Wednesday, December 5, 2018

3 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Gorontalo



Assalamu'alaikum.
Apa kabar semua? semoga sehat selalu, penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Alhamdulillah sudah menginjak bulan Desember bulan penuh cinta dan berkah bagi saya karena dibulan ini saya lahir hehe. Selain bulan penuh berkah bulan Desember ini bulan intropeksi dimana saya harus flashback apa saja yang sudah saya lakukan selama satu tahun ini, apakah semua resolusi saya di akhir tahun lalu sudah tercapai atau belum? Dan bulan ini juga merupakan bulan dimana saya harus membuat resolusi untuk tahun berikutnya (insya Allah kalau panjang umur ) amin. 

Bagi saya resolusi itu penting karena ini merupakan target, tujuan hidup, sebuah alasan untuk saya tetap semangat berjuang untuk mewujudkannya. Alhamdulillah setelah ditelisik lagi tahun ini ada beberapa resolusi saya di akhir tahun lalu bisa terwujud mulai dari investasi di Logam mulia, mengoptimalisasi blog lebih baik , memiliki gadget baru ( Alhamdulillah dapat dari lomba blog), memiliki kamera  ( Alhamdulillah dapat dari doorprize ) dan kerja sambil jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia.

Alhamdulillah,, Masya Allah banget rezeki saya tahun ini sangat luar biasa meskipun masih ada resolusi lainnya di tahun lalu yang belum terwujud yaitu memiliki kendaraan baru , rumah , umroh, jalan-jalan ke luar negeri dan menikah #ehh hehe, semoga aja ya bisa terwujud di tahun depan, Amin.



Tahun ini saya banyak mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa yaitu kerja sambil jalan-jalan, belum lama saya ke Surabaya dan lebih lama lagi saya ke Gorontalo mengikuti Kunlaptik ( Kunjungan lapangan tematik )  dimana kita mengunjungi beberapa wilayah yang ada di Gorontalo. Selama 4 hari 3 malam saya disana dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa yang belum sepenuhnya saya tulis di blog ini karena keterbatasan waktu (baca :malas hehe) 🤣

Nah kali ini Alhamdulillah saya akan menceritakan ngapain aja sih selain Kunlaptik disana? Yang saya ceritakan kali ini yaitu tempat wisata alam yang saya kunjungi saat ke Gorontalo. Yukkk baca sampai bawah 😉

Penerbangan saya ke Gorontalo ternyata mendapatkan jam terbang yang cukup pagi yaitu jam 6 gitu deh karena takut ketinggalan pesawat saya dan Wichan yang juga teman blogger memutuskan untuk menginap di Bandara Soekarno Hatta terminal 3. Ini kali pertama saya menginap di Bandara lho haha seru sih daripada ketinggalan pesawat ya kan? Jadi nikmatin aja deh. 

Ga papa ya cuma transit juga 😂😍


Untuk menuju ke Gorontalo ternyata kita tidak langsung kesana tetapi transit terlebih dahulu ke Makasar,, ah senangnya akhirnya bisa menginjak Makasar walaupun hanya sekedar transit hehe. Sekitar 2 jam lamanya saya transit di Kota yang terkenal dengan Pantai Losari nya dan dilanjutkan ke Gorontalo. 

Untuk membeli tiket pesawat ke Gorontalo kamu bisa lho pakai Aplikasi atau website pegi-pegi.com. lewat aplikasi ini bisa dibilang lebih mudah dan praktis karena kita bisa menentukan sendiri waktu, tujuan dan melakukan pembayaran dengan banyak pilihannya.



Kalau sudah oke booking tiket pesawat dan membayarnya kita akan mendapatkan kode booking dan tinggal tunjukan kode tiket tersebut di Bandara untuk mendapatkan tiket fisiknya, gimana mudah kan? . Okay lanjut cerita yes. 

Dari Makasar ke Gorontalo kita menghabiskan waktu sekitar 1 jam gitu deh Alhamdulillah selama perjalanan kesana saya tidak bete soale saya menikmati aneka film dan cemilan di maskapai yang luar biasa nyamannya. 

Setelah sampai di Gorontalo kita melakukan Kunlaptik yang bisa kamu baca disini ya. Hari pertama dan kedua kita habiskan untuk Kunlaptik dan hari berikutnya ya kita mengunjungi tempat wisata alam yang ada disana.

