Monday, May 7, 2018

Festival Ibu Dan Buah Hati


Assalamu'alaikum.
Menjadi seorang Ibu selain merupakan anugerah yang tidak ternilai ada juga sih sedikit ke khawatiran saya mengenai tumbuh kembang Shakila dan Kezia. Mulai dari kandungan hingga kini ada rasa khawatir apakah mereka mampu tumbuh kembang secara optimal, bahagia lahir dan batin atau tidak?.


Ada banyak pertanyaan lainya mengenai hal itu, biasanya jika ada masalah mengenai si Kecil saya selalu baca informasi di internet atau berdiskusi sama teman yang juga memiliki anak. Ada ketakutan juga dengan berita akhir-akhir ini yang belum lama anak balita diculik, ada anak hilang lalu tiba-tiba ketemu sudah keadaan menjadi mayat.

Kalau sudah liat berita gitu rasanya takut dan miris juga sebagai orang tua memang harus menjaga anak tapi kadang suka lepas kendali dalam artian hilang dalam pantauan kita. Jadi kita harus bagaimana sebagai orang tua? ya,, kita harus tau dengan siapa anak bermain, berhubungan, teman anak-anak dan terbuka dengan mereka. Kita harus menjadi tempat yang nyaman untuk anak bercerita, dan masih banyak lagi yang penting kedekatan atau bonding dengan anak itu harus ada.

Masih banyak orang tua yang belum mengetahui ilmu parenting dan lainya terlebih banyak isu  kurang enak yang dialami oleh anak-anak. Dengan latar belakang ingin memberikan informasi mengenai ilmu Parenting, kesehatan dan lainya untuk masyarakat yang lebih luas maka dibuatlah Festival Ibu dan Buah Hati oleh Komunitas Cerita Ibu Cerdas (CIC ) di Intermark Indonesia , Bumi serpong damai , Tangerang Selatan.

Ini kali pertama saya menginjak Intermark Indonesia dan saya sangat bersyukur bisa hadir di Festival Ibu dan Buah Hati ini bersama Komunitas ISB . Seperti acara Festival lainya disini banyak sekali booth-booth keperluan bayi, makanan, pakaian dan lainya. Nanti saya ceritakan lebih jelas lagi ya di pertengahan tulisan saya.

Acara Festival Ibu dan Buah Hati di buka untuk umum dan gratis pula. Banyak acara yang berlangsung di Festival ini mulai dari lomba mewarnai, aneka talkshow tentang kesehatan, parenting dll. Acara ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 5-6 Mei 2018. Nah saya sendiri hadi pada tanggal 5 Mei. Pembukaan Festival Ibu dan Anak ini di buka oleh tarian dari adik-adik Mini Betawi.



Lalu sambutan dari Mba  Fairuz Faisal biasa di panggil mba ILoet selaku Founder Komunitas Cerita Ibu Cerdas (CIC) . Komunitas ini berawal dari group WAG teman artis yang sering diskusi mengenai anak-anak dan keluarga, lalu sering melakukan FGD ( Fun Group Discussion) lama-lama para anggota di WAG berinisiatif inngin memberikan lebih untuk para orang tua di luar sana yang butuh ilmu tentang parenting dan lainya. Lalu terciptalah inisiatif membuat Festival Ibu dan Buah Hati ini.Tak hanya itu saja karena banyak isu tentang kekerasan terhadap anak juga melatar belakangi festival ini.

Pada pembukaan Festival Ibu dan Buah Hati ini juga di hadiri oleh Bapak Wakil Walikota Tangerang Selatan, Drs Benyamin Davnie. Beliau mengungkapkan bahwa Beliau sangat berterima kasih kepada Komunitas Cerita Ibu Cerdas yang inisiatif membuat Festival ini di Tangerang selatan. Beliau juga miris sekali dengan isu kekerasan terhadap anak dan seperti yang di canangkan oleh Presiden bahwa setiap kota itu harus Kota Layak Anak, nah untuk mencapai Kota Layak Anak ini di perlukan  seluruh lapisan masyarakat bukan hanya pemerintah saja.

