Wednesday, June 6, 2018

Yuk Mengenal Bazis DKI Jakarta



Assalamu'alaikum.
Hayoo gimana puasanya? Mau tanya juga nih setelah 2 minggu lebih berpuasa kamu sudah berapa kali nih buka bersama dengan teman atau keluarga? . Kalau saya sih ya alhamdulillah ya sudah beberapa kali buka bersama teman sekaligus bersilaturahmi hehe.


Nah yang terbaru saya buka bersama dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta pak Sandiaga Uno dan Bazis DKI Jakarta yang bertempat di Balai Agung , Balai Kota Jakarta. 

Buka bersama kali ini dihadiri oleh tentunya bapak Wagub DKI Jakarta pak Sandiaga Uno, bapak Drs. H. Zahrul Wildan selaku Kepala Bazis DKI Jakarta, para pengusaha dan tentunya jajaran pemerintah DKI Jakarta.



Kali ini bukan hanya tentang buka bersama tetapi juga mengenal lebih dekat Bazis DKI Jakarta beserta programnya. 
Bazis adalah lembaga Amil zakat Non Struktural milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang di bentuk oleh Gubernur Ali Sadikin dan Bazis lahir tanggal 24 September 1968.
Di Bulan Ramadhan bukan hanya wajib berpuasa tapi di bulan ini juga ada kewajiban bagi umat islam yang harus di tunaikan yaitu membayar zakat fitrah. Zakat sendiri terbagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat maal. 

Zakat merupakan rukun islam yang ke 3 yang memiliki arti memberikan sebagian harta kekayaan kita untuk orang-orang yang berhak menerima ( mustahik ) dengan tujuan untuk membersihkan harta yang kita miliki.

Pada bulan Ramadhan yang diwajibkan itu membayar zakat fitrah dan biasanya kalau di lingkungan saya itu bisa pakai beras atau uang.Biasanya juga zakat fitrah di bayar sebelum Idul Fitri. Dan kali ini saya bukan menceritakan mengenai zakat di lingkungan saya tetapi di wilyah DKI Jakarta tepatnya Bazis DKI Jakarta.



Sebelum buka bersama bapak H. Zahrul Wildan memberikan pemaparan tentang azis DKI Jakarta dan pencapaiannya hingga 2017. Beliau mengungkapkan bahwa dari tahun ke tahun pengumpulan  ZIS ( Zakat, Infak, Sodaqoh ) selalu meningkat dan terakhir pada tahun 2017 Bazis DKI Jakarta mampu menembus angka Rp 192.196.781.013 dan sampai Mei 2018 dana ZIS dan amal sosial sudah terkumpul 54 miliar rupiah.. Angka yang sungguh luar biasa menurut saya.

Ya,, potensi Zakat di DKI itu sangat besar dan insya Allah dalam 1 tahun kemiskinan di DKI bisa di tuntaskan melalui 5 program dar Bazis DKI Jakarta. Lalu apa saja sih Program Bazis DKI Jakarta ?.

5 Program Bazis DKI Jakarta


  • Program Jakarta Bertaqwa dalam hal ini Bazis DKI Jakarta menjalankan program Jakarta Bertaqwa memegang prinsip pemerataan dan pemberdayaan umat, sehingga terwujud masyarakat Jakarta yang religius dan tercerahkan secara mental dan spiritual. Bantuan yang diberikan adalah bantuan untuk menunjang kegiatan keagamaan kepada suatu lembaga keagamaan secara materi maupun non materi. 
  • Program Jakarta Cerdas merupakan program priorias Bazis DKI Jakarta dalama hal pendidikan untuk mencerdaskan umat dari kalangan tidak mampu di DKI Jakarta. Program ini di bagi dua yaitu bantuan operasonal bantuan penunjang pendidikan S1, mahasiswa cerdas , santri cerdas, biaya tunggakan sekolah, guru PAUD cerdas, beasiswa kaderisasi ulama, pembina mental spiritual dan kegiatan pendidikan dan bantuan S2 dan S3.
  • Program Jakarta Mandiri , Bazis DKI Jakarta memiliki program Jakarta Mandiri yang mempunyai tujuan untuk keningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi Mustahik dan dhuafa di DKI Jakarta seperti kampungnya kue kakpuka, pembinaan dan penataan pedagang kaki lima bekerja sama dengan batik budhe , pelatihan keterampilan, pemulasaran jenazah dan pemberdayaan ekonomi umat melalui BMT. Program ini mebidikmpara dhuafa yang belum bekerja dengan harapan kedepannya mampu mandiri dan menjadi muzakki.
  • Program Jakarta Peduli program ini dilakukan Bazis DKI Jakarta sebagai wujud kepedulian Bazis terhadap segala permasalahan dan kondisi sosial kaupma bencana di tengah masyarakat ada 2 garis besar dalam program ini yaitu seperti bedah rumah dhuafa, peduli bencana alam, pemberian santunan anak yatim-piatu dan dhuafa dan bantuan fisik bagi kesehatan Mustahik di DKI Jakarta.
  • Program Jakarta sadar zakat adalah program yang dilakukan Bazis untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada para masyarakat dan calon muzakki untuk lebih mengerti apa yang dimaksud dengan kewajiban zakat dan cara perhitungan nya. Sebagai bentuk nyatanya yaitu program mall sadar zakat dan pembentukan unit pengumpulan zakat.

