Thursday, April 19, 2018

Moms, Jangan Pelit Memberikan Apresiasi Kepada si Kecil Karena Manfaatnya Luar Biasa


Lotte Choco Pie

Assalamu'alaikum.

Bagi orang tua belajar tentang ilmu parenting itu wajib banget karena mencangkup gaya mendidik anak dengan benar dan lainya. Di ilmu parenting kita akan belajar bahwa dalam membangun karakter anak sejak dini itu benar - benar penting karena akan berpengaruh terhadap masa depan anak.


Ya,, saya belajar tentang ilmu parenting baru beberapa tahun lalu semenjak sering ikut aneka talkshow dan mengenal berbagai komunitas parenting. Satu demi satu talkshow parenting saya ikuti dengan tujuan ingin mendidik anak dengan benar agar mereka menjadi anak yang berprestasi dan berbudi pekerti luhur.

Memiliki anak yang berprestasi dan berbudi luhur , baik dan sopan memang dambaan semua orang tua karena mereka amanah untuk saya. Belajar melalui aneka talkshow dan membaca info tentang parenting perlahan tapi pasti mata saya pun terbuka bahwa apa yang saya ajarkan ke anak itu salah.

Misalnya saja dulu, saya selalu hanya bertanya "Kakak tadi ulangan apa ? Kemarin dapat nilai berapa? Kok kecil sih nilainya? Kok warna gunung hijau bukan biru? " . Dan secara tidak sadar saya sudah membanding-bandingkan nilai si kakak dengan temannya.


Saya selalu menuntut kamu harus dapat nilai yang bagus dan harus mendapat peringkat setidaknya 3 besar. Ini semua saya lakukan ke si Kakak apa karena saya berada di lingkungan yang notabenya prestasi anak di lihat dari nilai.

Itu semua salah bu ibuu iyaa salahhh, secara tidak langsung saya menuntut anak tanpa memberikan solusi, secara tidak langsung ucapan saya membawa tekanan batin dan pikiran untuk anak-anak. Astaghfirullah.. Maaf kan mama ya nak perlakuan mama dulu.

Alhamdulillah sikap saya ke Shakila dan Kezia pun sekarang sudah berubah. Saya mulai belajar bagaimana menjadi orang tua yang menyenangkan untuk mereka dengan cara tidak menuntut ini itu, kamu harus begini atau begitu. Saya serahkan semuanya ke mereka dan posisi saya hanya sebagai pendamping dan pembimbing mereka.



Apresiasi berperan besar membentuk karakter anak..Ya ini yang saya dapatkan dari talkshow bersama Lotte Choco Pie Indonesia beberapa waktu lalu. Ini kali ke dua saya mengikuti acara blogger gathering bersama Lotte Choco Pie, talkshow kali ini bertajuk " Dampak Apresiasi Prestasi Harian Anak-anak dalam Pembangunan Karakter, #PremiumMomentstogether". Narasumber yang hadir yaitu Psikolog anak Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Sc, Brand ambassador Lotte Choco Pie , Carissa Puteri dan Brand Manager Lotte Choco Pie, Oci Maharani.


Moms,, jangan pelit memberikan apresiasi kepada si Kecil !


Menurut Psikolog anak mba Anna Surti apresiasi itu perlu dan penting diberikan untuk si kecil. Kita pun jangan menilai apresiasi itu hanya karena nilai misalnya saja kalau si kakak nilainya 100 baru deh kita apresiasi. Ga gitu bunda,,, memberikan apresiasi ke si kecil itu ga hanya nilai tapi kemajuan si Kecil dll juga bisa diberikan apresiasi.

Contoh kecil, misalnya si Kecil membantu kita cuci piring atau beres-beres, si kecil makan sampai habis dll. Itu semua perlu di apresiasi kenapa? Karena bagi si kecil apresiasi itu bahagia. Jangan kan si kecil kita pun kalau masak lalu di bilang enak udah bahagia banget kan? Nah begitu pula dengan si kecil.

Piknik murah


Manfaat memberikan apresiasi kepada anak :
  • Anak tumbuh lebih percaya diri, ya karena kita selalu mengapresiasi mereka maka akan timbul deh rasa percaya diri mereka.
  • Anak jadi lebih mandiri,  mengapresiasi si Kecil juga mampu menjadikan mereka lebih mandiri lho ternyata. Misalnya saja membereskan buku pelajaran untuk besok tanpa disuruh dll.
  •  Anak lebih semangat dan ceria dengan ini pastinya anak menjadi lebih bagus sosialisasinya.
  • Tumbuh rasa empati , nah ini pasti akan tumbuh rasa empatinya karena dirinya sendiri merasa ada dan bermanfaat untuk orang lain karena kita sebagai orang tua memberikan apresiasi.

