Wednesday, February 6, 2019

Akhirnya Tersenyum Lepas Berkat Global Estetik

Global Estetik


"Senyum adalah ibadah maka tersenyumlah"


Assalamu'alaikum.
Apa kabar semua? Semoga sehat selalu penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Moms and Dads, pasti kalian tahu kalimat pembuka diatas tadi yang menyatakan senyum adalah ibadah, maka tersenyumlah. Ya tersenyum adalah ibadah paling mudah yang bisa kita lakukan kapan pun jika bertemu orang lain.


Senyum tidak hanya ibadah tapi juga dapat menggambarkan suasana hati dan bahkan menurut riset tersenyum itu menularkan aura positif, meredakan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sungguh banyak sekali manfaat dari sebuah senyum. Senyum juga menggambarkan sebuah keramahan seseorang dan tahu ga sih kalau masyarakat Indonesia itu terkenal paling ramah karena suka tersenyum. 

Lalu apakah saya suka tersenyum? Pastinya donk karena bagi saya tersenyum kepada seseorang membuat hati saya bahagia dan menularkan aura positif namun pada beberapa kesempatan saya hanya tersenyum biasa tidak bisa tersenyum lepas karena malu. Iya malu, karena gigi depan saya rusak atau berlubang sehingga membataskan diri saya untuk tersenyum lepas. Kalau pun tertawa biasanya saya menutup mulut saya karena malu dengan keadaan gigi depan saya yang rusak.

Saya malu kalau tersenyum keliatan gigi huhu


Saya memiliki gigi depan yang berlubang sejak lama, pernah di tambal tapi hancur lagi tambalannya sehingga saya memutuskan untuk tidak memperbaikinya, padahal ini adalah salah, salah membiarkan gigi tetap berlubang dan mengikis percaya diri.

Sebenarnya saya ingin sekali memperbaiki gigi-gigi saya yang rusak atau berlubang dengan melakukan perawatan namun keterbatasan waktu karena kesibukan saya, makanya saya tidak pernah melakukan perawatan secara rutin dan hal hasil gigi saya rusak.

Namun semenjak jadi seorang blogger yang bertemu dengan banyak orang setiap event mau tidak mau saya harus melakukan perawatan tubuh saya mulai dari bentuk badan , wajah dan gigi agar bertemu dengan mereka saya bisa lebih percaya diri saat berbincang atau tersenyum.

Berbicara mengenai merawat gigi atau perawatan gigi ternyata banyak sekali mitos yang selama ini saya percaya misalnya kita harus sering menggosok gigi agar kiki kita lebih sehat dan bersih, nah ternyata semua itu hanya mitos belaka karena jika terlalu sering menggosok gigi yang ada gigi kita akan rusak dan gusi pun akan cenderung mudah terluka.

Mengenai fakta dan mitos tentang perawatan gigi saya dapatkan saat saya menghadiri Blogger's Party dengan tema Smile It's a beautiful day bersama Global Estetik beberapa waktu lalu di Pondok Indah Mall II. Di acara Blogger's Party ini saya mengetahui banyak tentang perawatan, fakta atau mitos mengenai gigi.

Mengenai Fakta dan Mitos perawatan gigi dibahas oleh Drg. Siti  Ashari salah satu Dokter Gigi di Global estetika. Sebelum menjelaskan mengenai fakta dan mitos kita semua disajikan video tentang seseorang yang memiliki gigi (maaf strukturnys tidak teratur), dimana orang tersebut merasa minder tidak membuka diri kepada orang lain dan malu untuk berkomunikasi.

Lalu orang tersebut di rapihkan giginya dan dia menangis terharu ketika melihat hasilnya. Ya,, dengan gigi yang sudah rapih dia bisa tersenyum lepas dan percaya diri. Dia seperti saya, kalau saya rusak gigi depan karena bolong dan dia karena struktur giginya tidak rapih atau berantakan.

Drg. Siti Ashari


Lalu senyum yang indah atau standar Good Smile itu seperti apa sih?. Nah disini Drg. Siti Ashari menjelaskan faktor yang membuat standar good smile atau senyum indah.

