Tuesday, February 13, 2018

Plant Tour ke Pabrik Mitsubishi Motors Melihat Pembuatan XPander



Assalamu'alaikum.
Cuaca beberapa bulan ini rasanya ga menentu banget kadang hujan kadang panas banget, kalau sudah begitu rasanya pengen cepat-cepat punya mobil. Yups ,, memiliki mobil adalah salah satu impian saya yang sampai saat ini belum terwujud. Bagi saya memiliki mobil itu sebuah keharusan karena kalau pergi kemana-mana bisa ajak keluarga secara lengkap, apalagi anak-anak sudah besar jadi mau ga mau naik mobil.

Selain melindungi dari panas dan hujan bagi saya memiliki mobil itu buat investasi, karena dari sekarang udah kebayang kalau punya mobil nanti mau jadi driver online dan disewakan gitu hehe. Kriteria mobil idaman saya sih sangat simple.

Kriteria Mobil Idaman 
  • Keamanan
Keamanan itu nomer satu karena kita membeli kendaraan tentunya tidak hanya nyaman ttetapi juga aman saat dikendarai. Salah satu yang wajib ada di kendaraan saya yaitu airbag, rem dengan kualitas nomer wahid dan seatbelt di kursi belakang.
  • Penampilan yang stylist
Bukan hanya pakaian saja yang harus stylist tetapi mobil idaman saya juga harus stylist dan tahan dengan struktur jalan. Stylist disini saya artikan memiliki body yang gahar atau gagah lah istilahnya karena dengan begitu saya merasa keren aja gitu saat nyetir hehe.
  • Kenyamanan
Saya sudah berandai-andai kalau punya mobil pastinya saya pakai buat pulang kampung bersama keluarga. Dengan menempuh jarak jauh tentunya saya ingin kendaraan saya itu nyaman dengan kursi yang empuk plus fasilitas mobil pun cukup lengkap seperti wifi.
  • Luas pada bagasi belakang
Nah ini penting banget karena namanya pulang kampung saya sekeluarga pastinya membawa berkoper-koper barang dan belum lagi kalau pulangnya kita pasti beli oleh-oleh yang lumayan banyak. Jadi kapasitas bagasi atau bagian belakang mobil itu harus luas.
  • Ada harga, ada kualitas
Yups kita tau sendiri lah istilah yang namanya ada harga ada kualitas. Saya ingin punya mobil yang sesuai budget dan kualitas mesin atau yang lain juga harus bagus, makanya sekarang makin semangat aja nih nabungnya.



Sebagian kriteria mobil idaman saya diatas rasanya ada di XPander kendaraan keluaran PT. Mitsubisi Motor  Krama Yudha Indonesian yang mana tanpa ragu saya melihat langsung pembuatan mobilnya. Alhamdulillah...Beberapa waktu lalu saya dan teman blogger berkesempatan berkunjung ke Pabrik Mitsubishi Motor di Cikarang bersama Kompas.com . 

Para blogger berkumpul di Betara budaya tepat di depan kantor Kompas di Palmerah, seneng banget sih soale tempat ngumpul deket Stasiun Palmerah jadi tinggal jalan kaki deh menuju Betara Budaya.



Setelah semua kumpul kita semua cuss langsung ke Pabrik Mitsubishi. Alhamdulillah perjalanan lancar jaya hanya sedikit macet di daerah Palmerah. Sesampainya di Cikarang kita semua tidak langsung ke Pabrik tapi makan siang dulu di Restoran Telaga Seafood.

Tak hanya makan siang saja lho di Telaga Seafood, kita semua di brief Do and Don't saat di pabrik nanti. Disini pula diadakan kuis persembahan Mitsubishi dan juga Kompas.com . Hadiahnya tak tanggung-tanggung voucher belanja ratusan ribu pun dikeluarkan.



Selesai seseruan bareng di Telaga Seafood kita semua langsung ke Pabrik Mitsubishi Motors yang letaknya tidak jauh dari restoran. Jujur saja baru kali ini saya mengunjungi kawasan pabrik kendaraan dan ternyata luassss banget  dan bersih pula.

Sesampainya di Pabrik Mitsubishi kita semua masuk ke Conference Room yang mana sudah berkumpul para undangan media , blogger dan komunitas yang siap eksplore pabrik ini.