Benteng Otonaha 


Diatas Benteng Otonaha 😍


Tempat wisata pertama yang saya kunjungi yaitu Benteng Otonaha yang berada di Jl. Usman Isa Dembe 1, Kecamatan Kota barat, Kota Gorontalo. Untuk menuju kesini kita bisa naik Bentor, Bus, Mobil dan Motor, pokoknya semua kendaraan bisa deh kesini kecuali kontainer yes haha bercanda. Pokoknya bisa lah berbagai kendaraan kesini.




Benteng Otonaha ini berada di atas bukit gitu jadi kita harus menaiki puluhan anak tangga untuk menuju kesini dan untuk memasuki kawasan ini sih gratis dan hanya bayar parkir aja sih. Walau diatas bukit kawasan wisata ini masih ada kok beberapa penjual makanan disini jadi jangan khawatir kelaparan ya. 

Disini kita bisa menikmati keindahan sebagian Kota Gorontalo mulai dari laut dan juga lembah pegunungan. Gorontalo memang terkenal dengan panasnya ya karena maklum saja letaknya dekat laut, tapi kemarin saat saya keaini cukup sejuk kok karena di sisi kirinya itu lembah , hutan dan pegunungan gitu deh.




Disini kita bisa menikmati sunset yang sangat indah hehe karena berhubung saya kesana sore hari ya Alhamdulillah sih saya bisa menikmatinya. Tak hanya bisa menikmati keindahan sunset dan alam saja disini kita juga akan mendapatkan spot-spot foto ketje untuk pencitraan di instagram hehe 🤣

Kawasan Benteng Otonaha ini cukup bersih dan terawat, juga tidak terlalu ramai juga sih karena mungkin letaknya diatas bukit atau bisa jadi karena terlalu sore saja saya kesana ya makanya sudah pada sepi. Disini pula ada tempat buat beribadah dan juga toilet tentunya.

Dan aku merasa cantik disini 😆😜


Ada saung-saung dan tempat duduk gitu di beberapa titik juga. Bisa dilihat ya di foto saya diatas yang cantik banget *pemadangannya lho bukan saya hahaha 🤣 Suasananya cukup sejuk dan oke banget nih buat di kunjungi bersama keluarga atau orang terkasih eaaa hehe.

Wisata Hiu Paus Botubarani 




Tempat yang kedua yaitu wisata Hiu Paus Botubarani yang terletak di Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Balango , Gorontalo. Memasuki kawasan ini gratis dan kalau mau bayar pun hanya untuk naik perahu dan snorkeling saja sih. Dari jalan raya kita hanya perlu jalan beberapa meter saja dan disini juga banyak penduduk yang menyediakan jasa perahu dan juga snorkeling bersama Hiu Paus.



Di Wisata Hiu Paus Botubarani ini kamu bisa merasakan sensasi yang luar biasa banget karena disini kamu bisa bermain dengan Hiu Paus tanpa jarak lho. Jangan takut di gigit genks karena Hiu Paus disini itu tanpa gigi dia makannya pun hanya plankton, udang dan hewan laut saja.



Untuk bermain bersama Hiu Paus ini juga ga perlu jauh-jauh dari pinggir pantai karena sekitar 8 meter dari garis pantai kamu sudah bisa bermain dengan mereka. Saat kesini saya tidak merasakan snorkeling sih hanya diatas perahu saja karena saya masih ngeri-ngeri sedap sih bertemu ikan ini ya walaupun tanpa gigi ini ikannya hehe. 


Taman Laut Olele 

Sejauh mata memandang,,indah banget genks 😍

Nah destinasi terakhir yang saya kunjungi yaitu Taman Laut Olele yang berada di Poduoma , Suwawa Timur, Olele, Bone Balango, Kabupaten Bone Balango , Gorontalo. Tempat ini tidak terlalu jauh dari wisata Hiu Paus Botubarani yang saya kunjungi sekitar 1 jam lah waktu tempuh untuk menuju kesini.

Saat menginjak tempat ini masya Allah indah banget lautnya masih sangat bersih , pemandangan gunungnya pun cantik banget dan orang-orang disini ramah-ramah. Dan disini lah saya merasakan snorkeling lagi hehe. Yes ini kali kedua saya merasakan snorkeling setelah waktu itu saya Snorkeling di Pulau Pahawang Lampung




Untuk merasakan snorkeling disini cukup murah banget genks hanya Rp 500.000 untuk 10 orang plus perahu . Dengan biaya sebesar itu kita sudah dapat peralatan untuk snorkeling standar misalnya kacamata dan foto-foto juga, murah banget ga sih? Jadi satu orang itu hanya bayar 50 ribu rupiah saja. 