Standar Good Smile atau senyum Indah : 


  • Bersih 
Gigi yang bersih merupakan standar good smile dan untuk mendapatkan gigi yang bersih perlu di perhatikan beberapa hal mulai dari cara menyikat gigi, perawatan gigi dan waktu menyikatnya. 
  • Rapih 
Gigi yang rapih tidak berantakan tentunya akan terlihat indah tak hanya itu saja gigi yang rapih mudah menurunkan sisa makanan, jadi sisa makanan tidak akan tersangkut dan kalau gigi yang berantakan secara otomatis sisa makanan mudah tersangkut dan akhirnya membusuk jika tidak dibersihkan.
  • Tidak berlubang
Nah ini salah satu masalah yang saya alami yaitu gigi berlubang. Jadi jika ada kerusakan pada gigi harus ditangani lebih cepat agar tidak membesar kerusakannya misalnya kalau gigi berlubang secepatnya di tambal jangan dibiarkan karena kalau tidak di tambal sisa makanan akan nyangkut disana dan bakteri akan betah merusak gigi.
  • Perubahan warna gigi
Siapa sih yang percaya diri saat berkomunikasi kalau warna gigi kita menguning atau hitam? Pasti tidak nyaman donk ya saat tersenyum. Nah perubahan gigi ini ada beberapa faktor yang mempengaruhinya mulai dari minuman seperti kopi, teh atau makanan yang berwarna pekat seperti permen.
  • Tidak beraroma bau
Gigi yang sehat adalah yang tidak beraroma bau, nah masalah aromma bau ini kita dapat atasi dengan sikat gigj yang benar, pakai mouth wash dan jangan lupa sikat lidah dari belakang ke depan karena dengan sikat lidah itu penting dalam masalah mengurangi bau mulut.

Nah diatas tadi merupakan standar good smile atau senyum indah dan sehat. Selanjutnya Drg. Siti mengupas tuntas mengenai fakta dan mitos nih dengan tanya jawab. Yuk di simak lebih jelas lagi. 

Mitos atau Fakta tentang Kesehatan Gigi 




  • Gula adalah musuh terbesar gigi benar atau salah? 

Jawabannya adalah salah karena faktanya gula itu tidak selalu menjadi musuh terbesar karena tidak semua gula menajdi faktor negatif untuk kerusakan gigi atau bengkak. Perlu diketahui juga karena yang menyebabkan kerusakan yaitu gula yang kemudian metabolismenya menghasilkan asam dalam frekuensi cukup lama. Jadi setiap makan makanan yang manis lebih baik sikat gigi atau berkumur. 

  • Semakin keras dan semangat menyikat gigi maka gigi akan semakin bersinar? 

Nah ini dia yang sering salah beranggapan kalau sikat gigi yang bersemangat dan keras maka gigi akan bersinar nah itu adalah mitos atau salah karena untuk memiliki gugi yang bersinar itu ada beberapa faktor yang mendukung misalnya teknik dari menyikat gigi harus benar, waktu menyikat gigi yang tepat dan benar dan sikat gigi itu sendiri. 

Justru kalau menyikat gigi dengan semangat atau kencang akan menyebabkan kerusakan pada gigi dan membuat gigi jadi lebih sensitif,, so jangan terlalu keras menyikat gigi ya. 

  • Benar atau tidak mencabut gigi atas bisa mengalami kebutaan? 

Nah pasti sudah sering dengar donk ya banyak yang beranggapan kalau cabut gigi atas itu dapat mengalami kebutaan, tapi itu adalah mitos karena faktanya saraf mata dan saraf gigi itu berbeda cabang jadi tidak benar kalau mencabut gigi atas itu dapat mengalami kebutaan.

  • Apakah gigi ompong akan membuat wajah terlihat semakin tua? 
Pernyataan gigi ompong akan membuat wajah terlihat tua itu adalah benar karena gigi mempengaruhi bentuk muka dan gigi itu berfungsi untuk mendukung otot-otot wajah jadi kalau gigi yang ompong tidak di bereskan atau di ganti dengan gigi implan maka otot-otot wajah tidak mendukung dan akhirnya wajah terlihat lebih tua.

