Tuesday, April 3, 2018

Klinik Uroginekologi Center RS YPK Mandiri Atasi Masalah Gangguan Dasar Panggul



Assalamu'alaikum.
Surga di telapak kaki ibu memang benar adanya dan saya percaya itu. Tidak salah jika dalam Islam kedudukan Ibu itu 3 tingkat dibandingkan ayah dan di Islam sendiri bahwa seorang Ibu mendapatkan sebuah tempat pilihan yang spesial. Disini bukan berarti mengabaikan perjuangan seorang ayah ya tapi memang begitu adanya. Tentunya Allah sendiri memiliki alasan kenapa sosok Ibu itu sangat spesial di Islam misalnya saja apabila seorang ibu yang wafat saat melahirkan maka dijaminlah mereka masuk surga.


Ya,,semenjak menjadi Ibu saya merasakan bahwa memang pantas jika Ibu mendapatkan tempat spesial. Perjuangan antara hidup dan mati itu yang saya rasakan saat saya melahirkan kakak Shakila. Selama 9 bulan 10 saya hamil, susah tidur , terbatasnya bergerak dan terlebih saat saya hamil si Kakak saya kena Ambeien. Saat melahirkan ,,Masya Allah luar biasa sakitnya saat merasakan kontraksi berjam-jam sampai akhirnya si kakak lahir. Saat merasakan kontraksi wajah alm.mama terus membayangi saya dimana semua kesalahan saya sama beliau terus berbayang.

Begitu pula dengan saat melahirkan Kezia yang mana akhirnya saya melahirkan secara Cesar. Ya.. selama 7 jam lamanya saya kontraksi namun pembukaan tetap 2 akhirnya terpaksa harus Cesar karena air ketuban pun sudah pecah dan tidak hentinya mengalir. Lahiran normal dan Cesar itu sama sakitnya, kalau lahiran normal sakit saat kontraksi waktu si Baby mau keluar dan kalau Cesar itu maha dasyat sakitnya setelah beberapa jam operasi dan bahkan sampai saat ini pun kadang kalau saya capek bekas operasi Cesar pun suka nyer nyer gitu padahal sudah hampir 8 tahun lho.

Ada bekas operasi, kulit perut numpuk (lemak), bawah perut dan paha ada sedikit strech mark , belum lagi ambeien yang saya alami setelah memiliki 2 orang anak. Dan jujur masalah setelah hamil dan melahirkan itu bagi saya tidak ada apa-apanya dengan hadirnya 2 orang putri  yang cantik dan sayang sama saya. Tapi tau ga sih moms ternyata ada masalah lagi selain stretch mark, ambeien dll yaitu gangguan organ panggul.

Dokter spesialis RS YPK Mandiri


Gangguan dasar panggul ini saya ketahui saat saya menghadiri acara di RS. YPK Mandiri di Jl. Gereja Theresia, Gondangdia , Menteng , Jakarta Pusat. Kali ini saya bersama blogger dan media kesehatan lainya sedikit mengeksplore layanan terbaru di RS YPK Mandiri. Sebelum mengeksplore kita semua dikenalkan terlebih dahulu apa itu Gangguan Dasar Panggul oleh dr. Budi Iman Santoso, SpOG (K) .

Menurut data 1 dari 3 perempuan memiliki salah satu gangguan dasar panggul dan gangguan dasar panggul ini perlu penanganan tepat karena kalau tidak di tangani kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas hidup seorang perempuan. Hampir setiap perempuan yang hamil dan pasca melahirkan mengalami disfungsi dasar panggul. Gangguan dasar panggul ini dikarenakan memanjangnya , melemahnya atau adanya kerusakan pada otot dasar panggul. Sat ini masyarakat sendiri belum banyak yang tahu tentang gangguan dasar panggul ini begitu juga saya, saya sendiri baru tau mengenai hal ini.

