Belajar Literasi Keuangan Melalui Keluarga Surya




Assalamu'alaikum.
Ga terasa ya hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Setiap keluarga pasti ada tradisi masing-masing misalnya mudik, beli baju baru, memasak makanan khas lebaran, mengirim parsel dan lainya.

Di keluarga saya sendiri ada beberapa hal yang rutin di lakukan menjelang hari raya misalnya beli baju baru ( karena berfikir ya setahun sekali juga ya kan hehe ) , memasak makanan khas lebaran itu pasti ya, lalu mudik nah kalau yang satu ini memang rutin karena masih ada Nenek dan keluarga besar disana , belum lagi pasti kita nyekar ke makam alm.mama.

Cari uang lewat internet


Bisa di pastikan pengeluaran Lebaran itu lebih besar dari pada bulan biasanya dan memang itu kenyataanya,,, kalau kamu gitu juga ga sih? . Semua pengeluaran itu berasal dari THR ( Tunjangan Hari Raya ) , walau pun saya tidak bekerja kantoran tapi Alhamdulillah setiap tahun saya mendapat dana tambahan sebut aja THR wkwk walau besar kecilnya itu sangat relatif ya, tapi Alhamdulillah cukup lah untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

Jujur saya habis lebaran pasti tabungan dan THR itu habis huhu nyesek memang, nah ini lah kesalahan saya yang masih belum bisa menghandle keuangan. Btw kamu gitu juga ga sih habis lebaran malah tongpes? Hehee

Belajar dari pengalaman yang habis lebaran duit pun abis kali ini saya bertekad kalau penghasilan saya yang Alhamdulillah di bulan Ramadhan ini bisa di bilang lebih dari cukup harus benar-benar dipakai dengan bijak dan sebisa mungkin sebagian di tabung lebih banyak untuk masa depan.



Menggunakan THR dan penghasilan dengan bijak untuk masa depan lebih mapan bisa belajar di " Keluarga Surya "  web series persembahan dari Sun Life Financial Indonesia. Mau tau tentang Keluarga Surya ? Dan dimana nontonnya , nanti ya saya jabarin dan sekarang saya mau sedikit menjelaskan mengenai Prluncuran Kampanye Komunikasi #LebihBaik Sekarang bersama Sun Life Financial Indonesia.

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 31 Mei 2018 saya menghadiri acara Peluncuran Kampanye Komunikasi #LebihBaik Sekarang di Plaza Senayan, Jakarta. Narasumber yang hadir yaitu ibu Elin Wati selaku Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia, Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog sekaligus guru besar Sosiologi Universitas Indonesia dan Ibu Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

Siapa sih yang tidak ingin hidup mapan di masa depan atau masa tua? Pasti semuanya ingin ya hidup mapan di masa tua. Namun ternyata saat ini masih banyak masyarakat di Indonesia  yang memiliki pemahaman terkait pengelolaan keuangan khususnya proteksi dan investasi. Mereka lebih memilih untuk menunda melakukan perencanaan keuangan untuk kenyamanan masa depan.




Saat ini generasi milenial bahkan lebih menggunakan uangnya lebih ke lifestyle seperti jalan-jalan atau istilahnya piknik plesiran, menikmati gaya hidup yang bisa dibilang hanya untuk jangka pendek saja bukan memikirkan perencanaan keuangan untuk jangka panjang.

Mengenai pemahaman perencanaan keuangan masyarakat Indonesia itu lebih rendah dan terbukti dari data OJK ( Otoritas Jasa Keuangan) pada tahun 2017 bahwa indeks literasi asuransi di masih menjadi tantangan yang cukup besar.

Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan OJK pada tahun 2016 bahwa Indeks literasi asuransi hanya mencapai 15, 76%  yang artinya dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi.