  • Apakah Sariawan disebabkan oleh stres? 

Jawabannya adalah benar karena stres salah satu faktor yang menyebabkan sariawan. Stres merupakan salah satu respon dari fisik dan psikis seseorang jadi akan berdampak timbulnya sariawan.

  • Apakah bahaya memelihara akar gigi yang telah mengalami kerusakan?
Jika di mulut kita masih ada akar gigi yang sudah mengalami kerusakan maka sebaiknya diangkat karena itu berbahaya. Dari akar gigi yang mengalami kerusakan itu pula dapat mengeluarkan bau dan pembengkakan, sakit maka dianjurkan pencabutan. Dalam intensitas yang cukup lama kalau tidak di cabut akan menyebabkan gusi radang atau bengkak.

  • Apakah karang gigi bisa hancur hanya dengan sikat gigi? 
Tidak guys,, jawabannya karang gigi tidak bisa hancur hanya dengan sikat gigi saja, karang gigi bisa dibersihkan dengan scaling ( pembersihan karang gigi) dengan menggunakan alat scaler. Dengan scaler karang gigi bisa hancur dan membersihkan sampai ke sela-sela tersembunyi.


Okay diatas tadi merupakan mitos atau fakta dan pertanyaan yang sering dilontarkan. Dan kalau di perhatikan dari tulisan di atas saya selalu menulis kesehatan dan kebersihan gigi itu harus dengan teknik yang benar, sikat gigi itu sendiri dan waktu yang tepat atau benar. 

Nah kalau waktu yang benar untuk menyikat gigi itu sebaiknya kapan sih? Jawabannya adalah setelah makan, saat mandi dan pada malam hari. Lho kenapa malam hari penting untuk sikat gigi? Dan berikut penjelasannya. 

4 Alasan harus sikat gigi sebelum tidur pada malam hari : 

  • Bakteri tetap bekerja walau kita tidur. Ya bakteri tetap beraktifitas seperti biasa saat kita tidur jadi otomatis kerja bakteri terus berjalan.
  • Waktu tidur kita cukup lama yaitu 8 jam nah karena waktu tidur kita yang lama dan bakteri terus beraktifitas dengan frekuensi yang sama.
  • Saat tidur produksi air liur berkurang. Jadi gini air liur itu seperti jbu peri yang berfungsi menstabilkan  bakteri yang ada di rongga mulut dan fungsi air liur juga membunuh bakteri dan meluruhkan sisa makanan.
  • Sikat gigi sore hari untuk jangka waktu semalam itu tidak cukup karena kita pasti akan makan malam dan gigi tetap bersih setelah sikat gigi sore hari itu tidak mungkin so,, makanya kita harus sikat gigi sebelum tidur. 

Tuh sudah tahu kan kenapa sebelum tidur kita harus sikat gigi. Nah Drg. Siti juga menjelaskan nih kebiasaan buruk yang dapat mengganggu pertumbuhan gigi terutama pada anak-anak.


Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu pertumbuhan gigi pada anak-anak : 

  • Menghisap jempol, nah kegiatan menghisap jempol pada anak dalam rentang waktu yang cukup lama ternyata mengganggu pertumbuhan gigi karena berefek rahang atas makin maju jadi pertumbuhan giginya tidak normal.
  • Sering menggigit bibir. Begitu juga dengan menggigit bibir mungkin hal pertama yang dirasakan saat sering menggigit bibir yaitu cedera pada bibir tapi dalam waktu yang sering dan cukup lama menggigit bibir juga bisa menyebabkan gigi atas akan maju dan gigi belakang akan mundur.
  • Mendorong lidah kedepan. Nah begitu juga dengan kebiasaan mendorong gigi kedepan yang mana kebiasaan ini dapat menyebabkan pertumbuhan gigi tidak normal yaitu gigi atas akan kedepan dan gigi bawah akan kebelakang. 
Dokter gigi untuk anak
Kakak Shakila dan Kezia lagi kontrol ke Dokter Gigi 😍


Puas dengan pengetahuan mengenai kesehatan gigi saya jadi makin aware terhadap kesehatan dan pertumbuhan gigi anak-anak saya karena saya tidak mau mereka seperti saya yang mengalami gigi bolong. 

