Friday, September 7, 2018

Mendidik Anak di Era Digital


Hallo Moms and Dads gimana kabarnya? Semoga kita semua sehat selalu dan penuh berkah berlimpahnya...Amin. Moms and dads kalau boleh tanya nih suka bingung ga sih mendidik anak di era digital saat ini? Saya sendiri masih agak khawatir ya karena  jujur saja anak-anak saya yang masih Sekolah dasar ini sudah saya kasih gadget, awalnya sih untuk komunikasi tapi kok ya makin kesini mereka jadi keasyikan nonton youtube dan main gadget ya. Tapi masih agak wajar sih soalnya saya hanya memberikan mereka waktu maksimal main gadget itu 3 jam lah ( ehh masih wajar ga sih hehe).



Rasa khawatir dan was-was pasti tidak hanya dirasakan oleh saya saja, masih banyak orang tua yang takut anaknya kecanduan gadget dan berdampak negatif untuk anak itu sendiri. "Tapi sesungguhnya moms, kehadiran gadget ini jangan di salahkan tapi yang harus di salahkan itu cara penggunaanya, begitu lah kutipan dari Elizabeth T Santosa seorang Psikologis yang menjadi narasumber di acara talkshow parenting beberapa waktu lalu.



Bertempat di Singapore Intercultural School Bona Vista , Jl. Bona Vista Raya Lebak Bulus, Jakarta Selatan saya mengikuti talkshow parenting dan touring school beberapa waktu lalu bersama Blogger Perempuan.  Ini kali pertama saya menginjak SIS Bona Vista Lebak Bulus. Berhubung dekat rumah saya naik motor kesini heuheuu dan tau ga sih para petugas disini tuh ramah-ramah banget. Waktu sampai parkiran saya di antar oleh salah satu petugas untuk menuju ke ruang acara.

Saat masuk wilayah sekolahnya hmmm jangan di tanya, namanya juga sekolah swasta yang bertaraf internasional, bersih , rapih dan masih banyak lagi yang saya harus ceritakan. Tapi nanti ya setelah saya jabarkan hasil sharing bersama mba Elizabeth.

Okeh,,,sebelum talkshow ada sambutan dari Mr. John selaku Kepala sekolah SIS Bona Vista Lebak Bulus.  Dan kemudian baru deh pemaparan dari Miss Lizzie nama akrab dari Ellizabeth T Santosa.




Menurut Miss Lizzie mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman yang mana saat jni memasuki era digital. Jangan pernah menyalahkan kehadiran gadget ya tapi cara penggunaanya. Pengenalan gadget dan internet itu bagai pisau bermata dua yang mana jika salah dalam penggunaanya akan berdampak negatif , anak bisa jadi kecanduan gadget dan mengganggu tumbuh kembangnya.

Namun mika pengunaan gadget dengan benar maka akan berdampak positif bagi si anak itu sendiri karena sekarang banyak kok anak-anak yang sukses dan berprestasi yang berawal belajar dari gadget asalkan kita sebagai orang tua mendampinginya.

Lalu usia berapa sih anak dikenalkan dengan gadget?nah sekarang usia anak-anak juga sudah bisa dikenalkan tapi sekali lagi peran orang tua terus memantau, membatasi dan mendampinginya . Orang tua dan anak bisa kok belajar bersama melalui gadget misalnya saja tuh banyak aplikasi cooking mama yang mana kita bisa belajar masak bersama anak dan juga tentunya bonding sama anak tetap terjalin. Nah makanya tuh orang tua zaman now itu harus lebih pintar dan perlu tau apa yang lagi hitz saat ini, yang bisa membawa dampak positif untuk semua.

Miss Lizzie pun memaparkan juga nih karakteristik anak era digital itu beda dengan karakteristik anak dari generasi sebelumnya , maka dari itu orang tua harus tau semua karakter anak era digital.

