Thursday, June 20, 2019

Yuk Sajikan Camilan Sehat Untuk Anak Dengan EMINA Cheese !



Keju enak

"Jangan banyak ngemil ah nanti gendut dan banyak penyakit lho !"

Kalimat diatas tadi mungkin sudah tidak asing lagi ya ditelinga kita yang mana banyak sekali yang beranggapan kalau banyak ngemil itu pasti akan gemuk dan nantinya banyak penyakit yang menyerang. Pernyataan kalimat diatas mungkin benar adanya jika ngemilnya itu tidak memperhatikan beberapa hal . Ya,, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika tidak ingin ngemil yang nikmat itu berubah tidak baik untuk tubuh.

Mau ngemil tapi tubuh tetap sehat? ya lakukanlah ngemil sehat ini yang saya dapat dari acara talkshow beberapa waktu lalu bersama EMINA Cheese. Seneng banget blogger gathering kali ini karena diperbolehkan membawa anak. Berhubung si Kakak Shakila sekolah akhirnya saya membawa Kezia untuk datang ke acara #NgemilBarengEMINA ini.

#NgemilBarengEMINA 

Pict : Adriana Dian

Ya #NgemilBarengEMINA ini diselenggarakan oleh EMINA Cheese. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan para orang tua bagaimana sih ngemil yang sehat itu? Lalu apa saja sih yang harus dilakukan para orang tua saat menyajikan cemilan sehat untuk anak? Nah disini lah saya mendapatkan sedikit pengetahuan mengenali camilan sehat.

Walau temanya ngemil bareng Emina Cheese tapi kita semua yang hadir itu tidak hanya ngemil tapi juga seseruan bareng mulai dari games dan juga talkshow. Btw sudah pada tahu belum EMINA Cheese ini? Kalau saya sendiri sih jujur saja baru tahu saat acara ini.  Ada hal yang menarik yang perlu saya sharing mengenai EMINA Cheese namun sebelumnya saya akan sharing sedikit mengenai talkshow Bagaimana sih cemilan sehat itu? Nah ada Dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp.GK yang menjelaskan mengenai cemilan sehat.

Mama, ada ga yang sama seperti saya yang kadang drama memberikan makanan untuk anak-anak? Anak saya yang bungsu Kezia ini bisa dibilang agak susah makan dan ada jenis-jenis makanan tertentu saja yang dia suka misalnya ayam goreng, ikan goreng dan untuk sayur sendiri hanya beberapa jenis sayur saja yang dia suka. Drama ini berlangsung sejak Kezia mengenal rasa atau berbagai makanan ya kira-kira sekitar 3 th nan lah. Lebih pastinya sih sejak dia sudah mengenal jajan chiki dan sejenisnya.

Ya , Kezia lebih suka ngemil daripada makan. Dan ternyata saya juga baru tahu nih kenapa Kezia lebih suka ngemil daripada makan. Setelah flash back lagi ternyata benar,, mungkin karena saya tidak menjadwalkan dia makan secara teratur jadi dia seenaknya main ngemil saja padahal jadwal makan sejak mulai anak MPASI secara teratur itu berpengaruh hingga dewasa. Dan kesulitan makan itu ada beberapa faktor lho.

Faktor Kesulitan Makan Pada Anak : 



  • Tidak suka makanan tertentu ( sayur, lauk tertentu)
  • Lebih suka makanan jajanan
  • Makan snack berlebihan di antara jam makan dengan jadwal  tidak teratur
  • Bosan dengan menu yang disajikan.


Nah itu tadi adalah beberapa faktor kesulitan makan pada anak, lalu bagaimana cara mengatasinya? .


  • Perhatikan karakteristik anak di setiap tahap perkembangannya


Yups , karakteristik anak disetiap tahap perkembangannya itu berbeda-beda ya moms misalnya saja karakteristik pada anak usia 1-3 tahun dan 3-5 tahun. Nah saat MPASI usia 6 bulan anak mulai merasakan yang namanya makan dimana mereka mengenal rasa dari berbagai jenis makanan. Lalu setelah itu mereka mulai makan secara mandiri, mencoba jenis makanan baru, mulai kenal makanan jajan. 

