Wednesday, May 30, 2018

Anak Alergi Tetap Berprestasi

Morinaga Allergy solution


Assalamu'alaikum.
Adakah disini yang memiliki anak alergi seperti anak saya? Kezia anak kedua saya memiliki alergi. Jadi saat masih PAUD Kezia mengalami bentol-bentol di tangan awalnya saya pikir hanya karena gatal-gatal saja karena kuman makanya saat dia tiba-tiba mengalami gatal-gatal saya langsung membelikan bedak gatal dan memandikan dia dengan sabun antiseptik.

Namun usaha yang saya lakukan tidak kunjung reda gatal-gatalnya. Karena waktu itu Kezia tidak nyaman banget dia rewel dan ga bisa tidur akhirnya saya putuskan ke dokter. Sesampainya di dokter Kezia di intograsi yang kemudian dokter menyarankan saya ke sebuah Labolatorium ternama untuk tes alergi.

Wah,,agak kaget juga ya kan, kok tiba-tiba disuruh cek alergi. Okelah tanpa pikir panjang siang itu saya langsung ke Labolatorium untuk cek alergi. Selang beberapa jam akhirnya hasil cek alergi sudah di tangan dan saya pun langsung balik lagi ke dokter dengan membawa hasil tesnya.

Setelah di cek dan ternyata Kezia positif memiliki beberapa alergi mulai dari alergi dingin dan debu  Alergi yang dialami Shakila ini mungkin turunan dari Papa nya yang memiliki alergi, ya,,karena keturunan dan lingkungan bisa menyebabkan alergi.

Okelah setelah tahu penyebab alergi atau alergen Shakila sebisa mungkin saya menjauhkan itu semua agar Kezia ga kumat karena kasian juga kalau dia kumat , dia harus minum obat dan tidur pun ga nyenyak.

Sebagai orang tua yang memiliki anak alergi kita harus tetap aware dan waspada, bisa dibilang lebih protect menjaga si Kecil.

Tentang Alergi 




Inilah awal saya tahu bahwa Kezia memiliki risiko alergi, lalu apa itu alergi? Yuk sedikit saya jelaskan. Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh yang berbeda atau menyimpang dari normal terhadap rangsangan berbagai zat dari luar tubuh.

Ada 2 faktor penyebab alergi yaitu faktor genetik dan lingkungan.


Faktor genetik yaitu seorang anak berisiko atau mendapatkan bakat alergi yang diturunkan dari orang tua atau anggota keluarga yang memiliki riwayat alergi. Ya risiko anak semakin tinggi jika terdapat riwayat alergi pada keluarga.

Faktor Lingkungan yaitu biasanya dalam keadaan normal sistem kekebalan tubuh akan bereaksi jika terhadap ancaman dari luar dan yang menyebabkan alergi dinamakan alergen. Alergen ini termasuk penyebab alergi faktor lingkungan dan alergen bisa berasal dari makanan, hewan, jamur , obat-obatan dll.

Alergi sendiri tidak hanya dialami oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa. Biasanya alergi dingin yang dialami orang dewasa dan yang kini menjadi perhatian untuk anak-anak yaitu mereka yang memiliki alergi dengan protein susu sapi.

World Allergy Week




Menanggapi hal itu Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutrionals secara berkesinambungan mendukung program tahunan World Allergy Week dengan rutin setiap tahunnya melalui berbagai program edukasi.

Ibu Dewi Angraeni selaku Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals menjelaskan bahwa tahun ini morinaga kembali mengadakan Parenting Seminar skala nasional sebagai program edukasi tahunan untuk meningkatkan pemahaman bunda akan alergi dan penyakit lainya, serta menggagas pelatihan dan sumber daya untuk melakukan diagnosa dan tindakan pencegahan.


World Allergy Week merupakan program tahunan inisiasi World Allergy Organization ( WAO ) dengan fokus topik dunia dan tahun 2018 ini adalah Dermatitis Atopik atau Eksim. Dermatitis Atopik merupakan penyakit radang kulit yang tidak menular namun bisa kambuh secara berkala , tapi juga bisa mencapai titik kronis.

Dermatitis atopik
Picture by beritaharian.com


Pada umumnya Penyakit Dermatitis Atopik terjadi sebelum anak berusia 1 tahun, prevalensi jenis kulit Dermatitis Atopik pada anak mencapai 10%-20% dan pada orang dewasa sekitar 1%-3%. Perlu diketahui juga bahwa alergi belum bisa disembuhkan namun alergi  dapat diatasi dan bisa dicegah timbulnya penyakit ini. Morinaga brand unggulan dari PT Kalbe dari masa ke masa secara konsisten melakukan edukasi mengenai alergi agar si Kecil yang menderita lergi bida tetap tumbuh secar optimal.