Karakteristik Anak Era Digital 



  • Memiliki ambisi besar untuk sukses
  • Generasi baru mencintai kepraktisan
  • Berpreilaku instan-speed
  • Cinta kebebasan
  • Percaya diri
  • Keinginan besar untuk mendapatkan pengakuan
  • Digital dan teknologi informasi


Karakteristik anak zaman now juga cenderung negatif karena bisa jadi pengaruh lingkungan. Pada dasarnya anak itu seperti kertas putih, karena lingkungan, pergaulan dan masih banyak lagi. Lalu kenapa sih anak sekarang katanya kurang santun? Ya itu tadi karena masalah lingkungan . 

Yang membuat anak sekarang dan anak dulu yaitu tingkat kesulitannya juga, nah kalau dulu kita ingin mendapatkan sesuatu harus kerja keras dan kalau sekarang semua serba mudah.

Kalau sekarang orang tua juga cenderung tidak tegaan sama anak. Dia anak pengen gadget di kasih, nanti kalau anaknya nangis ya biarin aja di kasih daripada nangis. Nah itu yang salah, kita sebagai orang tua harus tau yang namanya membahayakan untuk anak dan tidak.

Orang tua harus tega jika anak nangis karena ingin terus bermain gadget tanpa kenal waktu. Kita harus tega demi kebaikan anak. Kalau anak sudah kecanduan gadget gimana? Ya kita harus tega tidak memberikan dia gadget, mungkin awalnya mereka akan nangis dan ngamuk karena tidak di beri gadget tapi setelah seminggu mungkin anak akan berhenti mengamuknya . Dia akan terbiasa dengan kegiatan setiap harinya tanpa gadget. 

Semua anak yang sudah kecanduan gadget bisa sembuh kok seperti anaknya Miss Lizzie asalkan orang tuanya tegas dan memberitahukan bahwa semua hidup ada aturannya begitu juga dengan penggunaan gadget yang mana ada batasa waktu pemakaiannya. 

Melihat dari karakteristik anak era digital tadi juga bahwa Internet dan Sosial media merupakan satu-satunya tempat untuk mengekspresikan diri . Nah disinj peran orang tua memberi contoh yang baik untuk anak, misalnya saja saat berkumpul dengan keluarga yang mana orang tua tidak selalu memegang gadget ( uhuukkk berasa tertampar banget nih hehe ) dannkrang tua juga harus memberikan contoh bijak menggunakan internet dan sosmed ke anak-anak. Lalu bagaimana aturan yang baik pemakaian gadget dan internet untuk anak?.

Tips Menggunakan Internet dan Sosmed 


  • Penggunaan sosial media tidak di peruntukan untuk anak di usia 13 tahun
  • Aplikaso peraturan dasar
  • Setting privasi dalam social media
  • Gunakan perangkat lunak yang dapat menyaring website ( filtering software )
  • TIDAK menggunakan laptop atau komputer di kamar untuk anak di bawah usia 14 tahun
  • Orang tua perlu jeli untuk memperhatikan situs-situs yang sering ia kunjungi dan orang-orang yang sering berkomunikasi dengan anak
  • Orang tua adapun wajib mencontohkan perilaku teladan dalam menggunakan sosial media
  • Batasi penggunaan telpon genggam fenomena Nomophopia (no mobile phone phopia )
  • Bicarakan dengan anak mengenai bahaya online.
  • Before you posting think.

T = is it True ?
H = is it Hurtful?
I = is it Ilegal?
N= is it Neceasary ?
K = is it Kind?


Remember,,Children see children do. Jadi apa yang dilihat anak itu yang dia lakukan jadi jangan salahkan kehadiran era digital karena era ini eranya anak zaman now. Lalu bagimana dengan anak yang tugas sekolahnya berhubungan dengan gadget dan internet ? Nah itu tadi kita harus terus memantau nya dan memberi tahu dampak bahaya online jadi ya biarkan dia memakai gadget dan internet sesuai keperluan mereka. Saat ini sudah banyak kok penggunaan gadget dan internet di wilayah sekolah misalnya saja di SIS Bona Vista.

