Sunday, September 2, 2018

Euforia Mengabadikan Momen Asian Games 2018 Dengan Smartphone Samsung J Series



Merayakan Momen Asian Games 2018 Bersama viva.co.id #1newstainment dan Samsung.


Bangga satu kata yang tidak bisa saya uraikan dengan kata-kata saat mendengar Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang diadakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Perhelatan akbar olah raga terbesar kedua di dunia itu di selenggarakan di Indonesia. Sejak di putuskan menjadi tuan rumah beberapa tahun lalu Indonesia mulai mempercantik diri menyambut momen akbar tersebut. 


Seluruh lapisan masyarakat menyambut sukacita. Tak hanya di jalan-jalan besar saja di percantik tapi juga di gang-gang kecil pun penuh warna warni sentuhan Asian Games, ya semua bersuka ria menyambut Asian Games yang mana Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah setelah tahun 1962.

Tema Asian Games 2018 ini yaitu Energy Of Asia yang mana memiliki 3 buah maskot dengan memiliki energi yang berbeda ada Bhin-Bhin seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda ) yang mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua yang mempresentasikan Strategi. Lalu ada Atung seekor rusa Bawean ( Hyelaphus Kuhlii ) yang mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta yang mempresentasikan kecepatan dan yang terakhir ada Kaka seekor Badak bercula satu ( Rhinoceros Sondaicus ) yang mengenakan pakaian dengan motif bunga khas Palembang yang mempresentasikan kekuatan.

Maskot Bhin-Bhin, Atung dan Kaka itu memiliki makna tersendiri yang merupakan jati diri bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika. 


Sangat keren dan luar biasa arti maskot dan tema Asian Games 2018 rasanya sayang banget kalau tidak ikut merayakan momen ini sebagai dukungan kita untuk para Atlet Indonesia yang berjuang di Asian Games.

Masih dalam ingatan saya saat acara pembukaan Asian Games 2018 yang sangat merih dan kental dengan budaya Indonesia, saya melihat di Televisi pun tak henti-hentinya terharu dan merinding. Keseruan nonton pembukaan Asian Games bertambah meriah saat lagu Meraih Bintang oleh Via Vallen di nyanyikan, lagu ini easy listening dan sarat akan makna menyemangati para Atlet Indonesia, saya sangat suka lirik lagunya yang "Kalau menang berprestasi, Kalau kalah jangan frustasi " baitan lirik ini tuh dalem banget.



Waktu Asian Games dimulai pun saya berkeyakinan bahwa saya harus mendukung para atlet secara langsung dengan menonton secara live di lapangan dan tak mau menyianyiakan momen ini,  saat ada info pendaftaran nobar ( nonton bareng ) Viva.co.id #1newstainment saya pun daftar dan akhirnya terpilih.

Iyes,,saya turut hadir langsung menyaksikan para Atlet Indonesia berjuang bersama Viva.co.id #1Newstainment dan Samsung . Tanggal 28 Agustus 2018 saya dan teman blogger lainya merasakan keseruan nonton pertanding Atletik Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno, namun sebelum nonton bersama kita semua mendengarkan Workshop Photography di FX Sudirman dengan Narasumber Bang Syahrino Putama atau yang lebih akrab dengan panggilan Bang Rino. 



Bang Rino merupakan salah satu tim kreatif Viva Media #1newstainment . Untuk tema sendiri yaitu Mobile Photography Like A Pro With Smartphone.

Menurut bang Rino untuk menghasilkan foto yang bagus dan artistik tidak tidak perlu menggunakan kamera mahal lho pakai smartphone juga bisa asalkan kita tau triknya dan disini bang Rino memberikan Tips dan Trik Mobile Photography Like A Pro menggunakan Smartphone. Mau tau apa saja tipsnya? Yuk baca dibawah ini.

