Sunday, October 7, 2018

Groundbreaking Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi di BSD City


GIPTI (Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi ) akan hadir di BSD City.

 

Saat mendengar nama Bumi Serpong Damai atau BSD yang pertama terlintas di pikiran saya yaitu kawasan elit lengkap dengan fasilitas gaya hidup masa ini, mulai dari banyaknya Mall, sektor pendidikan, perumahan, kawasan bisnis, kafe, aneka wisata dan masih banyak lagi. Dan tidak lama lagi bahkan akan hadir GIPTI ( Galeri Ilmu Pengetahuan, teknologi dan Inovasi ) di kawasan ini. Beberapa waktu lalu saya menghadiri acara Groundbreaking GIPTI di BSD besama teman blogger.

Untuk menuju kesini awalnya sih mau naik motordari rumah tapi berhubung malas dan badan juga agak capek jadi saya putuskan untuk naik kereta dan dilanjut naek taxi online. Letak GIPTI ini tidak jauh dari ICE ( Indonesia Convention Exhibition) BSD , jaraknya cukup dekat yaitu hanya 1 KM saja. 

Sri Setiawati selaku Kepala Puspitek Serpong


Tak lama acara pun dimulai diawali dengan nyanyian lagu kebangsaaan Indonesia Raya dan dilanjut dengan hiburan Rampak Gendang. GIPTI merupakan proyek kerja sama antara PUSPITEK ( Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ) Serpong bersama Sinar Mas Land . Area GIPTI akan di bangun di lahan seluas 15 hektar. 

Ibu Sri Setiawati selaku Ketua PUSPITEK Serpong mengungkapkan bahwa lahan yang akan di gunakan untuk Area GIPTI ini sudah hampir 40 tahun menjadi lahan tidur, lahan tidak produktif, yang sejak tahun 1978 lahan ini di beli oleh PUSPITEK dan baru hari ini ,lahan ini akan di bangun sebuah kawasan demi kemajuan teknologi dan inovasi. 

Lahan dengan 15 hektar akan dimanfaatkan sebagai show room atau bisa dikatakan sebagai shopping mall untuk ilmu pengetahuan dan teknologi. yang mana nantinya tempat berkumpulnya para pelaku IPTEK baik peneliti, akademisi atau pun para anak-anak muda dan masyarakat lainya dapat berkumpul disini untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat .

Beliau meneruskan bahwa sebenarnya sebuah rencana besar bahwa telah digagas sejak 20 tahun lalu oleh  ingin menjadikan PUSPITEK dan BSD City ini menjadi Teknopolis tetapi rancana itu masih dalam rencana karena pada tahun 1998 pemerintah mengalami krisis moneter sehingga tidak dilakukan. Dan Alhamdulillah pada hari ini mencoba bagaimana menciptakan kawasan teknopolis.

Denah GIPTI


Proyek ini merupakan kesempatan besar untuk membuat Galeri yang nyaman dan tempat berinteraksi. Pengembangan GIPTI juga sesuai dengan prgram pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) PUSPITEK.

Beliau berharap kepada ara start up- start up , para pemuda berbasis teknologi yang berada di BSD dapat mengkomersialisasikan hasil-hasilnya di GIPTI ini . GIPTI yang merupakan showcase kemajuan iptek dan inovasi ini akan terbagi menjadi 5 zona.

Zona yang ada di GIPTI :

  • Zona penerima
  • Zona display dan pengembangan kewirausahaan
  • Zona pelatihan dan penelitian
  • Zona kawasan ruang terbuka hijau yang dilengkapi Gateaway Park, Techno Park, dan Lake Park.

Sebelum GIPTI di bangun saat ini sudah ada 3 tenant yang bergabung yaitu Purwadika untuk Digital Innovation Lab, Walden Global Service untuk Software QA Centre dan Rumah Kreatif Jogja untuk The Hub by Joedo. 

Ibu Sri juga berterima kasih kepada Sinar Mas Land dengan anggaran  CSR nya untuk membantu PUSPITEK untuk dapat mewujudkan industri ini yang tentunya tidak berhenti sampai saat ini.

Christoper Siswanto Adisaputro , CEO Strategic Land Bank Sinarmas Land


Bapak Cristopher Siswanto Adisaputro selaku CEO Strtegic Land Bank Sinar Mas Land menjelaskan bahwa Sinarmas Land sangat mendukung pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di BSD City.

