Wednesday, May 22, 2019

Buka Puasa Dengan KIN Fresh Milk Lebih Baik Tanpa Khawatir Gangguan Pencernaan



"Mel jangan lupa bikin teh manis hangat plus tambah gula sedikit untuk buka",  Papa. 

Kalimat itu hampir setiap hari diingatkan papa ketika saat menjelang buka puasa tiba kalau saya ada dirumah. Yaa,  tanpa di ingatkan juga saya tahu sih kalau kebiasaan kita saat buk situ pasti diawali minum teh manis hangat karena gula yang terkandung didalamnya bisa mengembalikan sedikit energi yang telah hilang saat berpuasa seharian penuh. 

Dari saya kecil hingga saya punya anak dua beliau selalu deh mengingatkan kalau berbuka puasa itu dengan yang manis hangat,  jangan minum air dingin dulu takut sakit perut.  Namun ya kadang saya bandel sih saya selalu minum air putih dingin dulu hehe soale ga begitu suka minuman yang hangat.  Iya lah ya setelah puasa seharian menahan haus dahaga terus minum yang dingin itu rasanya nyesss banget di tenggorokan sampai ke kepala. 

Minum teh manis dan air putih saat berbuka puasa memang sudah biasa dan tidak terjadi apa-apa di pencernaan saya , lalu kalau minum susu saat berbuka puasa apakah ada boleh? karena ada yang beranggapan kalau perut kosong dan langsung minum susu nanti akan terjadi masalah pencernaan seperti misalnya diare, tapi apakah benar anggapan tersebut?. Ternyata salah guys dan jawab itu saya dapatkan saat menghadiri Blogger Gathering bersama KIN Fresh Milk beberapa waktu lalu di Harlequin Bistro di daerah Kemang.


Blogger gathering sekaligus buka bersama kali ini dihadiri Mom Influencer Astrid Satwika, Ahli gizi dr. Rizal Alaydrus ,MSc dan Tiffany Pratiwi Suwandi,  Brand Manager KIN.

Saat ini masyarakat Indonesia sudah terbiasa kalau saat berbuka itu minum yang manis, karena kandungan karbohidrat didalamnya baik untuk mengembalikan energi yang hilang namun ada anggapan yang salah katanya kalau minum susu saat buka puas abiss menyebabkan perut mulas dan diare. Nah itu salah besar ya justru minum susu saat berbuka adalah salah satu alternatif terbaik.

Kenapa susu menjadi alternatif saat buka puasa karena susu mengandung gula alami dan nutrisi sangat lengkap. Ada kandungan nutrisi mikro dan makro didalamnya.  Untuk nutrisi  makro terdapat protein ,  lemak dan karbohidrat lalu nutrisi mikro nya terdiri dari vitamin dan berbagai macam mineral.



Selama berpuasa kita menahan haus dan lapar selama 12-13 jam lamanya otomatis kondisi tubuh pun ada perubahan misalnya saja bisa dehidrasi , pusing,  lemas dan gangguan pencernaan karena pola makan yang berubah dan jika ( nutrisi untuk sehari tidak tercukupi ).

Oleh karena itu makanya saat berpuasa kita harus memenuhi nutrisi yang lengkap dan cukup agar tidak mengalami gangguan seperti diatas. Untuk sahur usahakan jangan lupa kebutuhan serat dan cairan agar terpenuhi dan saat berbuka juga kita harus pilih makanan yang kaya nutrisi juga untuk menggantikan nutrisi yang sudah hilang seharian salah satunya minum susu yang menjadi alternatif terbaik karena minum susu saat perut kosong itulah waktu terbaik karena penyerapan zat gizi dalam tubuh lebih maksimal.

Untuk minum susu sebaiknya pilih susu yang terbaik misalnya KIN Fresh Milk sebuah produk susu yang berasal dari 100 % susu segar sapi A2.  Perlu diketahui juga nih ada dua jenis sapi yaitu sapi biasa dan sapi A2 dan keduanya memiliki perbedaan.

Sapi A2 adalah sapi yang telah diseleksi khusus melalui tes DNA yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A2 yaitu senyawa protein alami pada susu sapi yang mudah di cerna tubuh,  sama seperti komposisi protein dalam ASI ( Air Susu Ibu ) .



Perbedaan Sapi Biasa dan Sapi A2  :


Sapi Biasa

Sapi biasa menghasilkan susu dengan kandungan protein A1 yang dapat menyebabkan Mual,  Kembung dan Sakit perut.

