Tuesday, September 3, 2019

10 Trik Menggunakan Kamera Ponsel Agar Mendapatkan Hasil Foto Setara DSLR



Assalamu'alaikum.
Apa kabar semua? semoga sehat selalu makin penuh cinta, rezeki berkah berlimpah ya. Alhamdulillah akhirnya mulai menulis blog lagi setelah 10 hari absen menulis dan ini tulisan pertama di bulan September. Kalau dilihat memang belakangan ini saya lagi sibuk di dunia nyata sehingga belum sempat menulis, di dunia nyata sendiri ada bebrapa drama yang datang menimpa saya mulai dari hilangnya HP yang baru beberapa bulan dibeli sampai tertipu saat membeli kamera mirolles.


Ya, mungkin bukan tertipu sih ya, ini karena saya yang terlalu mudah ditipu sampai membeli kamera lebih mahal 2,8 jt dari harga pasaran. Jujur saja saat ini saya membutuhkan kamera agar foto-foto di blog dan sosial media saya itu lebih bagus lagi makanya saya nekat beli kamera dan nyeselnya ternyata kamera yang saya beli itu berkualitas cukup rendah bahkan lebih bagus dari HP saya hilang huhu sedih sih. 

Niatnya kamera ini akan saya jual kembali meski harga jauh lebih murah, hmm dari pada tidak dipakai ya kan? . Untuk membeli kamera mungkin akan di pending beberapa waktu karena harus nabung lagi. Drama sedih salah beli kamera dan hilang HP pupus sudah karena saya baru tahu nih kalau ternyata dengan menggunakan kamera ponsel kita bisa mampu menghasilkan foto yang hampir setara dengan DSLR.

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi kian berkembang, begitupun dengan perkembangan fotograpi. Dengan adanya teknologi yang makin maju, orang makin banyak menggiati seni fotografi termasuk saya sendiri . Saat ini pula kamera ponsel sudah semakin canggih dan bagus untuk menghasilkan foto, makanya tak heran kalau saat ini lebih banyak memilih memotret dengan kamera ponsel karena lebih ringan dan praktis mudah dibawa kemana-mana. 

Saat ini hampir semua kamera ponsel memiliki kamera yang berkualitas sangat baik namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengerti cara mengatur kamera ponsel sehingga memiliki hasil yang kualitasnya sangat mendekati foto kamera DSLR.

Masyarakat saat ini masih banyak yang berfikir bahwa kalau memotret dengan kamera ponsel, hasilnya tidak akan sebaik kamera DSLR . Padahal sih sebenarnya tergantung pada teknis dan kualitas kamera ponsel yang digunakan . Dan tidak sulit lho mengatur kamera ponsel agra mampu menghasilkan sebuah foto setara dengan DSLR hanya dengan 10 trik berikut ini :


  • Kenali fitur-fitur yang ada pada kamera ponsel kita

Pertama-tama kita harus mengenali fitur-fitur yang ada dikamera ponsel kita , pokoknya kita kepoin deh seluruh settingan yang ada , sampai kita hafal seliuruh menu serta pengaturannya. Pada umumnya, fitur pada kamera ponsel berfungsi untuk mengubah resolusi, white, balance, flash , fokus , jenis jepretan , tone dan self timer . Tidak semua kamera ponsel memiliki kamera berkualitas tinggi. Jadi sebaiknya kalau kita menginginkan hasil fotografi dengan kualitas setara dengan DSLR , pilihlah ponsel yang mempunyai kelebihan di sisi kameranya. 

Pilih kamera yang mempunyai resolusi tinggi , jadi mampu menangkap detail foto dengan sangat baik. lalu jangan lupa pilih kamera ponsel yang menyediakan minimal kamera ganda agar bisa menyajikan efek bokeh serat wide angel layaknya  DSLR.

  • Coba semua pengaturan kamera 

Mengambil foto menggunakan kamera ponsel juga membutuhkan pengaturan yang berbeda-beda. memang mengatur kamera ponsel menjadi serba auto akan lebih mudah namun hasilnya tentu tidak selalu maksimal.

Namun tidak perlu ragu bagi kita mengutak ngatik pengaturan kamera ponsel. Cobalah foto satu objek yang sama namundengan setting yang berbeda-beda. Lalu perhatikan detail hasilnya , pelajari pengaturan tersebut dan gunakan di kemudian hari.

