Tuesday, February 20, 2018

Sebelum Traveling Yuk Cek Kalender Cuti dan Libur Nasional Dulu



Traveling atau piknik saat ini masuk dalam prioritas saya setelah investasi. Jujur saja dulu saya termasuk orang yang sangat perhitungan dan sangat menjunjung tinggi namanya nabung dan nabung karena saya berfikir kalau traveling itu merupakan pemborosan. Bayangkan saja untuk sekali traveling saya membutuhkan biaya yang lumayan menguras kantong apalagi kalau traveling sama keluarga duhhh bisa berapa banyak biaya yang harus saya keluarkan untuk sekali traveling.


Itu pemikiran dulu tapi kini sudah berbeda, kini traveling masuk ke dalam prioritas saya sejak 2 tahun terakhir. Sejak masuk kerja dan sibuk dengan semuanya saya merasakan jenuh luar biasa karena setiap hari mengerjakan rutinitas yang itu-itu saja. Belum lagi kalau ada masalah keluarga atau di kejar deadline, pekerjaan saya bukanya beres tapi yang ada malah tidak fokus saking jenuh dengan semua itu. Untuk mengatasi kejenuhan dan agar otak tetap waras menjalani kegiatan dibutuhkan yang namanya piknik.

Yes, piknik jalan-jalan ke suatu tempat yang belum pernah kita datangi dan bebas mengeksplore hal baru yang ada disana. Manfaat piknik saya rasakan sekitar 2 tahun lalu yang mana saya diajak jalan-jalan gratis oleh seorang teman. Ditengah kejenuhan dan kebosanan rutinitas plus stres yang melanda, sehari saya plesiran dan ternyata jiwa dan raga saya kembali fresh. Otak saya kembali fokus dengan kerjaan. Jadi oke lah Traveling saya masukan kegiatan rutin setidaknya 1 tahun 2x.

Untuk traveling selama 2 tahun terakhir saya hanya di Pulau Jawa saja dan sekali ke luar pulau yaitu Lampung bersama anak-anak. Tapi niat saya sih semoga tahun ini keinginan saya dan anak-anak untuk traveling ke Bali bisa tercapai *Amin. Kalau di Bali saya tidak hanya untuk traveling atau plesiran saja sih tapi juga sekalian mau ketemu adiknya anak-anak saya disana yang sudah 4 tahun tidak ketemu.

Selama dua tahun belakang juga beberapa rencana traveling saya dan anak-anak itu gagal karena beberapa hal salah satunya yaitu jadwal yang tidak pas. Jadi saya pernah mau ke Baduy bersama mereka dan itu sudah janjian dengan saudara juga tapi karena ternyata salah liat tanggal ya akhirnya pupus sudah deh rencana liburan sama-sama.

Dari pengalaman yang seperti itu makanya saya harus jauh-jauh hari mempersiapkan traveling dengan mencocokan jadwal anak-anak dan juga saya. Maklumin saja yes karena anak-anak saya masih sekolah juga jadi kalau main asal pergi kasian ,mereka juga ketinggalan pelajaran dan saya ga mau itu. Tujuan traveling kan untuk refreshing dan mengenal hal baru anak-anak juga tapi tidak mengabaikan pelajaran. Jadi bagaimana caranya agar traveling lebih seru ? Berikut tips dari saya :

  • Siapkan dana khusus Traveling
Yups,, hal pertama sebelum traveling yaitu kita mulai siapkan dana khusus traveling setidaknya 20%  dari penghasilan kita. Walau pun suatu saat kita akan backpacker bersama mereka tetapi tetap saja ya dana ini harus disiapkan.
  • Buat perjanjian dengan anak-anak
Nah ini penting menurut saya dan sudah saya lakukan. Jadi sebelum traveling saya membuat perjanjian sama mereka misalnya saja jangan minta atau membeli ini itu saat traveling. Apakah saya sukses melakukanya? Alhamdulillah sukses dan anak-anak berkomitmen dengan janji mereka. Seperti saat ke Lampung, sebelumnya saya membuat perjanjian dengan mereka.
  • Ajarkan anak mandiri dan bertanggung jawab
Sebelum traveling beri pemahaman kepada mereka bahwa tempat yang kita kunjungi adalah ruang terbuka atau tempat baru jadi mereka harus mandiri dan bertanggung jawab dengan barang-barang milik mereka.