Bapak Benyamin juga menganjurkan bahwa setiap orang tua harus mengenal anaknya , berteman dengan siapa, lingkungannya gimana dan yang terpenting yaitu anak harus memiliki identitas. Kalau dulu memiliki KTP itu anak usia 17 tahun namun sekarang sejak lahir anak harus memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) yang saat ini sedang di gaungkan oleh Kementrian Dalam Negeri RI.

Pada kesempatan Festival Ibu dan Buah Hati ini pemerintah Kota Tangerang Selatan membuka booth juga dalam membuat Kartu Identitas Anak ini secara gratis dan langsung jadi. Jadi surat yang di butuhkan yaitu KTP orang tua dan Akte anak. Tahapannya pun sangat mudah yaitu para orang tua mengisi formulir terlebih dahulu kemudian serah kan semua foocopy surat-surat dan terakhir yaitu sesi foto si Kecil.

Acara Festival Ibu dan Buah Hati ini juga di mendapat dukungan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) . Hadir juga ibu Dra. Leny Nurhayati Rosalin M.Sc dari Deputi Bidang Tumbuh Kembng Anak dari KPPPA. Ibu Leny mengungkapkan bahwa KPPPA sangat mendukung Festival Ibu dan Buah Hati ini memiliki visi dan misi mengangkat hak-hak anak, serta peran wanita di dalamnya.

Bahwa karakter anak-anak itu di bentuk pertama yaitu dari keluarga, jadi peran keluarga disini sangat penting karena ini merupakan lingkup pertama si kecil. Jadi sebisa mungkin kita orang tua harus memberikan contoh dan pemaham yang baik kepada anak. Lalu lingkungan sekolah, nah pilih sekolah yang terbaik untuk anak mulai dari lingkungan yang aman dan nyaman.


Setelah pembukaan Festival Ibu dan Buah Hati lalu ada sesi talkshow kesehatan. Nah berutung banget nih saya turut hadir pada sesi ini. Talkshow pertama ini dari RS. Premier Bintaro dan membahas " Healthy Shoulder for Active Moms " oleh Dr. Jefri Sukmawan, Sp.OT.

Dr. Jefri mengungkapkan bahwa sakit pada bahu ini sering dialami oleh ibu namun tidak pernah di rasa. Biasanya pegal pada bahu itu yang disalahkan pasti bilangnya salah urat padahal sakit pada bahu bisa jadi karena otot bahu dan lainya. Biasanya juga kalau sakit pada bahu masyarakat Indonesia karena menganggap salah urat ini mereka lebih suka pergi ke tukang urut bukanya dokter padahal jika penanganannya tidak tepat bisa tambah parah lho.


Sakit pada bahu ini timbul dikarenakan melakukan kegiatan yang berulang-ulang namun salah posisinya. Seperti mengangkat koper yang berat, menggendong anak salah , membawa tas yang sering di bahu yang tetap (misalnya pakai tas bahu di posisi kanan terus), melakukan olah raga tanpa pemanasan juga bisa membuat cedera pada bahu. Nah itu semua bisa membuat sakit pada bahu.

Masalah pada bahu juga bermacam-macam :

Cedera Bahu 
  • Rotator cuff tear
  • Fracture
  • Shoulder dislocation
Peradangan sendi bahu
  • Shoulder impingement
  • Subacromial bursitis
 Shoulder Osteoarthritis
 Frozen Shouldr
 Terapi yang salah ( pengobatan alternatif )

Jika ada masalah pada bahu maka ada dua pilihan terapi yaitu Terapi Konservatif dan Terapi Operatif . 
Terapi Konservatif :
  •  Istirahat dan Kompres dingin
  • Fisioterapi ( sesuai gangguan)
  • Obat NSAID
  • Injeksi ( Subacrmial atau Intra-artikular)
  • Alat bantu ( Arm Sling )
Terapi Operatif
  • Manipulation under anasthesia (MUA)
  • Open Surgery
  • Shoulder Arthroscopy
  • Shoulder Arthroplasty
Menurut Dr. Jefry pasien yang datang ke Rumah Sakit itu kebanyakan yang sudah lebih dulu datang ke pengobatan alternatif jadi bisa dibilang sudah parah ( ga parah banget sih) nah yang perlu di garis bawahi tentang bahu ini yaitu bahwa Sendi bahu itu tergolong paling fleksible dan paling rentan cedera. Keluhan yang sering yaitu : Nyeri, kaku, longgar dan lemah.