Perlu bunda ketahui juga kalau alergi tidak di cegah dan ditangani maka tumbuh kembang si Kecil akan terhambat karena pastinya alergi itu akan mengganggu kegiatan  belajar , tidur dan stimulasi si kecil. Jika alergi tidak segera di atasi maka penyait seperti Dermatitis Atopik bisa  muncul dan dikemudian hari akan muncul penykit alergi lainya seperti asma dan rintitis alergi.

Saat ini penyebab Dermatitis Atopik masih belum dapat dikenali secara keseluruhan tapi yang pasti 50% penyebabnya berasal dari faktor eksternal seperti kondisi lingkungan yang kering, bahan pencetus alergi seperti sabun, detergen dan lainya.



Ada 8 makanan utama yang terkenal sebagai pencetus alergi yaitu ikan, telur , susu., kacang tanah, gandum, kacang kedelai serta kacang pohon seperti walnut, almond. Nah yang saat ini alergi yang paling banyak dan jadi perhatian yaitu Alergi Susu Sapi (ASS).

Alergi Susu Sapi yaitu respon sistem daya tahan tubuh yang timbul sebagai akibat pemberian susu sapi atau makanan yang mengandung susu sapi. Anak- anak yang alergi protein susu sapi dibutuhkan intervensi nutrisi yang tepat sehingga anak terhindar alergen dari alergi pemicu yaitu protein susu sapi.Menurut data yang ada alergen protein susu sapi salah satu pencetus paling umum di dunia dengan angka kejadiannya mencapai 2%-7%  yang mana 0,5% ny dialami oleh anak yang masih mendapatkan ASI ekslusif.

Salah satu pencegahan anak alergi makanan bisa dilakukan dengan cara memperkenalkan berbagai jenis makanan sedini mungkin ketika si Kecil memasuki tahap MPASI , lalu yang pasti dari lahir anak harus mendapatkan ASI Ekslusif namun jika Bunda tidak bisa memberikan ASI maka anak dapat diberikan susu yang sudah diformulasikan secara khusus seperti susu dengan protein terhidro parsial menurut Prof. Dr. dr. Zakiuin Munasir, Sp. AK selaku Guru Besar Bagian Anak Alergi dan Immunologi dari RSC/FKUI.

Morinaga Allergy solution


Untuk itu Morinaga memiliki program tetap yaitu Morinaga Allergy Solution yang mana solusi alergi untuk si kecil yang alergi protein susu sapi melalui nutrisi yang tepat. Morinaga Allergi Solution memiliki tiga keunggulan.

3 Keunggulan Morinaga Allergy Solution :

  • Solusi nutrisi untuk mencegah alegi dan mengatasi alergi susu sapi.
  • Tersedia produk nutrisi untuk anak dari lahir sampai usia 12 tahun
  • Sinergi nutrisi yang tepat dan mencangkup Brain Care, Body Defense dan Body Growth.

 Produk Morinaga Allergy Solution yaitu Chilkid Soya dan Chilkid Soya. Kedua produk ini benar-benar solusi alergi susu sapi. Bahkan Menurut hasil survey 9 dari 10 ibu merasa puas dan merekomendasikan Chilkid Soya sebagai solusi terbaik alergi. Chilkid Soya susu pertumbuhan dengan Isolat Protein Kedelai untuk usia 1-3 th lalu Chil School Soya dengan Isolat Protein Kedelai untuk anak usia 4-12 th. Morinaga Chilkid Soya dan Morinaga Chil School Soya memiliki nutrisi yang diperkaya setara dengan kebaikan susu sapi untuk tumbuh kembang si Kecil.



Morinaga Chilkid Soya dan Chil School Soya MoriCare+ adalah formula pertumbuhan bergizi dengan Isolat Protein kedelai dan merupakan kombinasi antara zat gizi makro (protein) dan mikro ( vitamin dan mineral ) yang dapat memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan si Kecil yang alergi protein susu sapi.

Morinaga Chilkid Soya dan Chil School Soya diformulasikan khusus untuk anak dengan indikasi Intoleransi terhadap laktosa, menderita galaktosemia dan Intoleransi terhadap protein susu sapi. 