Untuk itu saya bertekad sebisa mungkin saya mereka harus rutin ke dokter gigi untuk kontrol atau periksa jadi kalau ada masalah bisa diatasi sejak dini. Untuk kontrol atau pemeriksaan gigi rutin bisa dilakukan setidaknya 6 bulan sekali.

Alhamdulillah senang bukan main mendengar penjelasan dari Drg. Siti jadi mengenai fakta atau mitos dan juga pertanyaan yang seringbhinggap di pikiran bisa terjawab sudah. Drg. Siti adalah salah satu dokter gigi di Global Estetik . Lalu apa itu Global Estetik? Yuk kita kenalan dulu.


Tentang Global Estetik

Drg. Arnof dan dokter gigi lainnya

Sudah hadir pula Drg. Arnof selaku Dokter gigi dan Owner Global Estetik menjelaskan sedikit tentang Global Estetik.

Global Estetik adalah Divisi Pemasaran Digital Bagi Praktek Dokter Gigi dan Klinik Gigi yang tergabung dalam Jaringan Pemasaran bersama, serta memberikan Informasi Kesehatan kepada Masyarakat yang berkaitan dengan Kesehatan Gigi dan Mulut yang sudah berdiri sejak 23 April 2007. 


Cabang pertama Global Estetik pertama berdiri tahun 2007 yaitu di Pondok Cina Depok lalu tahun 2011 di buka di Bintaro dan ITC Depok, 2017 di Pasar Rebo dan Cipete, tahun 2018 di buka di Bandung dan tahun 2018 launcing juga di ITC Permata Hijau. Dan beberapa waktu dekat Global Estetik akan buka di Bekasi, Tangerang dan Pekan Baru. Di beberapa cabang itu juga ownernya pun berbeda-beda

Untuk cabang di Pekanbaru nanti akan dibuat 2 ruko dengan 5 lantai Klinik Beauty Center dan nanti pula disini akan menjadi pusat pelatihan untuk Global Estetik. 

Dan karena ingin lebih dekat dengan konsumen Global Estetik terutama untuk pendaftaran pasien, perawatan di Global Estetik akhirnya dibuatlah sistem Aplikasi Global Estetik yang terintegrasi. Aplikasi ini bisa di download di Play Store dan nantinya pembayaran pun bisa lewat website nya di www.globalestetik.com atau aplikasi ini.


Drg. Arnof  juga menjelaskan keunggulan Global Estetik yaitu :


  • Harga transparan mengenai harga atau tarif sangat terbuka yang mana pelanggan bisa melihat langsung lewat aplikasi atau website jadi tidak asal main getok harga.
  • Semua terintegrasi digital  para pelanggan bisa reservasi online 24 jam lewat website atau aplikasi dan reservasi di berbagai cabang lainnya tersebut akan masuk juga ke aplikasi dokter giginya jadi tidak perlu menelpon atau datang ke klinik untuk menanyakan dokter ada atau tidak. 
  • Bekerjasama dengan 7 perusahaan asuransi jadi tinggal gesek saja kartu asuransinya.
  • Pembayaran sangat mudah dan banyak pilihan payment bisa cash dan juga kredit yang mana nanti akan bekerjasama dengan blibli.com yang mana misalnya pasien bisa melakukan tindakan dulu baru bisa membayar dengan di cicil
  • Free wifi hotspot di setiap cabangnya
  • Terintegrasi TV waiting room, jadi begitu kita reservasi maka akan langsung online masuk ke TV waiting room di berbagai cabang jadi tidak ada istilah disela-sela. 
  • Online Cashier 
  • Medical report online
  • Bekerjasama dengan 800 lebih perusahaan
  • Bekerjasama dengan Halodoc 
  • Peralatan dan bahan berkualitas 
  • Nyaman dan bersih tempatnya. 
  • Dan masih banyak lagi.

