Sunday, March 18, 2018

Pembinaan Mental di Value Your Life -A Life Changing Bootcamp Onggi Hianata



Assalamu'alaikum.
Apa kabar semua? semoga kita semua sehat lahir batin dan bahagia selalu. Belakangan ini saya sering mendengar kasus bullying yang berujung pada kematian, entah korbannya bunuh diri atau menjadi pembully . Setiap mendengar korban bullying saya selalu ngelus dada karena dampaknya sungguh luar biasa bagi si korban dan saya sendiri adalah koran bullying saat Sekolah Dasar.


Dulu saya seorang anak pindahan dari Jakarta dan harus stay di Tasik di rumah nenek. Jauh dari orang tua saat kelas 4 SD bukan lah yang mudah karena saya di didik mandiri disana. Saat di sekolah atau di rumah kadang saya merasa sepi dan sangat jenuh terutama di Sekolah. Namanya ank pindahan pastinya belum begitu asing dengan lingkungan yang berbeda. Terutama bahasa, ya bahasa yang di gunakan di sana yaitu bahasa sunda, saya yang sangat awam dengan bahasa sunda itu alhasil tidak bisa mengikuti pergaulan disana.

Beberapa bulan tinggal di Tasik saya tidak punya teman di Sekolah dan saya cenderung menyendiri. Masih dalam ingatan saya , saya pernah mendapakan nilai 0 saat ulangan bahasa sunda karena sya benar-benar tidak paham apa yang guru dan teman katakan. Guru disana juga lebih sering menggunkan bahasa sunda daripada bahasa Indonesia dan alhasil jeblok semua nilai saya.

Tidak punya teman, di musuhi sekelompok genk anak cwe pun sudah kenyang saya lalui. Penderitaan itu berakhir saat saya memasuki SMP. Alhamdulillah. Selama di bully ingin rasanya saya kembali ke Jakarta dan hidup bersama orang tu, tapi apa daya itu tidak mungkin. Yang saya bisa lakukan saat di bully ya saya hanya menangis dan menjadi budak oleh ketua genk yang notabe nya anak guru di sana.

Sedih, tertekan, ingin mengilang itu lah yang saya rasakan waktu di bully. Beruntung saya masih bisa bertahan terus menjadi anak yang baik dan penurut bukan melawan. Melawan pun rasanya percuma karena siswa disana takut sama ketua genk. Saat ini banyak sekali yang menjadi korban bullying seperti saya , anak-anak maupun dewasa bisa jadi korban namun cara menanggapi bullying berbeda-beda tergantung ketahanan dan pendamping si korban. Fatalnya yaitu bisa bunuh diri karena sudah tidak tahan sama keadaan.

Bullying, titik jenuh maupun titik nadir sendiri pasti pernah di rasakan semua orang. Pada saat titik itu jiwa dan raga orang pasti terganggu. Jika mengalami itu semua yang di butuhkan adalah berbicra, curhat, menggali potensi yang ada di diri kita, terus berfikir posistif dan maju namun yang paling utama yaitu mendekatkan diri kepada Tuhan agar kita tidak terjerumus ke hal negatif dan semua masalah itu harus diatasi dengan memperbaiki mental.

Berbicara titik nadir dan depresi akan semua masalah beberapa waktu lalu saya menghadiri plus bertemu langsung dengan Onggi Hianata seorang inspirator yang sudah berkeliling dunia yang menggagas dan mendirikan Edunet Global lewat pembinaan mental "VALUE YOUR LIFE-A LIFE Changing Bootcamp". Sebelum membahas gagasannya yang super keren dan mengubah ribuan orang yuk kita kenalan dulu dengan Onggi Hianata.

Onggi hianata


Tentang Onggi Hianata 

Siapa sangka bahwa ada seorang inspirator yang sudah melalang buana di berbagai benua ini berasal ari Indonesia, ya Onggi Hianata adalah pria kelahiran Tarakan, Kalimantan Timur.

Pada kesempatan kemarin beliau menceritakan sedikit pengalaman hidupnya. Dulu sejak kecil hingga dewasa beliau hidup bersama orang tuanya yang serba kekurangan. Bahkan mau ngelamar kerja saat itu beliau harus meminjam baju kemeja dan sepatu milik saudaranya karena saking hidup dalam kekurangannya.

Dengan kondisi yang seperti itu beliau tidak pernah putus asa dan pasrah menerima nasib. Beliau juga berkali-kali pernah gagal membuat usaha. Berkali-kali gagal juga tidak membuat beliau terus meratapi keterpurukannya. Hingga pada satu titik dia berhasil mengubah hidupnya yang kini bisandi bilang berubah 180 derajat.

Sekarang dia menjadi inspirator dunia. Ia menyadari bahwa kunci menuju kesuksesan hidup itu sesungguhnya terletak pada pola pikir yang kemudian membangkitkan motivasi dan membangun karakter pribadi.

Sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada Tuhan atau sebagai pay back beliau merasa terpanggil untuk menularkan kesuksesannya kepada banyak orang maka dari itu beliau mendirikan EDUNET GLOBAL sebagai wadah untuk menyentuh lebih banyak kehidupan orang lain lewat pembinaan mental "VALUE YOUR LIFE- A Life Changing Bootcamp".




VALUE YOUR LIFE- A Life Changing Bootcamp 

Berdiri sejak tahun 2003 bootcamp ini telah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pembinaan mental ribuan orang di lebih dari 75 negara dari 5 benua. Terakhir diadakan di Indonesia yang mana ratusan orang mengikuti boothcamp ini dari berbagai negara hadir disini.

