Monday, October 8, 2018

Mengenalkan Bijak Menggunakan Air Untuk Si Kecil Lewat Games Edukasi



Bijak menggunakan air untuk kehidupan anak cucu. Kalimat ini sudah sering kita dengar tapi apakah sudah diterapkan bijak dalam menggunakan air?. Alhamdulillah saya sendiri dan keluarga mulai bijak menggunakan air bersih mulai dari mengubah yang dulu di kamar mandi itu pakai bak mandi namun saat ini mandi pakai shower dan kran. 


Ini merupakan perubahan kecil di keluarga saya, kenapa dirubah pakai shower kalau mandi? Karena volume air yang dipakai itu secukupnya dan tidak terbuang banyak di bandingkan mandi menggunakan gayung. Menggunakan shower akan menghemat air hingga 30% dibandingkan gayung dan juga lebih bersih karena tidak ada nyamuk. 

Peelu diketahui juga nih kalau mandi merupakan salah satu aktivitas yang paling besar menghabiskan air bersih jadi lebih baik pakai shower untuk menghemat air bersih. Saya dan keluarga termasuk orang yang beruntung karena di tempat tinggal saya airnya bersih dan tidak mengandung besi. Tidak jauh dari tempat tinggal saya itu airnya jelek mengandung besi jadi kalau untuk memasak mereka membeli air bergalon-galon setiap harinya. 


Tak perlu jauh-jauh di negara lain di beberapa daerah di Indonesia sendiri akalu musim kemarau itu pasti kekeringan dan mengalami krisis air. Untuk mengatasi itu semua salah satu upaya yang harus dilakukan yaitu bijak menggunakan air.

Dalam bijak menggunakan air ini masih banyak orang yang tidak paham bagaimana caranya bijak menggunakan air dan mengetahui  seberapa banyak sih air yang dikeluarkan oleh mereka setiap harinya.

Sadar perlu adanya edukasi dan keterbatasan sumber air baku yang dapat diolah kembali menjadi air baku mendorong kementrian PUPR untuk membangun infrastruktur sistem penyediaan air minum dari hulu ke hilir. Untuk mengatasi hal ini Kementrian PUPR melalui badan peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) meluncurkan Game Edukasi Interaktif Air Minum beberapa waktu lalu.

Acara peluncuran Game edukasi ini dihadiri oleh beberapa pegawai PDAM Kota Tangerang, Anggota Biro Pekerjaan Umum dan lainya. Menurut Bapak Eko Wiji Purwanto selaku Anggota BPPSPAM Unsur Pemerintah tujuan dari di buatnnya Game Edukasi Interaktif Air Minum adalah supaya masyarakat bisa memahami tentang siklus penyediaan air minum dari hulu ke hilir.

Tak hanya untuk masyarakat awan saja, Pak Eko berharap para pegawai PDAM bisa memanfaatkan games ini.  Beliau juga melanjutkan bahwa gamesini masih sangat asar sekali kalau dibandingkan games pro lainya. Namun beliau juga berharap games ini bisa berkembang lagi.







Bapak Bambang Wahyudi menjelaskan kenapa sih meluncurkan games edukasi? nah beliau memiliki pengalaman saat di Australia , jadi angka kecelakaan kereta itu meningkat dan kalau memberikan edukasi lewat poster itu kurang efektif nah agar lebih efektif makan di luncurkan sebuah game di playstore dan appstore.

Setelah games diluncurkan ternyata animo masyarakat luar biasa dan games itu jadi hits. Masyarakat tidak sadar bahwa games tersebut merupakan kampanye edukasi.

Dan apa yang dilakukan BPPSPAM ini merupakan langkah awal untuk kepentingan edukasi bisa disampaikan dengan materi dengan media-media yang lebih dimengerti dan lebih mudah dipahami.




