Sunday, March 11, 2018

MUVON Aplikasi Halal Lifestyle Dari Muhammadiyah

Aplikasi Halal

Assalamu'alaikum.
Saat ini halal bukan hanya sebuah kebutuhan tetapi juga sudah menjadi gaya hidup terutama umat muslim. Saya sendiri kadang suka rancu atau sulit memilih apakah ini halal atau tidak karena ya jujur saja agak sulit membedakan. Apa lagi di serba digital ini yang bisa di bilang sangat memudahkan kita misalnya untuk belanja dll. Tapi balik lagi halal atau tidaknya itu.


Nah sekarang ga perlu pusing lagi nih karena ada sebuah Aplikasi yang membantu dan memudahkan untuk umat Islam dalam memilih apakah langkah tersebut halal, pekerjaan tersebut halal atau belanja kita halal. Nama aplikasi nya yaitu Aplikasi MUVON yang memiliki singkatan Muhammadiyah Vision.


Pada tanggal 8 Maret 2018 lalu saya menghadiri acara Sosialisasi Konvergensi Media dan Integrasi Digital Muvon Ekosistem di lingkungan Muhammadiyah yang bertempat di Kantor Pusat Muhammadiyah Jl. Menteng raya no. 62. Acara tersebut dihadiri oleh majelis-majelis dan beberapa petinggi Muhammadiyah.



Sebelum dimulai acara diawali pembacaan lantunan ayat suci Al-Qur'an oleh ust. Basyuri lalu kemudian sambutan dari Bapak Prof.Dr. Dadang Rahmat. Beliau mengungkapan bahwa sekarang adalah era digital semua kegiaran atau lainya bisa dilakukan lewat digital termasuk dakwah.

Saat ini lebih banyak orang yang berdakwah lewat dunia maya daripada pergi ke tempat-tempat. Lewat dunia digital kita bisa mendapatkan berbagai ilmu dll. Maka dari itu kita harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan.

Menanggapi hal ini Majelis Pustaka & Informasi Muhammadiyah, TV Muhammadiyah bekerja sama  dengan Digital Media Corp dan Digital Creative Asia menghadirkan aplikasi MUVON .


Aplikasi MUVON

Aplikasi MUVON memiliki arti Muhammadiyah Vision yang mana aplikasi ini dilandasi dengan visi mengembangkan ekosistem gaya hidup halal dengan menggunakan teknologi Over The Top (OTT). Untuk mendapatkan aplikasi kita bisa unduh secara gratis di Playstore.

MUVON merupakan aplikasi mobile over the top (OTT) muslim pertama yang mengintegrasikan beberapa fitur layanan mobile dalam satu aplikasi, bisa dibilang MUVON ini adalah sebuah wadah atau tempat. Pada aplikasi MUVON ada  30 fitur yang bisa kita manfaakan.

Fitur MUVON aplikasi :

TVmu  atau TV Muhammadiyah yaitu stasiun televisi Muhammadiyah yang menyajikan kabar dan berita islami bisa kita streaming lewat Muvon Aplikasi.

CJmu  atau Citizen Journalism disini para pengguna bisa live broadcast melalui Muvon aplikasi.

Videomu pada fitur ini pengguna bisa mengirimkan video sesuai judul klasifikasinya.

Kabarmu berisi kabar-kabar terkini dari portal-portal berita online Muhammadiyah.

Radiomu lewat fitur ini kita bisa mendengarkan radio islami

Pustakamu merupakan perpustakaan digital disini kita bisa membaca dan menyimpan ebook.

Kampusmu pada fitur ini untuk mahasiswa dan mahasiswi untuk melihat semua info tentang kampus.

Sekolahmu menyajikan semua informasi mengenai sekolah islam dan ini cocok banget buat murid atau orang tua murid yang sedang mencari informasi mengenai sekolah.

Lazismu yang merupakan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah, pada fitu ini kita bisa melihat dan menghitung zakat yang harus kita keluarkan dan kita juga bisa membayarnya lewat ini.

Masjidmu disini merupkan panduan beribadah dan bisa lihat masjid terdeka.



Sembakomu merupakan sebuah toko virtual yang menjual bahan pokok rumah tangga dengan barang berkualitas dan keuntungan berlipat bagi pengguna layanan Sembakomu

Pasarmu adalah lapak penjual barang dengan .berbagai macam kategori. Para pengguna bisa menjadi pembeli dan juga dapat berjualan disini.

JobsMu pada fitur ini kita bisa men dapatkan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai Muvon dan pengguna juga bisa dapat langsung mengirim CV langsung kepada perusahaan yang membuka lowongan.

Travelmu menyajikan atau memberikan paket halal tour dan umrah serta haji dengan penawaran menarik.