Bawa barang secukupnya 

  • Jangan terlalu banyak bawa barang 
Traveling bertujuan untuk menyenangkan pikiran, diri sendiri dan juga mengeksplor daerah tersebut. Saat mengeksplor tempat tersebut pastinya akan sulit jika kita membawa banyak barang dan walau pun sebagian barang kita taruh di hotel atau penginapan lainya. Saya sendiri membawa barang yang penting-penting saja karena bisa di pastikan kalau membawa banyak barang pasti akan lebih ribet saat pulang traveling dan kadang barang yang kita bawa itu tidak dipakai.
  • Ide permainan atau kegiatan seru
Pastinya kalau traveling kita bisa menikmati keindahan, ciri khas daerah dan juga mengenal budaya sekitar itu sudah pasti sukses menghapus stres tapi agar bonding bersama anak-anak tetap terjalin sebaiknya kita sebagai orang tua menciptakan kegiatan seru atau permainan setelah puas menikmati daerah tersebut.


  • Atur jadwal dari jauh hari 
Ketika semuanya sudah dipersiapkan jangan lupa hal yang paling penting agar tidak gagal yaitu atur jadwal dari jauh-jauh hari. Sesuaikan jadwal libur sekolah anak-anak. Jika sudah tau jadwal libur anak-anak kita bisa sesuaikan dari awal jadwal cuti yang pas juga.

Ngomogin jadwal cuti biasanya sebelum akhir tahun saya sudah beli kalender tahun yang akan datang untukl menghitung dan menetapkan jadwal cuti yang pas. Kalau tahun ini saya liat Info Libur Nasional 2018 di Blog Traveloka .



Jadi ceritanya waktu itu anak-anak lagi pengen banget Liburan ke Bali dan juga Lombok akhirnya saya buka Traveloka karena disana biasa saya beli tiket kereta api dan lainya nah ga sengaja ada artikel Kalender Cuti 2018 dan pas banget deh sekalian atur jadwal cuti plus liat jadwal libur anak-anak yang pas.

Seneng banget sih ternyata di tahun 2018 ini ada banyak tanggal merah jadi saya bisa pilih waktu yang kira-kira memungkinkan bisa pergi bersama keluarga lainya juga. Kalau liburan bersama jauh lebih seru tentunya. Apalagi saat ini Traveloka punya layanan baru yaitu paket tiket pesawat dan juga hotel dalam 1 paket.. Wow banget kan jadi liburan kita lebih mudah ga pusing lagi cari hotel dan tiket pesawat.



Yang lebih menggembirakan lagi yaitu kalau pesan paket pesawat + hotel secara bersamaan itu jauh lebih hemat dibandingkan pesan terpisah, bahkan hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun.

Keren banget ya promonya, kalau ada promo seperti ini mah kita jadi makin sering piknik hehe. Saya sendiri sudah beberapa kali memesan tiket lewat Traveloka lewat aplikasi, selain lebih mudah dan praktis saat transaksi, banyak promo dan penukaran poin lah yang menjadi salah satu alasan saya kenapa masih setia memilih tiket wisata lewat Traveloka. Dan Insya Allah traveling plus silaturahmi ke Bali bersama anak-anak nanti bulan Juni 2018 *Amin.




31 comments:

  1. Mo jalan2 kemanaaaa yaaaaa enaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemana aja enak mak tapi jangan lupa ajak aku ya 😂

      Delete
  2. kalo denger kata promo dan diskon rasanya jadi kepengen liburan mba 😂

    ReplyDelete
  3. Diskon yaa mbak? *buru2 buka aplikasi.