Tips menjadi ibu bahagia


Masih banyak manfaat memberikan apresiasi kepada anak dan memberikan apresiasi juga mudah kok ada yang dengan kata- kata atau dengan ekspresi kita. Dengan memberikan apresiasi juga potensi positif anak juga tumbuh. Inti dari pemberian apresiasi yaitu ekspresi kita yang sebisa mungkin menyentuh sehingga terpatri di ingatan anak.

Skateboard murah


Jujur saja kadang saya lupa atau khilaf dalam memperhatikan pencapaian kecil Shakila dan Kezia. Tapi ternyata sibuk bukan lah suatu alasan karena seharusnya sesibuk apapun kita setiap hari ya harus berkomunikasi dengan  anak dan sebisa mungkin rutin #PremiumMomentstogether .

Seperti Carissa Putri selaku brand ambassador dari Lotte Choco Pie mengungkapkan bahwa sesibuk apapun dia, dia harus meluangkan waktu untuk Q anaknya. Banyak hal yang di lakukan oleh carissa untuk menciptakan premium moments  misalnya saja menemani Q bermain, mengerjakan PR atau sebelum tidur.

Ya.. #PremiumMomentstogether bersama si kecil ga perlu lama-lama kok ya minimal 30 menit lah ya tapi rutin ya setiap hari agar mereka merasa nyaman. Premium moments together sendiri  mampu melekatkan boding antara ibu dan anak, si anak pun merasa nyaman dan aman. Dengan begitu mereka menjadi anak yang lebih bahagia dan memiliki karakter yang lebih positif.



#PremiumMomentstogether bersama anak-anak, biasanya dilakukan sebelum tidur itu pasti ya istilahnya pillow talk gitu deh dimana kita saling bertukar cerita, bercanda, main di taman , menemani mereka belajar atau memasak bersama. Tak jarang jika ada pekerjaan jalan-jalan saya ajak mereka seperti yang baru-baru ini saya lakukan yaitu jalan-jalan ke Dufan.

Alhamdulillah saat ini saya sudah sedikit berubah, sebisa mungkin saya harus memberikan banyak moment spesial bersama mereka agar mereka tetap ingat moment itu dan tentunya mereka selalu nyaman, saling mengasihi dan merasa aman jika bersama saya.

Untuk menguatkan pesan komunikasi antara ibu dan anak Lotte Choco Pie membuat sebuah campaign #PremiumMomentstogether . Yupss,, kampanye ini mengingatkan kita bahwa kita sebagai orang tua harus ada waktu Premium Moments bersama si Kecil sesibuk apapun kita.



Lotte Choco Pie mengadakan campaign online yaitu " Premium Moments, together " yang berlangsung mulai dari 12 April - 13 Mei 2018 .Campaign ini memberikan kesempatan untuk para ibu di Indonesia untuk memilih satu dari 3 video. Cara mengikuti campaign ini sangat mudah cukup login di www.lottechocopieindonesia.com lalu pilih satu dari 3 video.

  • Shopping : " Sehari Menjadi Manager Supermarket Bersama Lotte Choco Pie"

Jadi anak-anak mengoperasikan supermarket untuk membantu dan melayani pelanggan yang merupakan ibu mereka. Setelah Ibu selesai belanjan mereka akan melakukan workshop dengan Lotte Choco Pie.

  • Homework : " Lotte Choco Pie Kunjungi Sekolah"

Lotte Choco Pie mengunjungi sekolah untuk membuat kelas belajar dan mendonasikan alat-alat tulis.

  • Greetings : " Ucapkan Terimakasih dengan Lotte Choco Pie"

Lotte Choco Pie mengundang ibu dan anak ke pertemuan di mana mereka menulis surat ucapan terima kasih satu sama lain untuk menghargai waktu mereka. Selain itu, Ibu bisa berpartisipasi dapat bertukar tips pengasuhan.

