Saturday, September 14, 2019

Yuk Jadi Konsumen Yang Cerdas dan Berdaya Dengan Ayo Cek KLIK



Assalamua'alaikum.
Apa kabar semua? semoga sehat selalu makin penuh cinta, rezeki berkah berlimpah. Alhamdulillah sudah 2 hari saya ada waktu jemput sekolah anak-anak dan biasanya kalau sebelum anak-anak pulang kami para ibu-ibu menunggu di dekat parkiran sekolah. Selama menunggu biasanya kami bertukar cerita , membahas gosip para artis dan lainnya. 

Namun ada yang berbeda saat saya jempuk Kamis siang dimana mendengar kabar ada salah satu siswi di Sekolah anak saya mengalami muntah-muntah saat pulang Sekolah dan akhirnya siswi tersebut tidak masuk. Berita ini tersebar dan belum tahu pasti penyebabnya , namun diketahui bahwa terakhir itu siswi ini habis jajan disebuah warung dekat rumahnya. 

Hmm,, saya merenung sebentar entah kenapa saya berfikiran anak ini makan-makanan yang kurang tidak bersih atau bisa jadi makan-makanan dengan bahan yang sudah kadaluarsa karena  itu semua bisa menyebabkan keracunan juga. Disini sih saya tidak bisa menyalahkan si Anak, penjual atau orang tua sekalipun namun yang saya ambil dari kejadian ini adalah dimana kita sebagai konsumen dan terutama para Ibu harus benar-benar teredukasi mengenai membeli suatu produk makanan atau obat-obatan.



Ya kita harus menjadi konsumen cerdas dan berdaya seperti campaign yang sedang dijalankan BPOM. Campaign ini saya ketahui saat menghadiri acara peluncuran aplikasi BPOM  Mobilesekaligus mengkampanyekan Cek KLIK di Living Mall Kemang.

Dr. Ir. Penny K. lukito, MCP , kepala BPOM RI mengungkapkan yang melatar belakangi campaign ini adalah bahwa ini akan menjadi sebuah kebiasaan para konsumen  menjadi konsumen dan cerdas dan berdaya saat membeli produk makanan atau obat-obatan dengan melaksanakan Cek KLIK sebelum membeli kenapa harus Cek KLIK? karena agar terjamin keamanannya juga. Lalu apakah Cek Klik itu?

Cek KLIK :


  • Cek Kemasan : Saat membeli sebuah produk pastikan melihat kemasannya apakah sobek atau rusak. Jadi pastikan saat membeli produk makanan atau obat-obatan pastikan kemasannya dalam keadaan baik. 
  • Cek Label : Cek label dengan hati-hati, kenapa? karena label itu merupakan informasi gizi atau nilai gizi .
  • Cek Izin Edar  : Cek izin edar BPOM RI suatu produk ini penting banget kenapa? jika izin edar pada produk itu tidak ada perlu waspada, kalau sudah ada izin edar dari Badan POM RI sudah aman.
  • Cek Kadaluarsa : Nah ini penting mengenai cek tanggal kadaluarsa juga yang tertera pada kemasan..
Perlu diketahui juga nih kalau konsumen memiliki Hak yang sudah tercantum dalam UUD tentang perlindungan konsumen kalau kita bertransaksi barang atau jasa. Yang pertama adalah mendapatkan keamanan , kenyamanan dan keselamatan dan hak-hak lainnya. 

Tak hanya Hak saja, konsumen juga bertanggung jawab dan memiliki kewajiban utama yaitu membaca label . Yups membaca label dan petunjuk pemakaian merupakan tanggung jawab konsumen. Ada 3 tahapan kewajiban dan tanggung jawab konsumen :

  • Tahap Transaksi dimana sebelum membeli kita harus cek harga dan informasi mengenai produk tersebut.
  • Tahap selama transaksi , kita harus membaca label dan Cek KLIK 
  • Pasca transaksi . Jika kita membeli produk lalu mendapat kerugian apakah kita berani untuk melaporkannya?. melaporkan kerugian ini penting karena untuk mencegah konsumen lain mengalami hal yang sama. 
Aplikasi BPOM Moblie 

Mungkin banyak yang bertanya apakah kalau kosmetik dari luar atau impor itu sudah melewati BPOM ? jawabannya adlah pasti melewati BPOM dan pasti juga ada no registrasi dari BPOM. Nah saat ini itu banyak sekali pelanggaran dalam beli online karena banyak yang belum mendapatkan izin edar . 

Intinya apapun yang beredar di Indonesia ini harus melalui BPOM. Jika tidak ada BPOM itu yang harus dipertanyakan . Begitu pula jika kita melihat ada barang yang mencurigakan kita bisa cek sendiri melalui website BPOM dan saat ini BPOM menyediakan dua dimensi QRcode di produk pangan dan obat dimana dengan QR Code ini konsumen bisa memeriksa sendiri apakah produk ini terdaftar atau tidak di BPOM melalui aplikasi BPOM Mobile yang bisa kita download di Google Play Store. 

Cara menggunakan aplikasi BPOM Mobile  :



  • Download aplikasi BPOM Mobile di Google Play Store
  • Registrasi dengan memasukan nama lengkap, email, nomor telephone dan password.
  • Login dengan email dan password yang sudah didaftarkan
  • Ambil produk yang ingin kita cek 
  • Klik fitur Cek Produk dan arahkan ke 2D Barcode 
  • Jika sudah di scan dan berhasil makan akan muncul notifikasi produk dikenali 
  • Jika sudah dikenali maka akan langsung muncul keterangan mengenai detail produk  mulai dari Nomor Izin Edar, Nama Produk, dan lainnya. 


