Saturday, September 15, 2018

Zona Kalap Surganya Pecinta Buku di Indonesia International Book Fair



"Buku adalah Jendela dunia"
 Assalamu'alaikum semua...gimana kabarnya? Baik kah? Semoga kita semua sehat selalu dan penuh berkah ya. Oya,, kamu pernah dengar ga sih satu kalimat pembuka diatas? Buku adalah jendela dunia ? Pastinya pernah karena kalimat diatas pun sudah tidak asing lagi di telinga kita.


Arti dari kalimat diatas memang benar adanya yang mana kita bisa melihat dunia hanya dengan membaca buku, iya lewat membaca kita bisa belajar banyak mengenai kehidupan, sains , belajar agama dan masih banyak lagi. Karena manfaatnya yang banyak saya pun sudah mengajarkan anak-anak untuk membaca dan mencintai buku sejak dini.

Dengan mencintai buku sejak dini Alhamdulillah Shakila dan Kezia sampai saat ini hobi banget baca buku, misalnya kalau ke toko buku setidaknya kita semua menghabiskan waktu minimal 2 jam lah di toko buku hanya sekedar membaca.Ga ada jadwal rutin juga sih ke toko buku tapi pasti setidaknya seminggu sekali ya kita ke toko buku, nah kalau untuk beli buku sendiri sih ya tergantung diskon sama dompet juga hehe. Tapi yang pasti saya beli sesuai kebutuhan, beda halnya dengaan buku pelajaran ya hehe yang mana mau ga mau kita harus beli.

Bazar buku atau pameran buku yang paling di tunggu oleh saya karena disana saya bisa puas membaca , melihat dan mencari buku favorit dengan harga yang bisa di bilang lebih murah dari biasanya.



Indonesia Interational Book Fair 2018 


Alhamdulillah yes akhirnya bazar atau pameran buku hadir kembali, ya IIBF atau Indonesia International Book Fair 2018 berlangsung mulai tanggal 12-16 September di JCC ( jakarta Convention Center ). Beruntung banget saya salah satu orang yang menghadiri acara pembukaan IIBF beberapa waktu lalu di JCC.

Ini kali ketiga saya ke event tahunan ini dan baru kali ini saya menghadiri langsung pembukaan Indonesia International Book Fair 2018. Yang hadir pada acara ini cukup banyak dan ada banyak tokoh-tokoh misalnya saja Pak Triawan Munaf selaku Ketua Bekraf , duta besar Arab saudi dan masih banyak lagi. Menariknya acara dibuka oleh traditional dance, sungguh keren banget sih menurut saya. Dan dilanjut dengan berdoa bersama yang man demi kelancaran acara ini.


Sambutan pertama dari Ibu Amelia Safitri selaku Ketua Panitia IIBF 2018 beliau mengungkapkan rasa terima kasih ke semua pihak yang mendukung event IIBF 2018 terutama IKAPI ( Ikatan Penerbit Indonesia ). IIBF merupakan event tahunan dan tahun 2018 ini merupakan tahun ke 4 nya.  Tahun ini ada 62 peserta dari dalam negeri dan 34 peserta dari 17 negara yang berpartisipasi.


Hadir pula bapak Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif  (Bekraf) yang mana beliau mengungkapkan bahwa pemerintah selalu mendukung acara untuk meningkatkan literasi Indonesia terbukti dengan adanya Undang-Undang sistem pembukuan dengan nama UU Nomor 3 Tahun 2017.

Pada IIBF 2018 tahun ini ada beberapa kementrian yang turut mendukung acara yang misalnya dari Kementrian Kesehatan dan Kementrian Pekerjan umum dan Perumahan Rakyat yang mana membuka booth.di setiap boothnya mereka memberikan edukasi literasinya ada juga games-games menarik yang tentunya berhadiah. 


Setiap tahunnya para pengunjung IIBF selalu meningkat dan acara ini salah satu sarana promosi  para penerbit luar dan dalam negeri untuk mempromosikan buku mereka. Pada aara pembukaan juga IKAPI Ikatan Penerbit Indonesia memberikan apresiasi dengan menghadirkan IKAPI Award.

Ada 3 kategori IKAPI Award yang di umumkan yaitu Literasi Promo of The Year, Writer of The Year dan Book of The Year. Untuk Literasi Promo of The Year jatuh kepada Pustaka Bergerak Lampung . Lalu untuk Writer of The Year diraih oleh penulis buku Aroma Karsa, Dewi Lestari atau yang lebih dikenal dengan Dee Lestari dan untuk Book of The Year diraih Prof. Rhenald Kasali.


Kalau dilihat dari para pemenang sangat pantas mereka meraih penghargaan tersebut karena memang karya-karya mereka itu bisa dibilang bagus-bagus. Selesai pemberian penghargaan saya pun dan teman blogger keliling IIBF 2018 dan ada beberapa alasan kenapa kamu harus kesini.

Kamu harus ke Indonesia International Book Fair 2018 


  • Masuk Gratis 

Siapa yang tidak senang jika masuk ke sebuah event tidak ada biaya masuk,, hehe yes untuk masuk ke IIBF 2018 ini gratis alias tidak di kenakan biaya , kamu cukup datang ke Plenary hall JCC saja.



