Sunday, February 10, 2019

Mencoba Membangun Bisnis Kembali Bersama Ralali.com




"Mel besok apa kita ketemuan aja di daerah Sarinah?;" Kata mba Di di whatsapp.
" Oke mba besok ya selesai Amel ke dokter gigi, Amel langsung ke Sarinah," kata saya menutup pembicaraan.


Setelah semalam chating panjang bersama mba Di akhirnya besok saya memutuskan untuk meet up cantik di daerah Sarinah. Sebenarnya saya jarang banget untuk sekedar meet up selain selesai kerjaan tapi karena ada hal penting yang harus dibicarakan secara langsung ya kita ketemuan deh.

Siang itu selesai dari dokter gigi saya meluncur ke Sarinah, 10 menit sesampainya di Sarinah akhirnya mba Di dan Mas J datang. Mereka datang tidak biasanya karena menenteng plastik-plastik besar yang berisikan bahan-bahan jualan mereka.



"Wuihh,, apa tuh yang di bawa?," tanya saya ke mereka.
"Ini bahan-bahan buat jualan, ya lumayan lah beli di sana harganya lebih murah , " sahut mba Di. 
" ih keren banget yes punya usaha, kok Amel jadi pengen buka usaha lagi ya kaya dulu entah itu bikin cheese stik atau bikin aneka crafting,". Sahut saya melihat mereka.
"Iya Mel buka usaha lagi aja kaya dulu lumayan tau buat nabung dikit-dikit ,"kata mba Di. 

Obrolan awal itu dilanjut dengan obrolan inti kami kenapa kita ketemuan. Entah kenapa selama di perjalanan pulang saya kepikiran tentang membuka usaha saya yang dulu pernah saya rintis sebelum mengenal dunia blogging.

Selepas berpisah dan menjadi single parents, untuk menghidupi anak-anak saya dengan banyak pekerjaan mulai dari menjadi guru privat, tukang ojek , penyulam pita, bikin aneka cemilan dan lainnya. Semua itu saya kerjakan sebelum saya terjun ke dunia blogging.

Saya pun tidak pernah menyesal sama apa yang saya kerjaan dulu seperti sebagai buruh penyulam pita. Jadi dulu itu saya harus mengambil bahan mentah sepanjang 2 meter yang akan dijadikan baju, lalu dirumah saya menghiasnya dengan sulam pita dan payet sesai pola baju tersebut.

Untuk menjadi sebuah baju dibutuhkan sekitar 5 hari sampai seminggu dan jadi ya 5 hari sekali saya baru mendapatkan upah 18-20 ribu rupiah perlembar kain. Sekitar 6 bulan saya menjadi buruh penyulam pita hingga akhirnya tengkulak bangkrut dan saya pun stop menjadi penyulam. 



Meski mendapatkan uang yang bisa dibilang sedikit tapi saya bersyukur menjadi penyulam pita saya menjadi tahu banyak tentang crafting membuat bros , dan kerajinan lainnya yang bisa saya jual. Untuk menekan biaya pembuatan bros dan lainya saya mengambil potongan bahan yang tidak di pakai dari berbagai tukang jahit. Saya bikin itu semua dari mulai pembuatan dasar hingga pemasaran. 

Pendapatan dari bros cukup lumayan namun tidak mencukupi kebutuhan susu anak-anak akhirnya saya memulai bisnis bikin cheese stick. Nah di bisnis jni bisa dibilang bisnis yang menjanjikan saat itu. 

Pendapatan saya di pembuatan cheese stick lumayan banget deh karena cheese stick tersebut saya titipkan ke kantin kantor kaka sepupu. Tak hanya menitipkan di kantin atau warung saja, saya juga menerima pesanan cheese stick. 

Pesanan terus berdatangan, karena saya sendiri yang buat akhirnya keteteran sampai akhirnya saya sakit sekitar1 bulan lamanya. Semenjak sakit itulah saya berhenti membuat cheese stick. 

Kalau dipikir gimana ga jatuh sakit karena dari membeli bahan ke pasar sampai proses pengemasan saya sendiri yang bikin. Setiap hari minimal 3 kg saya membuat cheese stick. Sebenarnya membuat cheese stick itu mudah tapi lama di proses pembuatannya saja sih.

Tampilan website ralali.com


Untuk membeli bahannya agar lebih murah saya membeli di pasar yang lumayan jauh dari rumah, yowes lah badan jadi ambruk karena kecapean hehe. Dan berbicara mengenai membeli bahan buat usaha ternyata sekarang ada
Ralali.com sebuah platform belanja kebutuhan bisnis pertama di Indonesia. 

