Sunday, October 28, 2018

Wisata Surabaya Yang Wajib Di Kunjungi





Assalamu'alaikum.
Apa kabar semua? Semoga sehat selalu penuh cinta rezeki berkah berlimpah ya. Alhamdulillah tak terasa sudah 2 minggu saya meninggalkan Kota Surabaya, Kota Pahlawan penuh cerita. Yups,, Surabaya banyak sekali meninggalkan cerita dan pengalaman baru bagi saya. 


Bersama GenPI ( Generasi Pesona Indonesia ) saya berkesempatan menjelajah kota Surabaya. Bagi yang berteman di sosmed saya pasti tau lah ya saya kemana saja selama disana, eiitss tapi tidak semua saya posting lho ada tempat-tempat luar biasa di Kota Pahlawan tersebut yang belum saya posting. Nah kali ini saya akan menjabarkan satu persatu kemana saja sih saya selama di Surabaya? 

Oke,, Jadi saya ke Surabaya ini dalam rangka meliput acara Pasar Seni Lukis Indonesia yang bertempat di Jatim Expo Surabaya. Saya bersama perwakilan GenPI dari berbagai daerah berkumpul di Surabaya untuk meliput acara ini sekaligus mengeksplore kota Surabaya. Untuk yang belum baca mengenai event Pasar Seni Lukis Indonesia bisa baca disini ya. Dan berikut adalah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat ke Surabaya.

Tempat Wisata Di Surabaya



  • House Of Sampoerna 

Setelah malam meliput acara di Jatim Expo saya beserta rombongan pergi mengeksplore Surabaya dan tempat yang saya kujungi yaitu House Of Sampoerna di Taman Sampoerna N0.6 , Krembangan Utara, Pabean Cantian , Surabaya ,Jawa Timur. 

House of Sampoerna atau Museum Sampoerna kalau mendengar Sampoerna apa sih yang ada di pikiran kamu? yups rokok Sampoerna salah satu produk rokok terbesar di Indonesia yang sudah berusia puluhan tahun. House Of Sampoerna luas dan besar sekali, untuk bangunannya pun bergaya Eropa gitu deh. Bagi pecinta etnik disinilah surganya. 




Saat memasuki kawasan ini kita melihat bangunan yang kokoh bergaya Eropa dan saat masuk kedalamnya nuansa etnik zaman dulu lekat banget. Tempat ini berisi sejarah rokok Sampoerna mulai dari nama pemilik pertama, bungkus rokok pertama, alat-alat pembuatan rokok dan masih banyak lagi tentang perjalanan produk rokok ini

Disini juga kita bisa mengetahui jenis jenis tembakau dari berbagai daerah juga. Untuk masuk kesini hanya Rp 2000 saja lho. Pada bagian belakang di gedung ini juga ada ibu-ibu yang sedang memproduksi rokok.


Di dalam gedung utama kita bebas berfoto namun ada beberapa batasan dan ada beberapa spot yang tidak boleh di foto. tapi cukup lah ya 

Pada gedung utama bau tembakau sangat kuat banget nah buat kamu yang tidak kuat dengan baunya kamu bisa ke gedung samping House Of Sampoerna yang mana disini suka ada pameran mengenai sejarah  bangsa Indonesia. Di gedung samping ini kita bisa melihat barang-barang bersejarah dan penjelasannya. 

  • Tugu pahlawan 

 Kalau ke Surabaya rasanya kurang afdol kalau ga ke Tugu Pahlawan yang merupakan tempat bersejarah. Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Tugu Pahlawan terletak di Jl. Bubutan ,Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Saat memasuki area ini kita langsung di sambut oleh patung Presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Ir. Soekarno dan dibelakang beliau ada patung Bung Hatta.  

Setelah melewati patung ini kita akan melihat luasnya kawasan Tugu Pahlawan ini yang di kelilingi oleh taman-taman yang tertata cukup apik.  Di balik patung ini juga ada lapangan hijau yang sangat luas. 