Faktor yang dapat mempengaruhi kerusakan otot dasar panggul : 

  • Obesitas ( kelebihan berat badan)
  • Riwayat operasi panggul
  • Cedera pada saraf
  • Kehamilan atau jumlah persalinan
  • Batuk lama
  • Merokok
Melihat faktor yang menyebabkan di atas ada beberapa faktor yang rasanya cukup banyak di alami oleh perempuan terutama masalah kehamilan. Nah kali ini masih banyak juga gejala apa saja yang perlu di pahami mengenai gangguan dasar panggul ini. Berikut adalah gejala gangguan dasar panggul :
  • Inkontinesia urine atau sulit menahan buang air kecil ( ngompol)
  • Turun beranakan  atau Prolaps
  • Sulit menahan buang air besar
  • Masalah gangguan seksual


Inkontinesia urine atau sulit menahan buang air kecil memang saya alami apalagi kalau batuk mengejan atau bersin gitu rasanya keluar air seni dan ini ga nyaman banget apalagi kalau mau sholat teru batuk rasanya ya keluar dan alhasil saya harus wudhu dan ganti CD. 

Masalah Inkontinesia urine ini dialami oleh pria atau wanita tapi yang lebih sering itu wanita yang sudah aktif secara seksual. Kecenderungan ini pula bisa dialami wanita pasca melahirkan. Kondisi ini terjadi ya akibat tadi sudah melemahnya atau rusaknya otot yang digunakan untuk mencegah buang air kecil seperti otot dasar panggul tadi dan urethra sphincher.

Kerusakan otot ini tentunya juga akan ada masalah lagi yaitu masalah dalam berhubungan seksual yang mana daya cengkraman nya pun sudah menurun apalagi 50 % pada perempuan akan meningkat pada usia manula.

Okelah saat ini jangan berfikir terlalu jauh usia 50-60 tahun ya karena sudah pasti dengan berjalan nya usaia otot dasar panggul akan melemah. Saat wanita hamil saja otot dasar panggul saja sudah rusak dan daya cengkramnya pun melemah apalagi wanita yang berkali-kali hamil atau melahirkan secara normal rusak sudah lah itu.

Keadaan seperti ini yang membuat (para suami) selingkuh dan mencari yang lebih kuat bukan yang (dol istilahnya) . Kalau sudah begini yang ada kehidupan perempuan juga merasa tertekan dan kurang percaya diri.

Melihat permasalahan yang dialami perempuan ini penyediaan layanan kesehatan uroginekologi yang komprehensif ini harus mutlak di perlukan nah makanya RS. YPK Mandiri kini menyediakan Layanan Uroginekologi pertama dan satu-satunya di Indonesia .



Klinik Uroginekologi Center RS. YPK Mandiri

Sebenarnya ada beberapa cara penyembuhan  yaitu Terapi NON- Surgical , Terapi laser ( Vaginal Rejuvenation) dan Terapi Surgical. Untuk yang terapi NON- Surgical lakukan perubahan gaya hidup seperti menjalani pola hidup yang sehat dan seimbang, lalu bisa lakukan senam kegel (rutin dan minimal 6 bulan) , dan terakhir penggunaan Pesarium. Biasakan juga sebelum tidur harus buang air kecil agar air seni yang bakteri E.coli tidak masuk ke saluran kemih.

Di RS. YPK Mandiri sendiri ada terapi Non Bedah dan tindakan bedah. Untuk tindakan non bedah bisa dilakukan dengan femilift laser vaginal rejuvenation, femilift SUI, Femilfe labia brightening, Femilofe labia lightening, dan Uroste. Dn untuk yang bedah estetika sendiri yaitu ada vaginaplasti, hymenoplasti, reparasi fistula, PRP , Labio, reduktion mayora dan tindakan lainya.

Untuk lebih pasti kita semua melihat dengan jelas Klinik Uroginekologi yang berada di lantai 2 RS. YPK Mandiri. Ada banyak alat yang mendukung dalam pemeriksaan gangguan organ panggul di RS. YPK Mandiri yang pasti sudah teruji dengan teknologi terkini dan berikut alat-alatnya.

