Saturday, November 10, 2018

Dear Papa, Terima Kasih Untuk Cinta dan Kasihnya

#pakeTCASH


" Tuhan tolonglah sampaikan sejuta sayangku untuknya, ku terus berjanji tak kan khianati pintanya. Ayah dengarlah betapa sesungguhnya ku mencintai mu, kan ku buktikan ku mampu penuhi mau mu". Ada Band - Gita Gutawa .


Kalimat diatas merupakan petikan dari lagu favorit saya yang dinyanyikan oleh Ada Band dan Gita Gutawa. Bagi saya lagu itu bukan hanya enak di dengar tapi merupakan salah satu ungkapan rasa cinta anak kepada Papanya. Ya, Saya dan Papa sama-sama lahir di tanggal yang sama, kita juga hampir mirip memiliki karakter yang sam-sama pula. Kita sama-sama gengsi dalam menyampaikan rasa cinta kepada satu sama lain.

Bagi saya beliau adalah sosok yang menginspirasi, melihat perjalanan beliau itulah yang membuat saya kuat dan bertahan hingga saat ini. Kenangan bersama Papa mungkin lebih banyak jika dibandingkan dengan alm. Mama karena sejak kelas 3 SD hingga kelas 6 saya tinggal di Tasik bersama tante dan nenek. Selama sekolah disana saya hanya bertemu dengan mereka beberapa kali dalam setahun.

Ada momen yang paling saya ingat yaitu beberapa hari alm.Mama sebelum meninggal, selama seminggu kita selalu bersama setiap harinya, selama bersama pula alm.Mama banyak memberi wejangan hidup. Waktu kecil  sih saya pikir hanya wejangan biasa tapi ternyata wejangan tersebut bukan wejangan biasa lho , wejangan tersebut berguna untuk saya sampai hari ini dan saya akan lakukan hingga saya kembali nanti. 

Papa dan Mama merupakan sosok panutan bagi saya, mereka sumber inspirasi dan kekuatan. Namun yang paling menginspirasi itu adalah Papa mungkin karena waktu bersama terlalu singkat kali ya. 

Sudah 18 tahun lebih mama meninggal dan Papa masih sendiri hingga saat ini. Dari semenjak mama meninggal Papa menjadi sosok single parents yang kuat dan tangguh seiring berjalannya waktu. Masih dalam ingatan saya, selepas mama meninggal beliau hancur dan rapuh karena kehilangan belahan jiwanya. 

Saya pernah melihat dia menangis di tempat sunyi namun tangisan itu tidak di tunjukkan di depan anak-anaknya mungkin dia tidak ingin terlihat rapuh di tinggal orang yang ia cintai. Selepas mama meninggal saya pun harus pindah sekolah di Jakarta dan mau tidak mau saya harus menjadi anak dan ibu rumah tangga yang mengurus segalanya. 

Inget banget untuk daftar sekolah SMP pun saya harus sendiri lho karena Papa kerja. Waktu saya habis untuk sekolah , mengurus adik yang waktu itu masih usia 7 th, mengurus rumah dan jika ada waktu luang baru deh saya bisa bermain. Sejak saat itu Papa mempercayakan saya mengelola keuangan dan rumah, mulai dari memasak, mencuci, nyetrika dan semuanya itu saya yang pegang.

Papa memberikan rasa cintanya dan perhatian dengan cara lain


Dulu sempat protes juga sih kenapa saya harus melakukan itu semua padahal bisa dibilang usia saya masih sangat muda yaitu 12 tahun. Kalau protes gitu Papa hanya bilang, "kamu harus mandiri dari kecil itu jadi nanti kalau sudah punya keluarga sudah tidak belajar lagi" , kalimat ini yang terus di lontarkan oleh beliau kalau saya ngeluh. Dan ternyata ucapannya itu benar, karena diajarkan mandiri selepas saya punya anak ya saya ga kagok lagi dengan pekerjaan rumah tangga plus ngurus anak.

