Saturday, August 4, 2018

Keseruan Grand Final Sahabat Generasi Maju



Assalamu'alaikum.
Apa kabar semua? semoga kita sehat selalu, dipenuhi cinta dan berkah berlimpah..Amin. Alhamdulillah kali ini saya mau sharing sedikit mengenai keseruan belajar dan bermain bersama SGM Eksplore beberapa waktu lalu di Summarecon Mall Bekasi dalam rangka Grand Final Festival Sahabat Generasi Maju. Secara bersamaan juga SGM Eksplore meluncurkan inovasi lengkap yaitu SGM Eksplore Complinutri. Apa itu SGM Complinutri nanti saya bahas di bawah ya.


Okeh..Jarak Bintaro-Bekasi bukan jadi halangan saya untuk mengikuti event bergengsi dari SGM Eksplore tapi sayangnya Shakila dan Kezia tidak bisa ikut senang-senang di event ini karena mereka sekolah. Untuk menuju Summarecon Mall Bekasi saya naik kereta sampai stasiun Tebet dan lanjut ke TIS untuk meeting point besama Mombassador SGM Eksplor lainya. Setelah ngumpul lanjut deh kita ke Summarecon Mall Bekasi. Ini kali pertama saya menginjak Mall ini dan ternyata lumayan besar banget ya , mirip dengan Summarecon Mall Serpong. 




Saat memasuki Lobi Mall sudah terlihat mewahnya event ini, warna merah pun sanga mendominasi. Saat memasuki kawasan Sahabat Generasi Maju SGM Ekplor telihat beberapa stand disana mulai dari Foto booth, papan pengetahuan mengenai proses pengemasan Susu SGM Eksplore dan yang menarik di event ini adalah kawasan Sekolah Generasi Maju yang di bagi beberapa kelas dan untuk masuk kelas ini kita akan diberi paspor yang nantinya akan di kasih cap oleh para petugas di kelas tesebut. Dan kali ini saya jelasin dulu ya isi dari Sekolah Generasi Maju SGM Eksplor.

Kelas Cerdas dan Kreatif



Kelas pertama yang saya kunjungi yaitu Kelas Cerdas dan Kreatif, disini ada beberapa kegiatan seperti permainan digital dan kegiatan mewarnai dan menggambar. Di kelas ini anak-anak dilatih kreatifitas mereka. Tak lupa nih orang tua juga bisa turut mendampingi mereka. 

Lalu ada permainan digital yang mana bukan hanya bermain tetpi juga melati konsentrasi si Kecil lho. Kegiatan mewarnai yang melatih imajinasi si Kecil dan pengenalan permainan digital yang melatih kecerdasan tentunya bagus banget ya karena sama-sama menstimulus otak si Kecil.

Kelas Percaya Diri 



Di Kelas Percaya Diri ada beberapa kegiatan mulai dari mendengarkan dongeng dan si Kecil pun berkesempatan untuk bercerita, ada juga lho disini si Kecil untuk menjadi model dalam istilah foto di sebuah background dan belajar bernyanyi. Disini si Kecil benar-benar dilatih untuk percaya diri dan berani untuk tampil.

Para pendongeng di Kelas Percaya diri juga bagus karena mereka memberikan ceritanya dengan cara yang fun dan mudah di mengerti si Kecil. Mereka juga sering berinteraksi dengan si Kecil.

Kelas Tumbuh Tinggi, Kuat dan Mandiri



Kelas Tumbuh Tinggi, Kuat Dan Mandiri. Di kelas ini ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti oleh si Kecil ada wall climbing dan trampolin. Melihat isi kelas saya lagi-lagi teringat Shakila dan Kezia yang mana mereka tuh anak-anak aktif yang bisa dibilang suka banget sama kegiatan kelas ini,,,huhu semoga saja ya event SGM Eksplor ke depan anak-anak bisa mengikutinya. Untuk kelas ini anak-anak lebih banyak aktifitas fisik dan bergerak.