Saat masa itu biasanya anak rawan terkena ( penyakit ISPA, diare). Dimasa 1-3th juga yang merupakan periode emas pada anak juga bisa membentuk pola makan anak nah disinilah kita harus tahu karakteristik anak.

  • Libatkan anak dalam proses makan

Yang kedua adalah libatkan anak dalam proses makan, ini maksudnya makan sama-sama jadi kalau anak makan ya orang tua juga makan jangan anak makan orang tua diam saja. Kenapa harus begitu? Karena sejatinya yaitu anak mencontoh apa yang orang tua lakukan jadi makan lah bersama-sama.

Libatkan anak dalam proses memasak atau menghasilkan makanan juga bisa lho jadi ajak anak untuk memasak makanan bersama agar dia tahu proses pembuatan makanan dan menghargai makanan juga.
  • Ciptakan suasana makan menyenangkan dengan menu bervariasi
Mama tahu ga sih kalau suasana yang menyenangkan saat makan itu akan mempengaruhi anak untuk makan? Nah mulai sekarang yuk kita hadirkan suasana makan yang menyenangkan dan perlu digaris bawahi juga nih jangan mengancam anak suka makan karena itu akan menyebabkan anak trauma.

Untuk menghadirkan menu bervariasi Mama juga bisa mencoba menu masakan baru yang bisa didapat di sosial media seperti youtube atau buku resep makanan.
  • Terapkan jadwal makan dan selingan secara teratur 
Mama, jangan menyepelekan jadwal makan anak ya, kalau ada yang masih bingung sebenarnya jadwal makan dan selingan anak itu kapan sih? . 


Seperti yang saya sebutkan diatas kalau jawal makan dan selingan itu cukup berpengaruh lho dan berikut adalah jadwalnya. Selingan bisa dibilang adalah waktunya makan cemilan. Dalam menyajikan cemilan sendiri ga boleh sembarangan kalau ingin tubuh sehat. Sebaiknya juga hindari penggunaan garam dan gula berlebih saat waktunya ngemil.

So,, kalau lihat dari penjelasan diatas untuk menghadirkan cemilan untuk anak agar tetap sehat yaitu perlu perhatikan 3 J yaitu Jumlah, Jadwal dan Jenis. 

Jumlah : berikan jumlah cemilan secukupnya atau sesuai dengan kapasitas lambung si kecil.

Jadwal : berikan cemilan sesuai jadwal 

Jenis : berikan jenis makanan yang sehat tidak mengandung banyak garam dan gula.

EMINA Cheese 


Berbicara cemilan sehat, Mama bisa pilih EMINA Cheese untuk asupan cemilan dan makanan bagi si kecil dan keluarga. Jujur saja saya baru tahu produk keju ini dan ternyata produk ini memang baru lho. Chikara Morimoto selaku Salesman Manager PT EMINA Cheese Indonesia menjelaskan sedikit tentang EMINA Cheese.

EMINA Cheese hadir di Indonesia pada tahun 2017 dan baru dipasarkan mulai bulan September tahun 2018. EMINA Cheese merupakan hasil kerjasama dua perusahaan Jepang yaitu Mitsubishi Corporation dan Rokko Butter Co. Ltd yang merupakan salah satu produsen keju terdepan di Jepang yang terbesar di Indonesia.

EMINA Cheese merupakan singkatan dari bahasa Jepang yaitu Egao Wo Mina Ni yang artinya adalah Membuat semua orang tersenyum dengan keju dan ini merupakan tagline dari EMINA Cheese.


Untuk produknya sendiri EMINA Cheese ada 2 bentuk yaitu ada EMINA Cheese Stick dan EMINA Cheese Block .

EMINA Cheese Stick 


EMINA Cheese


Yups EMINA Cheese Stick ini sangat unik dan merupakan produk keci pertama yang memiliki rasa dan bentuknya stick. Untuk produk ini memiliki 3 varian rasa yaitu original, Pizza dan Banana Caramel. 