Akhirnya Bisa Tersenyum Lepas Penuh Percaya Diri Berkat Global Estetik 


Setelah puas mendengar penjelasan Drg. siti dan berkenalan dengan Global Estetik yang dijelaskan oleh Drg. Arnof saya pun langsung mencoba perawatan di Global Estetik cabang ITC Permata Hijau yang mana cabng ini tidak begitu jauh dari rumah. 

Sebelum saya melakukan perawatan, saya tentunya lebih dulu reservasi online lewat aplikasi Global Estetik. Mau tahu tahap-tahap reservasi online dan perawatan saya di global Estetik? Yuk baca sampai akhir ya 😍



  • Download  Aplikasi Global Estetik di Play Store 
  • Lalu pilih cabang dan bisa lihat langsung promonya karena saya pilih di ITc Permata hijau jadi saya pilih itu.
  • Isi form reservasi dengan mengisi pilihan cabang, keperluan perawatan dan dokter pilihan kita.
  • Kemudian pilih jadwal kedatangan

  •  Mengisi nama, email, no telp dan catatan 
  • Selesai deh dan sukses untuk reservasi onlinenya.

Tidak membutuhkan waktu banyak untuk reservasi online lewat aplikasi. Setelah sukses reservasi nanti pagi harinya kita di whatsapp oleh Global Estetik untuk reminder atau pengingat dan menanyakan kembali kepastian kita bisa datang atau tidaknya. 

Saya melakukan reservasi online 1 hari sebelum kedatangan, sangat mudah dan cepat. Lewat aplikasi Global estetik juga kita bisa langsung tahu promo dan harga. Pokoknya kita bisa memilih sesuai pilihan kita mulai dari dokter hingga jam reservasi. 



Besoknya siang jam 13:30 saya sudah sampai di Global Estetik cabang ITC Permata Hijau. Sesampainya disana saya mengisi form pendaftaran manual untuk kartu berobat saya, ya maklum karena ini kali pertama saya melakukan perawatan gigi di Global Estetik .

Dokter gigi yang merawat syaa yaitu Drg. Rezky beliau cantik dan sangat ramah. Awalnya saya memilih untuk scaling atau pembersihan karang gigi saja tapi setelah konsultasi dan berhubung ada promo penambalan gigi akhirnya saya memilih juga untuk penambalan gigi depan saya. 

Untuk proses scaling sendiri cukup cepat sekitar 10 menitan lah karena karang gigi saya bisa dibilang sedikit ya. Setelah scaling kemudian dilanjut dengan penambalan gigi depan. 

Nah untuk proses penambalan gigi depan bisa di bilang memakan waktu yang cukup lama yaitu hampir 1 jam. Kenapa lama? Karena Drg. Rezky sangat telaten dan komunikatif jadi kalau dirasa ngilu atau sakit saya harus memberikan kode. Dan beliau juga selalu bertanya ke saya , apakah sudah nyaman atau masih ada yang kurang? Saat saya bialng masih kurang nyaman beliau kembali memoles gigi saya. 

Untuk proses scaling dan penambalan Drg. Rezky di bantu oleh asistennya. Suasana penambalan juga asyik karena alunan musik terus berjalan. Oyaa,, sebelum proses penambalan dilakukan foto before gigi depan dulu hehe.

Terima kasih banyak Global Estetik dan Drg. Rezky 😗


Tak terasa sekitar 1 jam proses penambalan pun selesai. Dan tau ga sih pas dikasih lihat cermin saya terharu banget karena gigi depan saya seperti gigi awal tanpa lubang. Puas banget,, sangat puas saat saya lihat gigi saya yang baru. 

Sekarang saya bisa tersenyum lepas dan ga malu lagi jika berkomunikasi dengan orang lain. Huaaa senang bukan main. Oyaa untuk biaya penambalan sendri kemarin lagi promo penambalan 2 gigi hanya Rp. 570.000 saja ini termasuk murah. Dengan biaya segitu dan hasil yang sangat puas cukup wort it banget lah.