  • Hindari efek 


Abaikan fitur efek pada kamera ponsel, misalnya saja seperti frame, sticker dan sebagainya. Biarlah hasil foto kamu terlihat natural tanpa efek berlebih.

  • Jaga kebersihan lensa kamera ponsel kamu

Tidak berbeda dengan kamera DSLR, lensa pada kamera ponsel juga membutuhkan perawatan. Pastikan lensa kamera ponsel kamu selalu bersih, bebas debu dan bekas sidik jari. Bersihkan dengan kain khusus untuk lensa, hindari lensa dari air, debu serta goresan.

  • Gunakan pencahayaan alami

Kunci hasil foto yang memukau adalah adanya cahaya yang baik. Maka dari itu, usahakan mendapatkan sumber pencahayaan terbaik, yaitu yang alami seperti sinar matahari. Hindari penggunaan lampu flash, cukup gunakan cahaya alami. Coba kamu ambil foto dengan menggunakan flash dan tanpa flash, dan lihatlah perbedaannya.



Perhatikan juga arah datangnya cahaya, jangan ragu untuk mengambil gambar dari segala sudut, agar kamu mendapatkan hasil terbaik.

  • Jaga kamera tetap fokus

Saat memotret, pastikan kamera ponsel tetap fokus. Kalau kamera ponsel kamu memiliki fitur autofocus, biarkan kamera dengan sendirinya mencari fokus. Tunggulah beberapa detik, hingga kamera kembali siap memotret kembali. 

  • Atur white balance

Umumnya kamera ponsel akan mengatur white balance secara otomatis. Namun, untuk mendapatkan hasil foto yang lebih memukau, kamu bisa mengatur fitur white balance sesuai kondisi saat kamu mengambil foto.

  • Pastikan objek tidak bergerak

Umumnya, kamera pada pada ponsel memiliki shutter yang lambat. Berbeda dengan kamera DSLR. Nah, jadi triknya adalah pastikan objek foto dalam keadaan diam alias stabil. Beri jeda beberapa detik sebelum mengangkat kamera ponsel kamu, agar foto benar-benar telah ditangkap dan direkam oleh kamera ponsel. 

  • Ambil foto beberapa kali

Cobalah mengambil foto beberapa untuk mendapatkan hasil yang paling baik. Jepretlah sebanyak mungkin foto, lalu kamu bisa memilih foto mana yang terbaik. 

  • Hindari zoom

Umumnya kamera ponsel memiliki digital zoom, sehingga foto yang dihasilkan pun malah jadi pecah dan tidak tajam. Maka dari itu jangan memaksa untuk melakukan zoom yang berlebihan. Coba dekati objek yang ingin difoto. Zoom juga akan membuat foto blur karena adanya getaran.

Tapi akan berbeda kalau kamu menggunakan OPPO Reno 10x Zoom, karena ponsel terbaru dari OPPO ini punya 10x Hybrid Zoom yang mampu mendapatkan foto secara lebih dekat dan detail tanpa mengurangi ketajaman gambarnya.



OPPO Reno 10x Zoom punya 3 kamera belakang yang masing-masing fungsinya sangat mendukung fotografi. Kamera utamanya beresolusi 48MP, dimana resolusi sebesar itu sudah sangat baik menyajikan detail sebuah foto. Lalu kamera ke 2 merupakan kamera telephoto dengan resolusi 13MP serta yang ke 3 adalah kamera bersudut lebar beresolusi 8MP.

Uniknya ketiga kamera ini mampu bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan full focal length sebesar 16mm-160mm hingga terwujudlah 10x Hybrid zoom yang jernih dan tajam. Dan kamera utamanya sudah menggunakan sensor SONY IMX 586 serta menggunakan OIS ganda pada lensa primer serta sekundernya. Nah inilah yang membuat foto-foto OPPO Reno 10x Zoom tetap jernih dan tajam walau di zoom hingga 10x.



Kita juga ngga perlu pusing dengan kondisi low light, karena OPPO Reno 10x Zoom punya fitur Ultra Night Mode 2.0. Fitur ini mampu menghasilkan foto yang cerah dan minim noise walau dalam keadaan minim cahaya.

