Friday, October 12, 2018

Tips Merawat Alat Pekakas Agar Awet


Alat bor murah


Assalamu'alaikum.
Wanita itu harus serba bisa, serba tahu dan wanita tidak hanya tau mengenai mengurus anak, rumah dan masak saja. Kalian setuju ga sih dengan kalimat itu?. Saya sendiri setuju ga setuju sih ya tergantung keadaan juga tapi yang pasti wanita memang super woman dan makhluk multitasking yang mana mereka bisa mengerjakan pekerjaan secara bersamaan, misalnya saja seorang ibu mampu meggendong anak bisa sambil ngetik atau sambil menyapu dan masih banyak lagi.


Mengenai multitking menurut saya itu merupakan sifat naluriah ibu kali ya karena saya sendiri sering mengerjakan pekerjaan secara barengan hehe. Apalagi semenjak jadi single moms saya harus serba bisa mengatasi permasalah rumah, saya tidak hanya harus tahu mengenai cara merawat anak, memasak saja tapi juga harus bisa benerin kipas angin dan harus tau gunanya obeng kembang sama atau obeng min hehe.

Keadaan menuntut saya untuk mandiri dan harus bisa mengatasi permasalahan, misalnya saja benerin kipas angin atau bongkar pasang kipas angin untuk membersihkannya , mau tidak mau saya harus bisa hehe. Tapi ya ga harus juga sih ya bisa juga kita minta tolong ke orang atau tetangga. Namun saya sendiri memilih untuk mengatasi itu semua secara sendiri. Masalah benerin atau membersihkan kipas angin saya belajar dari Ayah saya.

Beliau bagi saya ayah hebat yang serba bisa, ya serba bisa benerin mesin air, pasang aliran listrik dan masih banyak lagi, makanya jangan heran beliau memiliki berbagai macam alat pekakas di rumah. Untuk pekakasnya sendiri biasanya saya taro jadi satu dalam box tapi kadang Papa ini suka naro dimana saja makanya ada beberapa pekakas beliau yang rusak atau hilang. Misalnya saja alat pekakas seperti palu, gergaji, alat bor

Kalau sudah rusak maka mau tidak mau kita harus beli lagi dan harganya lumayan yes hehe. Nah jadi agar alat pekakas  lebih awet dan berfungsi dengan baik ada beberapa tips, nah berikut tipsnya.

Tips Agar Alat Pekakas Lebih Awet : 


  • Pembersihan
Yups,,hal yang pertama dilakukan agar pekakas lebih awet itu pembersihan. Jadi setiap sehabis pakai bisa langsung di bersihkan ya , sisa kotoran atau debu sebisa mungkin di bersihkan agar lebih awet dan berfungsi dengan baik.
  • Perlindungan
Ketahuilah genks kalau berbagai alat pekakas ini terkadang memiliki material yang lunak dan mudah rusak seperti kabel. Beberapa peralatan pekakas seperti gergaji , alat bor atau peralatan lainnya jika tanpa pengawasan khusus dapat dengan tidak sengaja merusak kabel milik kita. Perlindungan seperti kabel pelindung atau kabel tray sangat disarankan dalam pencegahan rusaknya kabel tersebut.
  • Pemeriksaan 
Nahnini dia yang sering kita lupakan, yaitu pemeriksaan  pada alat pekakas. Pemeriksaan akhir  pemakaian ini memiliki tujuan untuk melihat ada tidaknya kerusakan pada alat pekakas, makanya kita harus rutin memeriksa alat pekakas kita. Setelah diperiksa kan kita tau nih , pekakas ini masih layak atau tidak.
  • Pelumasan
Nah pelumasan ini bisa dibilang wajib dilakukan untuk mesin-mesin industri seperti mesin pemotong ataupun bor listrik penting banget untuk dilakukan pelumasan untuk menghindari terjadinya karatan . Nah untuk pelumasan sendiri kita bisa pakai cairan pelumas yang disarankan khusus mesin.
  • Penyimpanan 
Kita tau sih yankalau alat pekakas ini merupakan alat keras untuk pekerjaan kasar tapi yoo kalau untuk penyimpanan jangan asal saja ya, sebisa mungkin menyimpannya dengan benar misalnya saja dalam box yang tertutup. Selain untuk tetap bersih penyimpanan  pekakas dalam box untuk mencegah dimainkan oleh anak-anak.


