Tuesday, May 22, 2018

Pemaparan Publik Tahunan dan Pengembangan Inovasi Produk Holcim Indonesia



Assalamu'alaikum.
Apakabar puasanya, lancar kah? Alhamdulillah di hari ke 5 puasa tahun ini saya dan keluarga masih lancar tanpa kendala hanya beberapa hari kemarin saja sih badan drop kena flu hehe.

Kali ini saya mau nulis sesuatu yang bisa di bilang topik cukup serius sih. Jadi hari pertama puasa saya mengikuti acara Rapat umum Pemegang Saham Tahunan dan Rapat Umum Pemegang Sahan Luar Biasa PT Holcim Indonesia Tbk di Sheraton Gandaria City , Jakarta.


Mendengar kata Holcim tentunya sudah tidak asing lagi karena perusahaan produsen semen di Indonesia ini produknya sering di pakai dalam pembangunan gedung, rumah maupun jalan.

Beruntung banget saya berkesempatan hadir di acara RUPS dan ini kali pertama saya menghadiri acara Rapat Umum Pemegang Saham, di acara ini juga saya mengenal sedikit tentang produk Holcim dengan inovasi terbaru.

 Tapi sebelum menjabarkan produk Holcim saya cerita dulu ya gimana sih Rapat Umum Pemegang Sahan Tahunan PT Holcim. Acara kali ini dihadiri oleh para pemegang saham, media, blogger dan para petinggi PT. Holcim Tbk.

Jajaran direksi Holcim Indonesia yang hadir yaitu Bapak Mark Schmidt selaku CFO Holcim Indonesia, Ibu Farida Helianti Sastrosatomo selaku Corporate Secretary and Legal Affairs Director, Bapak Gary Schutz selaku CEO Holcim Indonesia, Bapak Surindro Adi Kalbu selaku Sales Director dan Bapak Kuntoro Mangkusubroto selaku President Commissioner & Independent Commissioner.


Sebelum ke penjalasan pokok kita semua di suguhkan oleh pemutaran video mengenai kondisi pasar di Indonesia.


Kondisi Pasar Di Indonesia 





Pertumbuhan ekonomi dari tahun 2016 ke 2017 ini melambat tidak seuai dengan lajur pertumbuhan ekonomi dari 5 %% menjadi hanya 5,1 % pada tahun 2017.

Lalu konsumsi pertumbuhan rumah tangga di Indonesia menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dibawah 5 % pada akhir 2017 dan memperngaruhi lambatnya pertumbuhan perekonomian negara dalam beberapa tahun belakangan. Masyarakat mengurangi belanja seperti di sektor kendaraan, sektor perumahan dan lainya.

Pendapat analis mengatakan masyarakat lebih memilih menabung uang daripada menggunakannya . Selain kelambatan ekonomi juga kelebihan pasokan semen yang melampaui kebutuhan juga masalah yang terus memicu tekanan harga dan tergerusnya margin sejak 5 tahun lalu.

Rapat umum pemegang saham holcim
Blogger bersama CEO Pt Holcim Tbk
Pict by Kak Elly Nurul


Assosiasi semen Indonesia mencatat total penjualan semen di Indonesia pada tahun 2017 69,2 juta ton namun kapasitas produksi hingga kini sudah mencapai 5 kali lipat dari kebutuhan yang ada.

Para pelaku produsen semen di Indonesia di tuntut untuk mengambil langkah strategis dan inovatif agar dapat memenangkan persaingan dan menjadi pilihan pelanggan.

Selain strategi pemasaran inovasi dan diferensiasi yang dilakukan oleh pebisnis, pemerintah juga diharapkan memberikan solusi penyerapan kapasitas persediaan yang ada serta membatasi kemungkinan pertambahan melalui moratorium investasi yang baru dan pelarangan impor semen.

Semen holcim
Blogger bersama Direktur baru Bapak Surindo Kalbu Adi
Pict by Kak Elly Nurul


Untuk menghadapi keadaan pasar saat ini tentunya Holcim sebagai perusahaan produsen semen di Indonesia ini tidak tinggal diam.