Dengan nutrisi yang lengkap setara dengan kebaikan susu sapi Morinaga Allergy Solution merupakan pilihan terbaik untuk si Kecil yang alergi protein susu sapi untuk memenuhi nutrisinya dalam menunjang tumbuh kembang dan prestasi. Dengan mengkonsumsi ini si Kecil bisa bebas beraktivitas dengan nyaman dan kita juga sebagai orang tua tidak khawatir lagi.




Morinaga Allergy Solution juga sebagai jawaban bahwa anak yang alergi bisa tetap berprestasi. Bunda, perlu di ingat ya alergi bisa di cegah asal kita tau pencetus alerginya apa dan tau cara mengatasi alergi tersebut. Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai alergi dan program #WorldAllergyWeek 2018 persembahan Morinaga. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang alergi bunda bisa mengunjungi website www.cekalergi.com karena di website tersebut banyak fitur yang membantu kita mengenal alergi seperti fakta-fakta tentang alergi, cek alergi untuk mengetahui risiko alergi si Kecil, artikel , info nutrisi ada juga resep lezat bebas alergi dan masih banyak lagi.

Semoga infomasi yang saya tulis bisa membantu bunda semua dan untuk mengenal lebih dekat dengan Morinaga atau promo lainya bunda bisa pantau terus di akun sosial medianya.

Facebook : Morinaga PlatinumInstagram : @MorinagaplatinumTwitter : @MorinagaIDYoutube : Morinaga Platinum

 
 











































































61 comments:

  1. Asik nih anak masih bisa tetap berprestasi walaupun anak alergi ya. Tapi untung ada chilkid ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kak untung ada Morinaga Allergy solution 😊

      Delete
  2. Belum punya anak mbak hehee, tapi ini bisa aku jadiin referensi kedepan. Ternyata punya anak yang alergi gitu, bikin ibunya jadi super teliti lagi yaa mbak milih asupan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak,,ibunya harus aware dan ngejaga asupan si kecil.

      Delete
  3. Alhamdulillah anak-anak nggak alergi. Kabarnya alergi bisa nyangkut masalah psikis ya? benar nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Psikis mungkin karena malu ya kalau lagi kumat alerginya.

      Delete
  4. waktu anak saya infeksi di telinga pernah sempat di sangka alergi sama dokter, karena infeksi yang tak kunjung sembuhm jadi skrg tau kalo ada apa=apa itu ngga boleh dselepekkan apalagi berhubungan sama anak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak,,kalau ada keganjilan langsung ke dokter aja karena dia lebih tau.

      Delete
  5. Waktu usia 2-3 tahun anak saya juga minum chilkid. Tapi lebih suka chilgo nya.

    Sehat selalu ya anak2 kita. Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,,amin semoga anak-anak kita sehat selalu.

      Delete
  6. anakku alergi susu sapi, huhhu baru ketahuan pas usia 7 tahun sedih karena saya bener2 ga tau tanda alergi protein susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalahhh gt ya, semoga si kakak abik2 aja ya.

      Delete
  7. Dulu ponakanku alerginya bukan kemerahan gitu, tapi kayak bisul. Akhirnya ganti bukan susu sapi lagi. Dan ini bisa jadi rekomen banget buat ponakanku

    ReplyDelete
  8. Dengan mengetahui pencetus alergi maka kita dapat dengan mudah mengetahui cara pengobatannya termasuk alergi susu sapi pada anak anak
    Aman dipake deh klo pake susu soya chilkid. Gizinya juga aman terkendali ya moms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak kita harus tau dulu pencetus alerginya.

      Delete
  9. Anakku sebelum 1th juga terdeteksi alergi susu sapi. Tapi alhamdulillah sih kemarinya hilang dengan sendirinya.

    Baru tau kalau alergi bisa dr lingkungan. Setau saya cuma dr genetik. Hmm.. ilmu baru lagi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau hilang dengan sendirinya , Kezia juga gitu,,dulu alergi debu tp dengan bertambahnya usia udah ga kumat lagi.

      Delete
  10. Solusi banget ini mbak bagi anak yg alergi susu sapi yaa, jadi bisa di kasih susu soya Morinaga chilkid saja. Apalagi kandungan gizi nya juga baik banget untuk tumbuh kembang sang anak yaa.. jd gak ada lg alasan anak gak suka minum susu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak kalau alergi susu sapi pakai susu soya aja.

      Delete
  11. Iya banget, anak alergi pun bisa berprestasi kalo nutrisinya terpenuhi. Beruntung ya ada Morinaga Chilkid Soya. Jadinya nutrisi anak alergi susu sapi bisa tetap terpenuhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak nutrisi di Morinaga Chilkid sama dengan susu sapi.

