Thursday, April 26, 2018

Pengalaman Belanja Di Tinkerlust, Preloved Branded Marketplace



Assalamu'alaikum.
Pernah ga sih kalian mendengar kalau wanita itu laper mata ketika mereka melihat diskon? Mereka kadang suka membeli barang yang padahal barang tersebut hanya dipakai beberapa kali saja dan bahkan kadang sampai berminggu-minggu belum di pakai (bahkan masih ada label harga) yang akhirnya hanya  menumpuk di lemari.


Jujur saja saya termasuk wanita yang seperti itu tapi tidak terlalu gila belanja juga sih ya bisa di hitung lah kalau belanja baju atau accesories lainya. Saya juga kadang suka terlarut dengan aneka model fashion terbaru jadi selain diskon ada model fashion terbaru kadang suka beli hehe. Tapi dengan ketentuan kalau ada uang sama semua kewajiban di pos-pos kebutuhan rumah tangga terselesaikan.

Semua barang yang saya beli dan sesekali di pakai lalu bosen ini lah yang menyebabkan lemari saya penuh. Kalau sudah menumpuk di lemari begitu saya suka pusing sendiri karena tempatnya pun sudah ga muat dan lihatnya juga sesak banget. Tapi kalau mau di buang pun sayang karena harganya lumayan, nah kalau di jual juga bingung menentukan harganya.

Kebiasaan seperti ini kadang dilema banget sih menurut saya di satu sisi kita ingin mengapresiasikan hasil kerja keras kita dengan membeli barang yang kita suka tapi di satu sisi lain ya gitu kita membeli barang yang kadang umurnya tidak lama yang akhirnya mubazir uang dan barang. Alhamdulillah semua dilema itu dapat pencerahan setelah mengikuti DGP Power Lunch bersama Tinkerlust beberapa waktu lalu.

Pengusaha wanita muda


Narasumber yang hadir yaitu Samira Shihab selaku CEO Tinkerlust, Aliya Amitra COO dari Tinkerlust, Prita Hapsari Ghozie selaku Financial Cotroller dan Shinta Rosvita Seller dari Tinkerlust. Tema kali ini yaitu menjadi Smart Shopper .

Menurut Prita Hapsari Ghozie selaku Financial Controller , shopping itu sah-sah saja kok dan kata siapa financial planner tidak pernah shopping?. Setiap bulannya kita harus menyisihkan beberapa persen dana untuk shopping. Dan kali ini mba Prita memberika tips untuk menjadi smart shopper di Thinkerlust.

Pertama yaitu Kita harus punyya Shopping account sendiri di Tinkerlust dan suami tidak boleh protes. Jadi kalau kita mau beli apa saja suami tidak boleh protes.  Shopping account sendiri harus yang terpisah dengan rekening-rekening yang lain yang harus di link ke login account di tinkerlust dengan seperti ini kita akan menjadi smart shopper.

Kenapa menjadi smart shopper jika memiliki rekening yang di link ke login account di Tinkerlust?

  • Usahakan belanja dengan segala macam yang kita jual dan hasil uangnya sendiri akan masuk ke rekening account kita dan isi rekening tersebut kita kumpulkan dan jangan iseng-iseng di ambilin ya. Kenapa? Karena itu tujuannya untuk kita membeli kebutuhan our clozzette.
  • Jangan punya utang kartu kredit karena our clozzette itu fast moving jadi kartu kredit untuk barang yang lain. Nah kalau clozzette ini sebisa mungkin harus cash atau cashback. Jadi sebisa mungkin rekening 
  • Kita harus benar-benar memilih bahwa barang yang kita mau beli ini untuk kerja kita atau bukan. Misalnya mba Prita sendiri setidaknya seminggu sekali harus tampil di TV sudah pasti setidaknya harus punya clozzette yang berbeda-beda dan harus bagus bukan hanya kaos doank. Kalau mau yang bagus jadi kita harus mencari baju brand yang sekalian bagus misalnya brand new atau like new . 
  • Ada juga nih kalau misalnya acara party  yang memiliki OOTD ( Outfit Of The Day ) dengan kostum yang kita tidak suka ya beli saja nanti selesai pakai acara kita jual lagi saja. Jadi jangan sampai tertumpuk di lemari dan nilai uangnya akan turun.