Sering-sering cek Aplikasi deh  suka ada Promo Up to date lho


Dan selesai penambalan Drg. Rezky juga menjelaskan bahwa gigi bawah saya yang geraham gusinya itu bengkak dan ada nanahnya jadi harus melakukan perawatan akar. Gusi bengkak dan ada abses ini akibat gigi tambalan yang bolong dan tidak dilakukan perawatan. 

Beliau menjelaskan bagaimana tahap-tahap perawatan akar gigi saya yang bawah ini, beliau juga memberikan rincian biaya. Memang tidak sekali dua kali untuk perawatan akar gigi karena semua melalui beberapa tahapan dan pengobatan. Ya,, semoga saja saya bisa istiqomah melakukan perawatan di Global Estetik , ini semua demi kesehatan mulut saya juga kan. 

Akhirnya saya bisa tersenyum penuh percaya diri 


So far setelah melakukan scaling dan penambalan gigi di Global Estetik saya sangat puas sekali, pelayanan yang cepat, terintegrasi dan ramah membuat saya sebagai pelanggan juga nyaman. Pergi ke dokter gigi dengan paradigma takut berubah dengan pelayanan itu semua. 

Buat teman-teman yang membaca pengalaman saya dan tentang fakta atau mitos semoga bermanfaat ya tulisan saya ini. So,, mulai deh kita aware dengan kebersihan dan kesehatan mulut kita karena ini investasi untuk masa depan dan juga agar kita bisa percaya diri saat tersenyum dan berkomunikasi seperti tagline Global Estetik "Smile It's A Beautiful Day " .

#Smile
#BeautifulDay
#GigiIndah
#GigiSehat
#GlobalEstetik 


24 comments:

  1. Wah bisa rapih jali gitu. Saya juga mauuu, karena gigi depan saya juga renggang sih karena dulu waktu kecil suka banget makan coklat daaan gigitin sedotan hehehe.

    ReplyDelete
  2. aku kadang gak pede buat ke dokter gigi,
    scalling pun baru sekali dan ngiluuuu....
    harus dijadwalin bulan depan nih biar gigi tetap terawat :D

    btw, Global estetik ada di bandung nggak ya?

    ReplyDelete
  3. harus rajin scaling atau bersihin karang gigi supaya senyumnay bisa bebas hihihi. Apalagi aku suka banget minum teh jadi harus dibersihkan

    ReplyDelete
  4. Wah keren bgt global estetik udah ada apps nya �� mba amel makin cantik jadinya, senyumnya itu lho ❤

    Btw mitos dan fakta seputar gigi itu mind blowing bgt ❤

    ReplyDelete
  5. Padahal kalo mewanti wanti anak kecil itu jurusnya pasti yang manis manus macam gula. Nggak boleh makan permen, manis, nanti giginya keropos. Ternyata cuma mitos ya..

    Wooo, hasilnya jadi bagus banget mbk

    ReplyDelete
  6. Ish keliatan banget lho hasilnya.. itu baru sekali kunjungan ya.. duh apalagi beberapa kali kunjungan.. pasti bakalan lebih cling deh.. memang ya kondisi gigi sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.. disini ka amel terlihat lebih percaya diri lho.. dan lebih cantik

    ReplyDelete
  7. Pas baca mitos atau fakta ku sambil periksa gigi ku yg tinggal based nya doank hiks. Disini benerin gigi mahal. Semoga dinindo ada rezeki ku buat benerin gigi biar bisa tersebyum manis kaya mba amel hehehe. Salam kenal mbaaa 😊😊

    ReplyDelete
  8. Wah bagus giginya mbaaakkk. Mau senyum pun jd lebih percaya diri. Oya aku baru tau loh soal hubungan cabut gigi atas dan mata itu ternyata hanya mitos belaka. Duh syukur deh, karena aku sepertinya mau nyabut gigi atas mbk. Makasoy infonya ya mbk

    ReplyDelete
  9. Gigiku yang depan bawah itu kelihatan bermasalah, Mbak. Sepertinya memang harus segera ke dokter gigi.

