Perawatan Kulit Sensitif si Kecil Agar Terhindar Dari Masalah Kulit

Tips merawat kulit sensitif bayi


"Kulit anak itu sensitif jadi jangan sembarangan pakai ini itu untuk anak-anak,  kita sebagai orang tua harus teliti dan tau apa yang cocok untuk anak" 


Kalimat diatas adalah kata-kata yang masih saya ingat betul dari kakak sepupu saya saat menemani saya dan Shakila ke dokter kulit 11 tahun lalu yang menderita masalah kulit di daerah pundaknya. Dulu saat anak pertama dan sebagai ibu muda saya masih belum paham apa saja kebutuhan anak,  bagaimana cara merawat bayi dengan benar dan ilmu parenting lainnya makanya tak heran kalau dulu Shakila kecil harus ke dokter kulit untuk menjalani pengobatan. 

Berawal dari tangisannya yang rewel tanpa sebab,  dikasih ASI pun masih nangis akhirnya pas mau dimandikan baru ketahuan kalau di pundak Shakila itu merah-merah dan mengelupas gitu kulitnya.  Memang sebelum mengelupas saya melihat kalau di pundaknya itu seperti bintik-bintik biang keringat saja tapi ternyata kok jadi kering mengelupas gitu dan karena itu lah Shakila rewel,  nangis ga berhenti. Karena takut kenapa-kenapa akhirnya bersama kakak sepupu kita ke dokter kulit.  

Disana Shakila di periksa dan ketawanlah kalau kulit dia itu sangat sensitif dan tidak bisa panas.  Jadi kalau ada keringat dikit harus di lap dan diganti bajunya.  Untuk suhu ruangan pun harus tetap adem atau dingin karena kalau panas akan muncul bintik-bintik biang keringat lalu merah dan kering mengelupas gitu. Untuk pengobatannya sendiri waktu itu dikasih salep dan juga bedak tabur untuk meringankan rasa panas dan gatalnya. Kulit Shakila pulih dan halus kembali itu sekitar dua mingguan kalau tidak salah.

Sebenarnya ada beberapa hal masalah kulit yang sering dialami oleh bayi dan anak -anak : 

  • Ruam popok
  • Biang keringat
  • Salah pakai sabun pembersih 
  • Detergent baju

Lalu kenapa hal-hal tersebut diatas dapat menyebabkan masalah kulit pada bayi dan anak ? Karena faktanya  bayi lahir dengan pH kulit yang lebih tinggi di bandingkan orang dewasa yaitu berkisar 6,6-7,5 . Kulit dengan pH tinggi dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri jahat pada kukit.

Lapisan kulit bayi masih tipis dna ikatan antara selnya masih lemah sehingga secara struktural lapisan kulit mereka belum berkembang secara optimal, maka rentan terhadap masalah kulit, alergi dan infeksi. Alergi atau infeksi pada kulit bayi biasanya menyebabkan kulitnya mereh, bintik merah dan gatal.

Untuk ruam popok bisa kita atasi dengan pemilihan popok yang cocok untuk anak, sering mengganti popok, dan bersihkan sekitar alat kelamin saat mengganti popok. Lalu untuk biang keringat tentunya kalau anak sudah keringat kita harus lap dan ganti pakaiannya, untuk bahan pakaian anak itu lebih baik berbahan katun sehingga menyerap biang keringat dan nyaman dipakai dan jangan terlalu lama anak berada disuhu ruang yang terlalu panas.

Tetap jaga kebersihan tubuh si Kecil dengan mandi 2 kali sehari dan jangan lupa menjaga kebersihan pakaian si Kecil agar bebas bakteri dan jamur yang bisa membuat kulit gatal-gatal.

Riview Purebaby laundry liquid


Salah pakai sabun pembersih juga dapat menyebabkan masalah kulit pada anak makanya kita orang tua harus jeli saat membeli produk sabun pembersih untuk si Kecil dan pemilihan Detergent baju yang tepat sekaligus aman untuk si Kecil. Berbicara mengenai sabun pembersih dan Detergent baju saya mau sedikit sharing pengalaman saya mencoba memakai Purebaby Liquid Soap dan Purebaby Laundry Liquid. 

Mengenal produk Purebaby sendiri sudah lumayan lama yaitu beberapa tahun lalu saat saya menghadiri sebuah seminar di salah satu Rumah sakit daerah Jakarta Selatan. Semua produk Purebaby ini premium dan aman karena Purebaby adalah produk tanpa Sodium Lauryl Sulfat  ( SLS ) / Sodium Laureth Sulfat / Sodium Merate Sulfat/ Anonik Surfaktant sehingga aman untuk bayi. 

Seperti yang kita tahu kalau si Kecil terkena paparan SLS dalam jumlah banyak makan bisa menyebabkan iritasi kulit dan peradangan ( dermatitis ).  SLS merupakan detergen sintetis yang biasa digunakan untuk pembuatan sabun dan pasta gigi.  SLS juga sering diartikan dengan zat "pembuat busa". Nah Purebaby bebas dari SLS ini sehingga aman untuk kulit si Kecil karena mereka memiliki kulit sensitif.


Pure Baby Liquid Soap 


Anak sehat dan cantik


Terhitung satu minggu ini saya mencoba Purebaby Liquid Soap for Baby's Sensitive Skin.  Sabun cair premium ini di design khusus untuk si Kecil yang memiliki kulit sensitif dengan triple Moisturizer yaitu Oat Kernel Extract,  Chamomile Extract dan Pro Vit B5

Selain memberikan kelembaban ektsrak Oat Kernel dan ekstrak chamomile juga membantu membersihkan dan merawat kulit dari iritasi ringan atau gangguan kulit seperti ruam,  alergi , dermatitis dan biang keringat. 