Cara mengobati gangguan otot dasar panggul


Operasi keperawanan


Alat-Alat Pemeriksaan Gangguan Organ Panggul di RS. YPK Mandiri :
  • USG Pelvik dan Transperineal
  • Perineometri
  • Portascan
  • Uroflowmetry
  • Urodinamic
  • Histerescopy office  Sitocopy
  • Femilift
Semua alat yang saya sebutkan diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda namun jangan khawatir di RS. YPK Mandiri sendiri masalah ini ditangani oleh para dokter ahli dan sangat intens. Ada hal yang perlu di perhatikan nih sebelum pemeriksaan Gangguan Dasar Panggul lebih baik lakukan pemeriksaan Papsmear terlebih dahulu ya. Dalam pengobatan nya sendiri ada beberapa tahapan dan memerlukan waktu juga tapi setidaknya langkah ini sangat membantu permasalahan yang dialami oleh perempuan.

Inget ya moms,, Gangguan Dasar Panggul akan lebih parah pada wanita yang melahirkan secara Normal.  Sebaiknya juga lakukan pemeriksaan sejak dini agar semua masalah ini bisa secepatnya teratasi. Tidak perlu khawatir tau malu jika ingin mengatasi masalah ini karena di RS. YPK Mandiri ada layanan hotline khusus yaitu di 0813-8451-6269.

20 comments:

  1. Pernah juga sewaktu program hamil di hermina semarang periksa ke klinik uroginekologi dan ke dokter kandungan bagian uroginekologi

    ReplyDelete
  2. Baru dengar ada gangguan dasar panggul. Semoga para perempuan sehat semua dan tidak mengalami gangguan pasca melahirkan ya ��

    ReplyDelete
  3. Wah bagus banget informasinya kebetulan aku 2x lahiran normal jadi mau periksain ke dokter niy.

    ReplyDelete
  4. Dulu waktu besuk temen di YPK Mandiri nggak sampai liat semua... Peralatannya lengkap.

    ReplyDelete
  5. Quote "surga di bawah telapak kaki ibu" memang benar adanya, semua ibu di dunia ini kereen

    ReplyDelete
  6. meski officially aku masih single yg baru prepare merit, penting banget informasi ini

    ReplyDelete
  7. Jadi teringat ruangan bersalin saat melahirkan dulu nih.. ternyata penting sekali menjaga kesehatan yaa..

    ReplyDelete
  8. infonya bermanfaat banget kak buat aku, jd lebih mawas diri

    ReplyDelete
  9. Penting banget ini! Klo mau kontrol kesana, kira2 hrs ada keluhan dulu gak ya? Ak cuma mau ngecek sih, utk mencegah dol. hihihi..

    ReplyDelete
  10. Informasi yang bermanfaat, kakak amel. Gangguan dasar panggul, khususnya untuk perempuan yang melahirkan.

    ReplyDelete
  11. Makasih informasi nya kakak amel, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  12. Wah informasinya penting nih. Ternyata dari melahirkan bisa menyebabkan gangguan panggul ya. Aku sebetulnya termasuk obesitas sih. tapi nggak ada keluhan seperti yang mbak tulis. Duh jadi kepingin kontrol deh buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  13. menjaga kesehatan adalah hal penting ya mbak.. terlebih makanan sebagai asupan bagi tubuh.

    bermanfaat nih tentang panggulnya,

    ReplyDelete
  14. nerima BPJS gak ya itu... nerima kali yaa...

    ReplyDelete
  15. kalau urusan kesehatan, pencegahan dini itu penting banget ya.., tapi masalahnya kalau pas sehat itu biasanya pada lupa...

    ReplyDelete
  16. Tante, gangguan dasar panggul ini apa khusus untuk wanita yang pernah melahirkan?

    ReplyDelete
  17. Belum pernah melahirkan sih, tapi nanti kalau udah lahiran harus cek kesehatan gini juga kali yaa.

    ReplyDelete
  18. Aku tiga kali melahirkan Alhamdulillah normal, kudu periksa juga ya mbak... Maacih infonya mbak...

    ReplyDelete
  19. Wahh aku baru tau infonya.
    Ternyata ada juga ya masalahnya dasar panggul berhubungan dgn kehamilan dan melahirkan ..

    ReplyDelete
  20. Wah perlu periksa nih, saya dua kali sc dan tanda-tandanya kok ada di saya nih hehe

    ReplyDelete

Cara Mengatasi Picky Eater Pada Anak

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? Semoga sehat selalu penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Alhamdullillah lega banget rasanya...