Sapi A2

Sapi A2 menghasilkan susu dengan kandungan A2 saja yang lebih mudah dicerna dan nyaman di perut sehingga tidak menyebabkan mual,  kembung dan sakit perut.

Yups sudah tahu kan perbedaanya Sapi biasa dan Sapi A2?  Nah Kin Fresh Milk ini dari Sapi A2.  Bahkan pada kesempatan saat gathering dr. Rizal Alaydrus, MSc juga melakukan pembuktian perbedaan antara susu dari Sapi biasa dan susu dari sapi A2. Dalam pembuktiannya disediakan gelas yang berisi minyak.

Ada 2 gelas disana yaitu gelas dengan berisi minyak dan susu dari sapi A1 dan gelas yang berisi minyak dengan susu sapi A2. Pada gelas kiri terlihat jelas saat susu dituangkan kedalam gelas yang berisi minyak tidak dapat menyatu, kenapa? karena tidak ada enzim untuk memecah susu nah sedangkan gelas satunya lagi yang berisi minyak dan susu dari sapi A2 ( KIN Fresh Milk ) terlihat menyatu saat diaduk nah ini membuktikan bahwa enzim yang terkandung didalamnya itu baik sehingga tidak menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, kembung atau sakit perut. KIN Fresh Milk Susu dari sapi A2 bagus untuk orang yang intolerence lactose karena nyaman dan aman bagi pencernaan.



Yups bagus untuk pencernaan dan KIN Fresh Milk bisa di konsumsi oleh anak-anak usia diatas 2 th hingga dewasa. KIN Fresh Milk sendiri terdiri dari 3 rasa yaiti Kopi, Full Cream dan Cokelat , bagi saya semua rasanya itu enak-enak dan tidak bikin eneg terutama diminum dingin. Tak hanya saya saja yang suka susu ini tapi anak-anak pun suka mereka minum saat di sekolah sih . Jadi kadang tak bawaain bekas KIN Fresh Milk saat ke Sekolah. Bentuknya yang botol dan ramping juga menjadi pilihan kenapa saya memilih susu ini dan yang paling utama yaitu nutrisi didalamnya cukup lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Tak hanya enak diminum saat dingin KIN Fresh Milk ini bisa di kreasikan atau diaplikasikan dengan makanan lainnya seperti kemarin ada Chef Eddrian Thjia yang membuat makanan sehat dari KIN Fresh Milk salah satu menu yang bikin saya ngiler itu Chia Pudding Avocado, dan berikut resepnya.

Chia Pudding Avocado


Bahan-Bahan :

- Chia seed
- Susu KIN ( Variant Full Cream, Kopi dan Cokelat )
-Granola

Bahan Toping :

-Delima
-Goldenberries
-Pumpkin seed
-Almond

Cara membuat :

Campurkan chia seed dengan KIN Fresh Milk , aduk sampai rata, tunggu sesaat sampai mengembang. Jika Chia pudingnya terlalu kental, tambahkan susu secukupnya, jika terlalu encer tambahkan chia seed.
Alpukat dihaluskan . dicampur dengan olive oil dan madu. Masukan Alpukat ke dalam jar beserta granola dan Chia seed, juga toping dengan bahan yang sudah di siapkan, lalu sajikan. Enaknya makanan ini disajikan selagi dingin jadi kalau mau lebih enak masukan ke lemari es dulu ya. 



Yups itu tadi adalah resep sehat dari Chef Eddrian Tjhia sangat mudah dibuat dan nutrisinya juga lengkap karena menggunakan susu dari sapi A2 KIN Fresh Milk. Alasan kenapa saya suka dengan susu iniadalah selain enak, KIN Fresh Milk juga terbuat dari 100% susu segar , alami tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi kandungannya dan yang pasti Susu dari sapi A2 ini sangat baik karena mengandung protein A2 yang lebih baik sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut , ngga bikin eneg atau kembung. 

So,, untuk buka puasa nanti bisa lah ya minum langsung KIN Fresh Milk karena nutrisinya lengkap dan anggapan yang bilang buka puasa dengan susu bikin mules itu bohong ya guys justru buka puasa dengan susu itu lebih baik karena perut kita masih kosong sehingga saat minum akan mudah diserap dan dicerna di dalam tubuh dengan begitu #maKINnyamansaatRamadhan dengan KIN Fresh Milk. 