Didalam Conference Room sudah ada jajaran managemen PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Diantaranya yaitu ada Mr. Takao Kato, selaku President Director PT. MMKI, Mr. Kyoya Kondo, selaku President Director PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Bapak Irwan Kuncoro selaku Marketing Director PT. MMKSI ; Mr. Takeshima Usami, selaku Executive Vice President PT.MMKI dan Pembalap Rifat Helmi Sungkar selaku Product Ambassador PT. MKKI.



Acara dibuka oleh Mr. Kondo beliau mengungkapkan rasa terima kasih kepada peserta Plant Tour dan juga masyarakat Indonesia yang ternyata antusias sekali dengan kehadiran Mitsubishi XPander. Rasa antusias dan sambutan baik itu terbukti bahwa hingga saat ini jumlah pesanan XPander lebih dari 50.000 unit. 

Bahkan pada kesempatan kali itu juga Mr.Kondo mengungkapkan permintaan maaf kepada konsumen yang masih belum kebagian XPander. Untuk mengatasi permasalahan banyak konsumen yang belum kebagian makanya pihak MMKI meningkatkan lagi pelayananya serta shift produksi Xpander.

Pembicara kedua yaitu Mr. Takao Kato, beliau menjelaskan mengenai pabrik MMKI. Pabrik MMKI di Cikarang ini baru berdiri lho ternyata dan pada tanggal 25 April 2017 tahun lalu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Pabrik MMKI ini memiliki luas 51 hektar, di Pabrik MMKI ini tidak hanya memproduksi mobil XPander saja tetapi juga memproduksi Mobil Pajero Sport.



Pabrik MMKI di Cikarang ini juga ramah lingkungan lho jadinada pendaur ulang air limbah, pemanfaatan air hujan serta mereduksi emisi karbon dioksida melalui penghematan energi pada proses pengecatan.

Pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia di Cikarang ini juga merupakan terbesar ke-4 secara global.Pabrik MMKI juga sudah menggunakan standar global yang mana produknya itu tidak hanya di pasarkan di Indonesia saja tetapi juga di ekspor keluar negeri seperti Filipina, Thailand dan sejumlah negara ASEAN lainya.

Bahkan rencananya PT. MMKI juga akan mengekspor Mitsubishi XPander ini ke Amerika Selatan dan Afrika Utara hingga mesir dalam waktu dekat.

Pabrik MMKI ini berjalan nonstop 24 jam dan dibagi 2 sift yang mana setiap 1 shift mampu memproduksi 176 unit mobil setiap harinya. Khusus XPander PT. MMKI memproduksi sebanyak 80 ribu unit pertahunnya. Kualitas mobil pun jangan ditanya.

Rifat sungkar


Menurut Rifat Sungkar selaku Product Ambassador bahwa Mitsubishi XPander ini dirancang untuk generasi zaman now banget lah karena tampilanya juga atraktif dan sangat nyaman. Bahkan saat ini dirumahnya sudah ada 4 unit Mobil Mitsubishi Xpander dengan berbagai warna.Beliau mengungkapkan kelebihan dari Mitsubishi XPander ini.

Kelebihan Mitsubishi Xpander :

  • Lampu LED pada kap mesin maka pencahayaan akan lebih jelas jika dikemudikan pada malam hari.
  • Interior mobil mewah dan elegant. Tak hanya menggunakan bahan matrial interior yang berkualitas.
  • Bagian belakang mobil luas, nah ini dia yang jadi favorit saya karena mampu menampung banyak barang.
  • Ada fitur audio head dengan layar sentuh, duh fitur ini kekinian banget plus bisa bluetooth dan wifi.
  • Stir edgas mobil bisa di sesuaikan dengan tubuh pengemudi yang mana bisa di maju atau mundur dengan manual.
  • Auto AC di depan dan di Jok tengah yang mana pastinya semua posisi akan mendapatkan AC.
  • Fitur keselamatan di Mitsubishi Xpander ada dual SRS airbags pada bagian depan.
  • Di setiap seat ada safety belt.
  • Penampilanya gagah di tampak depan dan sangat stylist dari samping.
  • Pada bagian belakang mobil ada LED Light yang merupakan pertama dikalanganya.
  • Ada 3 titik power outlet charging ada dimana-mana ( penting banget yes buat kita yang ga bisa lepas dari Smartphone)
  • Posisi duduk pun bisa di dorong dan di tarik atau naik turun sesuai kenyamanan.
  • Mesin bertenaga dan effisien dengan 1500 cc
  • Handling nyaman dan stabil.
  • Dan masih banyak fitur-fitur lainya.