Tips dan Trik Mobile Photography Like a Pro :


  • Jangan gunakan menggunakan zoom saat memfoto tapi mendekatlah ke obyek foto. 
  • Untuk memotret pemandangan itu pakai landscape namun gunakan potret jika ingin memotren objek yang fokus ke orang.
  • Saat mengambil gambar pegang handphone harus stabil jadi tahan nafas gitu ya.
  • Saat mengambil gambar usahakan harus simetris dan tidak miring.
  • Buat shootlist jadi sebelum foto usahakan membuat shootlist terlebih dahulu.
  • Lensa kamera handphone harus selalu bersih.
  • Belajar sedikit mengetahui tentang komposisi foto misalnya saja menggunakan garis imajiner yang mampu membantu kita membagi foto menjadi 9 bagian sama besar.
  • Perlu di ketahui juga jika memotret secara horizontal itu memperkuat kesan lebar dan secara vertikal memperkuat kesan tinggi. 
  • Pengaturan ISO, jadi kalau mau memotret di tempat kurang cahaya atau gelap ISO nya itu minimal 1000 agar hasil foto terlihat jelas.
  • Pilih aplikasi edit foto yang bagus, misalnya saja picart, snapseed, dan masih banyak lagi yang bisa di download scara gratis. Fungsi dari aplikasi ini banyak sekali , pakai aplikasi kita bisa mengatus tingkat kecerahan, saturasi dan lainya.
  • Pilih smartphone yang memiliki kamera memumpuni contohnya saja Samsung J Series .


Berbicara mengenai smartphone Samsung J Series, kemarin para blogger merasakan sendiri kelebihan dari produk Samsung ini. Dan kebetulan saya mendapatkan kesempatan mencoba Samsung J6. Saya sendiri sih pastinya tidak meragukan kualitas dari handphone Samsung karena saya memakai Handphone dan Tablet dari Samsung yang mana secara kualitas ini sangat bagus.

Okelah saya tidak akan sharing mengenai gawai punya saya tapi saya akan sharing sensasi memakai Handphone Samsung J6 saat menonton Pertandingan Atletik di Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Setelah mengikuti mini talkshow dari bang Rino kita semua menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan membawa Handphone Samsung J series yang sudah di bagikan. Ini kali pertama saya memegang Samsung J6 yang mana dari segi body ini comfortably stylish banget dan Samsung J6 memiliki 3 warna yaitu gold, blue and black.

Untuk layarnya sendiri Samsung J6 sangat kekinian karena layarnya Infinity Display berukuran 5.6 inci yang di bawahnya lalu panel super AMOLED nya itu membuat layar lebih lega. Sebelum menginjak GBK saya pun mencoba fitur-fitur yang ada di Kamera salah satunya fitur stiker yang lucu-lucu. 

Lucu banget kan? 😆



Hasil foto dengan stiker tidak hanya lucu tetapi juga wajah kita lebih terlihat mulus karen kamera depannya beresolusi 8MP sehingga hasilnya pun cukup memuaskan. Setelah puas berwifie ria kita semua menuju Gelora Bung Karno.

Menginjak kawasan GBK sudah lumayan sore sekitar jam 5 an, saat memasuki Gerbang masuk lautan manusia sudah terlihat dari kejauhan. Disinj saya mulai mengikuti sedikit tips dan trik yang sudah bang Rino berikan tadi.

Kawasan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno ini dibagi menjadi tiga sesuai dengan nama Maskot yaitu Zona Bhin-bin, Zona Atung dan Zona Kaka. Yang saya masuki itu Zona Bhin-bhin karena kebetulan saya masuk di gate 5.



Tepat di belakang patung Presiden RI pertama Ir. Soekarno di sediakan layar TV cukup besar yang mana menampilkan pertandingan secara live. Di kawasan ini ratusan orang melihat layar lebar itu penuh semangat, ada yang duduk ada juga yang berdiri dan semua menyatu disini, sorak-sorak dan memberikan semangat juga tak henti kepada para Atlet Indonesia yang sedang berjuang. Sungguh ramai di kawasan ini. 



Tak ingin menyia-nyiakan keseruan ini saya pun mengambil beberapa foto dengan menggunakan Samsung J6. Hasilnya gimana? Ya meskipun minim cahaya karena sore hari tapi kamera handphone Samsung J6 masih menghasilkan gambar yang cukup jernih.



Saat menginjak depan Stadion utama  saya makin merinding karena ini kali pertama saya melihat jelas dengan dekat stadion kebanggaan Indonesia, warna warni lampu LED paun mengiasi luar stadion. Hanya dengan berbekal Samsung J6 dengan kondisi yang sudah malam semua terlihat oke karena Handphone Samsung J6 memiliki kamera belakang 13MP autofocus dengan aperture f/1.9 dan di dukung LED Flash jadi hasil foto tidak begitu gelap saat malam hari.