Tapi tidak perlu khawatir dengan panas sinar matahari karena di kawasan ini pada pinggir lapangan ada bangku-bangku taman yang di kelilingi tanaman bunga jadi tidak begitu panas.

Untuk masuk ke kawasan Tugu Pahlawan kita hanya bayar parkir saja kok, tapi kalau naik angkutan umum ya gratis.

  • Museum 1O November 
Kalau sudah masuk ke kawasan tugu Pahlawan rasanya kurang afdol juga nih kalau tidak ke Museum 10 November yang mana letak museum ini berada didalam kawasan Tugu Pahlawan ini. Letaknya juga hanya beberapa meter dari Tugu Pahlawan.

Untuk masuk ke Museum 10 November kita hanya cukup membayar tiket masuk Rp 5000. Saat memasuki museum ini ada rasa merinding yang saya rasakan karena begitu banyak barang-barang bersejarah di zaman perang dulu. 

Disini ada beberapa kawasan dengan pendingin udara dan ada juga yang tidak. menurut saya tempat ini salah satu tempat wajib yang bisa kita kunjungi bersama keluarga terutama anak-anak 



Di Museum 10 November ini kita bisa belajar banyak mengenai sejarah dan tentunya pasti kita jadi lebih menghormati jasa -jasa pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan. 

Disini tempat yang tepat untuk belajar sejarah, museum ini tidak monoton yang hanya menampilkan barang-barang yang bersejarah saja dengan tulisan keterangannya. 



Agar lebih memahami tentang sejarah di museum ini juga ada beberapa ruangan audio visual juga yang menceritakan sejarah tersebut. Ruangannya pun ber-AC dan tempat duduknya juga nyaman. Ada banyak kata-kata penyemangat tentang kemerdekaan disini yang buat saya merinding dan bergetar. 


Keluar dari Museum ini saya jadi makin cinta Indonesia dan lebih menghargai pahlawan. Saya mencintai perbedaan yang ada di Indonesia mengenai suku ragam budaya karena pahlawan itu tidak hanya dari satu golongan tertentu saja. Saya pastikan kalau kamu kesini pasti merasakan hal yang sama seperti saya. 

  • Hutan Mangrove Monorejo 



Ingin menikmati wisata alam di Surabaya? bisa banget nih kunjungi Hutan Mangrove Monorejo. Jadi setelah dari Museum kita semua beserta rombongan itu langsung menuju kawasan Mangrove yang letaknya sekitar 1 jam gitu deh.Kawasan ini dikelola oleh Pemerintah daerah Kota Surabaya. 

Untuk masuk kesini kita hanya membayar parkir untuk kendaraan saja kok dan untuk masuk kawasan ini gratis. Disini kita bisa menikmati hijaunya hutan Mangrove , adem rasanya sejauh mata memandang karena yang kita lihat itu hijau semua.

Disini banyak sekali spot-spot foto yang bagus untuk pencitraan feed instagram *ehh ga kok hehe. Saat kesana saya melihat banyaknya anak muda yang datang kesini , ya mungkin karena spotnya bagus dan tempat ini cocok untuk refresing otak kita juga.  Di Hutan Mangrove ini juga ada beberapa rumah kayu yang bisa kita gunakan untuk berfoto secara gratis.


Di tempat ini kita betah banget dan ingin berlama-lama disini, tapi jangan khawatir kalau kita lapar atau haus di kawasan ini juga ada kantinnya lho , tempat beribadah dan juga ayunan untuk bermain juga ada. Nah buat kamu yang jika ke Surabaya jangan lupa mampir ke tempat yang instagramable ini.

  • Pagoda Tian Ti 



Di Surabaya tidak hanya banyak museum dan tempat yang bersejarah saja tetapi ada banyak tempat wisata religi yang bisa kita kunjungi salah satunya yaitu Pagoda Tian Ti yang berada di kawasan Kenjeran Park Jl. Sukolilo No.100 , Sukolilo Baru  Bulak , Kota Surabaya Jawa Timur. 