Menurut Presiden Direktur Holcim Indonesia , Gary Schutz bahwa semenjak tahun 2017 dan kuartal pertama 2018 ini masih berat terutama dengan kondisi kelebihan pasokan di pasar semen.

 Namun Holcim tetap optimis dan berharap terjadinya peningkatan volume sebesar 6 % hingga akhir tahun termasuk pertumbuhan sebesar 25 % dari unit bisnis .

PT Holcim Tbk juga mengharapkan Direktur penjualan baru bapak Surindo Kalbu Adi mampu membangun serta strategi pertumbuhan perusahaan dalam menghadapi tantangan. Tak hanya itu saja Holcim juga melakukan efisiensi biaya dan mengambil langkah-langkah transformasi komersial seperti menghadirkan produk-produk inovatif.

Produk Holcim terbaru berbasis aplikasi seperti PowerMax dan WallMax. Nah berikut saya jabarkan apa saja sih kelebihan dari produk inovatif Holcim ini.



Holcim PowerMax adalah produk inovasi terbaru dari Holcim untuk aplikasi khusus yang diformulasikan dengan Micro Filler Particel dan Streng Agent. Produk ini mengatasi masalah pada bangunan seperti struktur yang berlubang, kasar, atau keropos.

Keunggulan dari Holcim PowerMax :

  •  Pemadatan lebih sempurna karena adukan beton yang pulen
  • Struktur bangunan lebih halus dan tidak mudah keropos
  • Pekerjaan selesai lebih cepat karena poses pemadatan tidak membutuhkan waktu lama.
  • Memiliki kuat tekan lebih tinggi dibandingkan beton biasa tanpa tambahan bahan lain sehingga lebih hemat biaya perawatan karena bertahan lebih lama



Nah sekarang Holcim WallMax yang mana merupakan produk inovasi holcim terbaru untuk aplikasi dinding yang diformulasikan dengan Micro Filler Particle dan Smooting Agent .Untuk Holcim WallMax ini berfungsi untuk mengatasi masalah saat pengerjaan dinding misalnya saja adukan kurang menempel , terlalu cepat mengering dll.

Keunggulan dari Holcim WallMax 

  • Dinding lebih kuat dan halus
  • Mudah diaplikasikan
  • Warna lebih terang
  • Memudahkan membentuk profil dan sudut 
  • Pekerjaan jadi lebih cepat selesai karena adukan pulen dan memiliki daya rekat baik.
  • Memudahkan untuk persiapan Acian 
  • Menghasilkan permukaan lebih halus dan mengurangi retak rambut.

Gelora bung karno

Untuk menghadapi tantangan PT. Holcim Tbk tidak hanya berfokus pada sektor bisnis infrastruktur dan pembangunan saja tapi juga PT. Holcim memiliki unit bisnis di industri pengolaham limbah yang bernama Geocycle.

Geocycle sendiri merupakan salah satu perusahaan pengelola limbah terbaik di Indonesia. Untuk Konsep kerj­anya adalah memanfaatkan tanur pembakaran semen di pabrik Holcim yang bersuhu tinggi dan stabil untuk me­nge­lola limbah dengan aman, efektif dan menyeluruh dengan menggunakan teknologinya co-prosesing yaitu proses penanganan limbah yang paling kecil dampaknya terhadap lingkungan hidup.

Dalam metode Co-Prosesing ada beberapa jenis limbah yang dapat menggunakan metode ini seperti limbah industri, bahan yang tidak memenuhi syarat, produk yang sudah kadaluarsa serta bahan yang tidak dapat di daur ulang pada proses biasa.