Mendengar semua kelebihan Mitsubishi XPander ini saya jadi semakin yakin bahwa Mitsubishi Xpander ini sesuai dengan tagline nya yaitu " Your New Generation MVP" .

Setelah mendengar pemaparan kelebihan Mitsubishi Xpander dari Rifat Sungkar kita semua siap Plant Tour di PT. MMKI melihat secara langsung produksi Mobil XPander. Kita semua dibagi menjadi beberapa kelompok dan sebelum masuk ke mobil kita harus pakai kacamata karena ada beberapa bagian produksi yang takutnya para peserta ini kena percikan sesuatu. Setiap kelompok di dampingi oleh guide yang menjelaskan tahap demi tahap perakitan si gesit Xpander.

Eksplore Pabrik Mitsubishi XPander

Stamping




Pertama kita semua mengunjungi bagian Stamping yang mana di tempat ini merupakan proses awal. Saat memasuki ruangan ini saya sangat takjub dan wahh banget deh yang mana pada tempat ini baja-baja itu di cetak dan di bentuk mulai body maupun pintu-pintu mobil.

Pada bagian ini hampir semua menggunakan robot , mulai dari pres sampai mengantarkan hasil pres dan menyusunya itu pakai robot dan disini memiliki 4 mesin automatic yang mampu mengangkat beban seberat 300 ton. Lalu 1 panel yang ada disini mampu membuat pintu hanya dalam waktu 6 detik saja.

Welding

Ini tempat kedua yang saya kunjungi yaitu tempat proses menyatukan 2 komponen. Dibagian ini sebanyak 40 % pembuatan menggunakan robot dan 60 % manusia.

Pada proses ini saya melihat sangat cepat banget ya perakitanya dan bahkan ternyata dalam 1 jam itu bisa menghasilkan 23 unit mobil.

Painting



Painting atau pengecatan body XPander dilakukan oleh robot dan mesin-mesin berteknologi tinggi. Hampir semuanya menggunakan mesin dan robot pekerja manusia sendiri hanya mengecek saja.


Assembling

Assembling atau perakitan. Disini bagian-bagian mobil yang sudah melewati proses akan diselesaikan dibagian ini. Pada bagian ini hanya ada 1 robot yaitu untuk pemasangan kaca depan.

Pada pemasangan bagian lainya dilakukan oleh manusia. Saya melihat jelas bagaimana para pekerja disini dengan cekatan memasang rakitan mobil mulai dari jok hingga painting. Semua yang ada disini tentunya banyak peralatan canggih yang membantu para pekerja.

Oya,,pada bagian ini ada juga pekerja wanita lho. Awalnya saya pikir para pekerja disini laki-laki semua ternyata sebanyak 5% adalah wanita.

Quality Control


Pada bagian quality control ini semuanya mesin dan juga fitur keamanan dan lainya di cek dengan teliti. Pastinya juga mulai dari Ban sampai body mobil pun di tes kualitasnya.

Setelah melihat tahap-tahap membuat mobil ternyata cukup rumit dan menggunakan mesin-mesin dengan peralatan modern yang berteknologi tinggi, prosesnya pun teliti dan akurat lalu menggunakan robot canggih. Dan tahu ga sih ada rasa kagum juga lho jadi para pekerja disana saat kami lewat mereka senyum dan seakan memberikan hormat dengan sedikit membungkukkan badan.

Keren banget ya,, tak hanya menghasilkan produk yang baik tetapi attitude atau sikap para pekerja disana juga sangat baik dan sopan.

Oya...Saya juga sempat melihat yang mana ada rel besar di atas yang membawa mobil (entahlah namanya apa aku lupa hehe) tapi yang pasti melihat prosesnya ini membuat kita yakin dan percaya bahwa membuat kendaraan itu tidak asal jadi dan membutuhkan proses yang cukup panjang.

