Friday, June 8, 2018

Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat

Mudik lebaran


Assalamu'alaikum.
Aroma mudik sudah terasa banget dari sekarang. Tetangga , saudara dan papa pun sudah membicarakannya dan lagi bingung juga nih mau mudik atau tidak , tapi yang pasti setiap tahun kita mudik sekeluarga karena masih ada Nenek dan sekaligus nyekar makan Mama di Tasik. Jujur saja belakangan kita lagi bingung untuk memilih kendaraan, mau sewa saja atu naik bus seperti biasa, maklum yes kita belum punya kendaraan roda empat hehe.

Kalau dipikir-pikir tahun ini jika jadi mudik pakai bus pastinya seperti biasa kita akan riweuh naik turun kendaraan dan belum lagi bawa anak-anak yang rewel kalau macet. Yups,,mudik lebaran itu identik dengan macet yang luar biasa tapi semoga aja ya tahun ini tidak terlalu macet karena pembangunan tol dimana-mana sudah selesai. 

Berbicara mengenai mudik pakai angkutan umum rasanya sudah tidak asing lagi dengan Terminal Kampung Rambutan karena disana bisa dibilang pusat bus-bus keberangkatan antar kota dan juga antar pulau. Di terminal ini juga kemarin saya mendapat wejangan dari ibu Nila Menteri Kesehatan RI tentang mudik sehat.


Ya,, Mudik sehat itu kaya gimana sih? Yuk saya bahas sedikit hasil dari Blogger Gathering bersama Kemenkes RI di Terminal Kampung Rambutan. Acara yang dimulai jam sore, lokasi pun dari rumah saya cukup jauh dan terkenal macet menuju kesana yang akhirnya saya nebeng sama temen Ki Demang. Jadi motor saya titip kan di ruko depan Taman Menteng dan saya ke Terminal Kampung Rambutan bersama beliau.

Sebelum acara ngobrol bersama Kemenkes RI dimulai dihadirkan juga hiburan musik di panggung kecil. Dan kamu tau siapa pemain bandnya? Ada seorang teman lama saya Gilang Adriatna, teman SMA yang lebih dari 10 th ga ketemu hahaha...masya Allah senangnya acara kali ini jadi ajang silaturahmi juga.



Oke akhirnya Ibu Nila datang dan kita mulai ngobrol dengan beliau. Acara ngobrol mudik sehat ini tidka hanya dihadiri oleh media dan blogger lho tapi juga ada beberapa komunitas mobil lainya. Seperti yang kita ketahui bahwa mudik lebaran merupakan moment mudik yang fenomenal dalam sekali setiap tahunnya karena para perantau kembali ke kampung halamannya untuk merayakan hari raya besama keluarga.

Ada pemandangan yang pasti dalam setiap mudik yaitu macet sampai puluhan jam bahkan pernah teman saya berhari-hari di jalan hehe dan semoga saja kemacetan beberapa tahun terakhir tidak terulang di tahun ini. Untuk mudik sendiri ada yang pakai kendaraan pribadi atau umum, nah kali ini Ibu Nila memberikan himbauan atau sedikit tips untuk mudik sehat agar perjalanan mudik itu lancar sampai tujuan.

Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat

  • Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan bergizi
  • Bila sakit manfaatkan pos kesehatan
  • Bila lelah manfaatkan waktu di pejalanan untuk istirahat
  • Jangan menerima makanan dan minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal
  • Hindari stres dan nikmati perjalanan
  • Gunakan masker da lindung diri dari asap, debu dan polusi
  • Biasakan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir
  • Pastikan fisik kita sehat dan prima selama perjalanan
  • Batasi barang bawaan agar nyaman selama perjalanan
  • Buanglah sampah pada tempatnya 
  • Buang air kecil/besar di toilet yang tersedia
  • Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi selama perjalanan.

" Bagi yang berkendara paka motor sebaiknya 2 jam sekali beristirahat lalu jika yang berkendara pakai mobil sebaiknya setiap 4 jam sekali beristirahat dan melakukan peregangan "



 Peregangan selama di perjalanan dilakukan saat pengemudi mulai merasa lelah atau ngantuk. Ad pun beberapa manfaat pergangan bagi pengemudi dan penumpang.
  • Mengurangi risiko nyeri punggung
  • Mengurangi ketegangan otot
  • Mengurangi cedera otot/ kram 
  • Meningkatkan relaksasi.
Melakukan peregangan tidak hanya bisa dilakukan di luar atau di jalan tetapi bisa juga melakukan peregangan di lakukan di dalam kendaraan atau saat macet.