Dan sebagian besar masalah pada bahu ini bisa diatasi secara konservatif. Untuk mencegah masalah pada bahu yaitu kita harus mengerti tentang bahu kita, olah raga yang benar ( melakukan olah raga secara benar dan diawali pemanasan terlebih daulu), bergantian menggunakan bahu kanan dan kiri (  jangan terus -terusan bahu kanan atau bahu kiri  ).



 
Setelah puas mendengar talkshow saya berkeliling ke beberapa booth. Oya di Festival Ibu dan Buah Hati ini juga ada arena Playground untuk anak-anak dan juga dari KPPPA sendiri menyediakan wall of Fame atau poster besar mengenai IDOLA ( Indonesia Layak Anak ) di sana juga disediakan berbagai permainan yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak. Ada banyak booth festival ini dan banyak promo menarik.



Ada Booth Happy Diapers yang letaknya depa panggung. Happy Diapersini unik ternyata , kalau dulu dalam satu ball diapers itu hanya satu gambar atau satu karakter nah kalau Happy Diapers ini dalam satu ball atau  satu pack itu ada banyak karakter dan warnanya. Untuk dalam diapers nya sendiri cukup lembut sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Ada juga booth Pure Baby yang merupakan sponsor utama acara Festival Ibu dan Buah Hati ini. Bootnya paling besar dan banyak promo menarik. Seperti yang saya tau kalau semua produk Pure Baby ini besas SLS yang mana aman untuk baby. Semua produk Pure Baby yang ada disini juga sangat lengkap.

Komunitas Cerita Ibu Cerdas ini beranggotakan para artis ibu kota dan pada Festival ini para artis turut serta membuka booth . Sekitar 30 rtis seperti Deswita maharani, Revalina S temat, Tya Ariestya, dll . Para artis tersebut memberikan kontribusinya dengan melelang barang layak pakai mereka  yang hasilnya diberikan kepada para pejuang penyakit langka di Indonesia.



Lalu saya melimpir ke Booth Philips yang juga tidak kalah besar. Disana banyak produk Philips dengan diskon menarik. Ada produk Philips yang menarik perhatian saya yaitu Essential Steamer Blender SCF862  .Produk ini merupakan produk terbaru Philips Avent ini bisa jadi solusi pintar bagi para ibu dalam menyajikan MPASI rumah yang sehat dan praktis. Kegunaan dari produk ini yaitu bisa megukus dan sekaligus memblender.

Makanan yang di buat di Essential Steamer Blender SCF862 juga kita bisa menentukan atau menjaga tekstur dan nutrisi makanan yang diolah. Tidak hanya sayuran atau buah saja yang bisa di masak di steamer ini daging pun bisa lho.



Cara menggunakannya juga sangat mudah. Lalu untuk watt nya sendiri yaitu 330 watt dan sangat cepat dalam pembuatan MPASI. Untuk harga Essential Steamer Blender SCF862 berkisar 1,4 juta. Produk ini juga bisa di dapatkan di ecommerce lho dan suka ada diskon.

Menurut saya membuat MPASI dengan produk ini sangat mudah, praktis dan yang terpenting yaitu nutrisi yang terkandung dalam buah, sayur dan daging tetap terjaga. So.. produk ini merupakan solusi para orang tua dalam menyajikan MPASI rumahan yang terbaik.







4 comments:

  1. ternyata sakit dibahu tidak bisa di anggap sepele dan perlu penangnan yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak...kalau berasa sakit lebih baik istirahatkan dulu bahunya.

      Delete
  2. Baru tahu blender ini sekarang, dulu jaman anak2 bayi belum ada ya. Coba ada, kan jadi gampang kalau mau menyiapkan MPASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Maya pakai blender ini jadi buat MPASI yang sehat dan rumahan ini jadi ga ribet.

      Delete

Pemaparan Publik Tahunan dan Pengembangan Inovasi Produk Holcim Indonesia

Assalamu'alaikum. Apakabar puasanya, lancar kah? Alhamdulillah di hari ke 5 puasa tahun ini saya dan keluarga masih lancar tanpa k...