Friday, October 25, 2019

Menuju Indonesia Maju, Pedagang dan Pembeli Menikmati Banyaknya Keuntungan Bertransaksi Menggunakan QR Code





“ Maaf mba tidak ada kembaliannya, apakah ada uang pas saja?”.



Kalimat diatas mungkin sering saya dengar saat saya membeli makanan atau minuman dipinggir jalan yang notabene adalah para pelaku UMKM beberapa tahun lalu. Namun saat ini rasanya sudah sangat jarang sekali saya mendengar kalimat seperti itu dari penjual karena saat ini sudah banyak sekali para pelaku UMKM yang memberikan pelayanan pembayaran dengan uang elektronik saat ini. 

Ya transaksi pembayaran digital saat ini memang sedang gencar-gencarnya seiring dengan tujuan ekonomi digital yang mana masyarakat Indonesia cepat atau lambat akan menuju masyarakat yang tak lagi menggunakan uang tunai dalam setiap transaksi ( cashless society). Transaksi dengan uang elektronik saat ini merupakan sebuah inovasi yang terus digencarkan karena saat ini Indonesia sedang memasuki revolusi industri 4.0 dimana perkembangan dan kemajuan ilmu teknologi , yang terhubung dengan aktivitas kehidupan manusia, istilah intenet of think juga rasanya tidak asing lagi karena saat ini semua terhubung dengan teknologi dan internet maka dari itu mau tidak mau para pelaku UMKM dan para pebisnis mau tidak mau harus mengikuti dan ikut berkembang bersama revolusi industri 4.0 jika tidak ingin tertinggal. 

Uang elektronik saat ini berkembang pesat dan bahkan saya pernah membaca menurut data pada tahun 2017 total transaksi uang elektronik mencapai Rp 12,3 triliun atau meningkat dibandingkan periode tahun 2016 yang sebelumnya hanya Rp 7 triliun saja. Nah apalagi saat ini sudah banyak sekali berbagai macam fintech atau aplikasi pembayaran atau dompet elektronik. Saat ini hanya menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi dimana pun dan kapan pun kita berada. 

Saat ini orang yang dulunya gaptek atau gagap teknologi sekarang sudah tidak lagi karena hampir semua elemen sudah memakai teknologi termasuk melakukan transaksi, yups saat ini kita bisa dengan mudah melakukan berbagai macam transaksi misalnya saja belanja mengenai fashion, keperluan rumah tangga, obat-obatan , makanan , tiket transportasi, tiket hotel, aneka hiburan untuk menunjang lifestyle dan masih banyak lagi hanya dengan jentikan jari saja. 

Kalau dilihat dan melihat survei saat ini banyak masyarakat yang memilih ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone, kenapa? Karena di smartphone sudah ada berbagai aplikasi fintech yang memudahkan kita untuk transaksi , misalnya saja dari segi transportasi online kita tinggal pesan lewat aplikasi lalu ingin belanja atau menikmati aneka kuliner kuta tinggal scan barcode saja lewat smarphone. Melihat fenomena ini tentunya tak bisa dipungkiri bahwa kenapa masyarakat rela ketinggalan dompet daripada smartphone. 

Nah kali ini saya mau sharing mengenai pelaku UMKM yang memang saat ini turut menikmati kemajuan teknologi dalam pemasarannya dengan pembayaran uang digital. Alhamdulillah di tempat tinggal saya bilangan Bintaro saat ini sudah banyak sekali para pedagang kecil yang menerapkan sistem pembayaran uang elektronik. Seperti beberapa waktu lalu saya bersama anak saya ingin membeli keperluan kerja kelompoknya dan mau tidak mau malam itu juga saya keluar rumah untuk membeli itu semua. Tanpa sadar saya lupa membawa dompet dan bersyukur tidak lupa membawa smartphone yang akhirnya membeli keperluan sekolah di sebuah mini market menggunakan Go-Pay .



Selesai membeli semua keperluan, di depan toko banyak sekali pedagang makanan dan minuman, lalu kami memutuskan untuk membeli minuman Dum Thai Tea juga nih hehe kebetulan malam itu lagi terasa panas jadi pas banget nih minum yang segar-segar hehe. Lagi-lagi saya membayarnya pun dengan OVO karena lumayan dapat cashback sebesar 30% hehe. 


Transaksi beli Dum Thai Tea menggunakan OVO juga sangat mudah dan hanya perlu beberapa detik saja untuk membayar. 