Kelas Tumbuh tinggi, kuat dan mandiri ini anak-anak tidak hanya senang dengan berbagai aktifitasnya tetapi anak-anak juga dilatih stimulasi motorik, mandiri dan melatih kekuatan mereka. Untuk masuk ke kelas ini juga orang tua bisa ikut mendampingi lho. Untuk keamanan jangan ditanya lagi semua spot mainan ada petugasnya juga.

Kelas Supel



Nah ini dia kelas terakhir yang saya kunjungi, yaitu Kelas Supel. Di kelas ini ada beberapa kegiatan seperti permainan ular tangga dan pasir kinetik. Namanya juga kelas supel yang mana pada kelas ini si Kecil mau tidak mau berinteraksi dengan anak lainya karena seperti permainan ular tangga dimana harus ada beberapa anak yang ikut bermain.

Tak hanya kelas-kelas yang asik yang bisa diikuti oleh si Kecil dalam event ini juga ada Milk Bar yang mana kita bisa icip-icip sajian es susu dengan aneka toping. Untuk mencicipi ini cukup sodorin paspor dan di cap. 



Eitss,,ga ketinggalan nih yaitu foto booth ,, Nah disini kita bisa ikut foto booth besama Keluarga Upin Ipin dan juga teman-temannya.Nah Foto booth ini bisa langsung jadi yes fotonya.

Tak hanya aktifitas si Kecil saja disini tapi para orang tua juga bisa mendapatkan ilmu Parenting dari para narasumber terpercaya. Alhamdulillah yes, waktu itu saya berkesempatan mengikuti talkshow dengan narasumber dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK, ada Anna Surti Ariani, S.Psi., MSi, Psi dan Alyssa Soebandono.



Sebelum acara talkshow dimulai ada ibu Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor. Beliau mengatakan Dalam rangka Hari Anak Nasional 2018 merupakan momen yang tepat bagi SGM untuk merayakan 5 Potensi Prestasi Anak Indonesia agar bisa menjadi Anak Generasi Maju. Pada Grand Final Festival Sahabat Generasi Majuhari ini, SGM Eksplor akan memberikan beasiswa pendidikan senilai 1 Miliar bagi 25 pemenang, sekaligus memperkenalkan inovasi lengkap SGM Eksplor dengan Complinutri untuk mendukung nutrisi si Kecil. 

Ibu Astrid juga menjelaskan bahwa saat ini sebanyak 37 % Balita d Indonesia mengalami stunting dan 1 dari 4 anak sampai usia 6 tahun masih belum medapatkan akses ke pendidikan usia dini. Melihat itu semua tujuan dari SGM Eksplor mendukung terciptanya kesempatan untuk maju bagi seluruh anak Indonesia karena SGM Eksplor percaya setiap anak Indonesia memiliki hak yang sama untuk maju dan mencapai cita-citanya.

Untuk itu sebagai dukungannya SGM Eksplor untuk anak generasi maju ada 2 yang dilakukan mulai dari meluncurkan inovasi SGM Eksplor Complinutri sebagai pelengkap nutrisi dan edukasi nutrisi melalui kegiatan Mini Mobi yang keliling je 8000 area di Indonesia dan aktivitas digital pemberian edukasi nutrisi melalui Facebook Aku Anak SGM.





Lalu melalui Edukasi pemberdayaan dan edukasi paud yang menyebar di beberapa titik di daerah Indonesia dan pemberian beasiswa generasi maju. Untuk mencapai Grand Final ada beberapa rangkaian yang sudah di lalui yaitu pada tanggal 19 April - 0 Juni ada Lomba Foto Potensi Prestasi si Kecil melalui Facebook dan pada minggu pertama dan ke 3 Juli diadakan Festival Sahabat Generasi Maju dan pada tanggal 27-29 Juli dilaksanakanlah Grand Final Sahabat Generasi Maju di Summarecon Mall Bekasi.