    Perkara makanan manis, anakku ini kan usia 3 tahun ya, giginya yang depan dua itu sudah mulai keropos, tinggal separo.Nah, setiap kalai bertemua orang, lho giginya kok sudah habis, kebanyakan permen nih kalau nggak minum susu pakai dot mulu. Padahal keduanya dilakukan anakku secara wajar.Makan permen juga nggak setiap hari.

    ReplyDelete
  10. Gigi di rahang bawahku sebenarnya kurang rapi. Tapi ya akhirnya kubiarin aja karena belum sempat. Baiknya sekarang mulai milih waktu buat periksa gigi biar makin sehat

    ReplyDelete
  11. aku punya lubang gigi nih, bahkan sudah sampai bawah banget dan bolongnya udah ketutup gusi. Jadi aneh gt deh rasanya. Belom sempat2 ke drg huhu

    ReplyDelete
  12. Aku hobi banget foto sembari senyum lebar dengan gigi kelihatan. Dulu sih oke oke aja, tapi kesini sini kok kayak dua gigi atas yang bagian tengah itu agak renggang. Duh entahlah ini kenapa ya. Harus konsultasi ke klinik perawatan gigi sepertinya ya.

    ReplyDelete
  13. Aku pengen punya gigi putih bersih, mba. Tapi kata dokter gigi yang ak pernah nanya itu harus veneer yang harganya super duper mahal. Masalahnya adalh aku sering konsumsi antibiotik karwna sering sakit sejak aku masih kecil

    ReplyDelete
  14. Susunan gigi depanku pun tak rata, jadi kalo foto suka gak pede nampilin tawa ceria. Paling senyum aja, hahhaa

    Btw anak sulungku juga gigi depannya kayak Anel. Tapi udah ditambal sih, kasihan kalo anak muda minder gara2 problem gigi berlubang

    ReplyDelete
  15. Omg,,, terksima dengan hasilnya, cantik banget giginya skrg kak, duh jadi kepengen mau scalling juga,,,, di Makassar sudah ada gak kak cabangnya?

    ReplyDelete
  16. Wah mantaps nih keren before n afternya kok jelas bedanya ya...scaling tuh bikin ngilu ya teh?

    ReplyDelete
  17. wah jadi bagus lagi ya gigi depannya <3
    pengen deh perawatan gigi lagi, at least scaling gigi 6 bulan sekali ya? udah lama ga kontrol, harusnya ada gigi bungsu di belakang yang perlu dicabut, tapi aku ga berani, hehe..

    ReplyDelete
  18. Harus rutin banget jaga kebersihan Gigi ya biara percaya diri dan tentunya buat kesehatan yg Utama

    ReplyDelete
  19. Wah coba cek dulu aplikasinya ah. Kalo aku mau pasang gigi karena gigiku ada yang ompong wkwk

    ReplyDelete
  20. Kok jd mupeng ke dokter gigi jg jadinya Mak. Itu beda bgt hasilnya. Emejing. Jd rapih bangeetttt.. Dokter giginya cekatan n cantik ya Mak

    ReplyDelete
  21. Wah keren banget ini global estetik udah ada apps-nya. Jadi pengen coba scaling juga. Ngilu gak sih?

    ReplyDelete
  22. banyak juga ya mba services yang ditawarkan.Ada bocoran harganya berapa mba? buat perbandingan

    ReplyDelete
  23. Kayanya iya deeh..
    Aku perlu scaling.
    Mengingat gigiku yang tumbuhnya gak rapih...huuhuu~

    ReplyDelete
  24. Berkah banget aku baca blogmu mba, sakit gigi dan berlubang sedang melandaku. Gigi berlubang setahun silam lubang lagi. Aduhhh sedih. Mau ngagendakan lagi ke dokgi ah.

    ReplyDelete

Ini Lho Langkah Mudik Sehat, Aman dan Selamat

Mudik atau pulang kampung rasanya sudah menjadi tradisi di Indonesia saat lebaran.  Para perantau atau pekerja migran akan pulang ke ka...