    ReplyDelete
  4. Duhhh kalender Cutinya bikin mupeng. Sayangnya pekerjaanku ngga kenal tanggal merah :(

    ReplyDelete
  5. Penting banget nih cek kalender buat pastiin cuti dan liburan bareng keluarga agar makin lama liburan nya.

    ReplyDelete
  6. Karena travelling itu PENTING untuk merelaksasi diri dari penatnya rutinitas. Sama kayak aku, travelling jadi masuk prioritas. Tapi tersier sih, bukan yang primer :)
    Dan aku selalu langganan pakai Traveloka ^^

    ReplyDelete
  7. Aku jadi pengen liburan bareng keluarga lagi setelah awal Januari 2018 ke Singapore sekeluarga next pengennya siy ke Bromo hehehe... semoga terkabul ya...

    ReplyDelete
  8. Liburan bareng keluarga emang menyenangkan, apalagi biayanya terjangkau ya kak

    ReplyDelete
  9. Asyik nih tips-tipsnya bisa bermanfaat buat nanti kalo mau jalan-jalan ke Dubai wkwkwk 😁😂

    ReplyDelete
  10. Wah, save dulu ah kalender cuti 2018-nya :p

    ReplyDelete
  11. iya, pesan pesawat dengan hotel lebih murah tuh. Bahkan kalau diitung2 seperti nginep gratis hehe

    ReplyDelete
  12. seneng bgt kalau jalan2 sama keluarga. sensasi nikmatnya lebih banyak...hehe.

    ReplyDelete
  13. Paling hepi emang jalan2 sama keluarga

    ReplyDelete
  14. Whahaaha bookmarked ini postingannya. Tips sekaligus waktu-waktu liburan di 2018. Mayan kan kl dapet waktu kejepit

    ReplyDelete
  15. Penting ya pemilihan tanggal biar nggak miss sama hari anak sekolah

    ReplyDelete
  16. Aku mah gak pernah bisa mba bawa barang dikit klo travelling. Semua rasanya pengen dibawa. Apalagi urusan outfit. Walau memang kadang bnyk yg gak kepakenya. Hehehe

    ReplyDelete
  17. Duh, jadi pengen liburan, lagiiii.... Tapi mau sama Mak Amel dong... Heheh

    ReplyDelete
  18. tanggal merahnya banyak nih taun ini... blom kepikiran buat traveling sama keluarga kecuali pas lebaran doang nih... anak anak sibukkkk

    ReplyDelete
  19. Siapkan uangnya dengan baik, untuk bisa beli oleh-oleh juga ya,,, hehe

    ReplyDelete
  20. Hemmm pengin cuti nih tapi masih proses karantina. Terbayang di benak ingin maen ke Baluran.

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen liburan. Banyak libur tahun ini

    ReplyDelete
  22. Dengan paket pesawat dan hotel ini jadi menghemat waktu dan uang ya Mbak.

    ReplyDelete
  23. aku sering pakai traveloka, eh adik2ku yg udah pada kerja juga pakai ini, soale lebih murah klo bepergian pakai pesawat ato kereta

    ReplyDelete
  24. Skrg travelling semacam kebutuhan utama juga ya..haha..

    ReplyDelete
  25. waahh ada cek tanggalan ya di traveloka. boleh juga. Yuuk ahh kita kemon.

    ReplyDelete
  26. udah lama nih travelling nggak nyebur laut

    ReplyDelete
  27. Pengen banget nyoba2 booking hotel n pesawat begini, tapi travellingnya kapan yaaaa....

    ReplyDelete
  28. Soal transportasi sm hotel pas travelling aku juga nyerahin ke traveloka mba, kyak besok pas ke Malang tiket sm hotel by traveloka semua.. Hhe

    ReplyDelete

Alasan Saya Kenapa Minum KIN Fresh Milk

Assalamu'alaikum. Hallow gimana kabarnya moms? semoga kita semua sehat selalu, penuh cinta,rezeki berkah berlimpah ya. Buat kalian ...