Thursday, September 6, 2018

Finhacks 2018 #DataChallenge , Kompetisi Para Talenta Big Data Persembahan Bank BCA


Finhacks 2018


Anak-anak muda di Indonesia tuh banyak yang hebat dan pintar , mereka semua bisa memajukan bangsa ini dengan kelebihan yang mereka miliki. Itu adalah sepintas kalimat yang saya dengar di Commuterline saat ingin pulang ke rumah. Terus terngiang di pikiran saya dan saya pun sanhat setuju dengan pernyataan tersebut bahwa anak muda di Indonesia ini pintar-pintar.


Ya benar saja, selama ini saya sudah banyak menghadiri acara yang sangat menginspirasi dimana para narasumbernya itu para anak muda yang membangun negeri dengan keahliannya misalnya saja Belva selaku Founder Ruang Guru yang turut membangun negeri melalui jalur pendidikan, itu baru Belva lho masih banyak Belva -belva di luar sana yang memiliki potensi untuk memajukan bangsa.

Nah belum lama saya menghadiri acara Roadshow Finhack 2018 #DataChallenge persembahan dari BCA. Peserta yang hadir disini adalah anak muda yang memiliki talenta big data.

Sudah 3 tahun berturut-turut PT Bank Central Asia Tbk ( BCA ) menyelenggarakan Finhack dengan konsep "Hackathon" dan tahun ini menyelenggarakan konsep yang berbeda yaitu Konsep Data Challenge.

Apa sih Finhack 2018 #DataChallenge ? Jadi Findhack Data Challenge ini adalah sebuah kompetisi untuk para talenta big data dan IT di Indonesia dalam mengembangkan solusi inovatif yang mampu menjawab permasalahan bisnis dari perspektif data science berdasarkan koleksi data yang terkait dengan industri financial.


Big data itu sendiri memiliki manfaat bagi industri perbankan yang mana berguna mengumpukan informasu mengenai para nasabahnya secara detil. Jadi bisa dibilang big data ini untuk melihat rekam jejak nasabahnya. Rekam jejak ini juga bisa di pantau dari aktivitas media sosial si nasabah tersebut.

Nah semua bisa terlihat tuh aktivitas dan rekam jejak si nasabah dengan cara dibuatnya algoritmanya nah dari algoritma ini nantinya bisa dilihat apakah si nasabah ini suka melakukan hal-hal negatif atau si nasabah ini baik.

Gimana ngerti ga? Hehe oke lah saya ga akan berbicara mengenai big data tapi saya akan menjelaskan mengenai Roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge.




Kompetisi Finhacks 2018 #DataChallenge merupakan wujud dukungan potensi anak bangsa di bidang data science dan juga kontribusi BCA sebagai bank swasta terbesar di Indonesia untuk mengembangkan solusi perbankan.

Saat Roadshow kemarin tidak hanya pemaparan mengenai langkah-langkah mengikuti Finhacks 2018 #DataChallenge saja tapi juga ada sesi workshop data science untuk menambah wawasan para peserta dan meningkatkan kemampuan peserta di kompetisi ini.

Pada Roadshow kemarin hadir juga bapak Armand Wahyudi Hartono selaku Wakil Presiden Direktur BCA beliau mengungkapkan bahwa Kami ingin mengajak semua pihak , terutama komunitas data science di Indonesia untuk bergabung dan memanfaatkan kesempatan ini. Kompetisi ini juga menjadi ajang untuk membangun jaringan dan menambah wawasan serta sharing pengetahuan.

Di Kompetisi ini para peserta dituntut mengembangkan model matematika yang mampu memberi solusi untuk 3 kategori permasalahan. Dan berikut yang akan di lombakan :

Sebagian gambar diambil dari finhacks.id


  • Credit Scoring 
  • Fraud Detction
  • ATM Cash Optimization

Syarat peserta Finhacks 2018 #DataChallenge :

  • Warga Negara Indonesia.
  • Data scientist, IT developer, Mahasiswa IT, start up Indonesia.
  • Minimal berusia 17 tahun.
  • Memiliki jartu identitas diri yang masih berlaku sepeti ( Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor ).
  • Bisa daftar secara individu atau kelompok  ( tim maksimal 3 orang) 
  • Mengikuti Online Pre-Assesment 

Lalu cara mengikuti Finhacks 2018 #DataChallenge gimana? 