Jalan ke Jepang

Hadiah Campaign #PremiumMomentstogether :

  • 500 pemenang beruntung akan mendapatkan voucher belanja IDR 50.000
  • Ada 5 buah tablet untuk 5 orang pemenang dengan vote video Homework Prize 
  • Shopping voucher total 3 juta rupiah untuk 5 orang pemenang vote video Shopping Prize
  • Travel voucher total 3 juta rupiah untuk 5 orang pemenang vote video Greeting Prize
  • Grand Prize ke Jepang untuk sekeluarga berjumlah 4 orang.
Tuh kan hadiahnya saja menggiurkan banget yes,, jadi tunggu apa lagi vote video lalu sebarkan info mengenai campaign ini.

Apa saya ikut voting? Tentu ikutan lah saya sih vote video "Homework" karena ini saya banget yang mana sesibuk apa pun saya pasti akan menemani Shakila dan Kezia belajar. Dalam video Homework juga banyak kemiripan apa yang dilakukan Carissa dan Q yaitu belajar dengan cara menyenangkan. Saya pun juga gitu, di tengah belajar biasanya saya dan anak-anak ada diskusi kecil bercanpur candaan. 

Alhamdulillah saya bisa mengikuti acara talkshow bersama Lotte Choco Pie yang mana ini semua sebagai pengingat bahwa jangan absen memberikan apresiasi prestasi harian untuk Shakila dan Kezia agar potensi positif yang ada di dalam mereka bisa tumbuh.

Terakhir senang banget adanya campaign #PremiumMomentstogether online ini hehe siapa taunsaya dan anak-anak mendapatkan hadiah Grand Prize ke Jepang ya kan? Amin...Semoga aja ya...karena rezeki orang ga ada yang tau. Jadi tunggu apa lagi? Yuk ikutan vote videonya!.









68 comments:

  1. Hadiahnya bikin mupeng ya, berangkat ke jepang sekeluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa,,mupeng banget jadi cuss deh ikutan hehe.

      Delete
  2. Hadiah lombanya keren2. Aku udah vote, semoga kita menang yaa

    ReplyDelete
  3. Jadi orangtua memang harus belajar trus ya Mel....supaya update dengan perkembangan jaman juga tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kak Desy kita juga harus update perkembangan zaman juga.

      Delete
  4. Aku juga bersyukur bisa ikutan acara kemarin,banyak ilmu yg di dapat. Yuk kita vote videonya, dapat hadiah mantaapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk yukkk vote lah hehe semoga kita menang ya.

      Delete
  5. Walau terbaikan padahal kemandirian anak bisa terwujud dengan memberikan apresiasi ke anak ya

    ReplyDelete
  6. Iyaaa masalah nilai ini kadang bikin stres emaknya yaa.. apalagi jaman skrg nilai ada kkmnya segala. Yang penting kita sekarang harus mendukung anak kita agar dia bisa mencapai pencapaiannya ya maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak bener banget ,,kita dampingi dan mendukung mereka.

      Delete
  7. aku sih gak pelit, cm kayaknya belum semuanya tepat kulalukan ttp harus memperbaiki cara apresiasinya nih

    ReplyDelete
  8. Kalo tinggal di kota gede enak ya Bun, bisa ikut kelas-kelas atau seminar parenting kayak gini. Jadinya saya makasih banget sama temen-temen blogger kayak Bunda Amelia yang udah nulis di blog. Jadi meski tidak bisa ikutan karena tinggal di daerah, saya bisa tetep dapat ilmunya. TFS ya Bun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak, beruntung juga bisa ikut ini hehe.. Sama-sam terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  9. Menumbuhkan rasa empati anak memang butuh poses dan tugas orangtua untuk selalu menstimulasi anak.

    ReplyDelete
  10. Ternyata penting bgt ya memberikan ekspresi pada anak

    ReplyDelete
  11. apresiasi memang membantu banget yah buat menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak

    ReplyDelete
  12. WOW hadiahnya ke Jepang.

    ReplyDelete
  13. Suap mba amelll. Saya ga mau pelit2 ngasih ucapan apresiasi sama anak. Kan ga bayar juga kan ya.. dan ternyata ungkapan apresiasi itu banyak banget ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Bunda,,jangan pelit memberikan apresiasinya.

      Delete
  14. Iya ya gak perlu lama, yg penting sedian waktu buat anak trus meninggalkan kesan buat mereka, misal dipuji/ diapresiasi hasil karya atau pencapaiannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kak cukup sebentar kok tapi manfaatnya banyak.

      Delete
  15. Bener banget, apresiasi pada keberhasilan anak akan membuat anak lebih berprestasi ya bunsay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah,,jadi jangan pekit memberikan apresiasi ya hehe.