Ini yang saya sangat sayangkan ada wisata religi Pagoda Tian Ti yang sepertinya kurang terawat padahal tempatnya itu kalau di rawat pasti bagus banget dan bersih. Disini pengunjung bisa melihat Pagoda raksasa dengan kawasan yang sangat luas. 



Para pengunjung tidak bisa masuk kedalam Pagoda ini jadi kita bisa menikmati spot-spot yang bagus di luar Pagoda ini saja. Jangan kecewa tidak bisa masuk karena di sekitar Pagoda Tian Ti menurut saya juga instagramable kok.

Banyak orang yang memanfaatkan kawasan ini untuk foto-foto penting misalnya preweding gitu dan kebetulan waktu saya kesana ada sepasang calon pengantin yang melakukan di kawasan ini. 


Waktu saya kesana itu lagi musim kemarau jadi nampak gersang gitu tapi mungkin kalau musim hujan kawasan ini jauh lebih adem. Jangan kaget juga nih saat berada dikawasan ini karena disini kamu bisa lihat kuda-kuda liar yang sedang mencari makan disini hehe.

Jadi buat kamu yang ingin menikmati wisata religi yang instagramable bisa kesini ya, kalau beruntung kita bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dengan background langit biru di atas Pagoda Tian Ti ini

  • Klenteng Sanggar Agung 

Masih berada di kawasan Klenjeran Park saya mengunjungi tempat wisata religi lainya yaitu Klenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang. Saat memasuki kawasan ini tentunya ada peraturan yang harus di patuhi misalnya tidak boleh mengambil foto dalam klenteng dan harus menjaga sikap juga.

Kuil ini merupapkan tempat beribadah pemeluk Tridharma. Klenteng Sanggar Agung ini meiliki ciri khas yaitu adanya sebuah patung Kwan Im setinggi 20 meter dan ada 2 patung naga di setiap sisi patung Dewi Kwan Im.


 Dibalik patung Dewi Kwan Im itu merupakan batas garis pantai yang cukup luas. Nah pada sisi sebelah kiri ada tempat beribadah juga yang bisa di kunjungi oleh pengunjung. Ada beberapa peraturan yang harus dilakukan yaitu menjaga sikap, ucapan, tidak mengganggu orang yang sedang beribadah dan tidak boleh mengambil foto dalam Klenteng.

  • Patung Budha Empat Wajah 


Tepat berada di depan Klenteng Sanggar Agung ada tempat wisata religi lainya yaitu Patung Budha Empat Wajah atau Four Face Budha. Sama seperti kawasan di Klenteng Sanggar Agung, pada kawasan ini kita harus berhati-hati menjaga sikap agar tidak bisa sembarangan berucap. 


Kawasan ini memiliki luas 1, 5 hektare dimana di sekeliling kawasan ini di tumbuhi pepohonan rindang. tempatnya adem banget dan segar karena mungkin banyak pepohonan juga. 


Untuk masuk ke kawasan ini gratis alias tidak dipungut biaya. Kalau lebih dekat lagi kita akan lihat bahwa Patung Budha Empat Wajah ini dilapisi oleh emas lho. Dikawasan ini kita juga kita bisa lihat empat patung gajah putih sekitar 4 kaki di setiap sudutnya , tiga bunga teratai yang menghiasi kolam renang dan ada tempat meditasi juga.


Nah di atas tadi baru sebagian tempat wisata yang saya kunjungi di Surabaya lho di sana masih banyak tempat wisata lainya yang harus kamu kunjungi saat ke Surabaya. Untuk berkunjung ke wisata tersebut tidak memerlukan biaya masuk yang mahal juga kok dan tempat-tempat ini cocok buat kamu yang memiliki budget liburan yang sedikit. 





Berbicara mengenai budget piknik ada beberapa hal nih yang harus kamu perhatikan jika tidak ingin setelah piknik kantong kamu tongpes. Sebelum memutuskan untuk liburan ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.