Donasimu layanan dimana para pengguna dapat memberikan bantuan langsung kepada pengguna Muvon yang membutuhkan.

Cinemamu nah pada fitur ini kita bisa tahu atau mencari film-film religi yang tayang di cinema.

Hospitalmu merupakan sebuah layanan yang diberikan kepada pasien rumah sakit. Para pengguna muvon bisa daftar nomer antrian dokter dari rumah. Disini juga kita bisa lihat jadwal dokter yang sedang praktek.

Siagamu merupakan layanan yang dapat membantu korban bencana. Kita para pengguna bisa melaporkan kejadian bencana yang terjadi di sekitar kita.

MuvonPay yaitu layanan yang dapat digunakan sebagai alat transaksi untuk berbagai macam pembayaran.

Masih banyak lagi fitur yang ada di MUVON aplikasi ini yang sepertinya cukup panjang saya jelaskan. Dan kali ini saya mau sedikit sharing pengalaman saya menggunakan salah satu fitur yang ada di aplikasi MUVON ini yaitu MUVONPAY.

MUVONPAY 

Pada aplikasi MUVON ada fitur MUVONPAY yang mana fitur ini yang digunakan sebagai alat transaksi. Di fitur ini kita bisa membeli pulsa dan paket data, listrik dan membayar zakat Lazismu. Pada fitur ini juga kita bisa transfer antar akun Muvonpay dan tarik tunai.

Untuk transfer antara akun Muvonpay itu tidak ada batasan bahkan 1 rupiah pun bisa di transfer. Dan untuk tarik tunai sendiri kita bisa melakukan tarik tunai di Alfamart dan Indomaret dengan minimal pengambilan sebesar Rp 50.000.



Cara tarik tunai Muvonpay di Alfamart dan Indomaret

Ada beberapa cara mencairkan saldo Muvonpay ( powered by PayPro) bisa lewat token atau merchant.

Mencairkan saldo Muvonpay  lewat token :

  • Klik Token 
  • Klik buat token
  • Masukan pin 
  • Catat nomer token kita
  • Datang ke Alfamart atau Indomaret 
  • Infokan jumlah uang yang akan di cairkan kepada kasir
  • Berikan nomer HPnyang terdaftar pada Muvonpay dan nomer token 
  • Kasir akan menginput nomor HP, nomor token dan jumlah yang akan di tarik 
  • Setelah sukses saldo akan terpotong otomatis dan pelanggan akan mendapatkan SMS notifikasi jika sukses.
Sangat mudah bukan? Begitu pula dengan membeli pulsa listrik atau pulsa lainya lewat Muvonpay.

Menurut saya Muvon Aplikasi ini banyak manfaatnya dan sangat membantu masyarakat untuk menjunjung tinggi halala life style namun kekurangan dari Aplikasi ini yaitu setiap fitur yang kita butuhkan harus download lagi fitur tersebut di playstore sehingga menghabiskan banyak memori smartphone kita.

Saya sangat mengapresiasi terobosan terbaru ini dan bahkan MUVON aplikasi ini juga mengeluarkan smartphone Muvon karya anak negeri yang bisa kita beli lho. Pada smartphone ini sudah di tanam otomatis aplikasi Muvon. Mau tau kelebihan dan manfaat MUVON aplikasi ini? Yuk download di playstore.








9 comments:

  1. Keren juga ada aplikasi kayak gini. Mau pake juga, ah

    ReplyDelete
  2. Keren loh sampe ada smartphonennya juga. Muhammadiyah memang juara inovasinyaaaa

    ReplyDelete
  3. keren banget ya membantu banget nih aplikasinya. contohnya bs mencari mesjid ketika kita dlm perjalanan

    ReplyDelete
  4. Makasiii infonya. Coba install ah, semoga masih cukup space di hape ;))

    ReplyDelete
  5. Nama aplikasinya ear catching, mbak. Mudah diingat, Muhammadiyah kekinian juga ya. Thanks buat infonya, mbak.

    ReplyDelete
  6. wah nama appsnya kekinian banget ya mba, jadinya gampang diinget juga.. keren deh

    ReplyDelete
  7. Wah keren Muhammadiyah sudah punya aplikasi zaman now ya :)

    ReplyDelete
  8. Keren bingit.... Muhammadiyah good job

    ReplyDelete
  9. aku kok, belom move-on sama dia yaaaa
    eh ini muvon ternyata :)
    *gagal pokus nih

    ReplyDelete

LVF Aura Lip Lacquer

Assalamu'alaikum Ladies.. Kalau boleh tau alat make up yang wajib banget kamu bawa setiap harinya dan selalu ada di pouch ada apa...