Sunday, May 13, 2018

Mengatasi Luka Bakar di Rumah Dengan Salep MEBO


Mengobati Luka bakar di rumah

Assaamu'alaikum.
Pernah mengalami luka bakar? kecipratan minyak? kena setrikaan atau knalpot? apa yang saya sebutkan tadi itu saya penah mengalaminya.


Masih dalam ingatan saya waktu tinggal di kampung bersama nenek. Waktu itu saya masih SD, jadi waktu itu saya main tali rapia yang dibakar lilin. Saking seru dan penasaran ga sengaja bakaran tali rapia yang panas itu kena paha saya yang saat itu pakai celana pendek.

Rasanya gimana?,,, duhhh sakit, perih dan panas sampai teriak apalagi saat bakaran tali rapia diambil duhhh,,perih Jenderal. Saat kejadian nenek langsung mengoleskan odol ke luka saya, itu juga tidak di cuci dulu lukanya. Apa yang saya rasakan? luka tersebut makin panas dan sampai sekarang bekas luka itu masih ada di paha.

Tak hanya itu saja menginjak dewasa saya juga pernah kena knalpot motor dan karena salah penanganan bekasnya juga masih ada sampai sekarang. Kalau ga sengaja kena setrikaan atau ke cipratan minyak sih ya , ibu-ibu mah sering banget dan kadang berbekas lukanya.

Apa yang saya alami itu mungkin bisa di bilang luka bakar kecil dan bekasnya pun tidak terlalu besar. Tapi tau ga sih tetap saja itu menimbulkan trauma juga.

Bisa dibayangkan juga nih kalau ada masyarakat yang menderita luka bakar besar, tak hanya meninggalkan trauma dan bekas saja tapi juga kualitas hidup mereka pasti menurun karena malu dengan bekas luka bakar dan luka bakar sendiri bisa menimbulkan kecacatan.

Di daerah saya masih banyak yang salah paham mengenai penanganan luka bakar ini , masih banyak yang bilang pakai minyak tanah, pasta gigi, blueband dll. Padahal semua barang itu tidak boleh kita oleskan ke luka bakar lho. Yang ada luka bakar tersebut makin radang, lama sembuhnya atau meninggalkan bekas.



Melihat masih banyaknya salah penanganan pada luka bakar Combiphar dan PERAPI ( Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia ) mengadakan talkshow di Manado tanggal 12 Mei 2018. Talkshow kali ini dihadiri oleh lebih dari 200 dokter dan perawat di wilayah Manado, Sulawesi Utara.

Combiphar selaku perusahaan consumer healthcare modern di Indonesia melihat bahwa pentingnya pengetahuan dan penangana luka bakar yang tepat dan benar guna membantu penyembuhan luka yang optimal dan menigkatkan kualitas hidup setelahnya.

Talkshow yang diadakan di Manado kali ini bersama PERAPI sebagai wujud nyata Combiphar dalam Championing a healthy tomorrow  dalam memberikan edukasi mengenai penanganan luka bakar. Terutama kepada tenaga medis yang mana merupakn garda terdepan healthcare profesional dalam memberikan penanganan yang tepat dan benar.

Mirisnya menurut riset pada tahun 2013 bahwa luka bakar menempati posisi ke enam penyebab cedera tidak sengaja. Dan yang banyak mengalami luka bakar ini adalah justru yang paling rentan di alami oleh anak usia 1-4 tahun dengan tingkat pravelensi sampai 1,5 persen.

Maka dari itu pentingnya edukasi mengenai penanganan awal dan pengobatan secara tepat dan benar perlu digaungkan kepada masyarakat. Lalu gimana sih penanganan luka bakar yang benar  :

Penanganan Luka Bakar di Rumah :

  • Bilas atau aliri dengan air dingin kulit yag terkena panas selama 10-15 menit hingga tidak terasa nyeri
  • Lepaskan perhiasan atau pakaian yang menempel pada luka bakar
  • Cuci luka bakar dengan air bersih namun sebelumnya tangan kita telebih dahulu di cuci bersih
  • Keringkan perlahan pakai lap bersih
  • Jika ada lentingan ( benjolan berisi air ) jangan di pecahkn karena bisa menyebbkan infeksi
  • Oleskan salep atau obat antibiotik ( jangan pakai pasta gigi, blue band atau minyak tanah )

Salep Luka Bakar MEBO  

Bebicara mengenai salep luka bakar kita bisa piih produk dari Combiphar yaitu MEBO ( Moist Exposed Burn Ointment ). Salep MEBO ini telah hadir di Indonesia sejak tahun 2006 dan sudah di ekspor ke 73 negara di dunia dan produk ini merupakan produk unggulan dari Combiphar.