Cara membayar Dum Thai Tea dengan OVO :



• Buka aplikasi OVO

• Klik fitur Scan

• Scan QRcode yang ada di toko tersebut dan otomatis langsung terkoneksi dengan nama toko


• Tulis nominal pembelian

• Pilih metode pembayaran OVO Cash atau OVO Point

• Klik oke dan berhasil melakukan transaksi.





Yups hanya dengan jentikan jari kita bisa melakukan transaksi pembayaran, sangat mudah bukan?. Sebagai kaum milenial dan hidup di zaman serba digital saat ini pastinya sangat terbantu sekali dengan pembayaran melalui QRcode . Lalu apa sih itu QR Code itu ? QR Code atau (Quick Response Code ) yang merupakan teknologi matrik barcode ( matrik dua dimensi) yang saat ini berkembang cepat karena pembacaan yang cepat dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. 


Saat ini bisa dibilang semua elemen menggunakan QR Code ini untuk menunjang lifestyle dan tentunya mempermudah bagi siapa pun untuk mengetahui informasi lebih lengkap hanya bermodalkan smartphone. Zaman sekarang banyak generasi milenials yang bekerja secara mobile termasuk saya sendiri , saya bisa kerja di cafe dan ga perlu khawatir mengenai masalah pembayaran makanan atau minuman , dimana tinggal keluarkan smartphone , scan QR Code lalu selesai.


Keuntungan Transaksi menggunakan QR Code bagi pedagang dan pembeli:




Pedagang : 




• Para pedagang tidak perlu repot-repot menyiapkan kembalian saat transaksi.

• Efisien mengenai waktu , dengan adanya QR standar tentunya sangat efisien waktu dimana para pedagang hanya menyiapkan pesanan pembeli.

• Aman, ya tak bisa dipungkiri jika uang cash ini sangatlah rawan akan kehilangan, kadang ketika pedagang sibuk melayani pembeli uangnya suka hilang atau jatuh. Dengan adanya QR code ini tak akan ada lagi kejadian seperti itu karena semua pembayaran akan masuk ke dompet digital beliau. 

• QR Code sarana promosi lebih praktis dan efisien .

• Mempermudah pembukuan atau membuat jurnal dagang, semua transaksi yang masuk langsung ke email berikut bukti transaksinya.

• Usaha yang berkembang karena mempermudah konsumen, ya seperti saya jelaskan diawal bahwa saat ini masyarakat Indonesia sedang menuju cashless society dimana banyak yang memilih transaksi digital dibandingkan tunai.







Pembeli : 

• Praktis, pembayaran dengan QR Code sangat praktis tinggal buka smartphone lalu klik-klik selesai tidak membutuhkan waktu banyak. 

• Aman, kenapa aman? Karena saat memulai transaksi apapun dengan menggunakan dompet digital pastinya akan memasukan password terlebih dahulu dan password itu hanya kita yang tahu jadi dipastikan aman. 

• Mendapatkan banyak promo menarik, tak bisa dipungkiri saat ini banyak promo menarik dengan pembayaran digital misalnya saja mendapatkan diskon sampai 60% atau mendapatkan cashback 30%. Dengan adanya banyak promo ini para pembeli pastinya senang sekali.

• Turut mendukung budaya cashless society, nah ini dia sebagai masyarakat yang baik tentunya kita harus mendukung kebijakan pemerintah yang sejak beberapa tahun lalu mengajak masyarakat budaya cashless society. 




Penjelasan diatas tadi merupakan pendapat saya mengenai keuntungan bertransaksi dengan pembayaran QR Code dan digital lainnya. Bagi saya yang saat sedang memperbaiki KAS keluarga untuk hidup lebih sejahtera tentunya sangat terbantu dan menguntungkan sekali. Terbantu karena saya dengan mudah mencatat semua transaksi, begitu pula dengan melihat jumlah transaksi jadi saya harus bisa memprediksi kapan saya harus mengerem pengeluaran saya demi keuangan keluarga sejahtera. 

Saya sangat bersyukur karena merasakan hidup di era digital yang serba mudah dan praktis. Jujur saja papa saya itu sudah berumur dan termasuk orang yang menutup mata dengan perkembangan teknologi namun lambat laun saya mengenalkan berbagai fintech salah satunya transaksi digital beliau jadi lebih melek teknologi dan bahkan kalau kemana saja kalau beli sesuatu beliau selalu bertanya ke penjual atau kasir “ Bisa bayar pakai Go-Pay, OVO, Dana, Link Aja ga?” hehe. 