Para peserta bootcamp ini bermacam-macam profesi mulai dari anak sekolah, hingga pejabat. Banyak peserta dari luar negeri. Banyak orang yang datang kesini dengan berbagai masalah yang ia alami, banyak juga orang dengan keterbatasan fisik pun bisa ikut bootcamp ini.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti bootcamp ini yaitu hanya Rp. 5,5 jt saja semua sudah termasuk pelatihan 3 hari 2 malam, penginapan, makan , sertifikat dll.

Sudah 15 tahun berjalan bootcamp ini banyak mengubah ribuan orang seperti peserta yang ketergantungan merokok , narkoba dan alkohol bisa berhenti setelah mengikuti boothcamp ini. Bahkan saat acara kemarin saya mendengarkan para saksi peserta bootcamp yang berbagi kisahnya disana.


Testimoni pertama yaitu dari Dra. Ary Hellya Kurniati dan pasanganya Apt. Ir. Sudarmono Djoko Nugroho. Sang istri merupakan sosok wanita karir dan sangat sukses. Dulu saat belum mengikuti bootcamp sang istri merasa sangat mandiri dan sering menyepelekan suami,, apa ya bukan menyepelekan tapi seperti punya power sendiri karena sukses dan bisa cari uang dia lebih sibuk untuk kehidupannya.

Anak-anaknya kurang perhatian dan tanggung jawabnya kepada anak dan suami pun terbengkalai. Sampai-sampai suatu saat beliau dan sang suami memutuskan untuk bercerai. Karena kurang harmonis biduk rumah tangganya jadi apa lagi yang harus di perjuangkan? Tidak ada.

Namun belum sempat bercerai beliau mengikuti bootcamp Onggi Hianata ini. Selama 3 hari 2 malam beliau pergi mengikuti perbaikan mental ini. Selama disana beliau serasa tersentuh dan tertampar mengingat semua perilaku yang beliau lakukan kepada keluarga. Dan akhirnya beliau tersadar bahwa semua yang dilakukannya itu salah.

Selepas pulang dari bootcamp beliau meminta maaf kepada suami dan anak-anak. Kehangatan keluarga pun tercipta kembali. Beliau juga lebih menghargai dan menghormati suami. Bercerai? Tidak jadi bahkan keluarganya lebih harmonis setelah mengikuti ini.

Melihat perubahan istri akhirnya sang suami pun penasaran dan akhirnya ia mengikuti bootcamp. Apa yang dirasakan setelah itu? Jiwa dan pikirannya kembali bersih.



Lalu ada Yulianto SE , lelaki muda keturunan chinese ini pernah menghadapi kegagalan luar biasa sampai akhirnya ingin bunuh diri. Beliau pernah mengikuti bootcamp bersama pak Onggi dan kemudian menjadi pribadi yang bekerja keras dan optimis. Beliau menjalan kan usaha dan berkali-kali gagal.

Dan dia pun ingin bunuh diri dengan loncat dari kereta api karena terlilit hutang 200 juta dan usahanya pun bangkrut. Tapi saat ingin melompat tiba-tiba terbayang wajah ibunya yang single parents yang selama ini membesarkan beliau.

Dalam bayanganya seakan kalau dia mati nanti pasti ibu nya akan lebih sengsara karena di tagih utang perbuatan dia. Ajaibnya juga sekelebat teringat pelatihan dia bersama bapak Onggi di bootchamp. Singkat cerita beliau menangis dan akhirnya mengikuti boitcamp bapak Onggi untuk kedua kalinya.

Selesai mengikuti bootchamp dia menjadi pribadi yang benar-benar paham dan menanamkan mindset yang positif. Sekarang beliau sudah punya istri dan memiliki usaha setelah bangkit dari keterpurukan.

Meliahat semua pengalaman para peserta pelatihan hati saya terenyuh dan wow banget kan pelatihan ini dan membuat saya penasaran bagaimana sih pelatihannya ini?.

Sudah banyak mengubah ribuan orang luar atau dalam negeri tentunya kisah ini sangat menarik jika di film kan. Menurut saya beliau memang layak menjadi inspirator dunia. Yups... Kisah Bapak Onggi Hianata ini akan segera luncur film biografi beliau pada tanggal 19 April 2018.

Film Terbang Menembus Langit 

Film ini dengan judul Terbang Menembus Langit ini menceritakan kisah tentang seseorang yang ingin meraih mimpinya.

Yaitu Onggi Hianata laki-laki keturunan China yang nanti akan di perankan oleh aktor Dion Wiyoko . Kisah ini menggambarkan kisah hidup bapak Ongki yang dulu miskin serba kekurangan dan kemudian berhasil meraih mimpinya. Berkat semua kegigihannya beliau jadi pengusaha sukses.

Banyak aktir dan aktris yang akan berperan di film ini seperti Baim wong, Melisa karim , Aline adita dan Laura Basuki. Mendengar kisah beliau saja saya sudah penasaran dan kagum  plus jadi biat penasaran pengen banget nonton film nya . Saya yakin film ini akan menginspirasi penonton karena mengisahkan orang yang menginspirasi ribuan manusia.

1 comment:

  1. Pak Onggi ini layak mendapat hati di masyarakat lho. Karena banyak orang yang bisa terinspirasi dari beliau ďan terbantu dari masalah hidupnya. Ga salah kalau mereka memberikan testimoni yang bikin makjleb ya. Aku sudah nonton dong filmnya Terbang Menembus Langit, inspiratif

    ReplyDelete

Alasan Saya Kenapa Minum KIN Fresh Milk

Assalamu'alaikum. Hallow gimana kabarnya moms? semoga kita semua sehat selalu, penuh cinta,rezeki berkah berlimpah ya. Buat kalian ...