Wednesday, May 8, 2019

Tips Puasa Lancar Dan Bebas Sembelit



" Tok,  tok , tok Mama sudah belum? ",  suara Kezia mengetuk pintu kamar mandi.
" Belum sayang,  sebentar lagi ya, " Jawab saya yang masih bertahan di kamar mandi.



Ya,  kemarin adalah puasa hari pertama yang mana sejak pagi saya masih berdiam diri di kamar mandi dengan perut mulas namun isi perut yang kemarin hingga kini belum juga lancar keluar.  Dan kejadian ini sepertinya sudah di prediksi selesai sahur kemarin karena sahur pertama saya kesiangan dan hanya makan dengan telur dadar,  tidak makan sayur dan buah.  Untuk minum pun hanya segelas saja.  Andai saja tidak kesiangan mungkin saya bisa sempat memasak sayur dan makan jeruk dingin di kulkas sehingga tidak sembelit. 

Jujur saja untuk sembelit sendiri setelah setahun yang lalu saya operasi ambeien jarang banget terjadi karena semenjak operasi itu saya lebih aware sama apa yang saya makan  dan minum pun setidaknya 3 liter perharinya pasti saya lakukan.  Ini saya lakukan karena saya tidak ingin merasakan menderita ambeien lagi.

Operasi Wasir atau Ambeien


Sedikit cerita,  ambeien atau wasir saya alami semenjak hamil anak pertama yaitu 11 tahun lalu. Entah kenapa saat hamil saya menderita sembelit atau sulit buang air besar, karena saking seringnya mengejan dan kurang makanan yang berserat akhirnya ambeien yang kecil menjadi besar dan selalu keluar saat buang air besar. Kalau kumat,  sumpah tidak nyaman banget untuk jalan pun susah dan sakit.  

Saat ambeien kumat saya selalu minum obat mulai dari yang obat ringan sampai obat keras saya minum,  namun fatalnya itu tahun kemarin dimana ambeien saya tidak sembuh-sembuh dan bahkan sudah pecah,  setiap buang air besar berdarah selama 10 hari,  akhirnya saya memberanikan diri ke dokter untuk periksa.  

Lemas,  pucat dan nyeri sudah tidak tertahan lagi.  Saat di periksa dokter bilang kalau ambeien yang saya derita itu sudah masuk stadium 3 dimana ambeien tidak dapat di masukan lagi dan mau tidak mau harus menjalani operasi untuk membuangnya.  Siangnya ke dokter besok sore saya sudah di jadwalkan operasi.  Deg-degan dan rasa takut itu pasti datang karena saya pernah merasakan sakitnya operasi cesar dan usus buntu. 

Karena tidak ingin kumat lagi dan memang harus di buang ambeien nya yasudah saya pasrah saja.  Beberapa jam sebelum operasi dimulai saya harus mengosongkan perut,  feses yang tersisa di dalam harus di buang. Agar keluar semua saya mengkonsumsi Dulcolax obat pencahar yang biasa di minum kalau sembelit. 

Selama 1 jam operasi saya masih biasa saja tapi setelah itu Masya Allah saya merasakan sakit yang luar biasa apalagi saat buang air besar pertama , nangis itu pasti huhu. Pasca operasi saya hanya makan bubur,  jus, sayur dan 3 liter air putih setiap harinya . Selama 5 hari saya tidak bisa tidur karena sakit luar biasa,  obat pereda sakit rasanya tidak bekerja.  

Akhirnya ada teman yang mengusulkan minum obat herbal China   dan alhamdulillah sudah habis  3 bungkus saya tidak merasakan sakit lagi dan beraktifitas seperti biasanya. Ya pengalaman operasi yang menyakitkan itu mengubah pola hidup saya yang saat ini lebih banyak makan sayur,  buah dan air putih 2 liter setiap hari. Sembelit lagi dihari pertama puasa ya karena kesiangan tidak sempat makan sayur dan buah kali ya.



Tapi tau ga sih kalau faktanya pada saat puasa lebih dari 2 minggu itu akan meningkatnya terjadi sembelit 2 kali lipat dan 70% yang mengalami sembelit disaat puasa enggan minum obat pencahar identik menyebabkan diare, cairan kurang atau dehidrasi, badan lemas dan ini adalah persepsi yang beredar di masyarakat. Fakta tersebut saya dapatkan saat menghadiri Blogger Gathering bersama Dulcolax X Fimelahood beberapa waktu lalu.

Sembelit bahasa awamnya itu susah buang air besar dan dikatakan sembelit itu jika buang air besarnya kurang dari 3 kali dalam seminggu, jadi frekuensinya ya jadi misalnya hanya 1 kali seminggu atau 2 kali seminggu. Tak hanya frekuensinya saja yang dinyatakan sembelit namun juga disertai juga beberapa keluhan medis lainnya seperti saat BAB itu harus mengejan butuh waktu lama ( harusnya lancar tidak terlalu ngeden normalnya ). Ada rasa mengganjal atau belum tuntas dan kadang-kadang ada rasa sakit tidak bisa mengeluarkan feses sehingga harus dikeluarkan dengan jari jika kondisinya sudah berat.