      Delete
  16. Bener banget, apresiasi itu penting banget buat anak. Dulu aku abai sama Hal ini. Tapi saat anak ketiga berbeda, Ali baru sadar. Dan bener banget, saat dia diapresiasi keberhasilannya, sekecil apa pun, dia jd lebih deket dan terbuka sama aku

    ReplyDelete
  17. Saya termasuk yg ga pernah lihat rangking dr hasil belajar anak. Yang saya liat progress nilainya naik atau turun. Bukan harus rangking sekian. Soalnya ortu saya jg begitu, jadi kita ga terbebani dgn rangking. Ternyata pas baca ini benar ya yg saya lakukan. Alhamdulillah Seneng deh bacanya dapat ilmu parenting begini. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda dulu aku gitu tapi setelah belajar parenting ya ga nuntut mereka dg nilai bagus.

      Delete
  18. Wahh framenya udah jadi, bagus banget. Btw bener banget memberikan apresiasi pada si kecil itu emang banyak banget manfaatnya. Termasuk menjadikan hubungan antara ibu dan anak akan makin erat dan menguatkan satu sama lain. Simple sih, tapi akan dikenang bahkan saat mereka dewasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah framenya hasil kerja sama kak. Nah iya bener simple tapi akan di kenang saat mereka dewasa.

      Delete
  19. Akupun selalu dapet banyak pelajaran baru di setiap talkshow parenting yang aku ikuti, kaya di blogger gathering Lotte Choco Pie inih, selalu dapet ilmu baru yang bermanfaat ya maaaaak

    ReplyDelete
  20. Pujian terbukti memberikan efek anak percaya diri, tapi kalo kebanyakan juga membuat mereka over PD, .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kak bener banget, yang penting tau porsinya.

      Delete
  21. Iya nih, aku termasuk yang pelit mengapresiasi anak. Karena ku pikir takut bikin manja.ternyata enggak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal tau porsinya aja mak hehe jangan over juga.

      Delete
  22. Aku suka banget ksh pujian ke anak2, dengan pujian, jd menambah rasa percaya diri mereka soalnya :)

    ReplyDelete
  23. Ameell supermom, aku koq nggak ketemu duo cipit ya. Yup banget, reminder untuk jadi ibu yang rajin beri pujian ke anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu juga super mom kok 😘
      Hehehe iyaa reminder banget ya .

      Delete
  24. Nah dengerin tuh moms, anak itu butuh apresiasi apapun itu bentuknya. Menang kalah, tetap butuh support ya kan yaaa.. #talktomyself niiih

    ReplyDelete
  25. Sayangnya jarang ya mbak orang tua yang mau mengapresiasi anaknya. Malah ada yg menjelek-jelekkan. Semoga para orangtua bisa lebih mengapresiasi anak2nya ya mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu iya kak.. Mungkin mereka belum tau manfaat apresiasi kepada si kecil.

      Delete
  26. mel doain aku bisa ke jepang donk haha

    ReplyDelete
  27. muji anak jangan pelit2 hehehe.. Supaya anak merasa dihargai usahanya

    ReplyDelete
  28. Apresiasi itu penting banget. Siapa lagi yg memuji anak kalo bukan mamanya? Hehe

    ReplyDelete
  29. Aaaaa hadiahnya ke Jepang, aku mupeng! Masih belom bisa move on, beginilah jadinya. Harus ikutan campaign ini deh pokoknya nanti.

    ReplyDelete
  30. Apresiasi anak penting banget mbak, biar mereka merasa dihargai menurutku.

    ReplyDelete
  31. Apresiasi emang perlu banget buat anak, ya. Kadang kita suka nggak sadar karena memang sudah seharusnya si anak bisa melakukan hal itu, padahal dia berjuang keras untuk bisa melakukannya tapi ketika bisa kita malah nggak kasih apresiasi.

    Thank's for remind, Mbak.

    ReplyDelete
  32. apresiasi sekecil mungkin.. mama aku sering membangga2kn aku walaupun anaknya kadang suka blasak mba.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhhh Duhh anaknya jangan blangsak donk hehe.

      Delete
  33. Memberi apresiasi pada anak itu penting banget

    ReplyDelete

Me Time Nonton YouTube Sepuasnya Tanpa Mikirin Kuota

Me time dengan nonton YouTube sepuasnya? Boleh banget. Setelah meemilih terjun kerja di dunia digital hampir semua waktu saya hab...