Thursday, June 28, 2018

7 Kegiatan Seru Mengisi Liburan Bersama Keluarga




Apakah kamu masih libur? kalau saya dan anak-anak sih masih merasakan nikmatnya waktu libur panjang ini hehe. Ya, sebagai seorang freelancer selepas lebaran saya masih free dan masih membataskan kerjaan untuk keluar rumah dan saya pun untuk saat ini hanya menerima kerjaan yang bisa saya lakukan di rumah karena saya ingin menghabiskan masa liburan ini bersama anak-anak. Bukan tanpa alasan karena kalau mereka sudah aktif seperti biasa seperti sudah masuk sekolah waktu bersama saya itu hanya sedikit karena mereka dari pagi hingga sore hari itu sibuk sekolah dan les.


Jadi saya rasa, saat libur panjang inilah moment yang tepat untuk premium bonding moment bersama mereka. Bagi sebagian orang mungkin agak bosan ya kalau libur panjang gini tapi tidak dengan saya, ada banyak kegiatan seru saya bersama mereka selama libur panjang. Mau tau apa saja kegiatan seru keluarga saya selama liburan? 

Kegiatan Seru Bersama Si Kecil Selama Liburan 

 

  • Piknik 


Siapa sih yang tidak suka piknik atau liburan ke suatu tempat? yes hampir semua orang pasti suka piknik. Tak hanya untuk mengusir kejenuhan menjalani rutinitas setiap harinya piknik juga melatih anak-anak untuk kenal dunia luar dan bersosialisasi. Tahun ini saya dan anak-anak piknik ke beberapa tempat mulai dari pergi taman wahana bermain hingga berenang bersama.

Sedikit tips dari saya kalau ingin suasana piknik bersama keluarga nyaman dan bahagia. Pertama dari jauh hari sisihkan penghasilan sebanyak 10 %  untuk piknik bersama keluarga, menyisihkan dana ini agar semata-mata tidak mengganggu cas flow kebutuhan rumah tangga.

Kedua yaitu pilih tempat idaman si Kecil dan biasanya anak-anak itu suka bermain air dan bermain di alam jadi pilih tempat yang terjangkau, aman dan tentunya nyaman. Agar lebih hemat pengeluaran saat piknik sebaiknya bawa bekal makanan dari rumah agar tidak jajan tempat wisata.

  • Memasak bersama


Bersukur sekali anak-anak dari kecil saya sudah kenalkan yang namanya masak memasak. Biasanya mereka melihat dulu apa yang saya lakukan baru deh mereka mencobanya. Dalam melakukan kegiatan memasak biasanya saya membagi tugas misalnya saja si Kakak bagian yang memotong bahan dan si Adik yang mengupas dan menuci sayuran. Kegiatan memasak ini bukan hanya untuk melatih keterampilan mereka saja tapi agar mereka lebih menghargai kerja keras mereka sehingga selalu habis makanan yang mereka buat.

BBeruntungnya saya sekarang kakak dan adik sudah bisa membuat aneka cemilan ringan dan tidak ribet misalnya seblak, mpek-mpek dan lainya. Tugas saya untuk saat ini lebih menjadi memantau mereka saja sih tapi kalau membuat menu yang lumayan sulit biasanya kita kerjasama juga. Kegiatan memasak ini juga cukup seru lho dan tidak membosankan karena biasanya kita sambil ngobrol juga.

  • Pergi ke Toko buku


Tak hanya piknik saja yang bisa membuat anak-anak merasa senang dengan pergi ke Toko buku anak-anak juga senang lho karena mereka bebas membaca buku yang mereka inginkan. Kalau ke toko buku biasanya saya dan anak-anak bisa menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam karena memang pada dasarnya mereka suka membaca juga sih.

Dengan pergi ke toko buku bersama orang tua tentunya anak-anak merasa nyaman karena mereka bisa diskusi juga bersama kita dan juga bertanya hal yang tidak mereka mengerti. Tentunya juga dengan pergi ke toko buku itu juga menambah wawasan mereka lewat membaca.

  • Wisata kuliner


Memasak dirumah memang baik tapi sempatkanlah setidaknya seminggu sekali kita sekeluarga wisata kuliner untuk memanjakan lidah dan mengenal rasa karena ada banyak menu makanan diluar sana dengan rasa yang baru.

Nah untuk wisata kuliner ini biasanya sebelum pergi saya selalu menanyakan anak-anak mau makan apa dan biasanya juga saya mengandalkan pencarian google untuk mencari rekomendasi tempat yang pas sesuai keinginan kita. Untuk wisata kuliner ini tak melulu harus di restoran kok bahkan di warung kaki lima pun hayuk aja dan anak-anak tidak pernah protes juga.