Padahal asuransi itu sangat penting dan merupakan aset menurut saya. Kenapa karena jika ga ada umur ( amit-amit ya ) kita kan meninggalkan warisan untuk anak-anak dalam menjalani kehidupannya. Asuransi juga untuk berjaga-jaga istilahnya. Masyarakat di Indonesia berbeda dengan masyarakat negara maju yang mana kalau disana itu bayi yang baru lahir harus punya asuransi.
Nah melihat indeks literasi asuransi yang masih sangat rendah PT Sun Life Financial Indonesia dari beberapa tahun terus konsisten untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang pentingnya mencapai kemapanan finansial melalui salah stau kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang.

PT Sun Life Indonesia menginginkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa merasakan manfaat dari perencanaan keuangan yang cermat nah melalui Kampanye #LebihBaik Sekarang Sun Life Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk jangan menunda melakukan perencanaan keuangan yang tepat demi masa depan yang mapan. Karena dengan paham literasi keuangan dan pengelolaan keuangan itu satu pilar perekonomian bangsa juga.

Kebiasaan kita masyarakat yang selalu berfikir "Gimana nanti" harus dirubah menjadi Bagaimana Nanti demi mencapai kemapanan finansial dimasa tua...hayoooo siapa sih yang ga mau mapan dimasa tumbuh?, Pasti mau kan?.

Sitkom Keluarga Surya 


Nah dalam memberikan edukasi keuangan juga kali ini Sun Life Financial Indonesia memberikan dengan cara yang fun alias ga berat yes. Edukasi itu melalui "Keluarga Surya " sebuah web series yang bisa kita tonton di chanel youtube  Sun Life Financial Indonesia .


Sitkom Keluarga Surya bukan sitkom biasa kenapa? Karena lewat sitkom ini kita bisa mendapat pengetahuan mengenai perencanaan keuangan sederhana yang mudah sekali di cerna. Sitkom Keluarga Surya ini ada 8 Episode dan setiap episodenya sendiri mencangkup tema keseharian kita.

Seperti episode 1 yaitu tentang THR ( Tunjangan Hari Raya ). Di awal film ada scene yang sangat menghibur terutama dari Ibu Surya yang mana kita banget deh ya emak-emak yang kalau denger THR pengennya beli ini itu namun ada pesan tersendiri lewat beberapa scene juga yang mana kalau THR kita di habiskan semua maka siap2 deh setelah lebaran kita akan kehabisan duit.



Ada banyak pesan disini yang mana kita harus bijak menggunakan THR agar tidak nelangsa setelah lebaran. Lewat sitkom ini saya rasa anak-anak juga terhibur sekaligus mengenal literasi keuangan juga. Nah penasaran sama episode selanjutnya? Jangan lupa yes nonton di chanel youtube Sun Life Financial Indonesia dan pantau terus sosial medianya.

Instagram : @sunlife_id
Twitter : @SunLife_ID 

64 komentar

  1. Wah asyik ya ada keluarga Surya ngebantu banget :)

    BalasHapus
  2. seneng banget deh masyarakat Indonesia makin melek finansial :) perusahaan di bidang keuangan--baik perbankan maupun non bank spt asuransi dan financial planner--juga makin kreatif bikin media/acara literasi keuangan

    BalasHapus
  3. Keren dan kreatif... Seneng bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide nya SunLife Financial Indonesia emang keren ya kak hehe.

      Hapus
  4. Perencanaan keluarga memang perlu karena masa depan harus di raih. Kehidupan kita suka boros juga perlu ada yang ngerem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya donk perencanaan keuangan itu penting.

      Hapus
  5. Bener banget ya apa apa semua mau dibeli pas lebaran, kalau gak ntar dibilang pelit hihi tradisi deh, tapi memang separuh mesti di tabung ya

    BalasHapus
  6. Aku selalu biasain bikin list apa saja yg akan dibeli atau dipenuhi untuk lebaran. Dan dananya khusus dari THR. Termasuk angpau untuk ponakan dan biaya rekreasi pada saat hari Raya. Pokoknya hrs cukup. Ngga boleh pakai uang dari post yang lain

    BalasHapus
  7. Sering nih aku "gimana nanti" hehe apalagi kalo ada uang ditabungan.. bawaannya belanja muluk.. harus mulai sisihkan untuk investasi memang ya bisa asuransi jiwa dan kesehatan juga deposito jadi tabungan or thr
    tahun ini ngga langsung habis sia-sia

    BalasHapus
  8. Film keluarga Surya tayang kapan Mbak Ampel? Waduh, daku mau nonton lupaan terus. Padahal pingin tahu cara kelola THR

    BalasHapus
  9. List belanjaan. Itu selalu saya lakukan. Selain biar hanya yg perlu aja yg kita beli juga biar budget gak melar.