Sebagai konsumen dengan adanya inovasi terbaru dari BPOM ini yaitu BPOM Mobile saya sangat terbantu sekali dalam mengecek izin edar produk, dan secara detai mengenai informasi tentang produk itu sendiri dengan mudah, ya mudah sekali. 

Seluruh lapisan masyarakat memang harus ikut turun mengenai pengawasan agar tidak ada lagi konsumen yang merasa dirugikan, maka dari itu jadilah konsumen yang cerdas dan berdaya. Saat ini BPOM bersinergi dengan APRINDO mengenai pemasangan materi edukasi Cek KLIk pada diaplay counter di sarana ritel di seluruh Indonesia.

Buat kamu mengetahui jika ada pelanggaran bisa hubungi Contact Center HaloBPOM 1500533 . Contact Center ini merupakan saluran pengaduan dan informasi masyarakat terkait pengawasan Obat dan Makanan untuk peningkatan pelayanan dan keterbukaan informasi publik. 

19 comments:

  1. Betuuulll banget ini Mba!
    Konsumen jaman now harus smart dan berdaya.
    Untunglah ada Cek KLIK yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Menjadi konsumen era sekarang kudu smart ya mbak.saya pernah beli margarin di warung, sengaja cek tanggal kadaluarsanya tapi bilangnya saya mengada ada.. habis itu trus ga pernah beli di warung itu.

    ReplyDelete
  3. Saya kerap heran dengan perilaku konsumen yang beli barang luar secara daring, apakah sudah yakin aman dan halal serta terdaftar di BPOM.
    Biasanya kalau say ke toserba lebih suka beli produk yang lazim. Pernah juga tertarik pada satu produk dan setelah diperiksa kemasannya jadi ragu karena tidak ada keterangan yang biasa jadi saya tidak beli. Kalau pakai aplikasi Cek KLIK kayaknya mempermudah .

    ReplyDelete
  4. Memang sebaiknya kita ajarkan anak2 kita untuk cek KLIK juga ya, agar terhindar dari hal2 yg tidak diharapkan terkait keamanan pangan..

    ReplyDelete
  5. Jadi konsumen kudu cerdas dan cermat. Cek sudah ada ijinnya atau belum biar kita pakai juga terjamin. Kalau makanan dan gak jelas ya serem juga

    ReplyDelete
  6. Dengan adanya aplikasi ini, jadi mempermudah konsumen untuk cek ya :)
    Aku juga mau install biar lebih berhati2 lagi saat belanja :)

    ReplyDelete
  7. Bener banget mbak.. Jadi konsumen kita harus cerdas. Btw aku baru tau nih ada applikasi BPOM Mobile. Unduh aaah… biar lebih gampang klo mau ngecek. Makasih sharingnya mbak..

    ReplyDelete
  8. Serba canggih seperti sekarang memang harus jadi konsumen cerdas. Paham tentang produk dan marketingnya saja tidak cukup ya. Klik ini bisa bantu kita jadi tahu mana produk yang layak edar dan tidak

    ReplyDelete
  9. Udah ada aplikasi buat cek ricek kode BPOM nih. Makin aman kalau mau belanja. Kalau kosmetik Korea gitu udah ada gak ya BPOM nya?

    ReplyDelete
  10. waah keren. Aplikasi Cek Klik ni sangat diperlukn sekali untuk cek and recek belanjaan, apalagi makanan dan kosmetik agar terhindar dari hal2 yg tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  11. Yuhhuu buat enak2 nih no worry lagi yah kalau belanja, dlu q sring banget curigaan, dgn adanya aplikasi ini membantu banget deh

    ReplyDelete
  12. Aplikasi yang sangat membantu ya mbak. Kadang kita tidak tahu apakah makanan yang beredar di pasaran itu aman, takutnya mengandung bahan yang kurang sehat. Dengan aplikasi Cek KLIK kitabisa teliti sebelum membeli ya, supaya makanan yang kita beli benar2 aman.

    ReplyDelete
  13. Bagus ya ada aplikasi ini jd membuat kita lbh teliti lagi Krn selalu teringat hrs cek ..mantaps

    ReplyDelete
  14. alhamdulillahh...
    akhirnya ada website dan aplikasi yang membantu konsumen di zaman yang kenceng banget jualan hoax dan klaim2 nggak jelas di produknya.

    ReplyDelete
  15. Sebelum beli produk saya juga biasanya ngecek dulu, tapi agak ribet ya cek satu-satu. Baru tahu ada aplikasi ini, sangat praktis. Mau unduh jugalah

    ReplyDelete
  16. Pentingnya untuk bisa memastikan suatu produk apakah terdaftar di BPOM atau tidak ya mbak. Apalagi produk yang dikonsumsi.

    ReplyDelete
  17. Kalau lagi belanja saya cuma cek tgl kadaluarsa aja, ternyata masih banyak hal yg perlu dicek selain exp date yaa.. Mumpung bnetar lagi saatnya belanja bulanan, mau coba cek-cek ah :)

    ReplyDelete
  18. keren sekarang ya Mba serba mudah dan gampang
    apaalgi sekarang ada aplikasi BPOM cek klik, belanja ga perlu kawatir lagi

    ReplyDelete
  19. Konsumen emang kudu cermat sekarang. Jgn tergiur sama harga murah pdhl pas dicek ga taunya udh expired. Senang skrg ada BPOM cek klik hehe

    ReplyDelete

Mudahnya Menikmati Beauty Treatment di DL Slim & Skin Care Bintaro Lewat Traveloka Xperience

"Ya ampun komedo di hidung udah melambai-lambai", jeritan dalam hati di depan kaca besar saat mencoba kacamata yang baru saj...