Untuk merasakan snorkeling dan bermain bersama ikan-ikan juga ga perlu jauh-jauh dari garis pantai, jaraknya sekitar 20 meter sudah bisa menyelam disini. Dan tau ga sih? Air dilautnya cukup bersih dan jernih kita bisa langsung lihat karang laut dan juga ikan-ikan kecil secara langsung.


Memandang masa depan 😍😂

Tak hanya dapat menikmati keindahan bawah laut saja, disini kita juga bisa menikmati keindahan pinggir pantai dan tebing-tebing samping laut untuk berfoto-foto. Kalau laper juga tenang saja ya karena ada beberapa warung disini. Kalau ke sini juga jangan lupa mencicipi pisang goreng dengan sambal roa. Awalnya saya ga mau tapi setelah mencicipi luaarrrr biasa enaknyaaa dan ga cukup makan 5 pisang hahaha. 


Nungguin abang Bentor 😎😂


So,, itulah ketiga tempat wisata alam yang saya kunjungi di Gorontalo, ini sih belum seberapa ya masih banyak lagi wisata alam disana yang harus kamu kunjungi dan semoga saja dilain waktu saya bisa kembali kesini. Sedikit pesan dari saya kalau kamu ke Gorontalo jangan lupa naik Bentor ya dan bentor disini itu bisa dibilang murah banget tarifnya yaitu 5 ribu rupiah saja namun teteuupp yes tergantung jaraknya juga. Jangan kaget juga nih kalau ojek online disini kendaraannya juga pakai bentor lho hehe.


Melihat keindahan wilayah Indonesia bangian tengah saya makin yakin bahwa di Indonesia sendiri masih banyak tempat wisata yang luar biasa indahnya. Berkeliling menjelajah wisata di Indonesia merupakan salah satu impian saya juga sih semoga saja ya ada rezeki bisa berkunjung kesana. Amin.



36 comments:

  1. Mba Amel keren reoslusinya bisa terwujud dapat HP, kamera sampe kerja jalan-jalan dari Surabay ke Gorontalo keren banget mba :) sehat2 mba semoga nanti aku bisa keGorontalo juga aamiin

    ReplyDelete
  2. Oh jadi kalau mau Ke Gorontalo cuma ada 2 maskapai aja ya, tapi dua2nya bagus kok itu. ASyk ya nyelam Mel di sana aku mupeng

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah ke Gorontalo. Pengen deh suatu saat bisa ke sana.

    ReplyDelete
  4. Taman lautnya keren mba amel. Jadi pengin maen ke gorontalo. Semoga ada rezeki bs main ke sana. :3

    ReplyDelete
  5. Wah keren2 fotonya mba..saya jadi ingin ke Gorontalo juga nih..

    ReplyDelete
  6. Wah, gimana ya rasanya naik bentor haha, belum pernah sih, seringnya naik becak. Pengin ngerasain juga makan pisang goreng dengan sambal roa :D

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen liburan deh. Oke aku harus nabung dulu. Baru tahu nih kalau Mbak lahir pada bulan Desember. Aku suka banget deh sama Doraemon itu.

    ReplyDelete
  8. Tips nya menginap di bandara donk Kak. Hehehe. Aku dulu pernah menginap di bandara transit malaysia, tapi karena kurang persiapan malah jadi nggak tidur semalaman

    ReplyDelete
  9. Wisata lautny kerenn bgt
    Sbagai orang gunung salah satu keinginan sy tuh pengin mengeksplore lautt
    Moga2 nanti keturutan

    ReplyDelete
  10. Dua kali saya ke Gorontalo tetapi tidak sempat berwisata, heuuh... Padahal ingin sekali. Semoga suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  11. Tempat wisatanya bagus-bagus ya mba Amel,duh kapan ya emak-emak kayak saya bisa main jauh ke Gorontalo kayak mba Amel, hehehe

    ReplyDelete
  12. Dimulai dari Sulawesi Selatan yg bikin aku penasaran sama daerah Sulawei lainnya, obyek wisatanya pasti keren2, termasuk Gorontalo

    ReplyDelete
  13. Gorontalo cantik ya Mel... Alhamdulillah bisa terbang ke sana. Aku belum pernah lho. Jadi pengen jugaaa

    ReplyDelete
  14. Wuih mantap..aku belum pernah ke Gorontalo. Alhamdulillah ya mak berkat ngeblog bisa jalan-jalan gratis hehe

    ReplyDelete
  15. Tempat wisata di Gorontalo ternyata gak kalah menariknya dari tempat wisata lainnya di wilayah Indoensia, ya...