      Delete
  12. Anakku juga minum chill kid mbak, tapi bukan yang soya. Mau deh kapan-kapan coba kasih Rayyan juga, karena Rayyan suka alergi juga klo pas lagi sensitif. Agak kurang paham deh sm anakku ini, serba salah kadang klo minum susu formula gini. Makasih infonya ya mbak, aku mw ganti ke susu soya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 kak semoga Rayyan sehat selalu ya dan terpenuhi nitrisinya.

      Delete
  13. Alergi nggak jadi penghalang ya, agar anak tetep berprestasi. Ibunya mesti pandai pilih-pilih asupan susu yang tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk kak yang penting nutrisinya terpenuhi hehe.

      Delete
  14. Anak2ku jg ada alergi tapi bukan krn susu protein hewani, blm berani cek alergi anak2 hehe. Mungkin nanti saat mereka agak besaran.

    AKu baru tau Morinaga skrng punya susu soya buat yang alergi susu protein hewani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh belum cek alergi ya? Semoga cepwt ditemukan ya pecetus alerginya.

      Delete
  15. thanks informasinya. kebanyakan orang tua panik kalo anak nya begini. malah di kampung masih banyak orang percaya kalo alergi kayak gitu karena kesambet, atau malah dibilang penyakit kutukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya ya banyak masih beranggapan penyakit alergi itu kesambet dan syaa pun pernah denger.

      Delete
  16. Minggu lalu baru aja ke dr. Zakiuin Munasir karena anakku demam berhari-hari. Untungnya bukan karena alergi, Mak.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah anak2 ga ada yg alergi sempet sih tp skrg sdh engga lagi, bisa hilang ternyata ya....

    ReplyDelete
  18. Jangan sampai alergi membuatnya kekurangan nutrisi ya

    ReplyDelete
  19. yess.. alergi tubuh bikin kekurangan nutrisi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya harus di penuhi nitrisinya hehe.

      Delete
  20. walaupun alergi susu sapi, anak tetap bisa berprestasi dengan baik. Etapi tetep, harus pada solusi yang tepat/

    ReplyDelete
  21. Athifah juga minum ini. Enak dan suka

    ReplyDelete
  22. wah kayak aku nih alergi dingin dan debu, harus bersih banget memang selain asupan bernutrisi mesti dijaga. sehat terus ya Amel dan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin makasih mba Wawa semoga kita sehat terus.

      Delete
  23. wah baru tahu ini kalo ada anak alergi susu terus bisa dikasih Chil-kid ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes kak kalau alergi protein susu sapi bisa di ganti susu soya Chilkid.

      Delete
  24. Wah alergi bisa membuat anak kekurangan nutrisi juga ya? Untung ada Morinaga. Jadi bisa buat pengganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak kalau alergi protein susu sapi bisa pakai morinaga soya ini.

      Delete
  25. Kasihan ya kalo anak udah kena dermatitis pasti rasanya panas

    ReplyDelete
  26. Baru tau ada Morinaga Allergy Solution bagus buat anak yang alergi tapi nutrisi terpenuhi ya

    ReplyDelete
  27. Riyadh dulu dermatitis atopik pas di bawah setahun. Seiring tambah usia, berkurang itu scares nya. Alhamdulillaah kagak parah. Agak susye emang perawatannya kalau punya anak alergi. Untung sekarang makin banyak informasi ya ttg alergi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya,,semoga Riyadh sehat terus.

      Delete
  28. Alergi sama anak emang bikin miris ya, tapi ga usah khawatir lagi, ada solusinya kan Mel. Jadi Mamaknya tenang..anaknya berprestasi pulaa

    ReplyDelete
  29. Daku ngalamin bagaimana alergi menyerang. Itu menyiksa banget, gatel

    ReplyDelete
  30. Ternyata alergi itu sangat menganggu. Jadi merasa bersalah ke pasangan karena ia alergi bulu kucing (eh malah curcol)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ga papa curcol kak gratis ini heuheuuu.

      Delete
  31. Anak pertama saya juga sempat alergi makanan laut, untungnya sekarang sudah gak lagi. cuma pas minum susu soya morinaga ini dia suka banget, termasuk adiknya.

    ReplyDelete

LVF Aura Lip Lacquer

Assalamu'alaikum Ladies.. Kalau boleh tau alat make up yang wajib banget kamu bawa setiap harinya dan selalu ada di pouch ada apa...