Dari tadi saya berbicara mengenai Tinkerlust, nah sebenarnya apa sih Tinkerlust itu?. 


Tinkerlust

Tinkerlust adalah paltform preloved marketplace yang menyediakan Tas, Sepatu, Pakaian, Make Up dan aksesoris.

Kak Samira Shihab selaku CEO Tinkerlust menjelaskan "Bahwa saat ini memang sudah banyak platform preloved marcetplace  tapi di Tinkerlust sendiri berbeda dengan yang lain karena Tinkerlust menawarkan servis dari awal hingga akhir untuk para penjual. Mulai dari penjemputan barang, mengakurasi barang yang akan di jual , melakukan pengecekan keaslian barang, memberikan penilaian harga barang, melakukan pemotretan barang , hingga memasukan ke website Tinkerlust, menyediakan customer service untuk calon pembeli dan sampai mengirimkan barang ke pembeli".


Aliya Amitra selaku COO dari Tinkerlust menjelaskan Ploved Marketplace yang berdiri pada tahun 2016 ini memiliki 4 prinsip :
  • Environment dimana Tinkerlust menyediakan tempat untuk menjual fashion yang sudah tidak di gunakan sehingga memperkecil limbah dari fashion.
  • Smart Shopping yang mana Tinkerlust menyediakam fashion bermerek dengan harga terjangkau untuk pembeli dan menawarkan tempat untuk fashion tersebut di jual kembali.
  • Living More Simply yaitu dimana Tinkerlust ini mengedukasi para wanita Indonesia untuk memiliki dan menyimpan barang lebih sedikit . Yang mana fashion yang sudah di beli bisa di jual kembali agar umur fashion jadi lebih panjang.
  • By Women, For Women yang mana Tinkerlust sendiri di pimpin oleh wanita memberikan solusi untuk para wanita untuk perubahan positif dan kepuasan dalam memuhi kebutuhan wanita.

Barang branded murah
Beranda website www.tinkerlust.com

Melihat dari Prinsip diatas saya setuju banget kalau Tinkerlust merupakan preloved marketplace yang berbeda dan sangat membantu kebutuhan wanita banget. Saat ini memang untuk penjembutan barang sendiri itu masih di wilayah Jabodetabek saja dan harapan dari Samira Shihab dan Aliya Amitra sendiri yaitu Tinkerlust memiliki gudang di berbagai kota besar lainya untuk kedepannya.

Saat ini Tinkerlust sendiri memiliki gudang untuk barang- barang yang akan di jual itu bertempat di daerah Sunter. Dan gudangnya sendiri mampu menampung sekitar 3000 lebih barang dari 2000 lebih merek fashion ternama mulai dari Zara hingga Hermes. Barang yang tidak ada brand atau new brand juga ada lho di Tinkerlust.


Ada kriteria khusus untuk barang dan make up yang bisa di jual di Tinkerlust. Untuk barang seperti baju atau tas, sepatu itu kondisinya harus bagus tidak ada bolong atau cacat ( para pekerja yang mengecek barang ini handal banget mereka bisa melihat bolongan kecil di sebuah barang ) jadi pastikan barang yang akan kamu jual itu good condition ya. 

Dan untuk make up sendiri kondisi nya harus 90 % masih baru dan bagus. Mulai dari exp, kemasan , dalam produknya, wangi atau warnanya. Dan lagi-lagi para ada para pekerja terlatih untuk memeriksa barang-barang ini. Nah untuk make up sendiri ada ruangan khusus lho di gudangnya jadi pembeli juga aman lah ya jika membeli make up di Tinkerlust.