Games Edukasi Interkatif Air Minum yang diluncurkan yaitu ada 2 yaitu Tirta, Make Air. Ada games yang lebih dulu di luncurkan yaitu Petualangan Cika . Untuk Tirta dan Make Air bisa di download secara gratis di Google Play Store dan untuk IOS akan segera menyusul. Nah untuk Games Petualangan Cika bisa di mainkan di browser.

Games Make Air 


Oke saya jelaskan dulu kenapa Make Air jadi games ini mengedukasi bagaimana setiap orang itu mengkonsumsi air atau menggunakan air. Pada games Make Air ada karakter yang namanya ALIRUN . Jadi ALIRUN ini harus melalui pipa-pipa dan bisa " Mengambil " titik-titik air disaluran pipa-pipa tersebut . Dan saat bersamaan juga ALIRUN ini harus menghindari kejaran 4 kawan si Boros yang bergerak kesana kemari. Kalau si ALIRUN kena si Boros ALIRUN akan mati.

Nah ALIRUN juga untuk mendapatkan nilai lebih bisa menjawab 2 pertanyaan dari masing-masing area "bebas" seperti ( wastafel, Toilet, Slang air dan Gelas ) . Bagusnya pada setiap area bebas ini kita akan dikasih pertanyaan atau quiz trivia dan harus menjawab. Setelah menjawab maka akan ada penjelasan mengenai jawaban yang benar.


Cara bermain Games Make AIR :

  • Download aplikasi ini di playstore atau appstore (akan menyusul ) dengan kata kunci BPPSPAM lalu keudian muncul aplikasi Game Make AIR .
  • Login dengan masukan user name, alamat email dan no handphone
  • Klik fitur  mulai permainan.
  • Mainkan , hindari ALIRUN dengan si Boros agar tidak mati.

Games TIRTA


Games TIRTA berbeda dengan games Make Air. Pada games ini ALIRUN mengajak para pemain untuk mengenal dan mengetahui informasi-informasi dasar tentang proses untuk mendapatkan air minum, penyediaan dan pengelolaan air.

Di Games TIRTA ini kita mendapatkan edukasi dasar dan infromasi pada masing-masing kelompok. Jadi permaianan ini ada 3 kelompok orang yaitu Masyarakat, PDAM dan Investor 

Kalau kita masyarakat biasa bisa memilih kelompok Masyarakat . Di kelompok ini masyarakat diberikan edukasi seputar permasalahan air minum di masyarakat , bagaimana proses untuk masyarakat bisa mendapatkan layanan air minum yang baik, serta bagaimana permasalahan kecil yang munculdi masyarakat.



Pada permainan ini juga kita di tantang memasang pipa-pipa air yang menghubungkan dari rumah kerumah, iilahnya bagaimana cara mengairi air dari rumah ke rumah.

Kelompok PDAM , nah pada kelompok ini kita diberikan edukasi seputar layanan yang di berikan oleh PDAM kepada masyarakat, sehingga masyarakat itu sendiri dapat menikmati layanan dan penyediaan air minum.

Kelompok Investor , nah kalau kelompok ini  ada edukasi yang disampaikan bersifat umum tentang bagaimana sebuah proses untuk melakukan bisnis penyelenggaraan dan penyediaan air minum ke masyarakat.

Cara Bermain Games TIRTA : 

  • Download aplikasi di Playstore atau appstore ( akan menyusul)dengan kata kunci BPPSPAM lalu pilih TIRTA 
  • Register
  • Login dan pilih kelompok
  • Bermain.

Games Petualangan Cika 


Nah kalau games Petualangan Cika ini bisa dimainkan melalui desktop bukan aplikasi. Games Cika berbeda dengan kedua games yang baru di luncurkan. Pada games Petualangan Cika Kementrian Pekerjaan umum menyampaikan edukasi mengenai menjaga kebersihan lingkungan dan mengerti bagaimana tata cara sebuah bangunan yang benar dan yang salah.

Untuk games petualangan Cika ini seperti komik yang mana ada gadis cilik bernama Cika yang gemar membantu membersihkan lingkungan dan melakukan hal kebaikan lainya. Games ini cocok banget untuk anak-anak karena karakternya ini lucu dan anak juga mudah paham bagaimana menjaga lingkungan agar tetap bersih.