Dalam satu kemasan ini terdapat 4 stick dan tau ga sih kalau setiap sajian EMINA Cheese Stick ini setara dengan 2 gelas susu ( tinggi kalsium ) , terdapat vitamin D setara dengan 17 gelas susu , dan produk ini merupakan sumber protein yang baik. 

Menu camilan sehat untuk anak
Selain memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh EMINA Cheese Stick ini rasanya enak, kejunya lembut dan sangat praktis untuk dibawa kemana-mana . Sebagai orang tua saya seneng banget hadirnya produk ini karena bisa menjadi bekal makanan untuk anak-anak di Sekolah. Dan produk ini juga bisa jadi pilihan ngemil asik dan sehat juga hehe.

EMINA Cheese Block 



Nah ada juga nih EMINA Cheese Block keju chedar yang memiliki 3 varian rasa yaitu EMINA Cheese Block Rich yang mengandung keju asli tinggi kalsium dan protein , EMINA Cheese Block Mild dengan rasa milky, tekstur lembut dan gurih , EMINA Cheese Block Mozza yaitu campuran keju cheddar dan mozarella dengan tekstur lembut dan kenyal saat meleleh dan ini cocok untuk buat pizza dirumah. 


Salad Buah EMINA Cheese 


Resep salad buah


Setelah tahu produk EMINA Cheese yang tinggi kalsium dan protein dan juga enak akhirnya saya mencoba membuat cemilan sehat di rumah yang sangat simple yaitu Salad Buah EMINA Cheese. Jujur saja ini kali pertama saya membuat salad buah lho biasanya untuk salad buah saya beli tapi untuk kali ini dan penasaran sama rasa EMINA Cheese Mild akhirnya saya memberanikan diri untuk membuatnya di rumah untuk keluarga.


Resep Salad Buah EMINA Cheese 


Bahan
  • EMINA Cheese Block Mild sesuai selera 
  • 250 ml Yogurt plain
  • 100 gram Mayonaise
  • 2 sachet Susu kental manis
  • Nata de coco sesuai selera 
  • Buah strawberry 
  • Buah Kelengkeng 
  • Buah Melon
  • Buah Apel
Cara membuat : 

Potong sesuai selera buah-buah ( apel, strawberry, melon) , kelengkeng masukan kedalam wada. Untuk sausnya campurkan jadi satu Yogurt, mayonaise, susu kental manis dan 100 gram parutan keju ( aduk sampai rata ) lalu campurkan dengan buah yang sudah di potong tadi . Setelah campur rata kasih parutan EMINA Cheese Mild sesuai selera lalu masukan ke dalam kulkas dan sajikan saat dingin agar lebih segar.

Cara membuat salad buah


Yups,, diatas tadi adalah resep salad buah EMINA Cheese, dan kenapa saya tidak memasukan perasan jeruk lemon? Karena keluarga saya tidak suka terlalu asam dan menurut saya juga rasa asam dari buah dan yogirt sudah cukup pas di lidah.  

Jangan lupa dicoba ya resep buahnya dan dijamin endessss bangetttt lho karena pakai EMINA Cheese Mild jadi saus saldnya itu lebih kental dan rasa kejunya yang lembut juga berasa banget. Dan untuk buahnya sendiri Mama juga bisa mengaplikasikan dengan berbagai macam buah favorit keluarga. 

Kalau ngemil salad buah dijamin deh ga bakal gendut atau obesitas karena ini salah satu menu ngemil sehat untuk keluarga hehe. And than kayaknya saya lebih memilih bikin salad buah sendiri deh soale kita bisa bebas memberikan kejunya juga so,, selamat mencoba ya moms . 😘











55 comments:

  1. Aku pengen cobain yang versi stiknya. Praktis gitu buat camilan dibawa-bawa ya. Kemaren sempet liat di deket kasir Indomaret apa Alfamart gitu. Next time cobain beli juga ah~ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok kak marga cobain deh soale enak kejunya , lembut hehe.