Dari semua ke lima program Bazis DKI Jakarta itu berfokus kepada satu tujuan yaitu dari Mustahik ( penerima zakat )  menjadi Muzakki ( membayar zakat ). Dengan begitu angka kemiskinan di DKI perlahan hilang.



Bapak Sandiaga Uno memaparkan bahwa DKI Jakarta adalah wilayah yang paling sedikit orang tidak mampu setidaknya ada 3 juta masyarakat yang masih di bawah angka kemiskinan dan makanya dengan berbagai program pemerintah DKi Jakarta berupaya untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada di Jakarta.

Pak Sandiaga juga menjelaskan mengenai isu ilegalnya Bazis DKI Jakarta. Bahwasannya Bazis DKI Jakarta itu merupakan saran dari 11 ulama dan berdiri pada tanggal 24 September 1968. Lalu Bazis DKI Jakarta juga mendapatkan seruan Presiden RI Soekarno tentang perlunya integritasi pengumpulan zakat sebagai potensi yang besar untuk menunjang pembangunan.

Yaa,,kalau dilihat dari hasil pertahunnya dan programnya yang jelas ini tentu saja Bazis DKI Jakarta ini bisa mengatasi angka kemiskinan yang ada di DKI Jakarta karena memang benar potensi dari Bazis ini sangat besar.



Andai saja semua wilayah memiliki program seperti Bazis DKI Jakarta mungkin angka kemiskinan bisa semakin menurun. 

Oyaa,,,ada yang terlewat kan nih kalau Bazis DKI Jakarta ada yang namanya Layanan Jemput Zakat yang mana memudahkan kita semua untuk bayar zakat. Caranya gampang banget jadi tinggal hubungi nomer telpon 021-3901367 nah nanti "Bang Zaki " akan datang kerumah kita untuk mengambil zakat yang akan kita keluarkan.




24 comments:

  1. Aku baru sekali bukber. Pas nyerahin hadiah buat pemenang blog. Ditraktir Ama bos Central Elektro. Jadi datang aja.

    ReplyDelete
  2. Mudah - mudahan makin banyak Bazis Bazis lainnya supaya kemiskinan terentaskan

    ReplyDelete
  3. Nah kebetulan nih bicara tentang zakat dan sodaqoh... Buat teman2 di DKI yang mau zakat atau sodaqoh bisa menyalurkan kepada kami, saya ada pondok ngaji serta beberapa anak yatim dan janda kurang mampu yang selalu kami santuni. Selama ini donatur hanya dari teman2 blogger senior saja. Jika teman2 mau ikut berpartisipasi silakan. Insyaallah kami amanah dan transparan dalam penyaluran kepada mustahik nya.

    ReplyDelete
  4. Wah ini enak banget dijemput Bang Zaki. Siap menerima zakat dalam bentuk apapun ya yg layanan jemput zakat? Karena zakat fitrah kan berupa makanan yg kita makan sehari2.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulilaah kepedulian pemprov DKI Jakarta ini harus kita dukung ya mbaa

    ReplyDelete
  6. Maju terus untuk Bazis DKI Jakarta, semoga banyak yg terinspirasi, 5 program dari Bazis DKI Jakarta keren-keren!

