Thursday, May 31, 2018

Ramadan Raya Feast Persembahan PASARAYA di Bulan Ramadan Tahun 2018



Assalamu'alaikum.
Bulan Ramadhan bulan yang paling di nanti bagi seluruh umat muslim di dunia karena di bulan ini penuh rahmat dan ampunan. Pahala yang berkali lipat pun hanya ada di Bulan ini makanya tak jarang selurh umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan karena ingin meraih berkat dan rahmat. 


Di Bulan Ramadhan juga nuansa islami sangat melekat di berbagai tempat termasuk pusat perbelanjaan. Berbicara dengan pusat belanja pastinya tidak asing lagi dengan PASARAYA Blok M. Bagi saya tempat ini penuh sejarah karena letaknya dekat terminal Blok M dan dulu kalau kemana-mana ya pasti naek bus harus ke Blok M dulu.

Tapi tau ga sih PASARAYA yang dulu dah sekarang itu berbedda dan saya pun melihat perubahannya sendiri setelah beberapa lalu menginjak kembali PASARAYA dalam rangka menghadiri RAMADAN RAYA FEAST bersama teman blogger.



Narasumber yang hadir pada acara mini talkshow kali ini yaitu Ibu Meidina Latief selaku CEO PASARAYA , Ibu Patricia Veronica selaku Head of Marketing Communication PASARAYA, Bapak Syaifudin perwakilan dari Mesjid Istiqlal Jakarta.

Ibu Meidina Latief menjelaskan bahwa setiap tahun dan lebih dari 40 th setiap bulan Ramadhan  PASARAYA pasti menggelar event Ramadhan. Untuk tema tahun ini yaitu Ramadan Raya Feast yang berlangsung mulai tanggal 24 Mei - 10 Juni 2018.

Dan sejak awal berdirinya PASARAYA selalu memposisikan sebagai leading baju muslim di Indonesia , setiap tahunnya juga PASARAYA terus berkreasi dah berinovasi.

Tahun ini agak sedikit berbeda dan spesial karena bukan sekedar belanja, hiburan atau makan saja tapi tahun ini PASARAYA mengajak masyarakat charity untuk orang yang membutuhkan. Di Ramadan tahun ini PASARAYA menggelar pameran Al-Qur'an dengan tujuan mengedukasi para pengunjung.

Ibu Meidina Latief kembali menjelaskan bahwa PASARAYA dulu dan sekarang itu berbeda, saat ini di PASARAYA ada Office Building yang mana banyaknya para perusahaan start up,  creative market dan teknologi berkantor di kawasan PASARAYA. Ya, kini komplek perbelanjaan PASARAYA telah menjadi tempat berkumpulnya generasi milenial.

Nah maka dari itu melalui event tahun ini PASARAYA ingin mengajak para generasi milenial untuk memahami lebih dekat mengenai Al-Qur'an.



Ada Tujuh Al-Qur'an unik  yang di pamerkan disini dan memiliki cerita sendiri. Ada salah satu Al-Qur'an terbesar di Indonesia yang dinamakan Mushaf Wonosobo. Al-Qur'an ini biasanya di pamerkan di Museum Bayt Al-Qur'an Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) Jakarta. Mushaf ini berukuran 2x3 meter dengan bobot 150 kilogram dan ditulis tangan langsung oleh dua orang santri Pondok Pesantren Al-Asy'ariyah di Wonosobo , Jawa tengah pada tahun 1991-1993.



Ada pula Al-Qur'an terkecil yang bernama Mushaf Istanbul yang merupakan hibah dari Turki untuk Indonesia. Mushaf tersebut di tulis oleh Sayid Muahammad Abdul Latifyang berasal dari Arab Saudi yang di terbitkan pada 1401 hijriah atau sekitar tahun 1980-an.