Belanja di Tinkerlust 


Rasanya ga afdol kalau saya tidak mencoba belanja langsung di Tinkerlust dan beberapa waktu lalu saya pun mencoba belanja di platform yang cewek banget dan aku suka.

Cara belanja di Tinkerlust :
  • Buka website di wwwwww.Tinkerlust.com 
  • Login ( kalau belum punya akun register terlebih dahulu)
  • Pilih barang yang kamu inginkan, mulai dari pakaian, sepatu, make up, tas , atau intip fitur sale karena diskonya ketje banget.
  • Pilih fitur filter jika ingin mempermudah mencari barang , di fitur ini ada penyaringan menurut brand, warna, size , harga dll.
  • Setelah pilih baru deh masukan ke troli.
  • Isi alamat lengkap untuk pengiriman barang
  • Pilih metode pembayaran . Tinkerlust sendiri ada beberapa metode pembayaran BCA, BNI, BRI, Kredivo, Mandiri, Permata, Keb Hana Bank, Danamon, dan CIMB Niaga.
  • Setelah pilih pembayaran kita akan mendapatkan email beserta no order kita.
  • Setelah pembayaran selesai kita langsung konfirmasi balik ke Tinkerlust dengan menuliskan nomer order dan no rekening beserta atas nama pembayaran tadi.
  • Setelah sukses pembayaran kita langsung di proses.


Kemarin saya belanja Outwear dari None dan Cardigan dari Zara. Tanggal 19 April malam saya melakukan payment dan tanggal 20 April barang yang saya pesan itu sudah sampai ke rumah. Jujur kaget banget karena cepat sekali barang sampai padahal baru semalam saya bayar.

Packagingnya sangat rapih dan baju-baju yang saya pesan juga rapih dan wangi. Kondisi barangnya gimana? Sumpah ini ga bohong masih seperti baru tidak ada cacat sama sekali. Mulai dari warna, ukuran pun sesuai dengan keterangan yang ada di website Tinkerlust.




Dan tau ga sih? Outerwear dari None dan Cardigan dari zara yang saya pesan itu ada label dari Tinkerlust beserta barcodenya. Benar-benar seperti baju baru, ya ini dia mungkin ini karena kurasi barang yang dilakukan oleh petugas Tinkerlust benar-benar ketat sehingga pembeli pun sangat puas dan ketagihan berbelanja di sana.

Mengenal Tinkerlust juga saya berminat jadi Seller yang mana pakaian, make up dan lainya sudah cukup memenuhi lemari saya. Menjadi Seller juga tentunya sangat menguntungkan karena nanti saya punya rekening account di Tinkerlust yang mana nanti hasil dari penjualan produk saya bisa saya belikan lagi deh di Tinkerlust.

Tuh smart shopper banget kan? Kita bisa terus pakai baju bermerek dengan harga terjangkau dan juga mengikuti fashion terbaru tanpa harus mengeluarkan banyak uang. 

40 comments:

  1. Hem... Sayang orang Cianjur belum bisa ikutan jualan di tinkerlust nih. Mendapat info barang yang akan diperjualbelikan diperlakukan special banget jadi merasa gak beli barang bekas ya. Lagian orang lain juga gak akan tahu deh kalau kita gak share info nya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kak, doakan secepatnya Tinkerlust bisa ada di seluruh kota di Indonesia ya jadi siapapun bisa menjadi seller.

      Delete
  2. Idem sama komennya Teh Okti. Sayang ya, baru cuman Jabodetabek aja. Berharap one day bisa seluruh Indonesia. Konsepnya keren ya. Nggak sekedar tempat jual beli barang preloved. Salut sama nilai edukasi dan lingkungan yang dipegang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn,amin semoga secepatnya ya. Dan bener nilai edukasinya tuh keren banget.

      Delete
  3. Saya baru tau ada market place tinkerlust ini, kepoin ah langsung ke websitenya heheh, mudah2an gak kalap. Makasih informasinya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss kepoin kak suka bagus2 lho barangnya.

