Sunday, May 5, 2019

Program Berantas Buta Al-Quran 2019


Assalamu'alaikum.
Apa kabar semua?  Semoga makin penuh cinta,  rezeki berkah berlimpah. Alhamdulillah senang banget rasanya,  jadi beberapa hari lalu Shakila sudah lulus sekolah TPA ( Taman Pendidikan Al-Quran ).  Senang,  sedih terharu bahagia akhirnya si kakak bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Untuk pelajaran BTQ dan hafalan lumayan bagus menurut saya. 


Ada banyak alasan kenapa saya menyekolahkan anak-anak saya di sekolah agama selain sekolah dasar,  pertama yaitu saya masih minim sekali pengetahuannya tentang agama lalu bagi saya pengetahuan agama merupakan paling utama karena akan jadi pondasi untuk anak-anak saya kedepannya makanya tak heran sejak mereka umur 3 tahun setengah sudah saya masukkan  sekolah agama. 


Sebagai orang tua yang masih tahap belajar saya ingin anak-anak saya nantinya lebih khatam lah ya istilahnya tentang agama dan berharap mereka menjadi anak yang Sholeha ,  penolong saya di akhirat nanti makanya saya bersyukur banget ada Sekolah agama dekat rumah yang mampu membimbing anak-anak saya mengerti baca tulis Al-Quran beserta ilmu agama lainnya. 

Kelulusan sekolah agama yang di tandai wisuda bagi saya itu merupakan hanya simbolis saja namun mereka harus selamanya belajar ilmu agama sampai akhir hayat begitu juga saya yang jauh dari kata sempurna kalau membaca Al-Quran. 

Berbicara mengenai membaca Al-Quran ternyata menurut data dari Badan Pusat Statistik ( BPS)   sekitar 54% umat muslim di Indonesia itu belum dapat membaca Al-Quran,  hmmm miris banget rasanya dan terasa tertohok aja apakah saya juga termasuk kedalam orang yang belum bisa membaca Al-Quran. 



Miris ga sih padahal Indonesia ini merupakan negara paling banyak penduduknya beragama Islam namun ternyata umat muslim yang belum dapat membaca Al-Quran cukup banyak.  Seperti berkaca rasanya kita perlu untuk terus belajar baca al-quran kepada ustadz atau guru mengaji kita. 

Untuk mengatasi banyaknya muslim yang belum dapat membaca Al-Quran makan diperlukan yang namanya pelatihan kepada ahlinya agar dapat mengajak masyarakat untuk belajar.  Dan alhamdulillah ternyata beberapa waktu lalu Sinar Mas Land dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah menggelar kembali Program Berantas Buta Al-Quran ( BBQ 2019).

Sinar Mas Land bekerja sama dengan dengan Forum Masjid Mushola BSD ( FMM)  dan Yayasan Mama Papa yang di pimpin ustadz Muhammad Taslim kembali menyelenggarakan program Berantas Buta Al-Quran di 77 Mesjid yang tersebar di kawasan BSD. 


Program Berantas Buta Al-Quran ( BBQ 2019 ) merupakan program kedua,  jadi program ini pertama dilaksanakan tahun lalu. Program ini hadir kembali karena melihat tingginya antusias para guru ngaji serta anak-anak sekolah dasar yang ikut serta dalam program BBQ 2018.

Tujuan dari program ini tentunya sangat mulia sekali karena membantu memberantas buta baca al-quran serta mengimplementasikan program SATU BSD ( Silaturahmi Antar Umat melalui Program Berdikari Sehat Damai )  di sekitar kawasan BSD.

Lalu bagaimana Program Berantas Buta Al-Quran apakah plek ngumpul di suatu tempat?  Ehmmm. .tentu tidak ya moms.  Jadi program BBQ 2019 ini akan memberikan training melalui ToT ( Training of Trainer ) yang akan di pusatkan di Mesjid Cikal Harapan BSD City.



Jadi yang diberikan training itu ustadz dan guru ngaji saja lalu mereka yang sudah diberikan ToT akan menyalurkan ilmunya kepada murid didikannya.

Yups sekali lagi kalau ToT ini diberikan kepada para ustadz atau guru ngaji dari berbagai wilayah sekitar BSD.  Nah untuk ToT  pertama itu sudah berlangsung pada tanggal 14 April 2019 kemarin dan diikuti oleh 90 ustadz dan guru ngaji.

Training kepada ustadz dan guru ngaji di program BBQ 2019 ini memakai metode Mama Papa dan rencananya akan berlangsung sebanyak 6 kali hingga bulan Mei . Ada beberapa alasan kenapa memakai metode ini yang paling utama adalah metode ini mudah di pahami jadi para ustadz dan guru ngaji juga mudah menyampaikannya kepada para muridnya.

Meski berlangsung dalam menyambut bulan Ramadhan   Program BBQ 2019 ini berlangsung sejak Apri hingga September 2019 dan akan ditutup dengan perayaan tahun baru Islam nanti di Bulan September.

Kerennya lagi saat penutupan akan digelar juga lomba baca Al-quran antar anak didik dari 77 mesjid yang mengikuti program BBQ 2019 untuk kategori usia 7-12 th. Hadiahnya pun tidak tanggung-tanggung lho total hadiah Rp 50.000.000 untuk para pemenang lomba baca Al-quran. Kerennn banget kan?  Selain mendapatkan ilmu dan sebar pahala program ini juga memberikan banyak berkah pula.

Sebagai orang yang masih sangat sedikit paham membaca Al-Quran saya sangat mengapresiasi adanya program ini.  Semoga saja program ini bisa berlanjut dari tahun ke tahun dan semakin banyak orang yang turut serta didalamnya untuk membantu Berantas Buta Al-Quran. Btw.. Besok sudah puasa nih,  mohon maaf lahir dan batin ya semua 😘





1 comment:

Rawat Kulit Sensitif dengan Produk yang Tepat

Salah seorang teman saya baru saja curhat tentang bingungnya dia menghadapi masalah kulit sensitif pada anaknya yang baru berusia dua ...