Thursday, January 10, 2019

#AksiFlashBunda Ketika si Kecil Terjatuh


Assalamu'alaikum Bunda.
Alhamdulillah sudah memasuki tahun 2019. Senang banget masih bisa diberikan kesempatan untuk menikmati tahun 2019 bersama si Kecil. Tahun lalu banyak kisah dan kejadian luar biasa bersama mereka, suka dan duka kita jalani bersama. So.. far Shakila dan Kezia sudah membuat saya bangga akan prestasi mereka dan perkembangan mereka dari hari ke hari. Mereka tumbuh kembang dengan baik.

Ya,, dibidang pendidikan nilai mereka selama tahun lalu itu sangat memuaskan , mereka masuk peringkat di kelasnya dan itu sangat membuat saya bangga. Lalu dari segi awarrenes juga makin hari mereka tumbuh dengan jiwa sosialnya seperti sering membantu teman dan keluarga. Tak ketinggalan dari segi fisik yang mana mereka masih tetap menjadi anak yang cukup aktif apalagi Kezia yang bisa di bilang sangat aktif.

Kezia anak bungsu saya ini sejak dulu ia sangat aktif dan supel. Bawaanya tidak bisa diam, dia senang bermain , olah raga pokoknya kegiatan yang menggunakan fisik dia sangat suk sekali. Dan liburan kemarin dia menghabiskan waktunya itu dengan banyak hal mulai bermain barbie, jalan-jalan, main gambaran, lari-larian, main karet dan main petak gunung bersama kawannya yang tak jauh dari rumah.



Sebagai bunda, tentunya saya sangat senang karena dia menyukai aktifitas fisik tapi kalau main petak gunung dan main karet kadang dia juga ga kenal waktu juga sih, dan saya sendiri kadang was-was ketika dia main karet karena loncat-loncat gitu kan. Dan pernah dia terjatuh saat main karet. Pas dia jatuh langsung deh saya lihat apa kah terluka atau tidak.

Ternyata dengkulnya tergores dan ada sedikit memar di bawah dengkul. Melihat hal itu saya buru-buru urus Kezia untuk mengobati lukanya. Lalu apa saja sih yang saya lakukan ketika si Kecil terjatuh dan terluka? . Nah ini dia yang akan saya sharing disini.

Bunda ada 2 luka yang sering terjadi saat anak-anak melakukan aktifitas fisik yaitu luka tergores dan berdarah dan juga luka lebam. Dan dua penanganan luka ini berbeda-beda lho. Yuk saya share sedikit mengenai penanganan 2 luka ini.

Untuk penanganan luka berdarah di dengkul atau tangan hal pertama yang harus dilakukan yaitu membersihkan luka tersebut dengan air mengalir, lalu basuh dengan kain bersih dan kemudian berikan obat merah namun jika tidak berhenti bisa langsung ke dokter.

Dan untuk luka yang sering diaami oleh anak-anak yaitu luka Lebam. Sebenarnya apa sih itu Lebam? Jadi Memar atau lebam adalah jenis cedera kulit yang biasanya muncul akibat benturan/pukulan benda tumpul yang langsung mengenai kulit, menyebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler (pembuluh darah kecil dekat permukaan kulit). Saat pembuluh darah pecah, maka darah akan bocor dan menyebar ke jaringan sekelilingnya, sehingga menyebabkan rasa nyeri dan perubahan warna pada kulit ( dok . halosehat.com )

Jadi saat lebam atau memar kita suka melihat warna lebam itu ada kebiru-biruan gitu ya. Dan kadang sih ya saya sendiri ga tidak terjatuh atau apa juga tiba-tiba lebam di tubuh.

Lalu apa nih yang harus dilakukan saat luka memar atau lebam? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak.


  • Kompres dengan air es 



Pict : lifestyle.sindonews.com


Ketika luka memar atau lebam hal pertama yang harus di lakukan adalah kompres dingin atau es. Tahap ini berguna untuk mengurangi ukuran memar atau lebam dan mencegah terjadinya inflamasi.

  • Angkat tubuh yang memar lebih tinggi dari jantung kita agar darah di luka memar tidak berkumpul didaerah tersebut.
  • Oleskan Tromboflas, obat meredakan memar.



Ada yang paling mudah saat kita luka memar atau lebam yaitu oleskan obat pereda memar Tromboflash. Dan ada beberapa alasan kenapa Tromboflash pilihan tepat para bunda untuk mengobati luka memar pada si Kecil.

Alasan yang petama yaitu praktis. Tromboflash itu salep oles jadi tinggal di pencet langsung keluar dan kita oleskan saja ke luka yang lebam atau memar. Lalu yanb kedua itu cepat mengatasi memar karena mengandung Heparjn Sodium 200 IU. Dan alasan terakhir yaitu terjangkau, yes harganya cukup terjangkau sekitar Rp 35.000 saja.

So,, Bunda jadi ga perlu takut lebam ya kan sudah ada Tromboflash yang dengan flash mengobati Lebam. 

2 comments:

  1. Gampang banget ya pemakaiannya kak. Anak tetap aktif bergerak karena kalau ada apa apa ada obatnya.

    ReplyDelete
  2. Gampang banget ya pemakaiannya kak. Anak tetap aktif bergerak karena kalau ada apa apa ada obatnya.

    ReplyDelete

PRUCritical Benefit 88 Produk Terbaru Prudential Indonesia , Proteksi Terjamin - Uang Pasti Kembali

Penyakit jantung dan gagal ginjal tidak hanya berdampak pasien tapi juga keluarga. Ya, itulah kenyataanya. Saya dikelilingi oleh orang-...