Test Drive

Pada proses terakhir sebelum dipasarkan yaitu dilakukan  Test drive. Jadi setiap mobil yang sudah jadi wajib banget untuk test drive di area khusus test drive yang letaknya tidak jauh dari pabrik.

Pict by Istimewa


Test drive Mitsubishi XPander

Puas keliling pabrik kita semua lanjut ke tempat Test drive yang masih berada di lingkungan Pabrik lebih tepatnya di PT. MMKIS . Walau pun masih berada di lingkungan pabrik tapi menuju kesana tetap ya menggunakan bis hehe. Saat memasuki kawasan test drive saya terperanga karena banyakkkk sekali mobil XPander yang siap kirim. Perlu diketahui juga nih di Carpool ini ada 150 ribu unit mobil lho.

Awalnya berani ga berani untuk test drive tapi akhirnya rasa penasaran sama Generation MVP ini mengalahkan rasa takut. Ya...itung-itung merasakan juga lah mobil impian saya *Amin.

Jadi di setiap mobil ada 1 orang pendamping dan di 1 mobil juga hanya 4 orang saja didalamnya (termasuk pendamping). Kita semua bergantian merasakan Mitsubishi Xpander ini.

Saya sih ga bisa nyetir jadi saya duduk di tengah. Saat memasuki mobil beuhhhh bener banget yes interiornya mewah banget, persis sama apa yang di ungkapkan Rifat Sungkar tadi. Kesan Elegant dan mewah saat saya menaiki mobil XPander ini.

Pada test drive di design lika liku dan ada medan-medan yang sering kita temui dan pastinya buat deg-deg serrr gitu. Akhirnya manuver test drive pun di mulai.

Pertama sang guide yang mengendarai mobil ini, beliau sengaja mengendarai dengan cepat agar kita semua merasakan fitur apa saja sih di mobil ini. Sang guide dengan licinya berkendara dengan waktu cepat lah kita penumpang udah di buat poning. Apalagi saat di sengaja mengendarai dengan kapasitas full lalu di rem mendadak.

Apa yang saya rasakan? Deg degan tentunya tapi saat rem dan belok itu ternyata nyaman saja karena mungkin pada Mitsubishi Xpander ini terdapat fitur ABS ( Antilock Bracking System) sebuah fitur anti terkunci rem saat ngerem mendadakndan ban depan pun tidak tergelincir.

Lalu saat melewati jalan rusak ( polisi tidur di design berdekatan atau jaglukan *biasa kita menyebutnya) para penumpang juga terutama saya tidak merasakan apa ya tetap nyaman tidak terbentur kemana-mana gitu.

Pengen punya XPander 😍

Oke lah cukup 2 putaran saya merasakan test drive sebagai penumpang. Walau agak deg-degan tapi tetap nyaman sih karena masih banyak fitur lainya. Jadi gimana naksir Mitsubishi Xpander ? Beuhhh naksir banget lah fitur keamanan nya juga lengkap, kenyamanannya pun jangan di tanya ya ,,nyaman banget kursinya empuk dan bahan kursinya pun bagus.

Pokoknya mobil idaman banget deh, dan semenjak berkunjung ke Pabrik Mitsubishi Motor ini saya jadi kepingin bangetbpunya satu saja XPander inj ya? Hahaha semoga aja yo ada rejeki nomplok langsung cuss punya ini dan langsung tak bawa mudik.

pict by Istimewa
Senangnya bisa foto sama Rifat sungkar 😍

Terima kasih banyak untuk kompascom dan Mitsubishi Motors atas kesempatanya karena ini pengalaman pertama saya yang sangat berharga bisa melihat proses pembuatan mobil.















39 comments:

  1. Udah buruab beli Kak Amell.. Sua ya. Satu buat akoohh. Ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha doakan aku Uwan,,biar cepet punya XPander ini hehe.

      Delete
  2. Wah luar biasa ya pembuatannya... Iya si aku setuju ada harga ada rupa 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kak,, buatnya susah dan ribet tapi keren juga sih pakai robot2 gitu buatnya hehe.