Banyaknya keuntungan yang didapat pembeli dan penjual tentunya tidak ada alasan lagi untuk bertransaksi #pakaiQRstandar dan sebagai warga negara yang baik saya ingin menyampaikan bersama-sama #majukanekonomiyuk agar Indonesia lebih maju dan sejahtera.




#feskabi2019

#gairahkanekonomi

#pakaiQRstandar

#majukanekonomiyuk















16 comments:

  1. Asyik banget kalo shopping pakai QR code ini, karena buanyaaakkk promo menarik! Cashback, diskon, dll. Jadinya makin hepi!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. QR code juga bisa dipake untuk pembayaran or penyetoran tertentu ya selain pembelian. Yang penting internet lancar...aman dah

    ReplyDelete
  3. Sekarang dengan perkembangan teknologi, sampai pembayaran pun lebih banyak cashless ya, mbak. Tapi aku lebih senang sih, karena lebih praktis juga :)

    ReplyDelete
  4. Seneng dan bangga ya, saat ini pedagang maupun pembeli di Indonesia mulai menggunakan teknologi untuk bertransaksi, menjadi semakin mudah dan tentunya sama sama saling menguntungkan.. ini yang disebut dengan kesuksesan dalam transaksi jual beli.. hidup Indonesia dan semakin maju

    ReplyDelete
  5. eamng sejak ada e money dan e wallet kita jadi merasa terbantu banget yaa.. aku termmasuk yang amles bawa cash banyak2.. skrg dompet ketinggalan pun nggak akan bingung ya mbk.. :D

    ReplyDelete
  6. Aku termasuk merasakan kemudahan jajan pakai QR Code hahaha, enak gak pake ribet apalagi kalau belanjaannya angka ganjil. belum lagi kalau terima kembalian receh. Uhuyyy

    ReplyDelete
  7. memang lebih praktis kalo pake QR code..kalo kelupaan bawa uang terbantu banget jadinya

    ReplyDelete
  8. Dengan QR kode, kita bisa lebih leluasa bertransaksi ya. Lebih simpel dan praktis tanpa perlu khawatir kalau ketinggalan dompet

    ReplyDelete
  9. Enak ya zaman sekarang , apa-apa bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Termasuk dalam hal bertransaksi. Apalagi dengan hadirnya dompet digital seperti QR Code ini. Bener-bener anti ribet ya Mbak.

    ReplyDelete
  10. Sekarang makin banyak yg pakai QR Code, memudahkan banget. Nggak perlu ngitung2 perkiraan jumlah belanjaan karena aku suka main comot aja tapi nggak suka bawa cash banyak. Soalnya udah beberapa kali kacopetan :((

    ReplyDelete
  11. Budaya cashless memang lebih praktis dan menyenangkan. Tak perlu ribet lagi bawa-bawa uang cash. Saking kebiasaannya apa-apa pakai Ovo, aku jadi jarang banget bawa uang cash di dompet. Oh ya, transaksi pakai QR begini juga bikin pencatatan pengeluaran jadi lebih praktis dan semuanya tercatat ya

    ReplyDelete
  12. Yes, dukung budaya cashless society. Semua transaksi terasa mudah dan praktis ya kalau pake QR code gini. Apalagi disertai berbagai promo yang menarik, hayuuukk tarik maaangg...

    ReplyDelete
  13. Saya pertama kali pakai OVO saat belum booming seperti sekarang. Mencoba membayar di supermarket. Sekarang di booth2 minuman dan makananpun transaksi sudah bisa secara cashless

    ReplyDelete
  14. Aku pernah jajan eskrim make link aja.
    Mudah cepet nggak.perlu cash. Make QR-an ini.

    ReplyDelete
  15. Transaksi lancar dengan QR Code Payment
    Ga was was lagi bawa uang banyak di dompet

    ReplyDelete
  16. Untung banget pakai QR ya mbak jadi cepat dan bermanfaat banget apalagi saya senang kalau pakai aplikasi yang cashback hehe

    ReplyDelete

Kamar keluarga Solusi Memulai Bisnis Properti

"Tujuan hidup kamu itu apa sih?", terlintas tanya kadang menghantui saya yang kini masih gamang  untuk menjawabnya. Meski be...