Orang-orang yang berisiko terkena sembelit :

  • Wanita lebih besar terkena sembelit karena bisa pengaruh hormon.
  • Wanita hamil lebih gampang mengalami sembelit
  • Orang-orang jarang bergerak 
  • Orang-orang yang makannya kurang misalnya orang berpuasa
  • Orang tua yang bisa tiduran di ranjang atau kurang beraktivitas.

Yups, orang yang berpuasa bisa berisiko terkena sembelit karena dari penelitian saat berpuasa itu metabolismenya berubah dari yang tadinya makan teratur menjadi makan 2 kali sehari. Dan saat berpuasa apa yang dimakan itu seperti sayur dan buah itu kurang maksimal lalu saat berpuasa juga aktivitasnya itu biasanya cenderung kurang ( olah raga) kurangnya beraktivitas mungkin karena takut cepat capek dan haus dan itu berpengaruh terhadap terjadinya sembelit. Lalu tipsnya agar puasa lancar tidak sulit BAB.

Tips Mencegah Sembelit / Susah BAB Saat Berpuasa :

  • Minum air putih 2 liter 1 hari pakai rumus 2-4-2
  • Makan sayur dan buah yang memiliki serat banyak idealnya 30 gram setiap hari.
  • Olahraga 150 menit seminggu atau sehari 30 menit
  • Kurangin stres karena stres berpengaruh terhadap sulit BAB 
  • Kalau sudah tidak bisa dengan makanan minum obat pencahar jika BAB kurang dari 3 seminggu. 

Nah itu tadi adalah tips mencegah sembelit atau sulit BAB saat berpuasa. Jika kita sudah semaksimal mungkin makan dan minum yang cukup saat berpuasa namun masih sembelit dan BAB kita kurang dari 3 kali dalam seminggu maka lebih baik minum obat pencahar, kenapa ? Karena kalau sembelit tidak segera diatasi akan mengakibatkan komplikasi kesehatan lainnya misalnya jadi ambeien atau wasir, penyumbatan usus merasa kembung atau sakit perut , dan kalau sudah ambeien parah akan membentuk fisualani dan kondisi ini berbahaya karena akan terjadinya pendarahan berulang-ulang makanya harus dioperasi seperti saya ini, fisualani nya di buang. 

Tips Mengatasi susah BAB


Kriteria Memilih Obat Pencahar yang Baik : 

  • Terdaftar di BPOM 
  • Teruji secara klinis karena data penelitiannya ada pada manusia
  • Teruji efektifitasnya dan keamanannya untuk anak-anak maupun ibu hamil.

Obat pencahar yang termasuk kedalam kriteria obat pencahar yang baik adalah Dulcolax . Kenapa Dulcolax karena Dulcolax merupakan brand secara global atau international, merupakan obat terpercaya di seluruh negara dan berusia 60 th karena sudah teruji secara klinis dan keamanannya untuk atasi susah BAB, dan terakhir adalah Dulcolax memiliki jenis yang sangat lengkap ada tablet , sirup dan Supositoria (dimasukan kedalam dubur ) . Semua produk Dulcolax sudah ada dimana -mana jadi mudah dicari.

Jenis Dulcolax :



  • Dulcolax Tablet 

Dulcolax Tablet mengandung Bisacodyl 5mg setiap tabletnya. Dulcolax tablet ini yang biasa saya minum dan untuk cara kerjanya efektif dalam SEMALAM atau 6-12 jam. 

  • Dulcolax Supositoria

Dulcolax Supositoria atau biasa saya sebut dulcolax peluru karena bentuknya mirip peluru hehe. Dulcolax Supositoria itu ada 2 jenis yaitu untuk yang anak-anak dan dewasa. Cara pakainya yaitu dimasukan kedalam dubur dan efektifitas kerjanya yaitu 30 menit. 



  • Dulcolax Sirup

Obat pencahar

Dulcolax Sirup bisa dibilang paling nyaman karena Dulcolax sirup ini mengandung Laktulosa yang berfungsi mengencerkan feses jadi kita tidak perlu ngeden saat BAB. Dulcolax sirup bisa diminum dengan di campurkan susu, jus dan makanan cocok untuk anak-anak yang susah minum obat.


Yups,, jika saat kita puasa dan menderita sembelit disarankan minum untuk yang tablet dan diminum saat setelah buka puasa karena cara kerjanya juga 6-12 jam. Dan idealnya saat makan buah dan sayur itu 30 gram serat perharinya. Saat berpuasa juga pastinya aktivitas gerak kita itu berkurang tapi setidaknya kita bisa lho olah raga ringan dan dilakukan 2 sampai 1 jam sebelum berbuka.

Untuk saat ini jujur saja saat puasa saya masih memaksimalkan banget untuk memenuhi serat hariannya terutama saat sahur agar tidak sembelit. Saat talkshow berlangsung juga ditekankan kalau feses itu jangan biarin numpuk karena itu salah satu penyebab sembelit, susah mengedan dan takutnya berakibat komplikasi sepeti waris atau ambeien ( sumpah ga enak banget ).

