Sunday, July 22, 2018

Begini Lho Cara Menyampaikan Edukasi Seks Pada Anak



Assalamu'alaikum.
Seminggu sudah anak-anak mulai masuk sekolah. Melihat mereka saat ini rasanya kok waktu cepet banget ya berjalan, rasanya dulu mereka masih fulltime bersama saya seharian tapi sekarang sudah sibuk dengan berbagai kegiatan sekolah dan hanya punya waktu bersama saya itu sore menjelang malam. 


Seiring bertumbuhnya mereka ada ke khawatiran tersendiri bagi saya selaku orang tua, yang mana saat ini banyak sekali berita-berita menakutkan seperti banyaknya pelecehan seksual yang menimpa anak-anak. Ada rasa campur aduk juga dan semoga saja mereka semua berada di lindungan Allah S.W.T dan mereka semua bisa memproteksi diri terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Naudzubillah.

Sebagai orang tua mungkin kita tidak bisa menjaga mereka selama 24 jam tapi kita bisa kok memberika wejangan atau himbauan mereka bagaimana cara mereka memproteksi diri mereka dalam menghadapi pelecehan seksual.

Salah satu cara untuk menjaga dari semua itu yaitu memberikan edukasi seks sejak dini. Mungkin banyak masyarakat yang masih tabu dalam membahas edukasi seks sejak dini dan jujur saja belakangan saya juga masih maju mundur untuk memberikan seks edukasi ini kepada anak-anak.

Ada beberapa point penting bagi saya kenapa saya maju mundur untuk memberikan seks edukasi ini salah satunya saya takut salah memberikan jawaban atas pertanyaan mereka nantinya hehe. Agak lucu sih memang tapi mau tidak mau saya harus melakukannya ini semua demi anak-anak saya.




Karena agak bingung dengan penyampaian mengenai seks edukasi ini akhirnya saya browsing di internet bagaimana sih cara menyampaikan seks edukasi ini kepada anak-anak yang usianya bisa dibilang belum memasuki remaja alias ya masih anak-anak. Setelah browsing ada sebuah artikel di GLITZMEDIA.CO   yang membuat saya tertarik dan sedikit mencerahkan mengenai seks edukasi ini.

Dan pas banget dengan judulnya " Inilah Cara Menyampaikan Edukasi Seks Pada Anak ". Menurut artikel tersebut ada beberapa langkah yang harus orang tua lakukan dalam memberikan edukasi seks ini .

  • Pengenalan bagian tubuh.
  • Masukan Norma
  • Buat anak nyaman membicarakan pengalaman pertama terkait seksualitas.
  • Tidak perlu menutupi mata anak saat ada adegan romantis di film.
  • Jawab pertanyaan anak dengan norma dan bahasa yang benar.

Dari 5 langkah edukasi seks yang saya baca di Glitzmedia.co.id ini sudah beberapa langkah yang saya lakukan atau praktek. Mulai dari mengenalkan bagian tubuh, memasukan norma dan membuat anak nyaman saat membicarakan ini. Tapi balik lagi nih semua tergantung orang tua siap, nyaman atau tidaknya memberikan edukasi seks kepada anak.

Bagi saya sendiri memberikan edukasi seks kepada anak merupakan langkah antipasi mereka untuk mencegah pelecehan seks, tak lupa juga saya memberikan mereka apa yang harus mereka lakukan jika ada orang yang macam-macam dengan mereka. Mereka harus tau batas orang tersebut memegang tubuh mereka misalnya saja hanya boleh memegang tangan.

Ajari mereka juga untuk terbuka dan menceritakan semua aktivitas keseharian mereka dengan begitu kita sebagai orang tua jadi tau apa saja yang dilakukan sang anak dan ini juga mengajarkan si anak tetap terbuka ke kita.

GLITZMEDIA.CO


Awalnya saya hanya membaca mengenai cara menyampaikan edukasi seks pada anak di glitzmedia.co tapi ternyata ketagihan membaca artikel lainya. Glitzmedia.co merupakan portal online khusu informasi dunia perempuan dan Ada alasan kenapa sih kamu wahai para kaum hawa juga kayaknya wajib banget nih membaca artikel-artikel di glizmedia.co.id .


  • Smartphone friendly

Di zaman era digital saat ini pastinya hampir semua masyarakat memiliki smartphone dan selalu membawa smartphone mereka. Selain mencari info yang akurat dan terpercaya yang membuat kita nyaman membaca artikel yaitu yang smartphone friendly dan ga lama loadingnya, nah untuk glizmedia.co sendiri cukup ringan dan cepat banget saat membuka websitenya dan yang pasti kita bisa buka artikel dimana dan kapan saja melalui smartphone.



  • Artikelnya lengkap 
Yes,,yang bikin betah baca di glitzmedia.co ini artikelnya lengkap banget mulai dari Style, Beauty, Wellness, Entertainment, Relationship,Leisure dan Video . 
  • Artikelnya ringan dan mudah dimengerti

Seperti yang kita ketahui bahwa kalau bacaan terlalu banyak kadang kita suka males bacanya, bener ga? Hehe nah kalau di glitzmedia.co ini artikelnya sedikit, ringan dan mudah di mengerti jadi kita ga perlu berlama-lama membaca sebuah artikel dan untuk pembahasannya juga ringan. 


  • Menarik karena banyak info grafis 
Kalau kita baca dengan semua teks pastinya bosen banget kan ya, nah di glitzmedia.co ini ada beberapa artikel yang menyajikannya dengan infografis jadi artikel lebih menarik dan mudah di mengerti.
  • Up to date 
Satu lagi nih kelebihan dari glitzmedia.co untuk mengenai berita entertainment selalu up to date.

Banyaknya kelebihan glitzmedia.co ini rasanya cocok lah buat wanita modern masa kini yang menginginkan info yang up to date yang bisa di baca dimana saja. 





2 comments:

LVF Aura Lip Lacquer

Assalamu'alaikum Ladies.. Kalau boleh tau alat make up yang wajib banget kamu bawa setiap harinya dan selalu ada di pouch ada apa...