      Delete
  4. Langsung cuss ke webnya.
    Semoga berjodoh dapet outfit impian, serba abu-abu dan gelap.

    Salam jelang sore dari Lombok ^^

    ReplyDelete
    Replies

    1. Aminn amin semoga dapet apa yang kamu mau ya kak hehe.

      Delete
  5. Kalau sudah bicarakan soal belanja mah nggak ada habisnya, hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah keren barangnya seperti baru ya... belum pernah ke webnya baru dengar malah, cuss ah ke tekapeh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak seperti baru lho bajunya,,masih bagussss bangett.

      Delete
  7. Baru denger Tinkerlust. Namanya lucuk �� Wajib discroll2 siapa tau ada yang cocok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya namanya lucu banget,, cuss lah di tengok website nya.

      Delete
  8. Seru juga nih berburu barang prelove di Tinkerlust soalnya masih baguss ya itemnya

    ReplyDelete
  9. Lumayan ya buat persiapan lebaran nanti beli baju di Tinkerlust.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya bener bangetbmak buat lebaran .

      Delete
  10. wah asik nih, bisa dapet fashion items yg branded dgn harga miring ~ ada makeup pula yak. intip ah, semoga ketemu jodoh produk kece. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukkk di intip kak kali aja banyak yang cocok hehe.

      Delete
  11. Eh itu beneran preloved bajunya? kok bisa lucu dan keliatan kece banget gitu sih.. aku baru tau juga kalo Tinkerlust ini ternyata marketplace jual beli baju preloved. Langsung cuss ah mau nengokin webnyaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kak lucu dan kaya baju baru ya? Hehe . Cusss deh coba di intip.

      Delete
  12. Nambah lagi deh marketplace. Tapi aku baru tau ada Tinkerlust. Kepoin ah. Belanja... Belanjaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo kak dwina belanja yang banyak hehe.

      Delete
  13. Keren nih konsep marketplace Tinkerlust yang bisa menjadi tempat jual dan beli barang bagi perempuan. Jadi yang suka lapar mata bisa jual lagi nih barangnya kalo ternyata ga kepake :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kak bagus banget konsep marketplacenya.

      Delete
  14. Waah barang preloved rasa baru yaa. Aku sekarang udah ga terlalu termakan bujuk rayu diskon, selalu mikir dulu butuh ngga. Kalo butuh baru cari diskonan. Kalo ga butuh biar kata diskon cuekkin saja lah ����

    ReplyDelete
  15. Jadi ngepoin Tinkerlust kali ada tas preloved yang cocok buatku :D
    Selama ini cuma ngepoin IG-nya sih, blm pernah liat2 katalog di web-nya, cus ah TFS :D

    ReplyDelete
  16. ahh lucu outwear yang dipake. kece deh. jadi pengen cuss belanja ke tinkerlust

    ReplyDelete
  17. Aku wanita yang lapar mata dan juga lapar perutnya, hahaha

    ReplyDelete
  18. waahhh marketplace baru ya?? boleh nih dicobaa.. makasih mbakk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak...coba liat-liat deh pasti ada yang naksir hehe.

      Delete
  19. Wah jadi dengan Tinkerlust tidak perlu ragu lagi membeli barang-barang secondhand ya mbak, karena kualitasnya terjamin dan tidak ada barang palsu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyessss..ini kelebihan nya dan kita juga bisa jadi seller lho hehe.

      Delete
  20. Aku kadang bingung kalau ada barang yang tidak digunakan lagi di rumah. Sekarang bisa kujual lewat Tinkerlust dong. Win-win solution nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh kak jadi seller di tinkerlust lumayan kan hehe.

      Delete

Pemaparan Publik Tahunan dan Pengembangan Inovasi Produk Holcim Indonesia

Assalamu'alaikum. Apakabar puasanya, lancar kah? Alhamdulillah di hari ke 5 puasa tahun ini saya dan keluarga masih lancar tanpa k...