Yups ... itu tadi tips agar alat pekakas kita tetap awet dan berfungsi dengan baik. Dan ketahuilah, kita tau bahwa alat pekakas ini merupakan alat yang kadang jarang di pakai tapi alat-alat ini sangat berguna jika di butuhkan. Harga dari alat pekakas ini juga tidak murah lho makanya kita lebih baik merawat daripada beli lagi ya kan?. 


13 comments:

  1. Meski perempuan tapi keseharian saya biasa berkutat dengan alat perkakas lho. Golok, cangkul, parang itu kalau di kebun. Bor, obeng, tang, dan jara kalau di rumah. Gunting, lem dan pensil warna kalau lagi banyu anak prakarya. Dan hp ini kalau lagi ngeblog. Hehehe...

    Saya perempuan yang pasang tabung gas sendiri. Sementara si melon itu suka ga ada karet laporannya. Nah kata atau obeng itu suka saya pakai buat nyongkel dan masangin karet. Terus berkutat sampai berhasil pokoknya hahaha...

    ReplyDelete
  2. Saya juga klo habis pake pekakas gitu suka simpan sembarangan aja gitu, tapi baca postingan ini kaya digetok untuk selalu belajar merawatnya dengan baik. Terima kasih sudah berbagi tipsnya Mba Amel.

    ReplyDelete
  3. Kadang-kadang enggak telaten ya memang untuk rawat perkakas dg bener, padahal bikin awet.
    Baca tulisan ini jadi kaya diingatkan

    Tengkyuuuh ya Mel, tips nya

    ReplyDelete
  4. Hahahaha ini nih kebiasaan buruk saya, malas banget merawat perkakas... pas baca-baca ternyata gampang ya.. saya janji deh gak males lagi kalo gini. Makasih ya kak infonya

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya, kadang suka males merawat perkakas, sehabis make disimpan gitu aja, padahal penting merawatnya ya agar awet

    ReplyDelete
  6. Akutu kalo perkakas bukan rusak tapi keseringan hilang hehehe jadi jarang banget nyimpen perkakas yang banyak dirumah. semua serba beli klo lagi butuh

    ReplyDelete
  7. Kayak mamaku tuh, gak punya tempat penyimpanan perkakas yang pasti. Sudah disediakan tapi nyimpennya bisa di mana-mana. Akhirnya lupa sendiri. Hahahahaaa.. Kalau simpan di satu tempat kan lebih gampang carinya kalau mau dipakai kembali.

    ReplyDelete
  8. Oeang tua dulu paling hobi ngumpulin perkakas sepeertinya...ibuku punya beberapa lemari beeisi perkakas. Kalau aku praktis aja yg setidaknya aku perlukan baru kubeli hehe

    ReplyDelete
  9. Makasih mbak Amel buat tipsnya. Kebetulan punya perkakas juga di rumah dan suka dipake sama bapak kalau mau benerin sesuatu. Walau gak dipake tiap hari, merawat perkakas dengan baik dan benar itu memang penting ya.

    ReplyDelete
  10. Strong women banget sih kamu beb.. Walau perempuan kita juga harus bisa segala macem ya beb

    ReplyDelete
  11. Betul banget segala perkakas harus dirawat dengan baik. Kan gak mungkin selalu beli terus ya.

    ReplyDelete
  12. ternyata, perkakas pun harus disimpan dengan baik agar awet yaa, Mba. Noted. Makasih banget tipsnya, Mba :)

    ReplyDelete
  13. Wwah iya banget nih idenya, di rumah banyak alat perkakasnya Bapak.Dan memang kalau ada waktu Bapak sering rawat dan bersihin gitu, Kirain alat perkakas alat yang kuat nggak perlu perawatan. wkwkw

    ReplyDelete

Malam Penganugerahan Piala Merak 2018

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? Semoga sehat selalu penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Alhamdulillah belum lama Shakila an...