Melalui pembangunan GIPTI ini beliau juga berharap bahwa kolaborasi ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang saat ini tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city  yang mana saat ini BSD City juga sedang meggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi Silicon valley di Indonesia.

Kehadiriran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub. Pengembangan GIPTI ini juga akan banyak menciptakan lapangan pekerjaan, peluang usaha dan masih banyak lagi.

Harapan Sinarmas Land bersama lintas sektor dan berbagai pihak bekerjasama bahu membahu mempersiapkan Indonesia untuk menyongsong era industri dan melahirkan inovasi sebagi penggerak kemajuannya.

Beliau juga mengajak industri di bidang pendidikan untuk berkolaborasi dan berkontribusai secara aktif dalam membangun infrastruktur dan juga sumber daya Indonesia untuk meningkatkan daya saing Indonesia di mata dunia.


Pembangunan Area GIPTI ini memakai dana CSR dari Sinarmas Land mulai dari pembangunan yang melingkupi infrastruktur jalan, lahan, infrastrukturdigital juga seperti internet connection semuanya oleh Sinarmas Land. Kebayang donk gimana kerennya kawasan ini nanti? heuheu.

Melihat pemaparan dan denahnya Area GIPTI ini lebih banyak bagian taman jadi pastinya nyaman banget untuk di kunjungi. Area GIPTI ditargetkan akan rampung pada bulan April 2019. Warga BSD pasti seneng banget ya dengan adanya area ini, ahhh rasanya ga sabar ingin berkunjung kesini, semoga pembangunan Area GIPTI bisa lancar dan cepat selesai.

satu BSD



13 comments:

  1. Aku pikir tadi ada sambutan dari Mba Ani Berta , ternyata kepala puspitek. Keren semua :)

    ReplyDelete
  2. Ketika mendengar Puspitek akan membuat gallery ilmu pengetahuan dan tekhnologi saya sangat bahagia, karena Indonesia membutuhkan banyak tempat2 pengenetahuan seperti ini, jadi semakin banyak tempat rekreasi edukasi tidak melulu ke mall tapi ke gallery ilmu pengetahuan dari Puspitek ini.. semoga nanti pembukaan atau peresmiannya bisa ikutan menyaksikan :)

    ReplyDelete
  3. Makin mengakomodir aja nih BSD dengan GIPTI nya untuk khalayak banyak baik penghuni atau pengunjung yang datang.

    ReplyDelete
  4. Wah mudah2an bisa cepat terealisasi dan segera rampung ya Mba...kan asyik, sy pikir tadinya mau kyk Taman Pintar di Jogja. Ternyata beda

    ReplyDelete
  5. Galeri ilmu pengetahuan, namanya tidak memberikan kesan kening berkerut, hahaha.
    Tempat mendapatkan ilmu pengetahuan, dengan casing ramah.
    Lebih populis, pasti mengundang masyarakat untuk datang ya

    ReplyDelete
  6. Amel, thx u infonya. Coba cek lagi catatan ini. Jangan hanya utk memperbanyak kata,kalimatnya jadi njelimet

    ReplyDelete
  7. Wih BSD makin keren nih, dengan adanya gallery ilmu pengetahuan dan tekhnologi semoga minat masyarakat untuk mencari informasi baru lebih meningkatkan ya mba

    ReplyDelete
  8. Wooow makin keren ya Mba Amel kawasan BSD karena kini sudah dilengkapi dengan hadirnya Galeri ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi, semoga pembangunannya cepat rampung dan saya penasaran pengen lihat gimana nanti tampilannya.

    ReplyDelete
  9. Saya kebayangnya mall nya hahaha. Tapi emanag eawasan elit kan . Terkenal. Apalagi kalo ditambah banyak inovasi berbau teknologi makin mewah kawasan itu

    ReplyDelete
  10. Wah bakalan kawasan macet dong nanti BSD kalau sudah terealisasi ditambah lagi dengan digital hub nya.

    ReplyDelete
  11. GIPTI ini menambah khasanah keilmuan yg bisa kita dapatkan, dan tempatnya juga menurutku pas, nih, di BSD. Mantaab mau kesana aah nanti kalau sudah jadi.

    ReplyDelete
  12. Keren ya, ada GIPTI ( Galeri Ilmu Pengetahuan, teknologi dan Inovasi )di BSD City. Bisa menambah ilmu dan wawasan jika sudah jadi nantinya.

    ReplyDelete

Malam Penganugerahan Piala Merak 2018

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? Semoga sehat selalu penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Alhamdulillah belum lama Shakila an...