    ReplyDelete
  16. Huaa keren pengalamannya, Mbak Kampungnya ibu saya itu (Gorontalo) tapi ibu saya dan bapak saya di Makassar.

    ReplyDelete
  17. Amel keren banget perjalanannya. Mainnya jauuuhh hehehe. Semoga saya juga bisa ke Gorontalo, ya :)

    ReplyDelete
  18. Ameeel....jalan-jalannya ditemani ama Dora Emon yaaa. Asik banget siiih :D

    ReplyDelete
  19. Asiknya yang bisa liburan ke Gorontalo kerja. Tempatnya kece ya Mel, apalagi bawah lautnya jernih gitu

    ReplyDelete
  20. itu Laut Olele bagus mbaaa.. bisa snorcking juga. pengeeenn

    ReplyDelete
  21. Wah kamu bisa snorkling? Kece banget sih di Gorontalo, wisata kuliner di GOrontalo apaan ya?

    ReplyDelete
  22. wah.. ikannya banyak. menantuku pasti suka nih ke sini karnea dia hobi snorkeling

    ReplyDelete
  23. bentor tuh becak motor ya? bentuknya kayak becak di pulau jawa tapi lebih ramping dan panjang kayaknya

    ReplyDelete
  24. Saya sering dengar kota Gorontalo tapi belum pernah ke sana �� btw baru tau kalau ada benteng Otohana di sana kak, ini kayak benteng Fort Rotterdam barangkali di Makassar

    ReplyDelete
  25. Susah gak ambil foto sama hiu?
    Hihi~

    Aga-aga merinding disko gimana gitu yaa...pastinya.

    Snorkeling itu perlu belajar dulu gak, mba?
    Haahha~ aku pingin....tapi suka ditanyain sodara "Bisa renang gak, mba?"


    Eaa...langsung ciyut nyaliku.

    ReplyDelete
  26. Gorontalo masuk list wajib aku kunjungi krn suamiku separuh masih ada keturunan Gorontalo.
    Moga kelak bisa ke sana bawa anak2 jg :D
    Eh aku penasaran dengan Hiu pAsu kyk apa, liatnya pasti ngeri2 tapi excited gtu ya mbaakk

    ReplyDelete
  27. Mantap memang nih Amel tahun ini banyak jalan-jalan ya. Kalo aku masih resolusi tahun kapan deh wkwk

    ReplyDelete
  28. Gorontalo memang luar biasa cantiiik ya! Can’t wait to come back here again

    ReplyDelete
  29. Nyesel lo ga main ke sini pas merantau ke Manado. Tp mmg namanya org merantau, klo libur n ada uang, yang ada ujung2nya mudik Mba hehe

    ReplyDelete
  30. Pengin banget main sama hiu paus itu. Tapi ntar keder atau nggak ya. Meski tau udah ga ada gigi koq rasanya tetep menggetarkan jiwa :))

    ReplyDelete
  31. Adekku sekeluarga ada di Gorontalo
    Kemarin ngajakin aku jalan jalan kesana
    Nantilah kalau anaknya sudah lahir sekalian

    ReplyDelete
  32. Waaah, belum pernah ke Gorontalo euy ... kayaknya seru banget neh kalau bisa ke sana

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah, Gorontalo indah ya semoga rezekinya lebih moncer 2019 ya aamiin

    ReplyDelete
  34. Beuhhh keren2 nih tempat wisatanya, jadi pengen main ke Gorontalo

    ReplyDelete

Mineski Organisasi Esports Terbesar di Asia Tenggara Hadir di Indonesia

Assalamu'alaikum. Apa kabar semua? Semoga sehat selalu penuh cinta , rezeki berkah berlimpah ya. Moms ada ga sih yang pernah bertan...