  • Registrasi 
Para peserta harus melakukan registrasi melalui website finhacks.id . Para peserta bisa mendaftar secara individu atau kelompok. Dan untuk kelompok atau Tim maksimal 3 orang.
  • Online Pre-Assesment Test 
Setiap peserta yang sudah mendaftar wajib mengikuti dan menyelesaika Online Pre-Assesment ates dalam waktu yang sudah di tentukan. Nah bagi yang lolos pada Online Pre-Assesment Test peserta berhak ke babak selanjutnya.
  • Online Data Challenge
Ini tahap setelah oara peserta lolos Online Pre-Assesment Test . Pada tahap Online Data Challenge peserta akan mendapatkan data set kompetisi yang dapat di unduh di halaman dashboard akan peserta untuk membuat machine learning model . Nah ada tiga kategori yang bisa dipilih untuk mengikuti kompetisi ini  ada Fraud Detection , Credit Scoring dan ATM Cash Optimazation.
  • Demo day
Demo day merupakan tahap menuju akhir yang mana total ada 15 finalis yang bersaing untuk memperebutkan hadiah utama. Para peserta ini harus mempresesntasikan langsung di hadapan juri.

Total Hadiah Finhacks 2018 #DataChallenge senilai Rp 450 juta 



Dari sepanjang kompetisi Finhacks, hadiah tahun ini jauh lebih besar dari tahun sebelumnya yang mana ada total hadiah sebanyak Rp 450 juta untuk masing-masing kategori yang akan di pilih lima tim terbaik.

Gimana tertarik mengikuti Finhacks 2018 #DataChallenge ? Hadiahnya lumayan banget lho dan ini adalah kesempatan buat kamu menambah wawasan mengenai data science dan juga membangun jaringan. So.tunggu apa lagi cuss buruan deh daftar  sebelum tanggal 8 Oktober 2018 di https://finhacks.id/  .







16 comments:

  1. Salut dengan hackaton yang digelar BCA, memberdayakan kemampuan anak muda Indonesia di pada bidang data science. Bagi peserta bisa mendapatkan pengetahuan dan berkesematan dapat hadiah menarik.

    ReplyDelete
  2. keren nih jadi bisa jadi wadah para IT ya untuk mengembangkan skill juga, keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk bisa mengembangkan skill sama networking juga hehe.

      Delete
  3. Mantap! semoga ada yang bikin inovasi supaya Scamming ATM berkurang :D

    ReplyDelete
  4. Seneng bacanya, teknologitinggi kalau dipergunakan dengan baik akan menjadi program yang bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Yaaas, semoga dengan adanya Finhacks ini para IT di Indonesia semakin berkembang untuk membantu kemudahan masyarakat!

    ReplyDelete
  6. Hadiahnya besar banget! sebandinglah ya dengan usaha para anak-anak muda dalam menciptakan fintech yang inovatif sebagai solusi dari permasalahan keuangan ya ada. Great Idea for BCA

    ReplyDelete
  7. Nah ini dia yang ditunggu-tunggu kalangan anak IT supaya semakin diakui dalam instansi dan berkembang luas.

    ReplyDelete
  8. Aku juga kagum dengan belva ruang guru. Bisa dishare ke teman2 TI nih..

    ReplyDelete
  9. Total hadiahnya kenapa bikin ngiler ya? Hhehe. Tapi memang dengan adanya kompetisi seperti ini bikin jadi semangat ya mba biar berkarya

    ReplyDelete

Pelayanan Hotel Bintang 5 di Jakarta Yang Bikin Betah Untuk Staycation

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? semoga sehat selalu , penuh berkah berlimpah ya sekeluarga. Entah kenapa Shakila dan Kezia bel...