      Delete
  2. Nyam-nyam saladnya enaaakkkk :D

    Saya sering bikin salad sendiri nih, mau ah cobain pakai keju Emina :)

    Kepo bener ama keju ini, rasanya kayak apa ya.
    Duh, kapan nih saya mengunjungi minimarket or supermarket gitu buat beli Emina Cheese :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak cobain deh kejunya ,, enak sih menurutku soale lembut hehe.

      Delete
  3. Waktu pemberian camilan yang tepat kepada anak ini yang harus diperhatikan ya sehingga makan utama anak tidak terganggu.

    Keju ini makanan yang sangat disukai anak. Tapi saya juga ibunya suka juga kok hehehe

    ReplyDelete
  4. Wah salad buah Emina cheese nya nampak enaaak deh..jadi tertarik coba juga. Izin catat resepnya ya mba..

    ReplyDelete
  5. Keju memang enak dan gurih ya mba. Anak - anak senengnya keju Swiss

    ReplyDelete
  6. Mau dong, ngemil pake keju emina. Kan sehat dan lezat ya, rasanya. Alternatif camilan yang bagus nih buat si kecil.

    ReplyDelete
  7. Semoga bulan Juli saya bisa turun gunung ke kecamatan untuk belanja EMINA. Keju adalah makanan favorit saya dan Palung. Rasa gurih dari susu menjadikan keju makanan sehat untuk dikonsumsi. Cuma karena kami bisanya ngemil keju biasa rasanya aneh da dalam bentuk lembaran atau batang. Senang banget jika bisa ngemil Emina stik. Bisa leluasa ngemilnya. Gampang dipegang dan ada pilihan rasa.
    Oh ya, untuk balok, jadi pengen coba mozzarella, soalnya saya belum pernah lihat penampakan keju ini. Bisa memanggang roti bakar dengan lelehan keju mozzarella pasti lezat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn ya kak semoga bisa cobain Emina Cheese ini.

      Delete
  8. Ini wajib dibeli, biar keponakan ku semakin suka sama cheese, dan EMINA cheese ini membantu bgt buat kpnakan2 ku yg suka nya ngemil, hehe makasih yah mba udh sharring :)

    ReplyDelete
  9. wah asik, ada resep es buah ^^ eh iya makasih juga ya mbak infonya soal 3J, Jumlah, Jadwal dan Jenis. anakku lagi susah makan, kurang lebih faktornya sama kya yang ditulis di sini nih..

    ReplyDelete
  10. Btw, ini uda masuk ke indomaret belum si Mbak? Aku pengen coba mozzarellanya.... Sepertinya menarik dan Egao Wo Mina Ni (membuat tersenyum) #aseeek #gombal #padahalnggaktahubenerapasalah wkwkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah masuk ke supermarket dan mini market sih kak.

      Delete
  11. Aku juga bakal doyan nih mel Emina Cheese ini jangankan anak-anak hehe soalnya aku suka banget keju :)

    ReplyDelete
  12. Wah lg banyak yg cerita soal kue asyik ini huhu..akunjd mupeng jg secara akuh penyuka keju..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahaha iya aku sekeluarga juga penyuka keju.

      Delete
  13. Ngemil boleh-boleh aja tapi pilih makanan yang menyehatkan ya, salah satunya ngemil kejunya Emina. Praktis ya buat dibawa pas perjalanan kejunya, kalau lapar bisa buat ganjel perut juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Lid yang penting ngemil sehat yo hehe.

      Delete
  14. Lengkap nih kejunya ya, Mbak.
    Ada yang blok juga sudah ada camilan.
    Jadi bisa dikreasikan dengan berbagai olahan makanan.
    Dan camilannya bisa dinikmati kapan saja, termasuk bisa dibawa bepergian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada yang block sama yang stick jadi praktis.

      Delete
  15. ada yang stick dan block y mba jadi pengen cobain beli nih apalagi pada doyan cheesee di rumah :)

    ReplyDelete
  16. Ada jadwal makan snacknya dan pilihannya enima cheese ya Bun. Anak-anakku tidak begitu suka keju, tapi kalau keju enima ini sepertinya memang ditujukan untuk ngemil ya, jadi pas banget nich untuk snack anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang stick cocok buat ngemil anak-anak disekolah.