  • Olahraga


Hai girls, jangan melupakan olahraga selama liburan ya. Yups menikmati waktu luang bukan hanya sekedar tidur atau bermalas-malasan dirumah karena nanti badan kamu akan lemas dan tidak bergairah. Untuk mengisi waktu liburan kamu bisa melakukan olahraga bersama untuk meningkatkan bonding ibu dan anak. 

Manfaat bersama keluarga bukan hanya membuat kita lebih bugar dan sehat tetapi juga melepaskan hormon endorfin, zat kimia dalam otak yang memicu perasaan senang dan memiliki efek mengurangi rasa sakit.

  • Nonton Bioskop


Selanjutnya nonton bioskop, nah ini bisa jadi pilihan kamu untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Biasanya pada saat liburan film-film baru mulai tayang.

Untuk nonton bioskop pastikan juga nih kita sebagai orang tua bijak memilih film untuk anak-anak, pilih yang banyak pelajarannya dan tentunya sesuai dengan umur anak-anak.

  • Mewarnai



Jika tidak ingin pergi keluar rumah ada banyak yang bisa kita lakukan untuk mengisi liburan misalnya saja berkreasi atau crafting bisa bermain dengan kertas origami, menjahit atau mewarnai aneka pola dengan Stabilo dan pensil warna lainya. Kegiatan mewarnai ini dijamin deh dapat menghilangkan stres dan penat sekaligus memacu kreatifitas kita. 

Tak hanya itu saja kegiatan mewarnai juga dapat menghasilkan efek elegant dan rileks. Kegiatan ini cukup simple kita bisa menggambar doodle atau mewarnai aneka macam bentuk. Untuk media mewarnai kamu bisa pakai stabilo karena kualitasnya sudah terpercaya dan menghasilkan warna yang cukup bagus.

Untuk stabilo sendiri saya membelinya di iLOTTE karena semua produk stabilo disana cukup lengkap dan pastinya asli bukan palsu. Enaknya belanja disana itu kita dapat ipoint yang bisa di kumpulkan dan juga banyak promo.




Okeh itu 7 kegiatan seru untuk mengisi liburan bersama keluarga ala saya. Mungkin masih banyak lagi yang bisa di lakukan dan tentunya mengasikan seperti sambil ngopi dihalaman sambil baca-baca artikel di www.istyle.id sebuah platform yang sangat bermanfaat dan menginspirasi banyak hal bagi kehidupan saya. 

Kalau artikel favorit yang sering saya baca di iStyle sih saya lebih suka tentang fashion & beauty dan Love & Life karena disana banyak info cukup menarik yang bisa diaplikasikan di kehidupan kita.




52 comments:

  1. Jalan jalan sambil nonton yg asik rasanya.. Hehe

    Kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget donk kak apalagi sambil makan popcorn hehe.

      Delete
  2. Banyak banget yaaa kegiatan yang bisa dilakukan ketika liburan, nonton bioskop kayaknya cihuy tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya nih lumayan banyak jadi biar ga bosan mereka hehe.

      Delete
  3. Kegiatan memasak bersama memang menyenangkan, tapi kalau pas daku masak yang ada bukan dibantuin Ponakan malah diajak nyanyi, hahaha

    ReplyDelete
  4. Apapun kalau bareng anak pasti seru dan menyenangkan ya. Eh btw juli nanti ke Lampung pada mau ikut gak? Ayo kita liburan ramai2
    Kesempatan buat mengenal lebih dekat duo sipit hehehe

    ReplyDelete
  5. Semua kegiatan akan seru dan menyenangkan ketika bersama keluarga hehe

    ReplyDelete
  6. wisata kuliner dan nonton bioskop aku sering tuh sama anak-anak hehehe tapi nanti mau cobain kegiatan seru lainnya yang kayak mbak amel rekap di blog ini, hehe salam kenal mbak

    ReplyDelete
  7. Kalau pergi ke toko buku biasanya susah keluar dari toko mbak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha samaa,,aku sama anak2 di toko buku itu minimal 2 jam lah.

      Delete
  8. Ajakin aku donk kakak kalau lagi wiskul :D
    Menghabiskan waktu sama keluarga apalagi liburan sekolah kyk gini, sungguh precious time yaaaaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha hayukkk kakk kita wiskul. Dan bener banget menghabiskan waktu bersama keluarga bagi saya tuh sesuatu banget yess ditengah kesibukan.

      Delete
  9. Liburan Jadi waktu yang pas untuk penelitian saya pun dengan keluarga biasanya menghabiskan liburan dengan piknik.

    Memasak bersama keluarga pun menjadi menarik apalagi bisa rame-rame dengan keluarga besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh juaraaa deh ya, toss dulu donk 😆

      Delete
  10. Kreatif banget... Anak-anak bisa selalu ceria.