    ReplyDelete
  7. Aku selalu salut sama semua program Bazis Ini, baik di Jakarta maupun daerah lainnya. Semoga semakin menginspirasi daerah lainnya agar bisa seperti Bazis di Jakarta.

    ReplyDelete
  8. akh udah familiar banget dengan Bazis aku. Enak deh bayar zakat aja langsung dijemput memudahkan juga teman-teman yang mobile

    ReplyDelete
  9. Membayar zakat pada bulan Romadhon bisa dilakukan dengan menyalurkan lewat bazis, DKI Jakarta telah berusaha mensosialisasikan kepada masyarakat demi zakat terarah kepada yang berhak menerima

    ReplyDelete
  10. Sekarang berzakat lebih mudah ya dg layanan jemput zakat. Jd gak perlu ada lagi alasan susah nih mau bayar zakat dan bingung mau bayar zakat kmn krn semua sdh dipermudah oleh Bazis.

    ReplyDelete
  11. Wah, bagus nih layanan jemput zakatnya. Supaya yang mau bayar zakat gak usah ke mana2. Dan gak ada lagi alasan gak punya waktu atau jauh ke tempat bayar zakat. Dijemput petugasnya bisa jadi solusinya.

    ReplyDelete
  12. 5 program layanan BAZIS itu lengkap banget ya..mulai pembinaan agar masyarakat religius hingga pengarahan agar masyarakat sadar zakat..., Semoga terus bermanfaat untuk umat..bukan pula ladang korupsi karena dananya mencapai milyaran...

    ReplyDelete
  13. Aku baru sekali bukber, dan alhamdulillah ketemu Amel euyy. Wah ini keren Bazis DKI udah profesional banget mengelola zakatnya ya, jadi insha Allah amanah..

    ReplyDelete
  14. Mbak utk penjemputan zakatnya bisa semua area di jakarta ya?
    Enak nih memudahkan banget kalau mau berzakat, kadang krn keseibukan kan gak bisa keluar hehe.
    Berarti ini masuknya program pemda DKI ya? Moga banyak yg sadar zakat jd kemiskinan bisa ditekan ya TFS

    ReplyDelete
  15. Jadi galau... Ke Dompet Dhuafa apa Bazis ya untuk salurkan infak, sidaqoh dan zakatnya.
    Tapi yang terpenting niat kita lurus dan percaya kalau Bazis amanah pasti kita bisa menolong banyak orang ya dengan dana yang kita titipkan.

    ReplyDelete
  16. BAZIS memang sudah lama ada, mungkin perlu sosialisasi & edukaai lagi lebih gencar agar masyarakat tau san paham dengan adanya BAZIS ini

    ReplyDelete
  17. Wah keren BAZIS DKI ada Bang Zaki...Layanan jemput zakat ini bagus banget ya untuk meningkatkan pengumpulan zakat
    BAZIS DKI itu sah sebagai lembaga pengelola zakat hanya saja namanya tidak disesuaikan dengan lembaga pengelola zakat pemerintah lainnya yaitu BAZNAS

    ReplyDelete
  18. 54 milyar? Waw fantastik ya jumlahnya. Mudah-mudah programnya berjalan lancar terutama untuk fokus penerima zakat agar menjadi pembayar zakat, yang artinya ada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dan semoga tetap amanah dalam pengelolaannya. Amiin.

    ReplyDelete
  19. Smeoga Jakarta semakin maju. Dan masyarakat semakin sejahtera. Aamiin

    ReplyDelete
  20. Alhamdullikah ini bang Zaki memudahkan ya untuk yang ingin berzakat tapi remping keluar

    ReplyDelete
  21. Semoga semua daerah nantinya punya program seperti Bazis Jakarta yaa

    ReplyDelete
  22. Dukung terus nih program sadar zakat. Karna zakat kewajiban. Bukan cuma zakat fitrah aja. Masih ada zakat profesi dan zakat mal. Masyarkat harus tahu. Keren program bazis ini.

    ReplyDelete
  23. Bulan ramadan waktunya mebersihkan diri dgn zakat ya.seneng bgt ada bazis

    ReplyDelete
  24. Ada BAZIS malah memudahkan berzakat yaa

    ReplyDelete

Alasan Saya Kenapa Minum KIN Fresh Milk

Assalamu'alaikum. Hallow gimana kabarnya moms? semoga kita semua sehat selalu, penuh cinta,rezeki berkah berlimpah ya. Buat kalian ...