Holcim yang terus berinovasi dan mengembangkan inovasinya dengan memberikan solusi nilai tambah untuk produksinya . Ada produk yang memiliki nilai tambah yaitu :

  • SpeedCrete : Solusi perbaikan jalan dalam waktu 7 jam pada malam hari.
  • ThruCrete : Solusi perkerasan beton berpori yang ramah lingkungan sehingga dapat mencegah genangan di permukaan.
  • ApexCrete : Inovasi dari Holcim Indonesia yang mengaplikasikan beton performa tinggi dengan menggunakan peralatan berteknologi terkini sehingga dapat mengerjakan bidang lantai yang luas dalam waktu singkat.


Salah satu solusi bernilai tambah yaitu PT Holcim Tbk turut serta dalam proses revitalisasi kawasan Gelora Bung Karno.

Dalam proses revitalis Holcim Indonesia mengaplikasikan produk ThruCrete di sejumlah area kawasan Gelora Bung Karno seperti pada area joging. Aplikasi produk ini cocok banget karena berfungsi mencegah genangan pada permukaan jadi kalau mau joging ya bebas becek karena beton ini berpori dan langsung meresap ke tanah.

Melihat semua produk unggulan dengan inovasi terbarunya Holcim Indonesia optimis untuk menghadapi tantangan pasar saat ini. Ada banyak produk Holcim juga yang cocok untuk rumah kita lho dan bisa dilihat di chanel sosial media Holcim Indonesia.

Twitter : @Solusiholcim
Instagram : @solusiholcim
Facebook  Fanpage : @solusiholcimindonesia  






22 comments:

  1. Saya paling gak ngerti sama kenaikan harga rumah. Makin ke sini makin meningkat. Trus peningkatannya luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak harga rumah ampunnn ampunan sekarang huhu.

      Delete
  2. Saya kok gagal fokus sama foto paling bawah yah, itu karung semen nya isi gak? wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah kak Tian ini properti aja kok.

      Delete
  3. oh jadi PT Holcim Tbk ikut dalam proses revitalisasi kawasan Gelora Bung Karno. cadas. biar makin awet GBK kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ikut serta hehe semoga ya awet dan tetap terjaga.

      Delete
  4. Kalau sebut merk ini tahunya produk semen aja. Memang harus siap ya ambil ancang2 buat pasar global

    ReplyDelete
  5. Holcim memang merek semen terpercaya.. mau bangun rumah, pakai Holcim ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk cuss lah pake Holcim biar awet heuheuu.

      Delete
  6. Beton di jalan raya itu memang harus pakai yang berkualitas, dan tahan lama. Karena kan aktivitas selalu dilakukan di sana. Sukses terus buat holcim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus pakai yang berkualitas biar awet.

      Delete
  7. Weish... Puasa2 kuat mengangkat sak semen ya... Kuat nian hahaha...!

    ReplyDelete
  8. Ternyata dipikirin banget ya pengolahan limbahnya, biar ga merusak lingkungan. Dan teknologi speedcreate itu amat membantu ya zaman now gini biar pembangunan jalan gak pake lama-lama lagi. Malam dicor, pagi mungkin udah keras ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, dan Holcim punya bisnis mengatasi limbah ini.

      Delete
  9. Semoga GBK awet kerennya karena menggunakan Holcim ya mba, semoga kedepannya Holcim dan pemerintah membantu pembangunan sekolah /rs di daerah kecil Indonesia, amin!

    ReplyDelete
  10. Oke oke noted, kalau ada rezeki bangun rumah akan pakai Holcim heh.
    Wah keren mikirin pengolahan limbah juga ya, moga2 dikelola secara baik sehingga tetep menjaga alam tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn aminn semoga rejekinya berlimpah ya kak.

      Delete
  11. Sebenarnya saya kurang paham soal semen. tapi salut dengan Holcim yang masih bertahan hingga saat ini

    ReplyDelete
  12. Belum pernah pake produk ini tapi lihat pencapaian Holcim jadi senang juga

    ReplyDelete

LVF Aura Lip Lacquer

Assalamu'alaikum Ladies.. Kalau boleh tau alat make up yang wajib banget kamu bawa setiap harinya dan selalu ada di pouch ada apa...