Ada beberapa alasana kenapa memilih MEBO harganya cukup terjangkau, mudah di temukan ditoko obat, reaksi penyembuhan cepat dan mengandung antibiotik alami bukan kimiawi. Cara pemakaiannya juga cukup mudah tinggal di oleskan tipis pada luka bakar yang sudah di bersihkan lalu di ulang kembali selama 4-5 jam.

Manfaat Salep MEBO 

  • Membantu meringankan luka bakar
  • Mengatasi dan menyembuhkan luka bakar tanpa meninggalkan bekas
  • Dapat digunakan untuk terapi topikal ( luka bakar grade I-IV , luka kronis Diabetic Foot Ulcer dan Ulks decubitus 
Obat luka bakar


Komposisi Salep MEBO 

Salep MEBO dibuat dari ekstrak minyak wijen yang berfungsi anti radang dan membantu regenerasi sel. Mengandung Beeswax atau lilin lebah yang berfungsi mengatasi peradangan, melembabkan kulit, meredakan nyeri dan juga berfungsi mengurangi bekas luka bakar dll.

Dari segi bentuknya yang praktis dan manfaatnya yang sudah teruji, MEBO sendiri bisa di bawa kemana-mana. Tapi yang pasti salep MEBO ini wajib ada di kotak P3K di rumah untuk berjaga-jaga.

Salep MEBO juga aman untuk pemakaian luar bagi anak, anak , ibu hamil dan meyusui karena semua kandunganya yaitu dari bahan alami.

So... Mommy jadi untuk penanganan luka bakar itu harus benar dan memakai obat yang sudah teruji ya jangan pakai pasta gigi , minyak tanah atau lainya. Jangan sepelekan juga nih pada luka bakar, kalau di rumah atau mengalami luka bakar kecil kita bisa langsung pakai MEBO salep tapi jika luka bakarnya besar bisa langsung ke rumah sakit agar penanganannya lebih tepat.







13 comments:

  1. Waalaikum salam, semoga kita terhindar dari luka bakar serius ya. Tapi perlu juga sedia Mebo di kotak P3K dirumah.

    ReplyDelete
  2. aku juga kecil kena lelehan plastik mba Amel sama ibu jg ga di guyur dulu malahan diodolin wkkk sampe skrg ngebekas deh untung y skrg ada mebo

    ReplyDelete
  3. Harus sedia Mebo yaa buat jaga jaga

    ReplyDelete
  4. Aliri luka di bawah air tuh yang memang harus pertama dilakukan. Untunng aja ada Mebo ya

    ReplyDelete
  5. Duh, makanya to dek jgn suka maen api hehe.
    Iya namanya anak kecil kan pengen tahu ya, gtu jg anak2 kita sekrng, kudu waspada banget ngawasinnya dan sedia mebo buat jaga2.

    ReplyDelete
  6. Baru tau loh ternyata ekstrak minyak wijen ini baik buat luka bakar.

    ReplyDelete
  7. Luka bakar karna kena knalpot juga pernah Aku alami Mak Amel dan bekas lukanya sampai sekarang juga masih ada sedikit.

    ReplyDelete
  8. karna terbuat dari bahan2 alami, Mebo tepat jadi pilihan terpercaya untuk mengobati luka bakar :)

    ReplyDelete
  9. Mebo dari bahan alami jadi tenang juga makenya

    ReplyDelete
  10. Tetangga ku pernah pas bayi pahanya kena setrika. Udahannya berbekas gitu, kasian deh. Coba ada Mebo yaaa

    ReplyDelete
  11. mebo solusi aman buat terkena luka bakar

    ReplyDelete
  12. Harus aware ya, mak, sedia Mebo

    ReplyDelete

SAVASA Hunian Pintar Dan Nyaman di Kota Deltamas

"After waited so long Now I've found my dream home SAVASA is where we belong Smart Lifestyle, here i come"  S...