Papa itu jarang banget mengungkapkan rasa cinta dan perhatiannya kepada anak-anaknya , beliau memberikan rasa itu dengan cara yang berbeda dan bisa di bilang lewat omelan saja sih biasanya hehe itu pun ya sewajarnya ya, biasalah ya omelan dari orang tua ke anak misalnya jangan main skateboard terus, jangan mandi malam dan masih banyak lagi. Awalnya saya pikir omelannya itu karena beliau benci tapi itu bentuk sayang karena demi kebaikan anak-anaknya.

Sosok laki-laki setia 




Hampir 19 tahun mama meninggal dan beliau masih saja memilih setia sehingga memutuskan untuk tidak menikah lagi. Rasanya cintanya begitu besar kepada alm. Mama, setiap sholat pasti deh berdoa untuk mama. Jarang banget ada laki-laki seperti beliau saat ini. 

Beliau menjadi sosok contoh suami yang saya idamkan, selain setia, bertanggung jawab dan memilih membahagiakan anak-anaknya daripada menikah lagi mengejar kebahagiannya.

Sosok laki-laki yang kuat 




Papa sosok laki-laki yang kuat menurut saya. Dari dulu kalau marah beliau tidak pernah main tangan dan hanya omelan sebentar saja. Tak hanya bisa kuat menahan amarah beliau juga kuat saat dapat cobaan. Tahun 2017 merupakan tahun terberat bagi keluarga kami terutama Papa saya yang harus menjalani Hemodialisa atau cuci darah.

Saat di vonis harus cuci darah Papa hanya bisa termenung sejenak, karena sedikit takut atau trauma kali ya soalnya ada beberapa temen Papa yang sudah kita anggap saudara itu harus seumur hidup menjalani cuci darah dan pada akhirnya meninggal. Namun masalah umur sih ya itu udah takdir, cuci darah ya sebagai bentuk ikhtiar kita untuk tetap hidup makanya mau tidak mau ya harus cuci darah.

Seminggu dua kali Papa harus menjalani cuci darah karena adanya banyak batu ginjal yang membuat racun di tubuh itu menumpuk dan tidak bisa tersaring. Setiap mengantar Papa cuci darah ada rasa ketakutan dan ngeri bagi saya karena setiap cuci darah beliau harus di tusukkan 2 jarum yang besar selama 5 sampai 6 jam lamanya.

Selama itu pula benar-benar menguras tenaga dan pikiran karena semua pasien bisa saja kolaps dan akhirnya meninggal saat cuci darah. Tenaga, pikiran dan uang habis terkuras. namun ada dampak positifnya juga dari cuci darah Papa jadi lebih banyak teman ngobrol dan lebih optimis menjalani hidup. Kita juga para penjaga pasien cuci darah sudah seperti keluarga yang saling menguatkan.

karena tidak tahan melihat 2 minggu sekali Papa harus di cuci darah saya pun mencari alternatif lain. Saya banyak mencari infomasi mengenai cuci darah dan penanganannya. Akhirnya saya bertemu seorang dokter urologi dan banyak berkonsultasi dengan beliau, menurut beliau Papa ini bisa bebas cuci darah asalkan kreatin atau racun di tubuhnya itu kurang dari 1. 

Salah satu cara untuk kreatinnya normal yaitu harus di buangnya batu ginjal. Setelah pemeriksaan yang cukup panjang akhirnya Papa batu ginjalnya itu di laser lah. Setelah di laser Papa ikhtiar lainya yaitu minum obat herbal untuk meluruhkan batu ginjal yang tersisa. Karena ingin sembuh Alhamdulillah Tuhan pun memberikan kesembuhan dan Papa di bebaskan dari cuci darah, walaupun harus bertahap sih dari cuci darah seminggu dua kali sampai seminggu sekali kemudian bebas dari cuci darah.

Melihat perjalanan dia sakit saya semakin tahu kalau Papa itu orang yang kuat dan ga gampang putus asa ketika mendapati cobaan dan ujian. Beliau tetap sabar dan tawakal menerima semua ujian tersebut. 