Di Ralali.com para pelaku usaha bisa terhubung dengan jutaan vendor. Di Ralali kita juga bisa menemukan distributor online dan enaknya lagi disini juga tempat pusat grosir online jadi cocok lah buat yang mau berbisnis bisa belanja bahan dan kebutuhan disini.

Jujur saja saya belum lama tahu tentang Ralali.com ini. Tahu tentang Ralali ini dari seorang teman kalau saat ini ada lho platform yang cocok untuk membeli bahan atau kebutuhan para pelaku UMKM atau bisnis kecil seperti saya ini. Karena penasaran akhirnya saya mencoba ngecek ada apa saja sih di Ralali.com ini.

Jadi Ralali.com  ini memiliki banyak kategori mulai dari Food & Beverage, Automotive & Transportation, Beauty, Sport &Fashion, Buildinh Materials, Computer &Communicatin , Elektronics, Furnitures &Decorations, Health &Medical, Hotel, Restaurant &cafe, Marchinery & Industrial Parts , Office &Store Supplies , Service.  Dengan banyaknya pilihan kategori ini tentunya tak salah jika Ralali.com menjadi platform belanja kebutuhan bisnis .

Mencoba memulai bisnis kembali membuat Cheese Stick


Setelah puas menjelajah Ralali.com dan ngobrol dengan Mba Di saya pun menjadi tertarik untuk memulai bisnis kembali membuat Cheese stick. Memulai bisnis lagi sebenarnya juga sejak lama sekitar tahun lalu bersama adek saya, tapi karena dia sekarang sudah mengajar di sebuah SMP dan menjadi pelatih, bisnis yang kita sudah rencanakan gagal total hehe. 

Menjadi womenpreneur ( aaihhh bahasanya hehe ) menjadi salah satu cita-cita saya juga selain di dunia blogging karena menurut saya menjadi womenpreneur di bagian baking alias membuat cemilan ini sebuah hobi juga karena saya suka masak dan bereksperimen.  Dan balik lagi nih memang tidak mudah membangun sebuah bisnis tapi kalau terus menunda dan tidak memulai kapan lagi ya kan bisa jadi womenpreneur. 

Okeyy,, jadi setelah tahu tentang Ralali  saya memutuskan untuk memulai bisnis bikin Cheese Stick lagi tapi ya dimulai untuk skala kecil dulu sih niatnya karena pekerjaan saya di blogging masih lumayan dan takut keteteran juga sama pesanan.

Karena ingin memulai bisnis buat Cheese stick saya memilih kategori Food &  beverage dan dilanjut memilih terigu. Berbeda dengan platform online lainnya di Ralali kita disajikan produk-produk terpopuler dalam satu kategori seperti tepung terigu nah disini kita bisa memilih produk terpopuler berikut penjelasan mengenai produk tersebut.

Namanya juga Platform untuk bisnis, harga produk di Ralali ini bisa dibilang jauh lebih murah karena sistem pembelian bisa grosir atau kartonan tapi bisa juga sih memilih membeli satuan. Namun berhubung buat bisnis saya membeli tepung terigu 1 karton yang isinya itu 12 pcs. Dan berikut saya jabarkan ya bagaimana cara belanja di Ralali.

Tahap-Tahap Belanja di Ralali.com : 

  • Buka website www.ralali.com
  • Register lalu log in
  • Pilih kategori yang diinginkan 
  • Pilih barang klik "buy"
  • Pilih alamat pengiriman 
  • Pilih jasa pengiriman 
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  • Klik bayar 
  • Konfirmasi pembayaran pada email pesanan untuk melakukan konfirmasi pembayaran.

Tuh cukup mudah bukan belanja di Ralali? Tinggal klik-klik, bayar dan pesanan pun langsung sampai. Belanja di Ralali para konsumen juga bisa melakukan penawaran lho dengan distributor atau penjual. 


Para konsumen bisa melakukan penawaran ke distributor. Jadi di bawah produk yang akan kita beli itu ada tulisan Request For Quatation nah disana tinggal kita klik lalu tinggal tulis nama, email dan nomer telepon dan klik next. Setelah klik next disana ada kolom Description lalu kita tulis deh penawaran kita kepada distributor lalu klik find me quatation.

Sebagai orang yang bercita-cita menjadi womenpreneur di era digital saat ini tentunya Ralali sanagt membantu bagi para pelaku usaha pemula seperti saya. Ralali mempermudah pelaku usaha untuk mendapatkan bahan baku dan kebutuhan dengan harga yang cukup murah, tidak memakan waktu dan tenaga juga karena barang akan datang kerumah jadi ga perlu lagi deh pergi ke pasar nenteng-nenteng belasan kilo tepung terigu dan bahan lainya untuk membuat Cheese Stick.