Ada pula salah satu Al-Qur'an tertua di dunia yang berasal dari Masyhad Husaini . Mushaf tertua ini di perkirakan di tulis pada akhir abad 1 atau awal abad 2 Hijriah, tanpa tanda titik dan tanda baca ini diklaim sebagai satu dari tujuh salinan mushaf yang dikeluarkan oleh Ustman bin Affan.


Lalu ada Al-Qur'an terindah di Indonesi yaitu Mushaf Istiqlal. Al-Qur'an ini sangat indah karena memiliki 40 macam keragaman hias yang diambil dari Motif tanah air.



Ada pula Mushaf terberat yaitu Mushaf Marmer yang menggunakan marmer jenis White Carrara ada tulisan kaligrafi Surah Al-An'am ayat 11-118 dengan mengikuti kaidah penulisan Mushaf Al-Qu'an standar Indonesia yang ditulis secara manual. Mushaf Marmer ini di tulis oleh bapak Nur Hidayati asal Pekalongan Jawa Tengah. Dan ukuran dari Mushaf Marmer yaiu 90 x 60 cm tebal 2 cm.





Lalu ada Mushaf Braille atau mushaf tertebal yng diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama pada tahun 2012-2013. Mushaf Braille ini Mushaf untuk orang tunanetra dan setiap Juz nya itu 1 mushaf jadi tak heran kalau Mushaf Braille ini merupakan mushaf tertebal. Bagi kita masyarakat yang ingin mendapatkan mushaf braille ini atau untuk tetangga yang tunanetra bisa di dapatkan sebanyak 30 juz hanya 100 ribu rupiah saja. Untuk mendapatkan mushaf ini cukup menghubungi Museum Al-Qur'an.









Ramadan Raya Feast juga mengajak kita para pengunjung untuk beramal atau charity jadi setiap transaksi berlanja di Fashion Bazaar sebanyak 5% dari transaksi akan masuk charity untuk didonasikan kepada anak yatim piatu, dhuafa dan perbaikan mushola.

Ada 15 booth bazaar di ramadhan Raya Feast mulai dari fashion, makanan, dan minuman yang berada tepat di Grand floor PASARAYA.






Tak hanya bazaar dan pameran Al-Qur'an saja yang di hadirkan disini , selama Event Ramadan Raya Feast ada berbagai kegiatan lainya seperti lomba menghafal surat pendek , lomba kaligrafi, talkshow, hiburan serti tarian sufi, live acoustic music setiap harinya , obrolan humor religi dan lainya.

Bagi pecinta diskon ini dia waktu yang tepat berbelanja di PASARAYA karena selama bulan Ramadhan PASARAYA menawarkan promo diskon hingga 70% untuk produk busana muslim, dan travel bag. Lalu ada diskon hingga 80% untuk produk sport station, kidz stasion dan masih banyak lagi. Jadi buruan deh belanja buat lebaran nanti.



Belanja sambil buka puasa disini juga bisa dan tenag aja di PASARAYA kita ada Dapur Raya. Disana ada banyak pilihan makanan nusantara yang bisa kita nikmati. Untuk tempatnya sendiri cukup nyaman dan cocok banget untuk buka puasa bersama.

Jadi bingung mau belanja atau ngabuburit berfaedah ? Ya ke PASARAYA aja , belanja sekaligus beramal dan mengenal lebih dekat Al-Qur'an.

28 comments:

  1. Kegiatan ngabuburit di kawasan Blok M semakin seru karena bisa lihat pameran Al Quran yang terunik ya mbaa. Aku puas deh lihat. Tapi pengen ajak keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak,,ngabuburit berfaedah banget ya bisa liat pameran Al-Qur'an.

      Delete
  2. pasaraya selalu punya program bagus ay setiap tahunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya dia terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

      Delete
  3. Pasaraya makin keren ya mba sekarang. Bisa ngikutin perkembangan milenial yang kekinian termasuk menyajikan edukasi tentang Al-Quran.