Sosok Laki-laki yang penyayang


Papa merupakan sosok yang penyayang dan memberikan kasihnya dengan cara yang berbeda, itu yang saya rasakan sebagai anaknya. Selepas saya menyandang status single parents, Papa membantu saya dan anak-anak saya untuk tetap hidup dan mendapatkan kasih sayang.

Shakila dan Kezia mendapatkan kasih sayang dari "Aki ( kakek) " yang luar biasa, anak-anak saya di manja banget sama beliau. Lewat perhatiannya beliau memberikan kasih sayang kepada mereka sampai saya pun dulu awal berpisah beliau tidak mengizinkan saya untuk kerja, beliau ingin saya mengurus sendiri anak-anak, makanya hingga saat ini saya belum pernah kerja fulltime hehe. 

Dulu saya masih dilarang tidak boleh pergi jauh karena alesan anak saya yang juga cucunya tapi sekarang Alhamdulillah sdah mengizinkan saya untuk keluar mencari nafkah. Ada yang selalu ditekankan Papa ke saya yaitu komunikasi dan waktu bersama anak-anak. 

Orang-orang yang pernah bekerja bersama saya mungkin tahu selama waktu luang saya selalu menelpon atau Video Call sama Papa dan anak-anak nah itu semua berkat Papa yang ingin komunikasi antar keluarga itu bai , ya walaupun hanya sekedar menanyakan lagi ngapain , sudah makan atau belum hehe tapi setidaknya kita saling memberikan kabar. 

Karena untuk terus berkomunikasi dengan baik itu butuh pulsa , data dan kuota makanya saya selalu membelikan pulsa data untuk Papa. Handphone Papa itu bukan hanya dipakai oleh Papa tapi juga anak-anak saya karena sengaja sih kalau Handphone anak-anak itu saya pakai pasword yang tau hanya say , jadi kalau ingin berkomunikasi lewat handphone papa.

Cara beli pulsa pakai TCASH


Untuk membelikan pulsa juga mudah banget, biasanya saya beli #pakeTCash yaitu layanan uang elektronik yang dapat digunakan oleh semua operator. 

 Cara Membeli Pulsa #pakeTCASH

  • Buka aplikasi TCASH wallet
  • Login dan klik fitur Pulsa/data
  • Klik beli untuk orang lain
  • Masukan nomer orang lain 
  • Pilih pulsa / data
  • Pilih nominal yang akan dibeli 
  • Masukan pin TCash Wallet 
  • Selesai dan kita mendapatkan notifikasi.

Ada banyak alasan kenapa saya selalu membelikan Pulsa untuk Papa lewat aplikasi TCash, selain mudah kita bisa bertransaksi dimana pun dan kapan pun. Tapi ada yang paling saya suka yaitu bebas biaya admin dan juga suka mendapatkan bonus kuota lho. So,, #BuatKamu yang mau beli pulsa bisa #pakeTCASH saja karena lebih mudah dan banyak bonus. Biasanya TCASH bukan hanya untuk beli pulsa saja tapi untuk beli pulsa listri, jajan di mall dan masih banyak lagi. Enaknya #PakeTCASH merchant yang bekerjasamanya juga banyak jadi ga perlu khawatir kalau kita ga bawa uang cash ke Mall. 




50 comments:

  1. Papa selalu ada ya Mel dalam suka dan duka :)
    Hebat juga ya papanya Amel jadi single parent ngurus anak-anak.
    Semoga sehat selalu ya papanya Amel.

    ReplyDelete
  2. Ya Allah, speechless baca ini. Menurutku itu bentuk pengabdian dan kasih sayang Papa Amel pada istri dan anaknya. Semoga Papa tetap sehat di sisa usia ya, aamiin

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah.. Sehat2 papanya ya mba. Sama nih anak2 ku jg kesayangan kakek. Dimanja mungkin krn cucu satu2nya

    ReplyDelete
  4. Itulah perbedaan ayah dan ibu ya, Mel. Seorang ayah biasanya memendam kesedihannya sendiri. Terharu banget bacanya. Semoga papa Amel semakin sehat. Aamiin

    ReplyDelete
  5. HIkss...baca artikel tentang ayah jadi inget alm. bapa yang selalu jadi pilar keluarga dan memberikan kasih sayang dengan caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Iya Papa selalu memberikan cara menyampaikan kasih sayang yang berbeda.