  • Tentukan tempat tujuan piknik
Langkah awal yang harus dilakukan yaitu kamu harus tau akan kemana kamu pergi dan dengan siapa saja, apa berasama keluarga , teman atau mungkin pacar? Hehe. 
  • Cari info mengenai tempat yang ingin dikunjungi 
Setelah menentukan tujuan kamu harus cari info mengenai tempat-tempat yang ingin di kunjungi sebanyak mungkin. Gunanya apa? Cari info ini berguna untuk kamu menentukan budget piknik kamu. Kamu harus cari tentang transportasinya juga, biaya makan, dan lainya.
  • Sisihkan budget setiap bulan untuk Piknik
Nah ini nih yang paling penting dalam urusan liburan yaitu sisihjan budget atau menabung untuk liburan. Besar kecilnya uang yang ditabung sesuai kebutuhan kamu saja selama liburan tapi yang pasti setidaknya 20% penghasilan kamu bisa disidihkan ke pos ini setiap bulannya.
  • Cari tiket dan booking hotel dari jauh-jauh hari
Ketika kita sudah tau budget dan tempat yang ingin kamu kunjungi kamu harus segera pesan tiket dan booking hotel dari jauh-jauh hari , kenapa? Karena biasanya harga nya bisa lebih murah. 

Tapi jangan khawatir guys untuk masalah tiket dan booking hotel kamu cukup beli saja di www.pegipegi.com kenapa lewat pegipegi.com ? Cuss baca alasan kenapa kamu harus pakai pegipegi.com.




Kenapa harus pegipegi.com ?

Pegipegi.com merupakan salah satu online travel agent terbesar di Indonesia yang menyediakan pemesanan tiket pesawat, hotel dan tiket kereta api. Ada 7000 lebih hotel yang bisa pilih dan sebanyak 30000 rute penerbangan lalu ada 1600 lebih rute kereta api yang bisa kita beli disini.


Untuk pemesanannya pun cukup mudah tinggal buka websitenya di www.pegipegi.com atau download aplikasinya pegipegi di Appstore dan google play store lalu pilih apa yang kamu mau misalnya saja tiket pesawat ke Surabaya, kamu tinggal klik pilihan pesawat lalu pilih tanggal keberangkatan kamu lalu klik cari. Setelah itu nanti langsung banyak pilihan harga tiket beserta maskapai.




Untuk pembayaran juga ada banyak pilihan bisa lewat transfer, kartu kredit, internet banking, pembayaran di swalayan dan cicilan. Lalu kalau beli di pegipegi.com suka banyak promo atau diskon jadi lumayan lah kita bisa menghemat budget kita.



Tak kalah keren nih kalau beli di www.pegipegi.com ada yang namanya pepepoin dimana poin ini bisa kita dapatkan dari pengumpulan setiap transaksinya. Keuntungan dari pepepoin ini adalah kita bisa menggunakan poin tersebut untuk potongan harga transaksi berikutnya. Mau dapat pepepoin? Cuss deh buat member di pegipegi.com, caranya cukup mudah kok tinggal melakukan register di website tersebut.


So,,buat kamu yang mau plesiran ke Surabaya jangan ya berkunjung ke tempat-tempat yang saya kunjungi diatas , rugi lho kalau ga kesana karena tempatnya cantik dan penuh pembelajaran. 



Untuk liburan ke berbagai daerah di Indonesia pastikan juga nih kita berkunjung ke tempat-tempat bersejarah karena setelah kesana kita akan merasakan lebih mencintai negeri ini dan lebih menghormati perjuangan para pahlawan. Okeyy,, sekian dulu cerita saya , semoga tulisan ini membantu kalian yang bingung harus kemana saja setelah di Surabaya.