    ReplyDelete
  4. Ku ga tau PASARAYA sebelum ini, maklum bukan org Jakarta hehe, tp pas kemaren coba ke PASARAYA, gila keren, apalagi pas ke mesjid, luas banget. Asik lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah sekarang jadi bisa donk ya sering2 ke PASARAYA? hehe.

      Delete
  5. Kayanya seru nih, saya jadi pengen ke pasaraya sekalian cari baju buat lebaran apalagi banyak diskon ya Mba Amel hehehe

    ReplyDelete
  6. Program yang bagus dari Pasaraya,semoga berkah dan sukses selalu.Acara yang bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  7. Tempat yang familiar banget buat aku adik dan kakak. Paling nanya kalau ganti display aja hahaha

    ReplyDelete
  8. Luar biasa ada AlQuran terbesar dan terkecil ya di Blok M Pasaraya...

    ReplyDelete
  9. Saya langgan news letternya dan pasar raya blok m emang sering ngadain event ya.. hmm beberapa hari lagi rencana mau ke blok M. Mampir ah. Penasaran lihat alquran raksasanya.

    ReplyDelete
  10. Wah enak ya ngabuburit di sana. Kalaupun nggak belanja, lihat-lihat pameran Alqurannya saja bisa nambah wawasan ya...

    ReplyDelete
  11. Seneng banget ternyata yah bisa safari ramadhan di sana. Mau ah

    ReplyDelete
  12. Waaah, menarik bgt ya, itu Al-Quran Masya Allah..

    ReplyDelete
  13. Lengkap sekali ya pameran Al Qurannya bagi yang berkebutuhan khusus terutama tunanetra memiliki Alquran Braille merupakan suatu impian dan dengan membayar Rp100.000 tentu sangat meringankan mereka yang mana Sebenarnya harganya sangat mahal

    ReplyDelete
  14. Keren acaranya. Kalo deket, pasti aku ke sana bawa bocah-bocah juga. Mereka pasti exciting lihat Alquran gede itu. :D

    ReplyDelete
  15. Semoga dengan tampilan yang berbeda ini, bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Pasaraya Blok M ya Mba Amel.

    ReplyDelete
  16. Wah jd Al Quran-nya dipindahkan sementara dari TMII gtu ya mbak? Ada di sana selama Ramadan?
    Aku penasaran apa aja nih yg menarik dari Pasaraya? Soalnya blm pernah ke sana samsek hehe TFS

    ReplyDelete
  17. Duh, pengin liat Al-Qur'an yang gede itu deket deket.

    ReplyDelete
  18. ngabuburitnya syar'i heheh, ngabuburit penuh faedah banget yaa mbak

    ReplyDelete
  19. Aku sudah pernah solat di mesjid Al -Latief di Pasaraya ini. Nyaman dan wangi karpetnya.

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah sholat di Masjid Al Latief, nih. Kapan2 mau ke sana lagi,lihat pamerannya bawa anak, sambil nyobain sholat di masjidnya. Enak banget kayaknya :D

    ReplyDelete
  21. Tempat ini sih udah paling bener buat ngabuburit di bulan ramadan. Biasanya aku ke sini mampir sampai Tarawih selesai. Pulangnya bisa langsung ke Dapur Raya deh makan

    ReplyDelete
  22. Puas banget ngabuburit di Pasaraya tahun ini, rameee yang dilihat

    ReplyDelete
  23. dari zaman masih baru kenal Jakarta, sampai sekarang Pasaraya Blok M tetep eksis, salut sama managemen nya

    ReplyDelete
  24. Serunya bisa a lihat pameran Al-Quran di pasaraya blok M, udah gitu banyak diskon juga.. jadi pengen belanja buat lebaran kesana nih

    ReplyDelete

Diskusi Membangun Indonesia Dengan Tenaga Kerja Berkualitas

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? Semoga sehat selalu penuh cinta rezeki berkah berlimpah ya. Buat kamu pembaca setia blog saya p...