Meski bisnis yang saat ini masih terbilang kecil tapi tidak ada salahnya kan kalau saya mempunyai mimpi jadi pengusaha beneran nantinya? Hehe. Saya sendiri memiliki banyak angan atau impian yang tentunya tidak jauh-jauh dari urusan memasak. Yaa,, saya ingin memiliki kafe yang nyaman di pinggiran kota yang disamping bangunanya menyatu dengan kos-kosan. Aahh... indahnya mimpi saya ini, semoga saja bisa lekas terwujud, Amin.




31 comments:

  1. Semoga bisnisnya makin maju dan berkembang yaa mbak Amel

    ReplyDelete
  2. Aamiin.. hayuk bikin lagi usaha cheese sticknya. Semoga bisa menambah uang jajan buat anak-anak ya Mbak.

    ReplyDelete
  3. Womenpreneur di era digital saat ini semakin mudah ya mba. Apalagi ada Ralali, konsep B2B benar2 mutualisme.

    ReplyDelete
  4. Mbak, saya salut pada Mbak. Single parent yang pejuang tangguh. Mau melakoni usaha apa saja asal halal dan sesuai hasrat. Keterampilan memasak ternyata sangat berguna. Semoga usaha Mbak maju. Cheese stik adalah camilan yang lezat dan selalu akan ada banyak peminat. Apalagi Mbak tahu di mana konsumen sasaran. Langkah yang tepat.
    Belanja di Ralali ternyata enak, ya, Mbak. Kalau saya belanja satu dus gitu ke pasar berikut tambahan bahan lain jelas rempong. Ongkos transpor juga jadi mahal jika belanja angkaribung dalam sekali jalan. Ditambah kalau ada yang kelupaan maka terpaksa balik pasar dan beli ulang.
    Bagi saya sistem pasar yang diciptakan Ralali itu menguntungkan konsumen dan nprodusen, apalagi skala grosir. Jadi pebisnis yang memulai dari skala kecil juga bisa sangat terbantu, tak perlu repot belanja jauh-jauh apalagi kalau cari bahannya susah. Tinggal klik Ralali, ya, Mbak.
    Semoga usaha Mbak sukses demi anak-anak dan Mbak sendiri. Keep fighting!

    ReplyDelete
  5. Sekarang e-commerce di Indonesia makin berkembang pesat ya mbak, bisa dijadikan wadah bagi pebisnis. Bahkan digunakan untuk belanja juga mudah. Semoga sukses dg bisnisnya ya mbak.... Bukankah mencari peluang usaha dg caranya sendiri lebih berkesan? Inilah yg membuat saya salut dg enterpreneur yang sukses dg kemampuan yg dimilikinya. TFS mbak.

    ReplyDelete
  6. aku jadi mau coba ralali ini, mba. tadinya emang pengen buka usaha, tapi bingung cara belanjanya. Aku kan kerja, jadi sulit bagi waktu. Kalau ada ralali ini aku jadi semangat nih

    ReplyDelete
  7. Aku nyemangati Amel dulu untuk berbisnis lagi deh sekarang, nanti aku nyusul Amel :)
    Padahal aku bisa ya kalo niat buka usaha cuma bingung produknya apa

    ReplyDelete
  8. Yeaayy semangat mbaa, memulai lagi usaha didukung ralali kayaknya seru ya. Aku jadi kepo sama ralali ini. TFS mba.

    ReplyDelete
  9. Bisnis yang kecil kalo ditekuni pasti bisa besar, Mba. Semangat berbisnis Mba Amel :)

    ReplyDelete
  10. Rarali ini memudahkan para pengusaha pemula untuk mengembangkan bisnisnya yaa, Mba :)

    ReplyDelete
  11. Semangat ya mba Amel semoga upayanya membangun usaha bisa terwujud. Memang tak mudah tapi jangan menyerah yaa. Aamiin

    ReplyDelete
  12. wah, tentang ralali lagi nih.
    aku jadi makin kepo sama ralali...
    semoga bisa membantu semua pelaku usaha kecil dan menengah...