    Jadi pengen lihat tayangan Keluarga Surya nya. Langsung ke tkp deh...

    BalasHapus
  10. Saya sendiri untuk proteksi keuangan di masa mendatang belum melakukan, selama ini masih untuk pembangunan rumah dan pendidikan anak. saya ingin suatu hari bisa juga investasi untuk proteksi kehidupan keluarga

    BalasHapus
  11. Aku baru tahu keluarga Surya ini jadi pengen nonton youtube nya deh. Btw kalau untuk mengatur keuangan bagi si kecil aku membuatkan tabungan pendidikan

    BalasHapus
  12. Aku suka nih bahas finance,kebetulan juga lagi jadi kontributor tulisan finance. Sayang banget belum berkesempatan dalam acara ini, thx ya buat share tulisannya

    BalasHapus
  13. Kegiatan anak milineal sebagian besar emang banyak di meja makan (kuliner) dan piknik. Tapi sebagian juga dari mereka bisa membuat hal ini jadi positif. Dan sitkom keluarga surya smoga bisa membantu beri contoh buat mereka.

    BalasHapus
  14. Mbaaa... Aku bw pake hp, malah fokus utama sama foto pertama. Aku kira mba masuk d poster. ��

    Btw, makasih infonya mba. Aku suka bgt berbau keuangan, biar dari muda bisa mengatur uang dengan baik. Aamiin.

    BalasHapus
  15. Keren nih cara mengedukasi masyarakat tentang asuransi dan finansial yang dibuat SunLife ini. Semoga banyak yang nonton ya. Biar semua lapisan masyarakat bisa melek asuransi dan juga melek finansial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin semoga banyak yang nonton biar pada melek tentang keuangan.

      Hapus
  16. Hihii iya mba amel. Soal mengurus keuangan ini memang banyak godaan ya. Makanya perlu dimanajemen banget. Bahkan THR ya biar tepat sasaran. Hmm ternyata maish sangat rendah ya kesadaran berasuransi masyarakat indonesia

    BalasHapus
  17. Ternyata keluarga surya ini adalah contoh langsung yang di kasih Sun Life Financial Indonesia ya. Good ya...contoh yang menyesuaikan dengan kondisi sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Gita sepeerti kehidupan sehari2 aja.

      Hapus
  18. Penting banget untuk manajemen keuangan, agar jangan besar pasak dari tiang. Apalagi saat sekarang ini hasrat konsumtif begitu tinggi...


    Untuk asuransi ..ang kebanyakan males buat ngikutin..tentang premi , tentang pendapatan minim dll

    BalasHapus
  19. bagus nih ya, memahami hal yang lumayan berat yakni keuangan dari tayangan sitkom..pasti akan lebih mudah dipahami berbagai lapisan masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes bener banget kak, lewat sitkom ini jadi mudah di pahami.

      Hapus
  20. Nampol banget pesan yang disampaikan keluarga Surya ini Mba. Aku juga suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya seperti kehidupan sehari-hari kita.

      Hapus
  21. dari nonton bisa belajar keuangan? wew.. otw nonton aahh

    BalasHapus
  22. Betul banget nih, perencanaan keuangan penting banget. Nggak terbatas sama pekerja milenial saja, semua keluarga sepertinya perlu menerapkannya. Semua demi masa depan keuangan yang lebih baik. Untung ada sitkom yang mempermudah pemahaman mengenai perencanaan keuangan.

