutrisi Untuk Bangsa walau pun letak tempatnya cukup jauh dari rumah. Sejak pagi selepas antar sekolah anak-anak saya diantar Papa sampai Lebak Bulus, sesampainya disana saya naik Buswayke arah Kampung Rambutan. Alhamdulillah semesta mendukung, perjalanan menuju kesana lancar jaya. Saya turun di Halte Pasar rebo dan dilanjut naik ojek online.



Dari rumah kesana memakan waktu 1,5 jam saja lho,,ahh senangnya. Sebelum acara talkshow dimulai saya menyempatkan diri memeriksa tubuh dan konsultasi kesehatan disana. Mulai dari tinggi badan, berat badan, lemak dalam tubuh, kondisi organ tubuh dan lainya. Setelah periksa kita akan di jelaskan oleh petugas. Semua pemeriksaan dan konsultasi itu gratis huhu kapan lagi ya kan.

Hasilnya gimana? Duhhh sedih banget deh kalau di ceritain mah. Hasil dari pemeriksaan tubuh dan kesehatan saya bisa dibilang saya sudah masuk obesitas, lemak dan organ tubuh saya bisa di bilang warning banget nih jadi mau tidak mau harus mengubah pola hidup saya dengan diet seimbang dan melakukan olah raga rutin *Ok Catet.



Selesai puas konsultasi saya foto booth sama teman-teman dan mumpung gratis juga jadi agak rempong dan berkali-kali di foto hehehe. Duhh senangnya bisa belajar sambil silaturahmi. Tak lama akhirnya acara inti diskusi kesehatan di mulai.

Narasumber yang hadir yaitu Bapak Arief Mujahidin selaku Communication Director Danone Indonesia, Ibu Prof. Dr. Endang L. Achadi , Dr. Tirta Prawita Sari, DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti.



Pertama sambutan dari Bapak Arief Mujahidin beliau mengatakan bahwa saat ini blogger memiliki sumber kekuatan 10 th terakhir, kalau dulu informasi di dominasi oleh media atau di pusat-pusat ilmupengetahuan universitas namun saat ini semua orang bisa mendapatkan informasi mengenai kesehatan dan lainya yaitu lewat internet dan membaca dari blog-blog para blogger.

Dan inisiatif dari Nutrisi Untuk Bangsa Sarihusada ini yaitu menciptakan forum-forum diskusi seperti ini bersama para media dan blogger sehingga tulisan para blogger itu tidak enak dibaca dan penuh dengan dukungan data dan fakta dari forum ini.

Setelah sambutan dari Pak Arief Mujahidin dilanjut oleh Ibu Prof. Dr. Endang L. Achadi yang menjelaskan 1000 hari pertama kehidupan untuk generasi emas.



Memiliki anak adalah anugerah luar biasa dan mereka adalah sebuah amanah yang benar-benar harus di jaga. Kesehatan dan kecerdasan anak-anak ini berkembang secara pesat pada 1000 hari pertama kehidupan.

1000 HPK sendiri yaitu dimulai saat si Kecil dalam kandungan sampai 2 tahun pertama setelah lahir. Mungkin banyak yang bertanya mengapa 1000 HPK penting? .

Perlu diketahui juga nih pada saat didalam kandungan dan setelah lahir otak mengalami perkembangan fungsi yang cukup pesat dan menurun setelah usia 2-3 th. Maka dari itu pada masa periode 1000 HPK inianak harus mendapatkan stimulasi yang baik sehingga perkembangan otaknya terus optimal.

Jadi gini moms pada 1000 HPK ini tidak akan bisa terulang kembali dan bila pada periode ini tidak dilalui dengan baik maka akibatnya terhadap kecerdasan dan kesehatan bersifat permanen, sulit untuk di perbaiki dan berpengaruh terhadap dua generasi berikutnya.



Ada akibat jangka panjang dan jangka pendek jika pada periode 1000 HPK ini tidak dilalui dengan baik.

Akibat Jangka Panjang : 

  • Kecerdasam ( kemampuan kognitif ) rendah
  • Stunting
  • Risiko tingginmenderita PTM (Penyakit Tidak Menular) seperti diabetes, penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

Saat ini kita berbicara mengenai stunting akibat dari jangka panjang jika pada periode 1000 HPK tidak di lalui dengan baik. Perlu di ketahui juga menurut data jumlah balita Stunting di Indonesia menduduki no.5 terbanyak di Dunia jadi 4 dari 10 anak balita mengalami stunting.

Stunting itu apa? Stunting adalah tubuh yang lebih pendek dari standar usianya, yang terjadi akibat gangguan atau hambatan pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh.

Penyebab Stunting pada bayi pun ada berbagai faktor :

  • Kekurangan gizi kronis dan / atau berulang
  • Sering menderita penyakit infeksi
Yang biasanya faktor ini terjadi sejak dini mulai sejak di dalam kandungan , dalam periode 1000 HPK dari faktor diatas berakibat pertumbuhan tulang dan organ tubuh lainya terhambat. Bisa dibayangkan faktor ini terjadi mulai anak dalam kandungan maka dari itu peran ibu hamil saat penting disini. 

Untuk mencegah bayi lahir stunting maka Remaja putri, calon pengantin, Ibu pra hamil, Ibu hamil, Ibu menyusui , bayi 0-6 bulan, bayi / anak 6-24 bulan harus mendapatkan Asupan Adekuat yang bergizi seimbang dan khusus untuk bayi 0-6 bulan ASI ekslusif dan mengupayakan tidak terkena penyakit infeksi.


