Tuesday, March 26, 2019

Rangkaian Ulang Tahun BUMN ke 21 dan Acara BUMN Goes To Campus di Karawang


"Tadi siapa yang ingin jadi direktur coba maju kedepan?". Tanya Bapak Aas Sadikin Idat selaku Direktur Utama Pupuk Indonesia kepada ribuan mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang.  Tak lama bertanya, satu persatu mahasiswa yang sudah mengungkapkan keinginanya menjadi direktur pun maju kedepan.



Sekitar 4 Mahasiswa maju kedepan dan Pak Aas pun langsung bilang, tidak ada yang tidak mungkin, kalau kita tekun, kerja keras pasti semua bisa kok. Jangan minder karena dari putera daerah tidak bisa jadi direktur, kata siapa itu? Saya saja putera daerah, saya lahir di Kabupaten Karawang.

Setelah pernyataan seperti itu, tepuk tangan riuh dari mahasiswa menyemarakan ruang itu. Yaa, Alhamdulillah beberapa waktu lalu tepat tanggal 21 Maret saya berkesempatan mengunjungi kota Karawang bersama PT. Pupuk Indonesia dalam ranggka BUMN Goes to Campus.

Sejak sebelum subuh saya sudah di antar Papa ke Stasiun untuk mengejar kereta pertama dan berkumpul meeting point di PT. Pupuk Indonesia yang letaknya tidak jauh dari Mall Taman Anggrek. Jujur saja saya baru tahu lho kantor ini dan ternyata PT . Pupuk Indonesia berpengaruh besar untuk kemajuan ekonomi di negara ini.


Jakarta -Karawang membutuhkan waktu sekitar 4 jam, selama dalam perjalanan saya pun tidur untuk istirahat. Sesampainya disana luar biasa banget kaget ribuan mahasiswa berkumpul di sebuah tenda besar depan kampus. Sebanyak kurang lebih 2.500 mahasiswa berkumpul ikut hadir dalam rangkaian ulang tahun BUMN yang ke 21 yaitu BUMN Goes to Campus yang mana kali ini menjadi Ajang Berbagi Inspirasi dan Pengalaman dari BUMN untuk Generasi Milenial Indonesia.

Melihat ribuan generasi milenials disana jujur kaget banget ternyata acara mengundang banyak peminat. Sesampainya saya disana saya melihat rangkaian acara salah satunya kuis, dan pembagian hadiah lomba yang di selenggarakan oleh BUMN dengan hadiah puluhan juta rupiah ,, luar biasa memang.

Dalam kesempatan itu juga diberikan sertifikat kepada perwakilan mahasiswa peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ( PMMB) dan Kelas Terampil. Disana para petinggi BUMN dan PT. Pupuk Indonesia salahsatunya Bapak Aas Sadikin Idat yang sharing mengenai pengalamannya dan juga sedikit memberikan informasi mengenai PT. Pupuk Indonesia.


PT. Pupuk Indonesia 


PT. Pupuk Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) yang bergerak di industri pupuk. Dahulu Pupuk Indonesia bernama PT. Pupuk Sriwijaya yang merupakan pupuk berbasis di Palembang dan berubah menjadi PT. Pupuk Indonesia sebagai Holding pupuk di Indonesia.

PT. Puouk Indonesia memegang peran pentinh dan mendukung program ketahanan pangan melalui jaminan psokam pupuk dan mengoptimalkan pola koordinasi strategis Holding sehingga meningkatkan sinergi , efisiensi dan produktivitas seluruh perusahaan Pupuk Indonesia Group.



Pada BUMN Road Show kemarin juga diselenggarakan Kelas Terampil yang mana para mahasiswa ini di bekali berbagai ilmu dati para narasumber yang sudah memiliki pengalaman dalam Entrepreneur. Disini mahasiswa mendapatkan banyak ilmu dan tentunya dapat juga sertifikat kepada mahasiswa Unsika yang mengikuti kelas Publik speaking dan entrepreneurship skill.

Untuk Kelas Terampil ini di ikuti sebanyak 280 mahasiswa dan di sebuah ruang berbeda dengan acara yang tadi sharing dan talkshow di depan halaman kampus Unsika.

Tak jauh dari tempat kelas terampil kita akan melihat Kantin Mahasiswa yang di bangun oleh PT. Pupuk Indonesia untuk kebutuhan mahasiswa atas kantin yang nyaman dan modern.


Dihalaman depan acara talkshow juga ada bazar dari hasil olahan mahasiswa, para pelaku UMKM dan lainnya. Disini kita bisa membeli dengan harga yang bisa dibilang lumayan terjangkau.