Purebaby Liquid Soap mengandung pH 5.5 yang mana sesuai dengan kulit si kecil karena kalau pH tinggi dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri jahat pada kulit.  

Riview Purebaby Liquid soap

Sabun bayi yang aman


Senangnya dengan produk ini yaitu kemasannya pump jadi mudah dikeluarkan tidak takut tumpah atau kebanyakan.  Warna kemasan lebih dominan putih dengan aksen gold dan net 230 mL. 

Untuk aromanya sendiri yaitu menenangkan karena mungkin terdapat ekstrak chamomile.  Karena aromanya yang enak anak-anak juga betah mandi menggunakan Purebaby Liquid Soap ini. 

Sabun cair untuk bayi yang bagus


Teksturnya juga pas yaitu lembut tidak terlalu cair dan agak kental dari sabun cair biasanya. Suka dengan teksturnya karena kan kalau terlalu cair itu kadang tumpah-tumpah atau bleber kemana-mana juga. Untuk sekali pakai mandi itu cukup satu pump aja jadi cukup hemat kan hehe. 

Karena tidak mengandung SLS Purebaby Liquid Soap ini tidak terlalu banyak mengandung busa jadi saat di aplikasikan ke kulit si kecil itu tidak telalu banyak keluar busa  sehingga mudah dibersihkan juga.  

Dengan triple moisturizer yang terkandung di dalam Purebaby Liquid Soap ini habis mandi itu kulit si kecil jadi lebih halus dan tidak kering,  aroma dari ekstrak chamomile nya pun bisa dibilang tahan lama di tubuh si kecil. 

Purebaby Laundry Liquid


Sabun cuci untuk pakaian bayi


Yups,, produk kedua yang sudah saya coba yaitu Purebaby Laundry Liquid,  cairan pembersih pakaian bayi dengan formulasi bebas deterjen ( Sodium Lauryl Sulphate Free) yang sudah teruji secara klinis hypoallergenic,  anti bakteri dan jamur.  

Selain teruji secara klinis hypoallergenic Purebaby Laundry Liquid ini mengandung Alkyl Polyglucoside yang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung sebagai zat pembersih nya . Bisa dibilang zat ini aman untuk kulit sensitif dan mampu membersihkan dan mengangkat kotoran pada pakaian. 

Tak hanya itu saja Purebaby laundry Liquid juga mengandung ekstrak Aloe Vera atau lidah buaya.  Aloe Vera ini sudah terkenal sekali karena kaya akan manfaatnya di dunia kecantikan karena mengandung zat anti inflamasi dan juga mengandung zat anti bakteri. Fungsi dari ekstrak aloe Vera di produk ini yaitu untuk melembutkan pakaian dan juga anti bakteri sehingga aman untuk kulit si kecil yang sensitif. 




Dari segi tekstur tidak begitu kental dan tidak begitu cair juga jadi mudah dituang. Mengaplikasikannya juga cukup mudah bisa mencuci dengan tangan atau dengan mesin cuci.

Cara pakai Purebaby Laundry Liquid  : 

Tuangkan 1 tutup botol Purebaby Laundry Liquid ke dalam 6 liter air.
  • Mencuci dengan tangan : Rendam cucian selama 30 menit arau lebih untuk cucian yang sangat kotor lalu cuci seperti biasa kemudian bilas.
  • Mencuci dengan mesin : Tuangkan 1-2 tutup botol Purebaby Laundry Liquid lalu cuci seperti biasa dan kemudian bilas. 
Senangnya mencuci dengan Purebaby Liquid ini selain mudah cara pakainya yaitu tidak panas dan gatal di tangan seperti deterjen biasa dan termasuk hemat air juga sih karena busanya tidak begitu banyak dan lembut. 



Aroma dari Purebaby Laundry Liquid cukup lembut tidak terlalu menyengat  dan senangnya lagi noda tanah di baju juga cepat hilangnya. Untuk pakaian yang lumayan kotor biasanya saya rendam dulu selama 30 menit lebih setelah direndam kemudian di kucek atau disikat sebentar dan bilas deh.

So far selama pakai Purebaby Laundry Liquid saya ga pakai pewangi pakaian lagi karena memang sudah wangi dan awet pula wanginya tidak apek juga selepas di jemur. Bagusnya lagi pakaian punga kaku kalau sudah kering, kan biasanya kalau pakaian yang di cuci pakai deterjen biasa kalau kering itu kaku dan kasar ya nah ini ga, pakaiannya tidak kaku dan mudah dilipat dan ga buat kulit si Kecil iritasi atau gatal-gatal.

Dan apakah produk Purebaby Liquid Soap dan Purebaby Laundry Liquid ini oke? Yes of course sangat rekomen banget karena aman dan nyaman untuk kulit si Kecil yang sensitif lalu semua produk ini Under supervision Novell Pharmaceutical group yang merupakan perusahaan farmasi. Jadi mulai dari bahan baku, proses produksi, bahan kemas sampai dengan produk jadi, sesuai dengan standar kualitas GMP (Good Manufacturing Practice) farmasi. So,, ga khawatir lagi kulit si Kecil iritasi dan gatal-gatal.





Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