Saat memasuki Stadiun utama saya merinding banget karena megah luar biasa, bangku-bangku yang cukup nyaman, lampu-lampu LED pun megah menyinari isi stadion lalu ada yang menarik bahwa bangku-bangku itu berwarna merah putih, pokoknya Indonesia banget deh.

Tak lama pertandingan pun di mulai. Stadion ini pun diisi oleh beragam warga negara, ya tidak hanya warga Indonesia tapi juga ada warga negara lain seperti India, Jepang dan masih banyak lagi. Mereka datang bukan hanya menikmati pertandingan tetapi juga pastinya sebagai dukungan mereka untuk atlet yang berjuang untuk negaranya.



Tak lama setelah memasuki dalam Stadiun dan duduk di tribun saya pun memeilih duduk paling depan karena ingin lebih jelas melihat lara atlet bertanding.  Dan memang saja posisi saya ini bisa dibilang bagus banget karena jarak saya dan atlet pun hanya beberapa meter.



Tak ingin menyianyiakan momen ini saya juga memotret para atlet yang sedang bertanding. Suara begemuruh isi stadion pun makin ramai saat atlet Indonesia bertanding, teriakan Indonesia, Indonesia pun membuat bulu kuduk merinding, ya walau tidak kenal siapa mereka tetapi kita satu, satu rumpun dan hidup di Indonesia.


Walaun pada akhirnya tidak menang, saya tetap bangga dan mengapresiasi para atlet yang bertanding kemarin karena saya tau mereka pastinya sudah memberikan yang terbaik. Apa pun hasilnya saya tetap bangga apalagi menjadi bagian salah satu penonton yang melihat langsung, rasanya tuh beda banget saat nonton pertandingan di televisi dan di lapangan. Kalau di lapangan aura dan energi semangatnya berasa banget.

Ahhh...senangnya bisa mendukung atlet Indonesia berjuang di Asian Games secara langsung dan sangat senang juga akhirnya bisa merasakan mengabadikan momen- momen seru pakai handphone Samsung J6 yang menghasilkan foto cukup bening dan jernih.  Terima kasih Viva.co.id #1newstainment dan Samsung atas keseruannya, sungguh pengalaman yang sangat berharga bagi saya karena bisa merasakan euforia Asian Games 2018.

42 comments:

  1. Keren juga bisa menyaksikan pertandingan secara langsung. Tentu sangat berbeda saat menonton di televisi, semangat para atlit dapat kita rasakan saat berada di lapangan. Fotonya bagus, tentu androidnya keren juga ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beruntung banget bisa liat pertandingan langsung. Iya hasil fotonya bagus, semua samsung J series rata2 emang bagus sih hasilnya.

      Delete
  2. Meski udah gelap tetep bagus ya hasil fotonya. Samsung emang terkenal kameranya oke sik.
    Eh trus hapenya boleh dibawa pulangkah? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss gelap hasilnya bagus soale iso nya di naikin juga kak,,hehehe doakan semoga saya bisa punya smartphone J series ya kak.

      Delete
  3. event 4 tahunan yang sayang kalau luput dari jepretan ya terutama yang liat langsung karena hasilnya bisa diliat yang berhalangan hadir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bener banget momen kaya gini tuh penting banget buat diabadikan.

      Delete
  4. Asyik ya bisa nonton langsung Asian Games.. Pasti terasa banget euforianya.. Hasil jepretan Samsung J Series keren juga ya, Mbak? Gak kalah jauh lah sama kamera pro.. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak seneng banget rasanya bisa lihat langsung euforianya,, iyes kak ga kalah hasil fotonya sama dengan kamera pro.

      Delete
  5. Informasinya keren banget mbak. Bisa ua ternyata dapatkan foto yang bagus dengan kamera smartphone. Nah, kalau smartphone sekelas samsung mah emang tak diragukan lagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak asal tau tips dan triknya nah emang iya Samsung terkenal kualitas kameranya bagus.