    ReplyDelete
  11. Wow... seru banget cerita kegiatan liburannya bersama keluarga. Pengan gak liburnya lebih panjang lagi? Hahahaa.. pasti lah yah. Yg jelas setelah liburan pasti semangat beraktivitas kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen bangettt liburan panjang biar banyak waktu bersama mereka juga.

      Delete
  12. Setuju semua dengan daftar aktivitas yang mbak tulis di atas. untuk piknik, saya juga lagi merencanakan nih

    ReplyDelete
  13. Seru ya mbak Amel kegiatan liburannya, selain menambah kedekatan dgn anak juga bisa refreshing sebelum akhirnya kembali lagi pada aktivitas yang akan padat. Semangat dan sehat selalu ya mbak. Kapan2 mau dong diajarin masak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba,,semoga kamu dan keluarga juga sehat selalu ya 😘

      Delete
  14. Kalau saya sukanya stay di rumah terus bikin kue atau masak jajanan favorit, kalo gagal tinggal beli aja di warung :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heuheuuu kreatif yesss kalau gagal beli di warung aja ya kak udah jadi tinggal makan 😂

      Delete
  15. Aku sukanya wisata kulinr dan nonton bioskop niy kalau liburan.

    ReplyDelete
  16. Senengnya yang liburan, banyak kegiatan yaa duo cipit.
    Kalo kk Olive liburannya lama banget nih pasca UN, biasanya ikut emaknya kerja, ngintil, seringnya makan, nonton sama masak2 kalo pas di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh senengnya ya kakak Olive bisa ikut emaknya kerja jadi emaknya bisa pantau juga aktifitasnya 😆

      Delete
  17. Memasak bersama, dan nonton sering jadi andalan kegiatan aku juga sama Naeema. Lumayan kalo masak mamak cuma tinggal liatin aja wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sama kak Dessy ini duo sipit kadang ada aja yang dia bikin, ya empek2 ya seblak juga hahha emaknya tinggal makan 😂

      Delete
  18. semuanya favorit banget dilakuin bareng anak. biasanya aku juga gitu Mel sama Darell. Cuma kalo yang olahraga enggak sering juga sih hahahha paling sering nonton bioskop bareng, kulineran, main di taman kota ama apa lagi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya pasti seru ya kak Aei kalau dilakukan bersama anak 😃

      Delete
  19. dari 7 yang belum di lakukan itu masak bareng.. sepetinya perlu dicoba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk coba masak bersama si kecil 😆

      Delete
  20. Wih liburan nya paket komplit nih. Makan, nonton, masak, belajar, ke toko buku. Fun dan educationnya dapet. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk kak biar ga bete hahayy 😂😂

      Delete
  21. Liburan seru walau dirumah juga tetap bisa ya..salah satunya aktifitas mewarnai itu.

    ReplyDelete
  22. Betul sekaleee ini kegiatan2 seru barang keluarga, khususnya bocils!

    ReplyDelete
  23. Duo sipit, bos kecil Haidar juga suka banget tuh piknik apalagi ke kolam renang. Kapan-kapan piknik bareng yuk? Hehehe

    ReplyDelete
  24. setuju deh kak, iSTyle asik banget ya buat dibaca, informasinya lengkap dan update banget.

    ReplyDelete
  25. Piknik, nonton, makan, olahraga dll yang disebutin di atas itu semua hal basic tapi bermanfaat banget apalagi buat org2 Jakarta yg super sibuk kadang alpa buat have fun bersama keluarga :)

    ReplyDelete
  26. kegiatannya simpel tapi pastinya bikin anak gak mati gaya menghadapi liburan panjang :)

    ReplyDelete
  27. Selama liburan lebaran dan sekolah, paling sering mudik ke rumah neneknya, mewarnai dan main ke taman :D

    ReplyDelete
  28. somehow kok keliatannya seru ya kak, jd pengen nikah. hahaha

    ReplyDelete
  29. Setuju banget mba klo masa liburan sekolah adalah waktu yang pas untuk qulity time sama anak-anak ya. Karena itulah, jatah cuti selalu aku gunakan saat liburan sekolah atau saat anak-anak pertama kali masuk sekolah.

    ReplyDelete
  30. Liburan bareng ada banyak yg bisa dilakukan ya

    ReplyDelete
  31. Anakku lagi suka banget pegang pensil warna. Kalo udah gedean dikit kayaknya seru juga liburan ke toko buku ya mba

    ReplyDelete

Pelayanan Hotel Bintang 5 di Jakarta Yang Bikin Betah Untuk Staycation

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? semoga sehat selalu , penuh berkah berlimpah ya sekeluarga. Entah kenapa Shakila dan Kezia bel...