Bagi saya semua games Persembahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini bagus semua dan salah satu cara memberikan edukasi kepada masyarakat terutama anak-anak. Ya mulai dari anak-anak kita harus mengajarkan bagaimana cara bijak menggunakan air dan bagaimana menjaga lingkungan untuk tetap bersih. Namun pada games Make Air saya berharap bisa di kembangkan lagi jadi tidak hanya 1 permainan saja namun ada tingkatan -tingkatan games selanjutnya untuk mencapai high score.


Ya,,seperti pak Bambang Wahyudi diatas games ini masih dasar dan masih bisa dikembangkan lagi. Semoga saja bisa secepatnya bisa di kembangkan lagi. Sebagai orang tua juga saya sangat terbantu adanya games edukasi ini karena anak-anak tidak hanya sekedar main games saja lewat gadget tapi juga mereka bisa mendapatkan edukasi yang bermanfaat.



13 comments:

  1. Cocok nih edukasi dalam bentuk game menyasar anak2 agar pesan efektif tersampaikan, ke depan lebih diperbanyak dgn grafis dan audio makin memikat tentunya

    ReplyDelete
  2. Air sumber kehidupan yang harus dilestatikan dan edukasi tentang bagaimana mengelola air memang harus diajarka sejak dini. Alhamdulillah ada games edukatif ini, orang tua sangat terbantu bagaiman mengenal fungsi air dan bagaimana menggunakan air dengan baik ya ka. Anak-anak tidak hanya sekedar main games saja, tapi ada sisi edukasinya juga

    ReplyDelete
  3. Anak aku masih boros air nih, kalo mandi pasti ada sesi main air soalanya sudah bisa ngidupin kran sendiri. Berhenti kadang kalo airnya emang udah habis, hahaha

    ReplyDelete
  4. Ini Cara keren jadi anak gal merasa digurui. Bermain sambil belajar

    ReplyDelete
  5. Kalau banyak yang membuat games edukasi seperti ini jadi bermanfaat yah untuk anak-anak

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah udah ada games seperti ini... Insya Allah lebih gampang mengajarkan anak buat irit air ya kak .

    ReplyDelete
  7. waah keren nih game nya, jadi kita bisa mengajarkan anak dengan mudah untuk menghemat air.. semoga secepatnya bisa dikembangkan

    ReplyDelete
  8. Wah ada games baru yang mengedukasi ya Mba. Boleh juga neh dicoba apalagi berhubungan dengan air.

    ReplyDelete
  9. nah, manfaat smartphone untuk mainan edukatif gini yang kece yah

    ReplyDelete
  10. smartphone bisa jadi ok kalau ada mainan edukatif gini yah asalkan penggunaannya tetep diawasi

    ReplyDelete
  11. ngeliat game air gini ketika banyak wilayah di Bandung mulai kesulitan air rasanya...pengen nyengir :D
    Tapi tujuan game-nya bagus. Orangtua perlu main juga nih, supaya bisa ikut paham tentang pentingnya menghemat air :)

    ReplyDelete
  12. Wah aku baru tau lho kalo ternyata menggunakan shower saat mandi adalah cara efektif untuk menghemat air. Soalnya aku masih pake cara konvensional, masih suka nampung air dalam ember kalo gak ada bak mandi. Alasannya simpel sih, jdi klo sewaktu2 butuh air cepet, jadi gak perlu nunggu dulu. Hehee...

    Tapi... Baca tulisan ini, terutama tentang air yg ditampung itu udah teekontaminasi sama nyamuk, aku cukup teredukasi nih.. .

    ReplyDelete

Alasan Saya Kenapa Minum KIN Fresh Milk

Assalamu'alaikum. Hallow gimana kabarnya moms? semoga kita semua sehat selalu, penuh cinta,rezeki berkah berlimpah ya. Buat kalian ...