Saat Grand final saya juga melihat beberapa finalis yang menunjukan kebolehan mereka, ada yang bermain musik, menari, memainkan alat tradisional, bela diri dan masih banyak lagi. Mereka semua benar-benar hebat dan keren. Dibalik anak yang hebat pastinya ada orang tua yang jauh lebih hebat karena memberikan yang terbaik untuk anaknya agar anak mereka tumbuh optimal dan berprestasi.



Setelah mendengar penjelasan dari Ibu Astrid dilanjut deh talkshow oleh dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK yang membahas mengenai pentingnya Nutrisi bagi anak di atas 1 tahun. Pemenuhan nutrisi yang tepat untuk usia dan kebutuhan si kecil adalah hal penting agar bisa mengasah potensi prestasi dengan optimal. Beliau menyatakan ada beberapa step yang perlu di jalankan untuk mengasah potensi prestasi dengan optimal.

Step Mengasah Potensi Prestasi si Kecil 
  • Makan teratur bersama keluarga
  • Kecukupan nasi dan lak pauk dalam sekali makan
  • Cukup makan sayur dan buah untuk kecukupan vitamin dan mineral
  • Batasi makanan asin, manis dan berlemak tinggi
  • Jangan lupa minumair yang cukup.

Lalu dr. Nurul menjelaskan bahwa orang tua harus memperhatikan zat gizi yang dibutuhkan si kecil dalam jumlah yang cukup seperti makro nutrien dan mikronutrien. Baca disini :



Nah kali ini sesinya mba Anna Surti Psikolog anak dan keluarga yang juga sebagai Juri pada Festival Sahabat Generasi Maju. Beliau sangat senang dan mengapresiasi melihat semangat ribuan peserta dan orang tua yang terus menstimulasi potensi si Kecil dan kali ini mba Anna Surti memberikan tema mengenai Pahami Tumbuh Kembang Anak untuk menjadikannya Generasi Maju.

Awal pembicraan mba Anna Surti menjelaskan mengenai arti Sukses pada anak.
Yang pertama yaitu anak tumbuh sehat, prestasi baik, kepribadian baik , berhubungan baik dengan orang lain, sejahtera dan bahagia lalu yang terakhir adalah nasib anak lebih baik dari orang tua. Untuk menjadikan anak sukses ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu ada beberapa aspek Fundamental bagi tumbuh kembang anak.

Aspek Fundamental bagi Tumbuh Kembang Anak :
  •  Fisik
  • Sosial
  • Kognitif
  • Emosi
  • Bahasa
Semua aspek-aspek tersebut harus di perhatikan dan di stimulus untuk mencapai menjadi generasi maju. Untuk menstimulus semua aspek tersebut tentunya para orang tua juga melakuan pendampingan kepada si Kecil. Dari tadi saya selalu bilang Anak Generasi Maju nah lalu apa sih Anak Generasi Maju itu?.



Anak Generasi Maju itu..


Tumbuh Tinggi dan kuat dalam arti yang mana si kecil Tumbuh kembang sesuai dengan tahapan usianya. Agar si kecil dapat tumbuh tinggi dan kuat untuk anak usia 1-3 tahun yang perlu diajarkan yaitu kenalkan makanan keluarga agar si kecil terbiasa mengkonsumsi makanan keluarga, lalu beri stimulus motorik misalnya beri mainan yang sesuai usianya. Dan kalau untuk anak usia 3-5 tahun si Kecil harus di stimulasi motorik kasar dan motorik halus.

Percaya Diri yaitu si kecil yakin terhadap kemampuan dirinya, bagaimana caranya? pertama yaitu tumbuhkan attachmen , bunda sensitif dan responsif, beri kesempatan lebih luas jadi orang tua harus memberikan kesempatan si Kecil untuk melakukan hal apapun asal positif, lalu atur ruangan agar ramah anak yang mana ruangan tersebut tidak ada bahan atau barang yang dapat membahayakan si kecil dan terakhir yaitu beri kesempatan si kecil untuk mencoba dan beri dia pujian.