    BalasHapus
  23. Literasi keuangan? Baru tahu. Kalau merencanakan keuangan sudah sering dengar. Setuju bahwa kita harus bisa merencanakan keuangan dengan baik.

    BalasHapus
  24. Suka banget dengan web series keluarga surya ini.

    BalasHapus
  25. Belajar financial jadi lebih terasa simple kalau penyampaiannya kayak di film ini ya.

    BalasHapus
  26. semoga keluarga Indonesa makin melek perencanaan keuangan ya :)

    BalasHapus
  27. Generasi milenial habis penghasilan untuk lifestyle, jleb banget, aku nih kayanya begini. Harus nonton ahh biar belajar mengelola keuangan tapi dengan cara yang ga bikin jelimet lewat sitkom, ih pasti seru

    BalasHapus
  28. Kirain apaan Keluarga Surya itu. Patut di apresiasi nih sitkom gini. Mengedukasi langsung

    BalasHapus
  29. Awalnya aku mikir kalau keluarga Surya itu maksudnya keluarganya artis Surya Syahputra. Hahaha. Tahunya bukan ya. Tapi ini memang mengedukasi banget sitkomnya. Baru aja kemarin nonton karena penasaran banyak yang cerita kalau sitkomnya seru dan ternyata memang benar.

    Edukasi literasi disampaikan lewat kehidupan sehari-hari yang setiap orang pasti pernah mengalami, jadi lebih ngena gitu. Buat yang belum nonton, cuss lah nonton.

    BalasHapus
  30. Sekarang ini sudah jamannya web series yah. Lebih mengena dan tepat sasaran, apalagi dengan jalan cerita yg menarik..

    BalasHapus
  31. Cara mudah memahami tentang pengelolaan keuangan yang disampaikan dalam bentuk yang lain, keren nih sunlife..semoga kena banget ke masyarakat ya tentang pentingnya mengelola perencanaan keuangan.

    Btw, Maaf lahir batin ameeel yaa..

    BalasHapus
  32. Bener banget. Orang milenial lebih mengutamakan uangnya inunt lifestyle, perencanaan keuangan kurang dipahami

    BalasHapus
  33. ... langsung buka youtube cari Keluarga Surya ....

    BalasHapus
  34. waw.. bangus banget ternyata film dan seriesnya, ku baru tau 😅

    BalasHapus
  35. Adalah kenyataan yang tidak bisa dihindari kalau setiap lebaran pengeluaran lebih besar dari bulan bulan biasa. Tapi menghabiskan seluruh THR untuk keperluan Idul Fitri Saya rasa juga tidak bijak ya. Sebaiknya THR disimpan sebagian untuk keperluan lain...

    BalasHapus
  36. Keren nih sitkom, selain menghibur juga mengedukasi kita mengenai cara mengelola keuangan..

    BalasHapus
  37. Keren nih dari sitkom bisa belajar tentang keuangan.

    BalasHapus
  38. Naaah, seru nih kalau literasi keuangan disampaikan dengan cara yang santai dan topik kejadian sehari-hari. Jadinya mudah dicerna dan mudah diterapkannya juga ya mbak.

    BalasHapus
  39. THR oh THR....
    Kudu bijak jg nih ngelolanya..

    BalasHapus
  40. Wah saya kudet, ternyata ada serial keluarga surya

    BalasHapus
  41. Web seri keluarga surya menang cerita nya bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus kak banyak pelajarannya juga hehe.

      Hapus
  42. Bahkan di kantorku yang notabene ada embel2 "keuangan"nya juga ada yang kurang melek masalah investasi dan keuangan mbak.... :)

    BalasHapus
  43. aku udah nonton keluarga surya, pesan ceritanya dalem banget ini :)

    BalasHapus
  44. Sitkomnya bagus yaa mbaa..jadi kelar nonton ada manfaatnya ��.
    Mau cek THR dulu ah �� masi ada nggak yaaa

    BalasHapus
  45. Seru nih nonton sitkom kayak gini, jadi gak berasa digurui yaa..

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