Panduan Gizi Seimbang oleh Dr. Tirta Prawita dan DR.Dr Yustina Anie. Kalau dulu kita berpedoman pada e sehat 5 sempurna, sempurna jika kita minum susu tapi saat ini kita berpedoman Gizi seimbang.
Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yangs esuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman makanan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah gizi kurang dan gizi lebih.

Gizi seimbang ini memiliko 4 pilar utama ada pula kriteria gizi seimbang :
  • Mengandung berbagai zat gizi ( energi protein, vitamin dan mineral ) yang diperlukan tubuh.
  • Cukup secara kualitas dan kuantitas
  • Menjaga kesehatan , melakukan aktivitas , dan fungsi kehidupan sehari-hari bagi semua kelompok umur.
Mungkin untuk kita yang tidak hamil membutuhkan gizi yang masih wajarbtapi pada bumil dan busui membutuhkan tambahan energy 180-400 kkal serta 20 gram ekstra protein perharinya agar kebutuhan zat gizi janin dan bayi terpenuhi.

Ada yang perlu di garis bawahi untuk kebutuhan bumil di perlukan makro nutriens dan mikro nutriens. Bumil dan busui tidak boleh absen mengkonsumsi pangan yang mengandung besi dan asam folat agar janin dan bayi tumbuh sehat.



Alasan kenapa Besi dan Asam Folat penting untuk Bumil : 
  • Zat besi dibutuhkan bumil untuk menjamin hantaran oksigen yang dibutuhkan sehingga metabolisme berjalan baik.
  • Zat besi dibutuhkan bumil untuk menghadapi persalinan 
  • Zat besi diperlukan janin untuk pertumbuhanya dan sebagai persiapan cadangan zat besi saat ia lahir hingga berusia 6 bulan
  • Asam folat diperlukan untuk pertumbuhan otak dan neural tube janin untuk mencegah terjadinya kecatatan.
Pada bayi sendiri usia 0-6 bulan mendapatkan gizi seimbang yaitu cukup dengan ASI. Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas maka si Ibu mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi seimbang.

Lalu jika bayi menginjak umu 6 bulan maka ASI saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisi nya maka di butuhkan lah MP ASI yang ADEKUAT untuk mengatasi nutrient GAP yang ada.

Dalam menyiapkan MP ASI kita sebagai ibu juga harus tau nih bagaimana menyiapkan MP ASI yang baik jadi ada beberapa yang harus di perhatikan.

MP ASI yang Baik 
  • Kaya zat gizi
  • Mudah dimakan anak
  • Tidak berbumbu tajam, terlalu asin
  • Disukai anak
  • Berbasis pangan lokal

Ada pula tips membuat dan memberikan MP-ASI 
  • Dapur dan peralatan masak terpisah dengan orang dewasa
  • Menggunakan stainless steel jangan menggunakan perlatan dari kayu, melamine, sterofo  atau plastik.
  • Menggunakan lap sendiri 
  • Sebelum memasak cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Bila memotong menggunakan sarung tangan 
  • Juru masak harus sehat jadi jika ada juru masak yang diare atau tifus tidak boleh memasak sebelum ia sembuh.
  • Jika ingin memberikan MP ASI ambilah secukupnya sesuai kebutuhan , jadi jika ada sisa kita bisa panaskan pakai microwave atau di kukus sebentar
  • Suapi anak sedikit demi sedikit 
  • Berikan anak minum air putih untuk membersihkan sisa makanan.
Kadangnkita sendiri juga bingung akan memberikan atau memasak MP -ASI apa ya buat si kecil tapi jangan khawatir tentang menu masakan tapi yang jelas dan yang paling penting di perhatikan yaitu semua menu MP ASI harus ADEKUAT dan sebaiknya protein hewani selalu ada di menu MP ASI. Jangan lupa juga masukan sayuran juga sebagai tambahan nutrisi dan vitamin pada MP ASI. Yang terakhir yaitu kita jangan takut memasukan sedikit garam, gula dan minyak pada MP ASI.

6 comments:

  1. Jadi inget dulu paling bingung saat buat menu MPASI ... iya 1000 hari pertama memang sangat menentukan tumbuh kembang mereka selanjutnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba 1000 hari pertama merupakan periode penting untuk selanjutnya.

      Delete
  2. Ayo Mbak Amel, semangat hidup sehat. Kita olahraga bareng apa nih? hihihi

    ReplyDelete
  3. Kita kebalikannya yo mak, aku butuh menaiikan berat badan hiihi...Yuk semanagt olahraga sm diet gizi seimbang Insha Allah sehat bugar dna bonusnya langsing :)

    Seru ya ada photo booth juga cek kesehatan + konsultasi gratis, semoga makin banyak yang aware tentang pentingnya 1000 HPK ya :)

    ReplyDelete
  4. I know this if off topic but I'm looking into starting my own weblog
    and was wondering what all is needed to get setup?
    I'm assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I'm not very web smart so I'm not 100% certain. Any tips or advice would be greatly appreciated.
    Kudos

    ReplyDelete

LVF Aura Lip Lacquer

Assalamu'alaikum Ladies.. Kalau boleh tau alat make up yang wajib banget kamu bawa setiap harinya dan selalu ada di pouch ada apa...