    ReplyDelete
  13. Resolusi bisnis saya tahun ini juga pengen jadi womenprenur eh maksud saya mompreneur. Yup, sebaiknya memulai bisnis memang dari hobi yang kita suka ya mbak. Semoga sukses usaha bisnisnya

    ReplyDelete
  14. Semoga segera terealisasi bisnisnya mba.
    Enak banget ya ada Ralali.
    Sama banget ama saya.
    Dulu bikin bisnis semuanya dikerjain sendiri, cari bahan sendiri, mutar2 cari yang murah.
    Kemasannya juga gitu, repot banget cari di mana2.

    Enak banget di Ralali semua udah tersedia ya.
    Jadi pengen lanjutin bisnis dulu hehehe

    ReplyDelete
  15. Ayo Amel usaha lagi bikin cheese stick. Tapi harus dibantu pekerja, untuk mendelegasikan pekerjaan. Apalagi sekolahku didukung sedeng adanya Ralali, yang komplit fasilitasnya

    ReplyDelete
  16. Kayanya aku juga perlu buka-buka ralali nih, tahun ini ada rencana menghidupkan kembali bisnis onlineku yang sudah pingsan 2 tahunan. Kalau di ralali kan jadi lebih mudah dan bisa fokus yaa :)

    ReplyDelete
  17. Baru tahu juga tentang rarali, semangat mba Amel memulai bisnisnya, saya pun pengen bisnis tapi bingung nih nggak punya pengalaman, kayaknya mesti buka-buka dulu rarali kali aja ide mau bisnis apa hehe

    ReplyDelete
  18. Fightiing...
    In syaa Allah sukses.

    Karena man jadda wa jada.
    Allah ada di setiap ikhtiar kita.

    ReplyDelete
  19. Semangat mba amel smoga sukses aku dah bbrp Kali nih tekunin bisnis gagal bangkit lg smp skarang dh ktemu cuma ttp hrs berjuang

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah keren mba. Ga ada yang gak mungkin. Semoga sukses ya mba di 2019 ini apalagi ada ralali.com yg memudahkan

    ReplyDelete
  21. Semua bisnis besar berawal dari bisnis yang kecil juga.. InshaAllah jika memulai dari bisnis yang kecil dulu jadi bisa belajar bagaimana membangun bisnis besar.. mau dong order cheese sticknya.. semoga bisnisnya lancara jaya ya mak.. bismillah

    ReplyDelete
  22. Make ralali nggak seribet bayanganku Mba, asikk banget ini buat dijadikan rujukan buat memulai usaha ya Mba Amel.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah UMKM sekrang terbantu banget sama marketplace kayak Ralali ini ya mbak. semoga lancar dan suskses membangun bisnisnya ya mbak.

    ReplyDelete
  24. Aamiin...semoga impian bisnis kulinermu terwujud ya, Amel.
    Seneng loh kalau lihat teman-teman yang pada punya bisnis sendiri. Aku nih baru aja resign setelah dua puluh tahun kerja. Pengin punya usaha sendiri juga. Yuk kita saling mendoakan semoga kita terus berdaya guna dengan kemampuan yang kita miliki.

    ReplyDelete
  25. Sukses ya mb amel. Yang muda berkarya dab kreatif itu jadi dambaan setiap umat manusia. Hehehe

    ReplyDelete
  26. Wah wah kalo soal pengalaman bisnis atau dagang aku kayanya harus belajar banyak dari sis yg satu ini. Moga bisnisnya lancar ya beb

    ReplyDelete
  27. keren deh mba semoga bisa jalan dan berkembang dengan baik bisnisnya. saya selalu salut sama yang njalanin bisnis crafting, apalagi yang semua dikerjain sendiri, soalnya pasti jeli banget gituu :D

    ReplyDelete
  28. wah ide bisnisnya bagus bange tmba smeoga diperlancar

    ReplyDelete
  29. Semoga impiannya segera terwujud ya Mbak, punya kafe dan kos-kosan itu. Untuk sekarang moga cheese sticknya laris manis lagi seperti sebelumnya ya Mbak, tapi tetap harus ingat jaga kesehatan juga ya Mbak :)

    ReplyDelete
  30. Aku baru gabung taoi belum aktif sih, pengeb memperluas pemasaran buku. Btw semoga impian Amel terwujud ya, aamiin

    ReplyDelete
  31. wah anak saya suka nih nyemil Cheese Stick ^^ semoga rencana bisnisnya bisa berjalan lancar ya mbak.. Semangat!

    ReplyDelete

ERHA TruWhite Activator Body Series Mengatasi Drama Kulit Kering dan Kusam

"Sibuk apa Mel sekarang?" tanya seorang teman SMP yang tak sengaja bertemu di sebuah pusat belanja di Bintaro 10 hari yang lal...