Yang buat saya takjub yaitu tau kan pohon mangrove? Yang suka ada di pinggir pantai, nah disini mulai dari daun, batang dan buahnya di oleh menjadi berbagai produk lho. Bahkan ampasnya sendiri di buuat menjadi seperti makanan gitu. Keren banget pokoknya.



Selesai dari Unsika sayadan teman blogger lainnya lanjut ke tempat kedua yaitu Pesantren Nihayatul Amal Karawang, sebuah pesantren tua dan besar di Karawang. Yaa,, pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1963. Saat turun dari bus yang membawa saya, kita semua sudah bisa melihat ribuan santri pondok pesantren yang berbaris untuk menyambut Ibu Menteri BUMN Rini M Soemarno.

Ya dalam rangka ulang tahun BUMN yang ke 21 Pesantren Nihayatul Amal Karawang ini mendapatkan bantuan dari BUMN berupa pembangunan 6 Ruang Kelas Asrama Sanyriwati dan bantuan fasilitas belajar Pesantren .


Sholawat terus di gaungkan para santri saat ibu Rini memasuki kawasan Pesantren. Selesai berfoto-foto dengan para masyarakat bu Rini meninjau lahan yang rencananya untuk di bangun 6 ruang belajar persembahan BUMN.

Jadi pembangunan ini ada beberapa tahap yang pertama adalah pembangunan Gedung belajar yang nantinya bisa menampung sebanyak 300 santri lalu tahap kedua adalah pembangunan Gedung Asrama Santriwati dan tahap terakhir yaitu pemberian bantuan Sarana dan Prasaran Penunjanh Proses Belajar Mengajar seperti perangkat teknologi penunjang kegiatan belajar dan mengajar dan lainnya.


Sebagai simbolis pemberian bantuan bu Rini memberikan sambutan. Beliau mengungkapkan bahwa di pemerintahan pak Jokowi selama 4 setengah tahun ini BUMN mendapat keuntungan yang cukup besar dari beberapa sektor yaitu mencapai RP 190 triliun dari berbagai sektor.

Bu Rini juga menjelaskan bahwa pak Jokowi sejak beliau di angkat bilang bahwa selain mencari keuntungan tapi juga harus berbagai kepada masyarakat, istilahnya memberikan sumbangsih agar masyarakat merasakan manfaat lebih besar dan luas lagi, nah salah satunya yaitu ini pemberian bantuan kepada Pondok Pesantren Nihayatul Amal Karawang.


Tak ketinggalan bu Rini mengenalkan para Direktur Utama BUMN Indonesia ke kepada masyarakat yang hadir. Beliau mengungkapkan semoga para direktur utama BUMN yang hadir juga ikut membangun Karawang terutama di wilayah ini misalnya di bangun tower dan ruang belajar pondok pesantren agar lebih banyak menampung banyak santriwan dan satriwati.




Saya yang turut hadir merasa bersyukur dengan adanya bantuan semoga makin banyak dari berbagai pihak yang ikut membangun bangsa lewat bantuan ke berbagai sekolah atau pesantren. Sebagai rakyat biasa saya ikut mendoakan semoga BUMN bisa lebih banyak mendapatkan keuntungan sehingga lebih banyak memberikan bantuan agar manfaatnya bisa terasa lebih luas lagi.

Ada kesan juga yang membuat saya haru saat berkunjung ke Pesantren ini, melihat keceriaan anak-anak yang antusias banget, hormat dan sopan sekali saat saya dan teman lainnya dateng. 

24 comments:

  1. Wah Universitas Singaperbangsa terkenal di Karawang ini hihihi. Seru ya bisa ikutan BUMN Goes to Campus jadi bisa mengenang lagi masa-masa kuliah dulu nih kalo aku :)

    ReplyDelete
  2. BUMN Goes To Campus, merupakan program yang baik dalam meningkatkan kesadaran pentingnya BUMN untuk perekonomian negara. Nah kali ini juga mengangkat kelas terampil dan menghasilkan produk dan dididik supaya menjadi pengusaha/entrepreneurship. Keren.

    ReplyDelete
  3. seru ya mb Amel goes to Campus, setuju tuh kata Pak Aas Dirut PT. Pupuk karena yg mau usaha dan kerja keras pasti bisa wujudin impiannya :)

    ReplyDelete
  4. Zaman sekarang BUMN makin keren aja ya, banyak hal positif yang berkembang gak sebatas di situ-situ aja.
    Salah satunya mengenalkan BUMN ke khalayak seperti goes to campus gini.

    Btw saya dong baru tau PT Pupuk ini heheheh *kudet banget :D

    ReplyDelete
  5. Wah apa yang dikatakan direktur,Aas Sadikin, pupuk Indonesia bisa jadi contoh. Bahwa mimpi bisa di wujudkan dan di raih walaupun kita putra daerah.