Saat menghadiri talkshow bersama Dulcolax X Fimelahood juga saya jadi tahu nih tentang kriteria obat pencahar yang baik itu seperti apa dan menepis semua anggapan kalau obat pencahar itu bisa bikin lemas, kekurangan cairan dan menyebabkan diare, itu semua tidak akan terjadi jika kita mengkonsumsi obat pencahar yang benar dan sesuai dengan takarannya. Dan untuk atasi susah BAB memang Dulcolax pilihan yang tepat dan teruji secara klinis.


Dulcolax

















27 comments:

  1. Iya paling menyebalkan sembelit. Mules tapi susah keluar...

    Kalo aku banyak konsumsi cincau hijau. Di pasar cuma 3 ribu diminum tanpa gula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ga enak banget klo sembelit. Oh bisa juga ya pakai cincau.

      Delete
  2. Wah mel bisa kubayangkan penderitaanmu saat sembelit deh. Aku juga kalau lagi sembelit ga enak banget. Perut jadi begah, mau ntut tp malu sm sekeliling dan pas di toilet alamaakkk.. sakit ya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mba Di. .. Ga enak banget klo sembelit itu.

      Delete
  3. Wah iya benar nih, dengan konsumsi air putih biar lancar BAB. Emang sih nggak enak banget, tp kehadiran dulcolax ini solusi deh.

    ReplyDelete
  4. Baru tau ada Dulcolax sirup dan bisa dicampur dengan susu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa dicampur di jus atau sari buah juga kak hehe.

      Delete
  5. aku selalu sedia dulcolax tablet di rumah. buat jaga2 kalo ada yg sembelit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus sedia ya biar langsung minum klo sembelit.

      Delete
  6. iya ya, saya mencoba menghitung kasus sembelit di keluarga dan ternyata banyakan perempuannya yang kena. Ini jg baru tau dulcolax bisa dicampur jus

    ReplyDelete
  7. Paling ga enak sembelit. Menyiksa sekali. Makasih tips nya

    ReplyDelete
  8. makasih tipsnya mba, apalagi ada dulcolax sirup, edisi susah makan obat tablet hehe

    ReplyDelete
  9. Memang kalau sembelit itu benar2 tidak nyaman. Untung ada Dulcolax yang bisa atasi sembelit

    ReplyDelete
  10. makasih tipsnya, aku sih belum sampai kena sembelit cuma agak takut saja makan obtnya

    ReplyDelete
  11. Varian Dulcolax tuh banyak banget ya, tablet ada, sirup ada. Jadi enak banget bisa dipakai sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  12. Paling gk enak pas sembelit emang, begah

    ReplyDelete
  13. Sembelit bikin bete ya.. Bisa dicoba nih resep dulcolax nya

    ReplyDelete
  14. Dulcolax pas memang buat mengatasi di waktu puasa seperti ini yang biasanya pada kena sembelit

    ReplyDelete
  15. Masalah perut ini memang jadi perhatian saya juga, Mbak. Soalnya salah makan atau nekad makan pedas, bisa bolak-balik setor hehehe.

    ReplyDelete
  16. Sembelit itu gak enak banget, apalagi jalau mengejan. Pakai oencahar Aja, jadi nyaman

    ReplyDelete
  17. Beberapa waktu lalu mengalami sembelit gara-gara kurang makan sayur, dan kurang minum juga. Rasanya nggak enak banget. Bagus ya sekarang kalau ada suplemen untuk mengatasi sembelit seperti ini. Di samping kita menerapkan pola hidup sehat ada media bantu seperti ini sangat menolong, Mbak Amel

    ReplyDelete
  18. Saya pernah beberapa kali mengalami sembelit. Gak enak banget, deh. Beneran kapok kalau udah kena. Jadi sekarang lebih memperhatikan makanan. Tetapi, baiknya memang sedia Dulcolax buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  19. Fatal juga akibat dari sembelit. Memang mesti waspada terlebih ketika berpuasa dimana asupan makan dan minum berubah.
    Dengan Dulcolax puasa lebih nyaman tanpa gangguan pencernaan

    ReplyDelete
  20. Di rumah juga pake Dulcolax dan alhamdulillah memang ada manfaatnya. Rekomendasi yang bagus buat yang sering menderita sembelit.

    ReplyDelete
  21. Duh ngeri banget sampe operasi ambeien. Kalo udah susah buang air besar, mending langsung atasi dengan Dulcolax ya.

    ReplyDelete
  22. pas banget mba baru-baru ini aku kena sembelit 3 hari padahal makan sayur dan buah hiks, lupa kalau bisa dilancarkan pakai Dulcolax, next cari deh di apotek

    ReplyDelete

Dua Museum Di Palembang Yang Instagramable

Menikahlah denganku..Buat aku bahagia.. Kita bangun istana..Penuhi dengan cinta..