Cerdas Keatif yaitu cepat menangkap dan punya banyak ide, bagaimana caranya? pertama yaitu beri kesempatan si kecil mencoba hal baru, ajak bercakap-cakap dengan kalimat singkat namun lengkap, ajak si kecil berkreasi, munculkan rasa ingin tahu dan terakhir beri jawaban untuk pertanyaan si Kecil.

Mandiri dan dalam hal ini si kecil dapat mengandalkan diri sendiri. Bagaimana caranya agar si Kecil mandiri? yang pertama yaitu orang tua menebak dan meladeni kebutuhan anak dengan benar , beri kesempatan si kecil melayani dirinya sendiri seperti makan, minum dan lainya, lalu beri kesempatan si Kecil menjelajah lingkungannya dan terakhir yaitu beri kesempatan si kecil belajar merawat diri sendiri seperti mandi, bersihkan diri, pakai baju sendiri dan lainya.

Supel yang mana si kecil bisa berteman dan bekerja sama , berbagi, sopan dan banyak keterampilan sosial lainya. Nah bagian ini menjadi PR banget buat saya yang mana si kakak ini kurang supel. Jadi bagaimana agar si kecil superl ? yang pertama yaitu orang tua dan anak harus sering bertatap mata , ajak main bersama, tenangkan si kecil ketika takut berhadapan dengan orang, ajak ngobrol dan yang terakhir beri kesempatan si kecil bermain dengan teman sebaya.



Melihat dari beberapa hal diatas saya menilai ada beberapa aspek yang perlu di kembangkan dari Shakila dan Kezia. Mereka memiliki pribadi yang berbeda, kalau Shakila lebih cenderung menyendiri atau introvert dan sulit bergaul nah kalau Kezia anaknya lebih supel , mudah bergaul malah setiap dimana pun Kezia selalu mudah mendapatkan teman baru. Untuk menyikapi perbedaan karakter antara si Kakak dan Adik selama ini saya selalu mencoba lebih dekat dan memahami mereka masing-masing. Seperti halnya Shakila saya harus ekstra banget lebih dekat dan terus mendukung dia untuk lebih super agar banyak memiliki teman. 

Dari acara ini saya benar-benar harus belajar lagi untuk menstimulasi anak-anak mulai dari masalah tumbuh kembang dan emosional mereka. Terima kasih banyak SGM Eksplor atas undangannya, beruntung banget bisa hadir disini selain menikmati keseruannya saya juga mendapat ilmu parenting yang wajib banget diaplikasikan ke anak-anak. Semoga dilain waktu saya bisa menghadiri event yang lebih seru dan tentunya bersama anak-anak juga hehe.





4 comments:

  1. Aku senang banget kalo ikutan seminar atau event trus pembicaranya psikolog Anna Surti jadi banyak nambah wawasan .

    ReplyDelete
  2. Event seperti Sahabat Generasi Maju ini harusnya sering-sering dibuat ya, anak-anak seneng banget di sini, gak berasa sebenarny mereka sedang belajar

    ReplyDelete
  3. Acara edukasinya bermanfaat dan dikemas secara menyenangkan bagi anak-anak, salut dengan inovasi SGM Eksplor. Bagi orang tua juga mendapatkan pengetahuan tambahan.

    ReplyDelete
  4. Seru ya eventnya mak, dan sukanya kalo SGM Eksplor ngadain acaranya melatih kreatifitas dan mengedukasi

    ReplyDelete

LVF Aura Lip Lacquer

Assalamu'alaikum Ladies.. Kalau boleh tau alat make up yang wajib banget kamu bawa setiap harinya dan selalu ada di pouch ada apa...