37 comments:

  1. Aku penasaran sama Pagoda Tian Ni, deh. Kayanya seru kalau ke sana bawa kostum buat poto-poto. :)

    ReplyDelete
  2. Hepi kali halan-halan di Surabaya Meeeell, aku blm kepikiran nih jalan2 ke sana bareng anak2, kayaknya harus nyari tempat wisata anak kalau bawa mereka kesana :D

    ReplyDelete
  3. Belum pernah eksplor Surabaya niii, hanya numpang lewat saja hihi

    ReplyDelete
  4. Seru banget ya jalan2 ke Surabaya. Aku udah 3x kesana dan pingin lagi, hahaha

    ReplyDelete
  5. Aku sudah pernah mengunjungi Museum Sampoerna. Sekarang penginnya ke Kenjeran, dulu liburan Desember udah rencana tapi akhirnya nggak jadi, waktunya mepet hehe. Ntar liburan sekolah lagi, mau coba ke sana atau ke mangrove di wonorejo.

    ReplyDelete
  6. Surabaya sekarang cantik ya
    Inget banget bertahun2 lalu ke Surabaya, duuuh panas dan kurang nyaman kotanya
    Tapi sekarang jadi cantik dan bersih. Tempat wisatanya juga menarik
    Mau ah kapan-kapan ke sana lagi

    ReplyDelete
  7. Patung Budha 4 wajah wah unik juga ya pastinya. Nanti posting satu2 mel infonya ya

    ReplyDelete
  8. Saya pengen ke hutan Mangrove. Tetapi, kayaknya harus mengunjungi hutan mangrove yang di Jakarta dulu kali, ya. Biar yang dekat dulu yang dikunjungi :D

    ReplyDelete
  9. Udah tiga kali ke Surabaya, aku belum pernah ke tempat wisata yang Amel tulis. Paling ke mall, kulineran gitu. Mbakku sepupu nggak ngajak ke wisatanya. Pagoda Tian Ti terlihat megah ya, noted ntar kalo ke Surabaya mesti kesana

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah ke Surabaya ��soale bingung sama objek wisatanya di Sana, ternyata Ada beberapa pilihan destinasi ya

    ReplyDelete
  11. bulan kemarin saya sempat ke Surabaya, kebetulan ada Raker gitu.
    eitss, tapi sayang gak ada satu pun tempat yang Mbak kunjungi itu saya singgahi, hikss. Si Kakak sejak hari pertama demam mulu, sempat jalan pas hari terakhir doang itu juga cuma bentar mampir di Taman Flora sebelum ke bandara. Next time klo ke Surabaya wajib jugalah ke tempat-tempat ini :)

    makasih tips travelingnya ya Mbak, belum pernah coba Pegipegi nih :D

    ReplyDelete
  12. Seru banget bisa eksplorasi tempat-temat wisata di Surabaya, baru sekali ke kpta ini dan itu pun cuma numpang lewat hehehe...pengen bisa ke sana lagi untuk bisa eksplorasi tempat wisata kayak kakak amel

    ReplyDelete
  13. Besok kalau ke Surabayq lagi sempatin naik Bus HoS, Mbak. Jalan 2 jam sudah bisa keliling 3 destinasi. Gratis lagi��

    ReplyDelete
  14. Aku malah belum ke hutan manggrove itu, mba. Tempatnya bagus banget ya mba. Surabaya memang punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ya mba

    ReplyDelete
  15. Duh kangen pengen balik ke Surabaya lagi nih.
    Pas ke Jember kemarin mampir Surabaya tapi di stasiun doang, nggak sempat memperpanjang waktu karena udah pesan tiket juga hiks. Semoga ada kesempata menjelajah kembali Surabaya.

    ReplyDelete
  16. Ya Allah Meel jauh amat mainnya sampe ke Surabaya tapi gak ajak2 akuh huh.... Asik ya jalan2 ke museum dan pagoda.

    ReplyDelete
  17. Kece-kece banget tempatnya.
    Temen saya baru pindah ke Surabaya, suka baper juga kalau lihat postingannya yang jalan2 di Surabaya.

    ReplyDelete
  18. Nggak salah ya kalau Surabaya dikenal sebagai kota pahlawan, wisatanya banyak yg bertemakan pahlawan. Tapi aku penasaran, kenapa ya tidak boleh mengambil dokumentasi di dalam kuil?