33 comments:

  1. Saya selalu sedia susu kala ramadhan ini, merasa tak bermasalah minum susu kala buka dan sahur, Cuma, saya dan Palung tak suka yang manis atau berperasa makanya kami minum susu full cream plain dalam bentuk bubuk atau cair. Soalnya kalau yang manis dan berperasa ada kesan eneg dan kehilangan sensasi menikmati susu sapi murni, he he.
    Pekan lalu kami coba Kin full cream plain. Rasanya mengingatkan pada susu murni yang dulu kerap saya beli kala di Bandung. Tidak terlalu gurih dan manis. Kesan tawarnya lebih terasa, ya, inilah susu tanpa campuran apa pun.
    Kin istimewa, ya, ada protein A2. Saya baru tahu mengenai perbedaan dalam susu. Cocok banget bagi yang punya masalah pencernaan.

    ReplyDelete
  2. Saya dan keluarga justru suka berbuka dengan yang manis dan dingin, macam cucu UHT gitu, apalagi kalau lagi dalam perjalanan. Kolak yg dibuat panas saja, eh malah sengaja dimasukan kulkas dulu. Hihihi...
    Ini ada Kin Fresh Milk bisa berbuka puasa dengan lebih tenang ya. Kandungan susu sapi A2 nya gak bikin perut mual bisa jadi jaminan berbuka dengan minum susu pun tidak masalah bagi kesehatan perut.

    ReplyDelete
  3. Bener mba pas berbuka enak nya minum yang hangat. Aku minum susu KIN fresh milk rasa coklat mba tapi pas sahur aja, oh ternyata gpp ya mba diminum pas saat berbuka

    ReplyDelete
  4. kin ini emang enak mama amel, selain sehat rasanya juga lembut, creamy, dan pas klo menurut aku. Suami, anak2ku juga pada suka susu kin.

    ReplyDelete
  5. Aku suka yang susu Kin Coklat. Beneran adem juga di perut dan nyaman. Sehat pula ya mba :)

    ReplyDelete
  6. Jadi tergantung jenis protein yg terkandung dlm susu ya. Kalau A2 akan aman buat pencernaan. Itu chia puding bikin ngiler deh

    ReplyDelete
  7. Kini aku paham mengapa dulu sering mual pasca minum susu.
    Ternyata pengaruh kandungan proteinnya.

    Jadi kepo pengen coba susu Kin Fresh ini, sekaligus membuktikan "keajaibannya" yang anti eneg dan anti mual.

    ReplyDelete
  8. Saya sering sedia Kin Fresh Milk ini di rumah. Anak-anak suka dengan rasanya yang nggak bikin mual. Katanya susu ini seger meski dimminum dalam keadaan tidak dingin

    ReplyDelete
  9. Wah ada KIN Fresh Milk yang tidak bikin lambung bermasalah pastinya pas buat berbuka ya mbak. Secara saya suka males makan berat saat buka, pengennya minum aja. Kalau ada KIN Fresh Milk yang lebih sehat buat pencernaan lebih baik konsumsi ini aja ya mbak. TFS....

    ReplyDelete
  10. akhirnya kemarin ku coba buat pudding chia juga pakai Kin fresh milk mba mell, asik juga sih pas bikin cuma sempet ragu manis ngga ya soalnya gak dicobain hehehe

    ReplyDelete
  11. Aku termasuk yang ngga pernah buka puasa minum susu lho, karena seringnya kalo habis minum susu saat perut kosong aku mual dan kembung, dan ternyata itu ngga terjadi ya kalo kita minumnya KIN Fresh Milk saat berbuka puasa.. ngga bikin mual dan kembung karena terbuat dari protein susu sapi A2 ya

    ReplyDelete
  12. Persis mendiang ibu selalu ingetinnya buka puasa pake yang anget tapi da aku ga bisa mba Amel buka puasa hajar tuh es semangkok wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Baru tahu ternyata sapi juga dibedakan jenisnya untuk menghasilkan kualitas susu, yaa. A1, A2, harus memberikan yang terbaik ke anak-anak berarti, nih.