      Delete
  3. Kalau sudah menginjak pabriknya tinggal beli mobil idamannya.
    Amin... Semoga ada rezekinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn ya Allah,,,semoga Teh Okti juga punya ini ya 😘

      Delete
  4. Whaaa keren amat ya 1 shift bisa produksi 176 unit mobil. Anyway Rifat Sungkar gak ada niatan bagi mobilnya gitu satu aja biar garasinya gak sempit hahahaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha akunpun juga mau kak di kasih mobilnya 😂

      Delete
  5. Wah beruntung ya mak, bisa melihat langsung ke pembuatan mobil Mitsubishi XPander ini, keren abis dan tampil mewah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mak ga cuma keren dari luar tapindalamnya pun mewah lho.

      Delete
  6. Wuidihhhh ... Xpander!!
    Emang nyaman nih mobil, soalnya pernah dpt pas naik taksi daring haha!

    ReplyDelete
  7. Mitsubishi emnag kualitasnya bagus mba. Tahan semua jalan lagi. Walau yang kecil pun bagus. Plus irit bahan bakar hehhe. Wah asik banget ya bisa kepabriknya. Dulu aku pernah sekali kesana, aku kerja di Mitsubishi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalahhhhh hehe ternyata pernah kerja di mitsuMitsutohh...iya kemarin aku test drive enak mobilnya.

      Delete
  8. Ternyata expander banyak peminatnya ya , sampai ada yang ga kebagian. Lalu menghayal kapan kita punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe insya Allah Mak kita juga bisa punya banyak berdoa semoga ada rejeki hehe.

      Delete
  9. wah pengalaman yang asyik bisa lihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya asyik banget bisa lihat langsung.

      Delete
  10. Mobil idamanku juga nih. Mudah-mudahan bisa punya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...semoga kita cepet punya Yoo hehe.

      Delete
  11. Seru bisa ke pabrik mitshubishi. Xpander ini juga mobil favorit aku dan keluarga loh mba. Semoga kita bisa sama-sama punya Xpander yah mba.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya kak...ini juga mobil impian aku banget hehe.

      Delete
  12. Btw foto levitasinya bagus juga mbak... :) Smg aq bs beli mobil satu ini. my fave...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..semoga ya bisa beli.
      Itu di fotoin sama mas Fawwas hehe.

      Delete
  13. wuaaaaah keren banget ya pabriknyaaaaa. Semoga bisa punya 1 Mitsubishi Xpander dirumah ya mak Ameeeel. Aaaaaminnn.. hihii

    ReplyDelete
  14. Penting nih ada 3 outlet charging ..xpander kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak lagi hal kerennya kak hehe.

      Delete
  15. Mobil idaman banget ini mah. Pasti banyak ilmu dan cerita seru nih sepulang dari Tour ke Pabrik Mitsubishi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak banyak cerita dan ilmu juga sih tapi yang pasti setelah berkunjung kesini jadi makin mupeng Xpander hehe.

      Delete
  16. Keren ya, pabriknya dan hasil produksi mobilnya bagus. Mau pilih juga jadinya :) sayang duitnya blm kumpul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangatbmak semoga ada rejeki yoo punya Xpander 1 hehe.

      Delete
  17. Wow, mengunjungi pabrik itu menyenangkan jadi banyak tahu prodak dengan tuntas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyenangkan banget karen kita bisa lihat langsung tahapannya hehe.

      Delete
  18. Xpander!, idamanku banget, cucok buat di daerah banjir kayak komplek ku hihihi..

    ReplyDelete
  19. Wah tulisannya lengkap banget. Aku pakai Mitsubishi juga tapi yang Outlander. Senangnya bisa ikut tour ke pabrik Mitsubishi yang terkenal itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihhh kerenn mba Alida udah punya Mitsubishi hehe.

      Delete
  20. Mitsubishi Mobil yang Cocok untuk Idaman Para Wanita

    ReplyDelete

Pemaparan Publik Tahunan dan Pengembangan Inovasi Produk Holcim Indonesia

Assalamu'alaikum. Apakabar puasanya, lancar kah? Alhamdulillah di hari ke 5 puasa tahun ini saya dan keluarga masih lancar tanpa k...