      Delete
  6. Kok sama Mel, aku juga suka lagu itu. Jadi keingetan alm papa sama mama aku nih. Hiks TT... Al Fatihah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alfatihah,, semoga mereka bahagia disana ya mba.

      Delete
  7. Nggak heran klo skrg mba Amel jd sosok ibu yg kuat, karena ternyata menuruni sifat Papa yaa

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah oakai T-Cash nih, isi pulsa buat emak di kampung masih oame cara lama. Kayaknya aku bakal cobain beralih ke TCash deh ke depannya. TFas ya mba Amel, sehat selalu utk mu, papa dan semua keluarga

    ReplyDelete
  9. Duh kalau ceritain soal orangtua aku mewek bacanya. Banyak dosa kali ya �� nah di T-Cash selain beli pulsa bisa dipakai buat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bia buat banyak banget mba,, Jajan di mall , beli pulsa listrik dan lainya.

      Delete
  10. Ya Allah...terharu dan ingat alm ayah saya... Mba, semoga ayahanda sehat selalu dan mba dimudahkan utk membahagiakan beliau ya.. Aamiin ..

    ReplyDelete
  11. Semoga papa mb Amel sehat selalu ya mbak. Aalut dg bapak2 yh single parent

    ReplyDelete
  12. Beruntung sekali masih punya papa :) Semoga papanya selalu dilimpahi sehat dan umur panjang ya mba..

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah masih punya Papa dan Papa mbak Amel adalah sosok papa yang kiat dan hebat

    ReplyDelete
  14. Bisa bebas cuci darah Mbak sekarang? Alhamdulillah.. Semoga beliau sehat terus ya mbak

    ReplyDelete
  15. aaah semoga Papa selalu sehat ya mba..Aku jadi kangen almarhum papaku. Dan pasti seneng bangeeet papa diberi hadiah super sweet darimu

    ReplyDelete
  16. Ya Allah, Mbak Amel, saya mewek membacanya. Saya salut luar biasa kalau ada laki-laki yang betah menduda padahal biasanya laki-laki secepatnya mencari pengganti istrinya setelah istrinya tiada. Ya Allah. Baarakallahu fiikum buat Mbak Amel sekeluarga semoga jadi anak shalihah selamanya yang menjadi kebanggaan orang tua.

    ReplyDelete
  17. Mengharukan pengen nangis mba, father is the best Man in our life, alhamdulillah ad Tcash yg sllu jd plihan terbaik

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah, baru tahu kalau ternyata pasien cuci darah ada yang bisa bebas cuci darah ya... ikut senang mendengarnya mbak, semoga Papa sehat selalu.

    ReplyDelete
  19. Aaaaahhhhh jadi inget sama Bapakku nih, uda 15an tahun yang lalu pergi huhuhuhu

    ReplyDelete
  20. semoga Papanya sehat selalu ya Mbak..
    kayaknya Papanya ini benar2 cinta pertama Mbak yaah, yang paling lengket gitu ya Mbak diantara bersaudar :)

    ReplyDelete
  21. Semoga papa sehat selalu ya mel..aku ikut mendoakan :)

    ReplyDelete
  22. Semoga Papanya sehat2 selalu ya Mbak. Dulu aku pas jauhan sama ortu juga suka kangen. Modal menghubunginya pakai wartel. Sekarang sudah ada HP jd lbh mudah berkomunikasi

    ReplyDelete
  23. Sehat2 buat Papa ya Amel, dan semoga masih dikasih banyak kesempatan sama Allah untuk Amel menyenangkan beliau.

    ReplyDelete
  24. Jadi mewek bacanya, mbak Amel. Semoga Papanya selalu dalam lindungan Allah.

    Saya baru tau kalo TCash pun bisa untuk beli pulsa. Selama ini saya belum pernah pake TCash saya.

    ReplyDelete
  25. Caraku cintai alm. Bapak sekarang dengan mengamalkan ilmunya dan selalu mendoakannya di setiap waktu. Berharap bertemu di surga.