Nah itu dia 10 trik menggunakan kamera ponsel agar mendapatkan hasil foto setara kamera DSLR. Mudah banget kan?



Tehnik yang baik serta penggunaan kamera ponsel yang berkualitas baik, seperti OPPO Reno 10x Zoom yang mampu membantu kamu untuk mendapatkan hasil fotografi yang berkualitas, tanpa repot-repot lagi membawa kamera DSLR.

Tertarik membuktikan? Bisa lihat di Rio Motret salah satu fotografer favorit saya di Instagram, beliau sudah menggunakan Oppo Reno ini untuk memotret sebuah objek. Kalau dilihat dari video instagramnya sih memang hasil foto dari Oppo Reno ini cukup memuaskan dan setara dengan DSLR.  So, buat kamu yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai Oppo Reno ini bisa cek di sini ya https://www.oppo.com/id/smartphone-reno/

14 comments:

  1. Penasaran sama harganya nih. Pasti diluar budget biasa hehehe...

    Bener banget saat ini saya beberapa hari naik gunung, untuk foto mending bawa tiga ponsel sekaligus, daripada bawa kamera. Ponsel memang lebih praktis

    ReplyDelete
  2. Uwoooo, jadi begini tipsnya.
    Siaappp, mau coba praktekkan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget mbak sama OPPO Reno ini, hasil fotonya udah bagus banget setara dengan kamera yang umum dipakai. Apalagi kalau zoom beberapa kali masih kinclong dan enggak pecah hasil fotonya.

    ReplyDelete
  4. Wah..tips penting banget nih buatku yg lagi belajar motret dg HP. TRIms ya mba.. Utk Oppo Reno..duh..semoga ada rejeki.. Aamiin..

    ReplyDelete
  5. Naksir banget sama Oppo Reno
    Aku ya jepret masih asal jepret padahal banyak banget fiturnya

    ReplyDelete
  6. Mupeng abis nih sama si OPPO Reno, kameranya cetar abis deh apalagi liat hasilnya. Aahh kereen pisaannn

    ReplyDelete
  7. Bagus banget ya hasil fotonya :)
    Bikin mupeng saja, saya paling suka nih foto-foto, meski baru sebatas suka foto diri, tapi suka banget kalau hasil fotonya bagus hahaha.

    Jadi mupeng maksimal deh ama Oppo Reno ini :)

    ReplyDelete
  8. Makin naksir dah sm si Oppo Reno. Lalu perasaan ingin memilikinya pun semakin tumpah ruah. *hahay. Nabung dulu ah kalau gt. Makasih sharenya ya mbk

    ReplyDelete
  9. Setuju, Mbak. kalo pake kamera hape memang pencahayaan yang terpenting. truuuss merk hape dan kameranya juga haha kalo hapeku nggak bisa kuandalin untuk motret2 bagus sih wkwk

    ReplyDelete
  10. Dapat ilmu baru nih tentang trik memotret dengan kamera ponsel.. fotografer profesional aja rekomendasiin oppo reno ya.. duh siapa yang ngga tertarik cobaaa

    ReplyDelete
  11. Kece nih hasilnya yang bisa setara dengan hasil dari kamera DSLR. Baca beberapa review dari teman-teman, termasuk tulisan Amel ini, makin mupeng loh pengin motret pake Reno.

    ReplyDelete
  12. Oppo sih aku no complain. Dulu punya, sekarang dipakai anak gadisku. Pengin punya Oppo yg baru ini. Kalau trik kamera hp, aku kudu belajar banyak karena selama ini nurut aja sama settingan auto hehee

    ReplyDelete
  13. Iya bener. Jadi inget waktu aku liburan ke semarang, guidenya bisa banget memaksimalkan kamera hape jadi hasil jepretannya ituh asli kayak pake kamera DSLR gitu.

    ReplyDelete
  14. Nah sepertinya menjaga lensa kamera ponsel ini yang banyak belum tahu untuk peduli
    Alhasil foto juga gitu fitu aja jadinya

    ReplyDelete

Bikin Rumah Cepat dan Kuat Pakai Domus

"Hah, Bikin rumah hanya 5 hari? Emangnya bisa?", tanya dalam hati saat membaca banner di booth Tata Logam Lestari , Indobu...