    ReplyDelete
  19. Jadi kangeeeen sama Surabaya mba..terakhir ke sini tahun 2004 kalau nega salah. Udah kelamaan yaaa... waktunya mengunjungi tempat-temapt bersejarah ini Mba

    ReplyDelete
  20. Ternyata banyak ya tempat wisata di surabaya... Saya cuma tau house of sampoerna aja...

    ReplyDelete
  21. Banyak ternyata yaa wisata di Surabaya. Tapi aku juga penasaran dengan taman-taman di Surabaya lho Mba Mel, semenjak dipimpin Bu Risma kan Surabaya menggalakkan lahan terbuka hijau mirip-mirip Bandung.

    ReplyDelete
  22. Waah ...banyak juga ya, tempat wisata di Surabaya. Tinggal pilih yang sesuai dengan budget dan waktu liburan ya ...

    ReplyDelete
  23. Saya belum pernah ke surabaya. Ternyata ada banyak juga ya tempat wisata yang menarik disana. Boleh nih masukin list buat liburan

    ReplyDelete
  24. Noted Mel. Saya belum pernah ke Surabaya, ternyata banyak juga tempat wisata yang asik untuk dikunjungi ya :)

    ReplyDelete
  25. Waah...aku blom pernah jalan2 ke tempat2 keren di Surabaya ini.. Langsung catat ah...ntar eksekusinya pakai PegiPegi deh..mantab...

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah, tinggal hutan Mangrove yang belum. Soalnya kebayanh terik UV kalau pergi dekat-dekat ini.

    ReplyDelete
  27. Hadeh, belum pernah semua, Mbak. Ke Surabaya pas PPL zaman kuliah. Itupun ke Malang, ke Selecta, BNS, Bromo. Itu-itu saja.

    ReplyDelete
  28. Di jakarta juga ada house of sampoerna..sama ga ya mereka? Belum pernah kesana sih aku

    ReplyDelete
  29. saya ke Surabaya tahun 2007 lalu, tapi belum sempat berkunjung ke tempat-tempat wisata di atas. Kalo dikasih ke sempatan ke Surabaya lagi, pengen banget berkunjung ke salah satu atau salah dua dari tempat wisata di atas :)

    ReplyDelete
  30. Mantap mel, keren-keren ya tempat wisata nya ntar kalau ke Surabaya jadi punya rekomendasi tempat wisata.

    ReplyDelete
  31. Aku belum komplit nih ke Surabayanya,, baru mampir ke House of Sampoerna doang. Besok balik lagi ah.

    ReplyDelete
  32. Aku ke Surabaya cuma buat transit numpang lewat aja biasanya. Eh tapi pernah sih ke House of Sampoerna, hasil maksa minta main. Padahal banyak banget yang aku ingin kunjungi di Surabaya itu.

    ReplyDelete
  33. Hutan Mangrove Wonorejo, asli mencuri hati!
    Iya, hijau selalu sukses buatku terpukau.

    Belum ada satu tempat dari daftar di atas yang pernah aku kunjungi, HIHIHI. Fyuuuh, bangga gitu ^^.

    ReplyDelete
  34. Aku pengin banget ke House of Sampoerna mba. Dari dulu baca artikel-artikel sejenis mupeng banget pengin ke sana. Jadi bucket listku ini mba.

    ReplyDelete
  35. House of Sampoerna-nya keceee! Aku baru sekali ke Surabaya, tapi malah mainnya ke Taman Safari :D Kapan2 aku tagih ah kalau ke sana main ke House of Sampoerna.

    ReplyDelete
  36. Lama ga main ke Surabaya. Oke deh kalo gitu. Minggu depan ta ke Bandung dulu nanti baru ke Surabaya

    ReplyDelete
  37. Wah pernah 2 kali ke Surabaya tapi belom explore sebanyak nih, noted lah. Next kalau ke Surabaya lagi mesti kunjungi tempat-tempat ini

    ReplyDelete

Me Time Nonton YouTube Sepuasnya Tanpa Mikirin Kuota

Me time dengan nonton YouTube sepuasnya? Boleh banget. Setelah meemilih terjun kerja di dunia digital hampir semua waktu saya hab...