  • Zona Kalap 1 Juta Buku diskon 50%-80% 

Nah ini dia zona yang sangat di tunggu-tunggu oleh para pecinta buku yaitu Zona kalap yang mana di zona ini buku impor, buku lokal, alat tulis, mainan dan masih banyak lagi di diskon hingga 80% . Harga di zona ini mulai dari 2 ribu rupiah saja lho. 

Saat kemarin saya ke zona ini selalu peuh dan rame karena mungkin murah tapi jangan khawatir karena ada sekitar 5 kasir disini dan untuk pembayaran juga bisa cash atau debit karena ada mesin EDC.



Zona kalap ini bagi saya cukup lengkap dan murah-murah bayangkan saja buku hard cover yang lumayan tebal dibandrol mulai 20 ribu rupiah. Untuk alat tulis juga mulai harga 2 ribu rupiah saja.

  • Banyak Talkshow menarik

Selain menghadirkan bazar buku di IIBF ini ada 100 lebih acara mulai dari talkshow bersama penulis buku, meet and greet beberapa artis dan masih banyak lagi. 

Jadi di IIBF ini ada beberapa panggung yang mana setiap panggungnya menghadirkan acara untuk para pengunjung. Ada juga lomba matematika juga lho.


  • Doorprize Visa Umroh dan Haji

Ini dia salah satu alasan kenapa kamu harus ke IIBF karena setiap harinya akan di undi doorprize free visa Umroh dan Haji setiap harinya. UNtuk mengikuti doorprize kamu cukup belanja buku lalu mendapatkan kupon yang nantinya akan di undi.

  • Bursa Naskah 

Di Indonesia International Book Fair ada yang namanya bursa naskah yang mana para penulis bisa membawa naskah karyanya dan bisa langsung diberikan ke penerbit dan penulis juga bisa konsultasi juga. 

Jadi buat kamu yang punya karya jangan lupa deh bawa naskah karya kamu ke IIBF karena ini kesempatan buat kamu agar karya kamu di terbitkan.



Gimana cukup menarik? Tapi tidak hanya itu aja lho keseruan ini yaitu banyak booth-booth yang di percantik dan juga bagi-bagi hadiah misalnya saja tas batik, mug , dan masih banyak lagi. Ada sedikit tips dari saya nih, jadi kalau kesini jangan lupa juga bawa uang cash yang lumayan ya karena tidak semua booth menyediakan mesin EDC dan harus membayar cash. Kalau ke Indonesia International Book Fair membawa si Kecil bisa membawa baby stroler ya karena kita disana itu pasti keliling-keliling dan rasanya 2 jam disana itu tidak cukup. Nah jadi tunggu apa lagi nih yuk ke Indonesia International Book Fair 2018 mumpung sampai tanggal 16 September 2018 lho.








12 comments:

  1. Waah ada booth Ana Solehah juga ya. Anakku suka tuh.

    ReplyDelete
  2. Aiiihh, lagi-lagi aku ketinggalan event kayak gini, padahal lagi mau cari buku anak-anak, lagi mau kalap beli buku, hahaha, udah sebulanan ini nggak ke toko buku, budget beli buku belom kepake :D

    ReplyDelete
  3. Kalau saja dekat, saya pasti datang berulangkali. Ga tahu kalau ketemu buku suka betaaah...
    Lagian kebetulan pondok baca yang kami kelola sedang membutuhkan buku baru. Sudah setahun bukunya itu2 saja.

    ReplyDelete
  4. Buset! Diskonnya sampe 50%-80%??? Gila nyesel banget saya gak ke sana waktu itu.. padahal dah diajakin teman, cuma karena ragu ke sana, jadi malas.. aduh.. penyesalan memang datang terakhir ya... sial.. Besok-besok kalau ada lagi saya gak bakal ragu lagi deh. Makasih banyak kak infonya!

    ReplyDelete
  5. Haduuuuhhhhhh... aku melewatkan Indonesia International Book Fair, liat foto-fotonya amel bikin iri.

    ReplyDelete
  6. Aah kalo dateng ke acara ginian emang bikin kalap, segala buku pengen dibeli apalagi kalo ada diskonan hahahaa..
    Ameeel...

    ReplyDelete
  7. masyaallah ini langaung ngileeer baca artikelnya. Udah kama gak ke bookfair. kangen borong bukuuu hahha

    ReplyDelete
  8. Kemarin mau kesana gak sempat jadi kelewat deh buku-buku murahnya, tahun depan ada lagi kan ya Mel.

    ReplyDelete
  9. International indonesia book fair memang murah dan surga dunia buku
    Sayangnya mpo kemarin kurang sehat jadi tidak datang. Stand arab saudi ok loh , umroh gratis

    ReplyDelete
  10. Gue punya Buku sampai 2 lemari. Sayang banget nggak bisa kesana

    ReplyDelete
  11. kamu beli apa aja hayooo di sana? dengan diskon yang seheboh itu pasti kalap parah sih ya hahahha

    ReplyDelete

Pelayanan Hotel Bintang 5 di Jakarta Yang Bikin Betah Untuk Staycation

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? semoga sehat selalu , penuh berkah berlimpah ya sekeluarga. Entah kenapa Shakila dan Kezia bel...