Singapore Intercultural School Bona Vista ( SIS Bona Vista ) 

SiS Bona Vista

Singapore Intercultural School atau SIS  merupakan jaringan sekolah yang didirikan pada tahun 1996 dan sampainsaat jni sudah ada 7 sekolah SIS di Indonesia dan untuk centernya yaitu di SIS Bona Vista Lebak Bulus ini.

Terinspirasi oleh potensi Indonesia dan metodologi Singapura yangbterus berkembang , maka kurikulum yang di gunakan di SIS Bona Vista ini ada 3 yaitu Kurikulum Singapura, Cambridge dan IB. Ada 3 bahasa yang di pakai di sekolah ini yaitu bahasa yang pertama yaitu bahasa Inggris, kedua bahasa Mandari dan ketiga bahasa Indonesia. Kenapa bahasa Inggris ? Karena sebanyak 80 persen siswa di SIS itu anak ekspatriat. 

Keunggulan dari SIS Bona Vista yaitu menyiapkan murid untuk sukses di pendidikan selanjutnya dan maksimum murid disini yaitu maksimal 24 murid dalam 1 kelas. Di SIS Bona Vista sangat ketat yang mana jika ingin menjemput harus membawa ID cars khusus dan disini juga banyak cctv  yang mana berguna untuk memtau semua aktivitas.



Di SIS Bona Vista ini sangat kekeluargaan yang mana Orang tua dan sekolah itu sebagai mitra, misalnyansaja ada kegiatan di sekolah orang tua bisa ikut langsung memberikan materi untuk anak-anak lain sebagai contoh ada kegiatan memasak nah para orang tua atau tak sejan memberikan cooking demo. Dan setiap 3 bulan sekali ada pertemuan orang gua murid dan guru.

Di SIS Bona Vista ini anak-anak juga sudah dikenalkan dunia digital misalnya saja untuk anak SMP dianjurkan membawa laptop untuk mengerjakan tugas sekolah tapi jangan khawatir wifi di SIS Bona Vista ini ada sudah di proteksi untuk konten negatif.

Sekolah terbaik di Jakarta selatan
Lapangan olah raga dan taman bermain


Lalu gimana fasilitas SIS Bona Vista? Beuhhh jangan di tanya lengkap banget, mulai dari lapangan olah raga, ruang seni , kolam renang, perpustakaan, taman bermain indoor, kantin yang bersih dan masih banyak lagi. Yupss ,,lengkap banget , bahkan kita semua lara blogger yang hadir diajak touring school unguk melihat semua fasilitasnya. Walaupun lebih banyak ekspatriat design SIS Bona Vista ini Indonesia banget lho yang mana ada aneka hiasan khas dari berbagai daerah di Indonesia misalnya batik atau wayang dan masih banyak lagi.

SIS Bona Vista
Penuh dengan seni di berbagai sudut

Banyak lukisan juga di berbagai sudut
Banyak kerajinan yang terbuat dari bahan daur ulang

Kantin yang bersih dan nyaman

Ruang seni
Salah satu ruang kelas TK 

Disetiap anak tangga ada kata-kata motivasi


Ruang bermain indoor



Perpustakaan

Itu baru sebagian kecil ruangan dan fasilitas yang saya datangi lho dan masih banyak lagi. Gimana bagus ga? Bagus dan lengkap ya fasilitasnya , dijamin deh kalau colour full gini anak-anak juga have fun untuk mengikuti belajarnya.

SIS Bona Vista ini keunggulannya menyiapkan murid-muridnya untuk sukses ke jenjang selanjutnya maka tak heran semua fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Nah buat yang tertarik ke anaknya bersekolah disini SIS Bona Vista mengadakan Open House pada tanggal 15 September 2018 nanti pada jam 9:30-11:30 am di SIS Bona Vista Lebak Bulus . Bisa juga nih datang ke Pondok Indah Mall disana ada booth SIS Bona Vista jadi bisa lah ya bertanya-tanya mengenai sekolah ini. Untuk mengetahui semua kegiatan murid SIS Bona Vista juga bisa lihat di akun instagramnya @sisbonavista .