    ReplyDelete
  26. Ah, terharu bacanya. Hebat yaa papamu memutuskan untuk single parent. Syukurlah anak-anaknya bisa menemani hingga kini.

    ReplyDelete
  27. Yang tegar dan kuat ya Mba Amel. Saya sangat memanfaatkan sekali hari untuk bertemu ibu, karena saya tinggal beda kota. Karena ikut suami. Pas ibu ada waktu libur, saya langsung menjenguk beliau. Mumpung masih ada waktu begitu hati saya selalu ingat. Sehat terus untuk Papa mba Amel, saya ada ayah tapi ayah saya nggak tahu sekarang ada dimana. Bersyukur terus ya Mba Amel.

    ReplyDelete
  28. Tulisnnya bikin terharu...
    Keren banget papanya ya mbak, lbh memilih merawat anak2 ketimbang menikah lagi. Jarang laki2 gtu.
    Semoga papanya sehat2 terus ya mbak dan diberi umur panjang aamiin :D

    ReplyDelete
  29. Semoga papa Mbak sehat selalu ya. Sudah 11 tahun berlalu bapak saya meninggal dunia. Dan setelah baca postingan ini saya jadi kangen sama bapak saya.

    ReplyDelete
  30. Aaaaaaa Mbak Amel sukses bikin aku ngembeng ni pagi-pagi #melo
    Semoga Papa selalu sehat ya Mbak, happy selalu di usia senjanya :)

    ReplyDelete
  31. Jadi rindu Babe rahimahullah yang telah lebih dulu menghadap ilahi 2 tahun lalu...
    Allahumma firlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu.

    Semoga Allah melindungi Papa selalu...

    ReplyDelete
  32. Masha Allah.. papamu setia banget mba amel, 19 tahun tetep menjaga perasaannya untuk almarhum mamanya mba amel.. al fatihah untuk papanya ya mba, semoga selalu sehat dan bahagia :)

    ReplyDelete
  33. Sehat terus ya mba untuk papanya.. 19tahun bukan waktu yg sebentar, pengabdiannya utk keluarga patut jadi panutan

    ReplyDelete
  34. Ternyata Mbak Amel seperti sekarang ini, hasil didikan Papa ya...
    Salut dengan Papa yang lebih memilih tetap sendiri,tidak seperti yang kebanyakan hehehe
    Semoga Papa, Mbak Amel dan anak-anak sehat selalu ya...

    ReplyDelete
  35. Mba Ameeel, baru tau sepenggal cerita hidupmu T_T
    Masya Allah, nggak heran ya Mba Amel jadi wanita yang kuat, ternyata berkat didikan Papa. Setuju banget kalau Papa adalah laki-laki yang setia, karena biasanya kalau laki-laki ditinggal istrinya kebanyakan pasti nikah lagi.
    Semoga Papa sehat selalu ya, salam takzim untuk beliau :)

    ReplyDelete
  36. Papamu luar biasa ya mba... semoga papa Mb Amel selalu diberikan kesehatan yaaaa

    ReplyDelete
  37. sama kayak mama mertuaku sekarang lagi menjalani haemodialisis rutinan udah berjalan 6 bulan kasiah musti bolak balik RS karena rutinannya kini ya itu itu aja,
    semoga ayahmbak selalu diberi yang terbaik ya

    ReplyDelete
  38. Ahhh..kok aku terharu ya baca cerita ini. Aku daddy's little girl banget sejk dulu hingga dah tua begini. Meski ayahku dah meninggal lama banget tapi aku tetep aja rindu ama dia. Aku suka semua cerita ttg ayah

    ReplyDelete
  39. Anak perempuan biasanya dekat dengan papanya. Semoga papanya senang dengan hadiah yang diberikan Amel ya.

    ReplyDelete

Mineski Organisasi Esports Terbesar di Asia Tenggara Hadir di Indonesia

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? Semoga sehat selalu penuh cinta , rezeki berkah berlimpah ya. Moms ada ga sih yang pernah bertan...