    ReplyDelete
  6. Rangkaian ultah 21 BUMN ini semakin menunjukan bahwa BUMN semakin melayani masyarakat dengan sangat baik ya.. segala inovasi dibuat untuk melayani masyarakat dan saya sebagai masyarakat sangat menikmati berbagai program dan inovasi dari BUMN..

    ReplyDelete
  7. Bu Rini coba jadi Tukang bangunan, hehehe. BUMN Goes To Campus bikin kita makin tau tentang progam2nya. Semoga makin banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  8. Waah Amel mah gabung sama mahasiswa milenial masih sepantar laaah. Hehehe. wah ibu Menteri hadir juga ya, keren acaranya.

    ReplyDelete
  9. BUMN Goes to Kampus mengenalkan para generasi milenials tentang pemberdayaan ekonomi. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan termasuk didalamnya memberikan dukungan penuh kepada anak2 di panti asuhan, semoga BUMN menjadi lembaga yang solid dan makin maju.

    ReplyDelete
  10. BUMN ini punya banyak program ya mba. Keren banget bisa keliling sampai ke kampus2 gitu.

    ReplyDelete
  11. Wah, acara yang seru nih. Aku dulu paling suka kalo ada acara atau brand yang goes to kampus gini. Selain nambah wawasan, bisa jadi referensi untuk berkarir. Dulu sih. Kalo sekarang, mupengnya dalam hal nambah wawasan dan nambah ide nulis :D

    ReplyDelete
  12. Barokallah acaranya seru banget.
    Andai deket pengen ikutan juga. Soalnya BUMN kan programnya banyak dan positif semua pula

    ReplyDelete
  13. Gak kebayang impian saat kecil menjadi kenyataan yaa...
    Jadi direktur.
    Dan Dirut BUMN pula.

    Semoga makin banyak amanah yang dijalankan dengan baik untuk rakyat.

    ReplyDelete
  14. Maju terus BUMN indonesia. Semoga bisa menjangkau lebih banuak masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
  15. Banyak yang ikutan ya
    Senang lihatnya kalau BUMN punya agenda positif seperti ini
    Jadi masyarakat bisa semakin paham dunia BUMN seperti apa

    ReplyDelete
  16. Pas awal baca udah bertanya-tanya kok namanya bukan PUSRI (Pupuk Sriwijaya)? Ternyata ganti nama ya Mama Amel, hihi. Aku cukup akrab dengan BUMN satu ini karena keluarga kakakku di Palembang dan beberapa kerja di sana.

    Semoga BUMN Indonesia semakin maju dan jaya^^

    ReplyDelete
  17. Lumayan banyak juga ya mba rangkaian acaranya. Aku suka liat all the progress! maju terus BUMN kita

    ReplyDelete
  18. "Tidak ada yang tidak mungkin, kalau kita tekun, kerja keras pasti semua bisa kok" setuju banget dengan kata Pak Aas ini. Keren banget yah BUMN punya agenda seperti Goes to Kampus ini. Pastinya seru sekali dan memberi banyak pencerahan buat para peserta yang hadir.

    ReplyDelete
  19. Semoga masih banya program positif yang dilakukan BUMN ya mba, jadi beberapa daerah yang tertinggal dapat dibagun dan maju

    ReplyDelete
  20. BUMN sangat concern ya dengan peningkatan kualitas SDM sejak mereka masih di bangku sekolah/kuliah dengan memberikan banyak program yang positif. Salut dengan perusahaan2 yang ada di bawah pengelolaan BUMN ini.

    ReplyDelete
  21. Bagus banget nih acaranya, dan program Goes to Campus dari BUMN ini bagus banget mempersiapkan para mahasiswa sebelum terjun ke lapangan kerja, pastinya mengundang ketertarikab para milenials

    ReplyDelete
  22. Kece banget emang programnya ya Mel. Jadi makin banyak mahasiswa yang tau tentang BUMN ini dan mereka bisa makin meningkatkan kapasitasnya

    ReplyDelete
  23. Keren ya BUMN punya kegiatan kayak gini.. Bagus banget untuk mempersiapkan para mahasiswa biar gak kaget waktu terjun ke lapangan kerja

    ReplyDelete
  24. Wah Ibu menteri juga hadir.
    Bagus nih sosialisasi ke para mahasiswa :)

    ReplyDelete

Mudahnya Menikmati Beauty Treatment di DL Slim & Skin Care Bintaro Lewat Traveloka Xperience

"Ya ampun komedo di hidung udah melambai-lambai", jeritan dalam hati di depan kaca besar saat mencoba kacamata yang baru saj...