Perasaan saya gimana setelah kesini ? Ya pastinya senang banget bisa mendapatkan ilmu parenting bagaimana mendidik anak di era digital saat ini dan seru juga sih bisa touring school di SIS Bona Vista, cukup takjub sama semua fasilitasnya yang disediakan dan pplingkungan sekolahnya juga ramah. Mau lihat langsung SIS Bona Vista ?biaa banget nih tinggal datang saja ke sekolah ini, alamat lengakpnya bawah ya. 

SIS Bona Vista Lebak Bulus

Jl. Bona Vista Raya Lebak Bulus Jakarta 122440

26 comments:

  1. Lapangan olahraga sm taman brmainnya enak bgt ya, ruangan lainnya pun bkin betah deh.
    Harus memahami flu Karakteristik anak zaman now ya mbakn agar kita visa tau cara terbaik mndidiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget kak,,betah sekolah disini mahnhehe.

      Delete
  2. Anak kecanduan gadget mungkin karena liat ortunya ya mba :(

    ReplyDelete
  3. Gadget gk selamanya negatif bner bngt yg penting ada kontroling d ortunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes,,bener banget kak Utie tergantung ortunya,

      Delete
  4. Kita orang tua juga harus mendampingi anak saat mereka menggunakan gadget... Tips bermanfaat banget mel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak harus di dampingi nih saat mereka menggunakan gadget.

      Delete
  5. Ini nih sekolah yang bikin mupeng. Kekinian banget. Fasilitas dan kualitasnya bagus. Walopun harganya mahal. Tapi worth it bangeeet. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya ya pengen sekolahin anak disini soale fasilitasnya lengakp.

      Delete
  6. Zaman sekarang semua pakai gadget ya mbak, emaknya bapaknya juga, jadi emang jadinya serba salah, bilang gak boleh, emak bapak pakai, jadi memang ortu harus bijak dalam mendidik anak di era digital ini

    ReplyDelete
  7. Di era digital, treatment dan pola asuh anak juga harus lebih baik ya bunsay. Pasti mahal nih sekolah SIS Bona Vista ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk harus lebih baik dan terpantau juga.

      Delete
  8. Sejujurnya ini PR banget buat saya. Kerjaan saya mesti ngadep hp dan laptop. Di sisi lain anak nggak dibolehin pake hp. Pas sayanya lagi riweuh ngadep gadget, anak jadi dicuekin. Mau ngerjain kalau pas anak tidur, kerjaan yang jadinya berantakan nggak sesuai target waktu.

    ReplyDelete
  9. Setiap anak itu cerdas dan setiap anak itu istimewa.. menjadikan anak cerdas sesuai dengan karakter anak masing-masing sangat penting, orangtua berperan besar dalam mewujudkannya

    ReplyDelete
  10. Saya tuh suka deh dengan pemaparan yg diberikan oleh mba elizabeth. Gaya bicaranya kebarat2an gitu ya.

    Btw, gadget sekarang jadi momok ketakutan para orangtua yaa utk anak2nya. Saya setuju tuh kalau gadget bukan barang yg perlu ditakuti. Tapi barang yg dijadikan alat utk membantu tumbuh kembang anak. Hanya saja kita pantau penggunaannya.

    ReplyDelete
  11. Wab asyik ada sekolab gini...mabal tapi sebanding ya dgn hasil. Kli ada dananya utk anak pasti ortu memberikan yg terbaik

    ReplyDelete
  12. Menjadi orangtua jaman now mesti kudu hati2 mendampingi anak. Harus cerdas mengikuti perkembangan teknologi yg tidak bisa kita tolak. Artikel ini mencerahkan kita bagaimn mendapingi anak jaman now. Tq ya

    ReplyDelete
  13. Teknologi itu gak bisa dibendung apalagi kita hentikan perkembangannya. Jadi.. Kitalah yg harusnya selalu belajar mengikuti perkembangan. Mendidik anak zaman dahulu, jelas beda dengan zaman skrang.

    Krn beda zaman, sudah pasti beda karakter..

    ReplyDelete

Melancong Ke Bandung Sendiri, Kenapa Tidak?

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? semoga makin penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Beberapa hari lalu membuka memori smartph...