      Delete
  6. Kalau foto di tempat gelap, daku jarang utak-atik ISO, padahal ternyata itu penting yah buat kualitas foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ISO nya ya 1000 lah dinaikin jadi biar lebih terang dan jelas.

      Delete
  7. Keren juga ya hasil jepretannya. Dengan tips dan trik yang diberikan, plus kamera yang mumpuni, jepretan hape pun bisa sekeren kamera profesional.

    ReplyDelete
  8. Seru banget acara nya ya kak... Btw aku jadi kepengen Samsung J series ini deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget kak,,,aku pun pengen banget punya biar hasil fotonya keren pluss dapur pacunya itu lhooo idaman banget yes cocok buat pekerja digital kaya kita.

      Delete
  9. Bikin shootlist itu sebetulnya membantu saat event, moment apa aja yang mau kita foto. Jadi di luar shootlist bisa fokus sama pertandingan. Tapi kadang suka kelupaan bikin, akhirnya foto-foto membabibuta haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya sih bener banget kadang kebawa suasana jadi lupa mau foto apa.

      Delete
  10. Seru ya bisa nonton langsung Asian Games 2018. Entah kapan lagi bisa menyaksikan event dunia seperti ini, jadi memang harus diabadikan, pilih kamera HP yg bagus biar hasilnya bagus juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget dan beruntung banget bisa menyaksikan langsung. Iyes kak pilih kamera hp yang bagus agar hasilnya juga bagus.

      Delete
  11. wah, terlihat bagus banget hasilnya ya, memang juara lah samsung, btw mba senang banget bisa hadir di sana lsg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak hasilnya bagus,,jernih gitu. Jelas senang banget donk kak.

      Delete
  12. Bangga banget bisa langsung lihat kemeriahan Asian Games, hasil foto-fotonya keren yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangga donk kak heheh,,iya nih kebanyakan fotonya pakai Samsung J6.

      Delete
  13. Ternyata hasil foto-foto ka Amel yang diunggah si sosmed selama ini pakai Samsung ya.. keceh emang hasilnya.. selain hp yang mumpuni, memang butuh teknik pengambilan gambar yang tepat juga dan edit gambar sedikut, langsung banyak deh likenya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyes kak kemarin yang upload tentang Asian games itu pakai Samsung J6, bagus kan hasilnya hehe.

      Delete
  14. Wuiih Mba Amel, Tips dan Trik Mobile Photography Like a Pro itu kereen bangat, terima kasih sudah diingatkan lagi.

    Itu stickersnya lucu-lucu bangat ya Mba, jadi pengen punya Samsung juga deh klo begini hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku pun pengen punya samsung J series nih dapur pacunya kke punya terus kameranya juga bagus.

      Delete
  15. harganya berapa sih mbak J6. Saya pernah coba j7 sama j5, eh ternyata ada j6 juga..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku tau sih ya Samsung J6 ini sekitar 3 jutaan sih ya kalau beli online hehe.

      Delete
  16. wuiihhh.. datang langsung ke GBK... cuma aku yg gak sempat kesana waktu acara Asian Games ini.. hiks.. hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak datang langsung hehe,,semoga aja ya kalau ada acara semacam ini kamu bisa datang hehe.

      Delete
  17. Wah seruuuu ya Mba Amel, bisa nonton para atlet berlaga langsung di lapangan. Aku dari pembukaan sampai penutupan tidak sempat dukung langsung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu bangettt emang dulung langsung,,ehh kenapa ga ke GBK kak? Padahal seru banget lho hehe.

      Delete
  18. Emang juara ya kalo hape Samsung J6 dibawa motret... Apalagi yang pake udah mahir mobile fotografi, makin juara.
    Nice share mbak Amel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya ya cakep hasilnya ,,jadi pengen punya heuheu.

      Delete
  19. Seru ya bisa menonton langsung perhelatan Asian games 2018. Seneng lihatnya mbak

    ReplyDelete
  20. Seru banget ya nontonnya mba. Gregetan akunya kalo nonton langsung atletik Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya seru plus greget ya kak hehe.

      Delete
  21. Aku juga kemaren ngejajal nih HP bagus banget hasilnya yaa

    ReplyDelete

Melancong Ke Bandung Sendiri, Kenapa Tidak?

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? semoga makin penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Beberapa hari lalu membuka memori smartph...