Tuesday, April 10, 2018

Berpetualang Rasa di Kota Batam

Picture : sportourism.id

Assalamu'alaikum.
Apa yang terlintas saat kamu mendengar kata Batam? Kalau saya sih langsung terbayang Jembatan Barelang yang tersohor itu. Ya, Batam kota terbesar di kepulauan Riau itu memang sangat tersohor dengan jembatab Barelang , sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Batam , Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Baru ini menjadi landmark termegah Batam. Tak hanya terkenal dengan keindahan alam saja Batam sendiri menjadi surga kuliner pagi kita penikmat rasa. Banyak masakan batam yang menggugah selera dan memanjakan lidah. Masakannya pun cukup beragam mulai dari masakan Indonesia , Seafood hingga masakan barat pun ada.


Ada beberapa tempat wisata kuliner yang wajib banget kamu datangi. Ya,, saat berada di kota ketiga terbesar di sumatera ini kamu wajib banget wisata kuliner dan dipastikan beberapa tempat ini menjada tempat favorit para pelancong di Batam. Mau tau apa saja? Yuk baca dibawah :

Wisata kuliner terkenal di Batam 

  • Sop Ikan Yong Kee

Sop Ikan Yong Kee ini terletak di batam Centre dan Nagoya City Centre, Sop ini tterkwnal karena kaldu ikan yang gurih dan segar. Isi dari Sop Ikan Yong Kee ini sendiri yaitu ikan tenggiri, cumi-cumi, udang, sawi, tomat dan di lengkapi mie dengan taburan bawang goreng diatasnya. Harum dari sop ini sangat menggugah selera. Rasa Sop Ikan Yong Kee cukup segar dan porsinya pun cukup besar jadi cocok lah ya 1 porsi ini untuk 2 orang.

  • Mie Tarempa 

Nah ada yang unik dengan makanan ini, sebenarnya Mie Tarempa ini berasal dari daerah Tarempa, Anambas, tetapi populer juga di Batam. Mie Tarempa ini berlokasi di Sei Panas. Enaknya kita bisa memilih sendiri olahan mie ini, kita bisa memilih apakah mie goreng kering, lembab, atau basah. Berbahagialah bagi kamu pecinta pedas karena Mie Goreng Tarempa dimasak pedas dengan campuran ayamdan udang atau taburan ikan tongkol diatasnya itu akan lebih lezat. Rasanya enak dan bikin ketagihan juga.

  • Mie Lendir

Nah kalau Mie Lendir ini sekilas mirip dengan Mie kocok Aceh. Mie Lendir memiliki rasa yang cukup unik kuah mie ini diracik drai ubi jalar dan kacang tanah. Isi dari Mie Lendir sendiri yaitu Mie, ayam, udang, cabe, taoge, dan taburan bawang goreng serta irisan telur rebus. Mie Lendir sendiri cukup banyak di jual di pedagang kaki lima di wilayah Tanjung Pinang. Untuk harga sendiri relatif terjangkau dan cukup mengenyangkan.

  • Golden Prawn

Saat berkuliner di Batam kita bisa menemukan restoran seafood dimana saja tapi ada sensasi yang berbeda saat makan di golden Prawn ini. Restoran Golden prawn ini sudah cukup tersohor akan kenikmatan sajiannya nah salah satu yang wajib banget di cicipi saat kesini yaitu gonggong, sejenis siput laut. Biasanya gonggong ini disajikan di rebus atau di tumis dengan beberapa bumbu dapur. Rasanya cukup enak dan cara santapnya pun cukup unik karena untuk mengambil daging gonggong ini di perlukan tusuk gigi dan mengambilnya dari cangkang. Kalau gonggong rebus akan di sajikan sambal secara terpisah nah kita bisa nih langsung celupkan dagingfonggong tadi ke sambal.

  • Rumah Kopi Fatmawati

Ada satu yang menarik disini, Rumah Kopi Fatmawati sendiri berlokasi di Mega Wisata Ocarina, Batam. Posisi kafe nya sangat indah karena letaknya menjorok ke laut. Enaknya kalau kesini itu saat malam hari karena pemandangannya cukup indahb, saat malam hari kalau kesini kita bisa lihat gemerlap lampu gedunh di downtown Batam Centre. Tapi berkunjung saat siang atau sore hari juga cukup pas kok kalau kesini , pemandangannya sama-smaa indah dan cocok untuk melepas stres.

  • Fur Elise 

Cuaca Batam yang kadang cukup panas makanya kalau ke Batam kamu wajib banget ke Fir Elise Gelato yang berada di Nagoya Newtown. Disini Fur Elise menyediakan variasi rasa gelato yang cukup beragam. Ada rasa earl grey, salty pistachio, matcha , thai tea, black sesame, hingga ferrero rocher. Tau kan gelato?tekstur padat namun lembut dan lumer di lidah ini. Nah buat kamu ice cream lovers wajib banget kesini.

  • Nasi Kambing ala Chef Haryo

Nasi goreng ini sering muncul di televisi menyajikan variasi yang unik . Kita bisa memilih sendiri empat dasar nasi goreng :putih, merah, kuning dan hijau. Lalu untuk isian nasi gorengnya juga sangat beragam mulai dari daging kambing, seafood, sosis, irisan nanas bakar, atau sate.  Nasi goreng kambing ala chef Haryo ini terletak di Ruko Dermagram, sukajadi. Design interiornya pun sangat cantik ala modern - minimalis gitu dan pokoknya instagramable banget deh.
Hotel murah Batam

Melihat banyaknya tempat kuliner di Batam tentunya kita ga cukup sehari menjelajah itu semua. Setidaknya dua atau tiga hari kita berlibur dan menginaplah di hotel murah di Batam yang bisa kita pesan lewat aplikasi Airy Rooms.


Lewat aplikasi ini kita bisa memilih hotel sesuai kebutuhan dan budget yang kita punya. Saya sendiri beberapa kali pakai Airy rooms karena fasilitasnya cukup lengkap. Di setiap kamar ada fasilitas TV , wifi, tempat tidurnya bersih, AC, perlengkapan mandi, air minum gratis, dan air hangat. Jadi yuk kalau mau liburan pesen hotel murah di Airy Rooms aja.


2 comments:

  1. Kulineran dari Batam bikin ngecess, dan liburan lebih nyaman menginapnya pastinya di Airy Room

    ReplyDelete
  2. Aku kalo ke batam mau langsung mlipir ke rumah kopi Fatmawati trus makan kambing, whuaa mantabs, trus istirahat bocan di Airy besoknya jelong2..
    Yuk ahh Ameel...

    ReplyDelete

Alasan Saya Kenapa Minum KIN Fresh Milk

Assalamu'alaikum. Hallow gimana kabarnya moms? semoga kita semua sehat selalu, penuh cinta,rezeki berkah berlimpah ya. Buat kalian ...