Peregangan di dalam kendaraan atau dalam keadaan macet:

  • Kepala menoleh ke kiri dan tahan selama 8 hitungan
  • Kepala menoleh ke kanan dan tahan selama 8 hitungan
  • Angkat kedua lengan sejajar bahu, pergelangan tangan di tekuk ke atas 90 derajat. Tahan 8 hitungan
  • Angkat kedua lengan sejajar bahu, pergelangan tangan di tekuk ke bawah 90 derajat. Tahan 8 hitungan
  • Tangan kanan memegang paha kiri , tangan kiri memegang sandaran kursi, hadapkan badan ke kiri . Tahan 8 hitungan.
  • Lakukan seperti gerakan ke 5 arah sebaliknya dan tahan 8 hitungan
  • Angkat kedua tungkai kedepan , tekuk pergelangan kaki ke atas tahan 8 hitungan
  • Angkat kedua tungkai ke atas degan pergelangan kaki lurus kedepan tahan 8 hitungan.



Untuk mudik sehat, aman dan selamat juga Kemenkes menyediakan pos kesehatan salah satunya di Terminal Kampung Rambutan. Untuk di terminal ini ada Klinik Kesehatan dan Ruang Menyusui yang bekerjasama dengan Puskesmas kecamatan Ciracas. Di Klinik ini semua masyaraka bisa datang dan periksa gratis.





Di Klinik Kesehatan dan Ruang menyusui Terminal Kampung Rambutan ada 2 dokter yang berjaga. Untuk pelayanannya sendiri kita bisa memeriksa tensi, berat badan , tinggi badan, gula darah dan tes narkoba untuk para pengemudi.

Semua pelayanan disini gratis alias tidak mengeluarkan biaya. Kita hanya daftar dan menunggu antrian. Untuk ruang menyusui juga sangat nyaman dan disediakan pula air minum Jadi yang mau mudik ke kampung lewat Kampung Rambutan bisa nih cek kesehatan disini.







13 comments:

  1. Wah terima kasih tipsnya, ada peregangan ketika dikendaraan juga. Bener banget sih..kalau dikemacetan, duh badan pegel semua.

    ReplyDelete
  2. Akupun pernah terjebak macet 24jm padahal cuma k cirebon aja, siap InsyaAllah kali ini sehat dn ready

    ReplyDelete
  3. Perjalanan yang menempuh jarak jauh memang kadang sangat melelahkan dan jika menggunakan kendaraan pribadi maka wajib hukumnya untuk istirahat melakukan peregangan sehingga bisa kembali konsentrasi ketika menghadapi kondisi jalanan

    ReplyDelete
  4. Mau mudik so pasti harus jaga stamina mbak, apalagi om supirnya harus fit. Agar nggak terjadi kecelakaan di perjalanan

    ReplyDelete
  5. Aih dari Rambutan ayo lanjut mudik ke Tasik... Ada doi kan ya...
    Nanti di Cianjur mampir dulu ya, hehehe...

    Selamat mudik dan jangan lupa tips nya di atas dipraktekkan :)

    ReplyDelete
  6. Wah, keren ya sekarang banyak yang peduli dengan para penudik. Jadi gak terlalu khawatir kalo ada apa2, misalnya sakit saat mudik. Banyak posko kesehatan. Tapi tetep sih, menccegah lebih baik daripada mengobati. Dan tips2nya biar aman dan lancar saat mudik, wajib dilakukan sama para pemudik. Semoga mudik tahun ini semuanya lancaaaar.

    ReplyDelete
  7. Mau mudik ke kampung halaman ketemu ortu atau keluarga tercinta jangan sampai bawa penyakit juga dijadiin oleh-oleh batuk , flu dll


    Sebelum mudik mesti jaga kesehatan banget..apalagi kalau mudik butuh waktu lebih satu hari diperjalanan...jadi makan juga jadi perhatian...jangan jajan sembarangan..biasanya di bis banyak yg nawarin ini itu .

    ReplyDelete
  8. Aku ga mudik sih mba. Cuma deg degan sama kayak yang mau mudik ya. Aromanya juga sedaaap

    ReplyDelete
  9. Kadang suka lupa pakai masker dan sarung tangan. Mari pakai lagi yaa

    ReplyDelete
  10. masker dan sarung tangan wajib untuk saya hihih biar muka gak kena paparan sinar mentari yang jahat dan tangan suoaya ga belang , eh tapi belum pernah mudik pake motor hihih itu aksesoris saya kalau mau kerja

    ReplyDelete
  11. Ngebayangin suasana mudik itu sesuatu banget deh... Riweuh tapi asyik ada sensasi tersendiri hehe... Sy gak mudik karena ga punya kampung halaman.. :)

    ReplyDelete
  12. Yes.. utk mudik tuh bukan cuma menjaga kesehatan bagi orgnya, tapi juga kendaraan yag digunakan yaa.. biar lancar dan aman serta sehat sampai tujuan. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. obat yang diberikan di posko kesehatan itu juga gratis kah kak? Selain di kmpung rambutan ada dimana lagi ya kak?

    ReplyDelete

Review Sakura Collagen Cream Anti AGE'S

Asalamu’alaikum. Alhamdulillah akhirnya tahun ini saya menginjak usia 3o tahun ya 30 tahun, pasti ga percaya ya heuheu. Sebelumnya a...