    ReplyDelete
  14. Jadi pengen minum susu KIN yang dingin buat berbuka puasa. Memang enak rasa susunya. Apalagi yang rasa kopi

    ReplyDelete
  15. aku pun suka banget minum susu waktu sahur sebelum puasa.
    waktu nggak puasa juga sering minum susu buat sarapan.
    jadi penasaran sama KIN Fresh Milk rasa cokelat nih :D

    ReplyDelete
  16. Buka puasa dg susu boleh juga, tapi pilih yang A2 ya. Biasanya tuh susu campur sirup, hehehe. Ntar coba nyari KIN deh

    ReplyDelete
  17. Honestly I prefer to have water or alkaline water while breaking my fast. Well, the kids will enjoy this milk

    ReplyDelete
  18. Saya kurang suka susu, apalagi yg plain. Nah, tapi setelah baca ulasan ini jadi pengen coba juga niih.. gak akan sakit perut dan gizinya tinggi..ya kan...

    ReplyDelete
  19. Saya belum pernah sihhh buka puasa langsung mengonsumsi susu. Palingan susu saya jadikan bahan tambahan untuk bikin es buah hehe

    ReplyDelete
  20. Kin fresh milk seger banget ya untuk buka puasa apalagi kalau yang dingin uh makin tambah enak

    ReplyDelete
  21. KIN Fresh Milk ini saya paling suka rasa coffee mbak, seger banget. Apalagi berasal dari sapi A2 yang berkualitas dan kondisi susunya mudah dicerna oleh lambung. Untuk acaranya mantul banget apalagi bisa donatur gitu ya mbak kalau udah beli produk ini.

    ReplyDelete
  22. Wah asyik nih ada mom.gathering coba di Bdg diadain nih pengen jg dong hehe

    ReplyDelete
  23. Aku jadi inget Mba pernah minum susu trus tencrem2 banget hahah jangan2 karena susu A1 kali yaa.. besok aku cobain Kin juga deh

    ReplyDelete
  24. Banyak yang buka puasa sama KIN
    Berarti sudah banyak yang sadar akan pentingnya minuman sehat apalagi seharian sudah terkuras banyak energi

    ReplyDelete
  25. Aku tiap sahur selalu ngasih susu ke orang2 rumah. Aku sendiri gak pernah minum susu. HUhu... berisiko banget ya kena osteoporosis. Abisnya gimana, bikin eneg dan mules sih. Kudu nyoba susu ini nih biar gak gitu

    ReplyDelete
  26. Lha orang di sekitarku malah ada yang bilang, jangan minum susu pas buka, nanti malah muntah. Ternyata salah kaprah ya? Kalau aku buka puasa yang pertama ya air putih. Tapi, baca ulasan Mbak Amelia jadi tahu, ternyata buka puasa dengan susu KIN justru bagus ya.

    ReplyDelete
  27. Aku suka nih susu KIN. Favoritku yang rasa coffee. Paling enak kalo diminum dalam keadaan dingin. Rasanya tuh segerrrr banget!

    ReplyDelete
  28. Teh manis hangat plus gula sedikit, maksudnya ditambahin gula lagi ya Mel? hihihi kok aku malah bahas kalimat pertama di postingan ya.
    Seger juga ya ternyata buka puasa minum susu dingin, baru kali ini loh aku biaanya minum teh tawar hangat :)

    ReplyDelete
  29. Jadi pengen nyetok susu Kin hehe. Emang enak ya apalagi kalau diminum dalam kondisi dingin.
    Kalau minum susu Kin abis puas perut tetep akan baik2 aja ya , soalnya kandungan proteinnya jg bagus

    ReplyDelete
  30. aku udah pernah cobain KIN milk. emang enak dan nyaman di perut. jadi buka puasa pun aman ya? ini favorit anak anak banget nih susu KIN

    ReplyDelete
  31. Nutrisi mikro dan makro yang terkandung dalam KIN ini bikin buka puasa dan sahur kita makin oke ya, jadi enggak sekedar menyantap hidangan mengenyangkan, namun juga perlu kita perhatikan kandungan gizinya.

    ReplyDelete
  32. Sudah nyobain KIN doonk...
    Dan alhamdulillah, beneran nyaman di perut.
    Bahkan anak-anak bisa langsung menghabiskan satu botol KIN original.

    ReplyDelete
  33. Aku seneng deh baca ini jadi tau ternyata ada jenis susu yaitu A1 dan A2, mungkin selama ini susu yang aku minum adalah susu A1 jadi bikin mual atau kembung karena intoleransi laktosa. Sekarang ada KIN fresh milk yang mengandung pure A2 jadi aku aman deh minum susu.

    ReplyDelete