      Delete
  17. Lezatnyaa...
    Ada salad dari Emina Cheese.
    Bunda kreatif banget niih...menyajikan makanan sehat untuk keluarga.
    Pasti anak-anak pada happy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soale keluarga suka banget salad buah hehe.

      Delete
  18. ini snack favoritku paling suka emina cheese rasa pizza hehe, kalau qonita suka yang original, rasanya ga eneg giti

    ReplyDelete
  19. Waaaah, produknya mudah dibawa ke mana-mana, jadi makin enak nyemilnya. Makanan yang mengandung banyak gizi ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaka yang stick praktis banget dibawa kemana-mana.

      Delete
  20. Emina ini enak. Kemarin beli sekali eh suka dan akhirnya beli lagi. Ini mau beli yang rasa pisang caramelnya. Kapan-kapan kalau ke sentul juga mau bawain ah buat ponakan yang penggemar keju

    ReplyDelete
  21. pas awal denger produk ini ku kira ini sosis, karena bentuknya menyerupai sosis ready to eat, ternyata keju dan rasanya enak banget.

    ReplyDelete
  22. Duuuhh Mbak, jadi pengen juga nih makan salad buahnya pake Emina Cheese, semoga disini juga udah siih.
    Penasaran juga tuh, cheese rasa pizza, unik bener nih 😀

    ReplyDelete
  23. nah cocok nih aku lagi mau bikin salad buah. Dikasi emina kan jadi praktis dan makin enak

    ReplyDelete
  24. Saladnya bikin ngiler deh.. Malem-malem gini jadi laper liatnya. Apa aku ngemilin emina cheese aja ya? :D

    ReplyDelete
  25. Wah Emina Cheese
    Sebagai pecinta keju, wajib coba nih
    Langsung cuss ke supermarket ah

    ReplyDelete
  26. Aku belum nemu di swalayan deket rumah. PAdahal udah pengin banget. Kapan2 coba ke swalayan yg agak gedean. Biasanya mereka udah sedia duluan camilan baru kayak gini.

    ReplyDelete
  27. Ngemil salad buah makin sehat buat tubuh dan malah membuat kulit semakin cerah pastinya

    ReplyDelete
  28. Saad buah tuh enak ya.. Bikin fresh untuk tubuh juga tuh..

    ReplyDelete
  29. Bisa jadi camilan favorit anak saya, nih. Dia mah kalau sama keju seneng banget

    ReplyDelete
  30. Bet banget mom, dilema banget mau pilih cemilan anak tapi yg sehat. Waah penasaran sama emina, secara aku suka keju hehe begitupun dengan anakky

    ReplyDelete
  31. Saya kesulitan melihat produk ini dengan jelas, mungkin karena fokus foto-fotonya lebih berpusat pada properti-propertinya, bukan pada produk Emina Cheese-nya.
    Saya mau cari sendiri aja ah produknya di toko. :)

    ReplyDelete
  32. Kita sekeluarga senangnya yg gurih2 apalagi dr keju duh sukaaa..kyknya ini jg bakal jd cemilan asyik keluarga nih . Hehe

    ReplyDelete
  33. Sepupu saya penggemar keju, apalagi kalau tau ada Emina cheese ini lebih praktis karena dlm bentuk stik, dia pasti suka banget deh apalagi produk ini disebut2 sebagai cemilan sehat

    ReplyDelete
  34. WAh ternyata ada yah jajanan sehat untuk anak-anak. Jadi nggak khawatir deh sekarang hehe. Btw, kok aku galfok sama salad buahnya yaa kak, Nyam!

    ReplyDelete

Bersihkan Luka #GakPakePerih Dengan Hansaplast Spray Antiseptik

Assalamu'alaikum. Apa kabar moms? Semoga sehat selalu makin penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Alhamdulillah luar biasa yang...