Lingkungan Surgawi dan Fasilitas Luar Biasa Insan Cendikia Madani, Boarding School BSD





“Assalamu’alaikum , maaf bu , ibu dari mana? Ada keperluan apa?”, salam bapak satpam depan pintu gerbang Insan Cendikia Madani, boarding school di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan kepada saya yang baru saja hendak memasuki pintu gerbang. Setelah menjelaskan siapa saya dan keperluannya apa lalu pak satpam meminta ID card saya diganti dengan ID card visitor . Melihat sistem masuk untuk kesini saya langsung berfikir “Wah ternyata cukup ketat ya untuk masuk kesini seperti masuk ke gedung-gedung”, yups saya menganggap ini sebuah hal positif luar biasa karena berarti di sini itu sistem keamanannya memang bagus. 

Selesai diberi ID Card visitor saya langsung menuju tempat untuk berkumpul, sebenarnya sejak di gerbang tadi saya terheran-heran lingkungan ini sangat hijau banyak pepohonan, bersih dan tertata rapih. Tak ingin memakan waktu lama saya langsung tancap gas bersama kak Mutia menuju aula. Sepanjang menuju tempat aula saya melihat megahnya tempat ini, sepi, hening dan banyak sekali spot-spot instagramable seperti wisata edukasi dan lingkungan disini pasti akan saya share foto-fotonya.

Penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang Insan Cendikia Madani ini, ada banyak hal yang membuat saya tertarik karena banyaknya fasilitas pembelajaran di sini yang jujur saja baru saya temui. Ya, saya kesini ingin mengetahui lebih fasilitas apa saja yang ada di sini, sistem pembelajarannya bagaimana serta keunggulannya itu seperti apa karena sebelum kesini saya sempat melihat-lihat instagramnya di @IC_Madani disana banyak sekali kegiatan-kegiatan para siswa-siswi dan banyak juga prestasi yang telah diraih. 

Alimar Halide, Ketua Yayasan dan Direktur Utama Insan Cendikia Madani



Alhamdulillah, akhirnya saya bertemu dengan Ketua Yayasan merangkap Dirut Alimar Halide beserta jajaran Kepala Sekolah masing-masing grade dan juga kepala asrama. Insan Cendikia Madani berdiri diatas lahan seluas 12 hektar sejak tahun 2010. Insan Cendikia Madani lahir dari rahim kepedulian dan keterpanggilan pak Tamsil Linrung ketika menyaksikan bahwa kenyataanya jumlah umat Islam yang masyoritas dengan begitu banyaknya kelas menengah, namun sangat langka adanya lembaga pendidikan Islam yang respentatif. Visi dan Misi Insan Cendikia Madani ini sangat baik dimana dapat melahirkan generasi muda Islam yang dapat di banggakan . 


Misi Insan Cendikia Madani : 


• Membentuk siswa berkarakter pemimpin Islami dan memberikan manfaat untuk orang lain serta lingkungannya.

• Membentuk siswa yang mampu membaca , menghafal , memahami , beribadah dan berakhlak sesuai Al-Qur’an dan sunah.

• Membentuk siswa yang mampu mengembangkan dan memanfaatkan keunikan /potensi khasnya masing-masing. 

• Menyelenggarakan sekolah berstandar global yang mampu membentuk siswa berfikir ikmiah, kreatif, inovatif dan solutif ( menjadi problem solver )

• Menjadikan civitas akademika sebagai perwujudan ( role model) budaya masyarakat Madani.


SMP Insan Cendikia Madani

Visi dan Misi yang bagus untuk generasi muda Islam tentunya. Insan Cendikia Madani menggunakan kurikulum Cambridge yang merupakan kurikulum berstandar internasional dan telah mendapat pengakuan dunia sebagai kurikulum terbaik. Kurikulum Cambridge memiliki reputasi yang telah teruji dalam melaksanakan pembekalan bagi para siswa menghadapi ujian masuk universitas, kehidupan sekolah dan pencarian pekerjaan. 

Seperti halnya Boarding School lainnya dimana para siswa -siswi ini dilatih secara akademik dan kemandiriian, salut banget saat mendengar bahwa siswa dan siswi disini setiap harinya melaksanakan semua ibadah wajib dan sunah seperti sholat tahajud, puasa senin kamis dan masih banyak lagi. 

Insan Cendikia Madani BSD


Percayalah setiap anak itu berbeda dan saat masuk kesini pastinya memiliki potensi atau bakat masing -masing namun perlahan tapi pasti semua mengikuti aturan dimana mereka wajib melaksanakan ibadah, akhlak karena merupakan pondasi untuk kehidupan setelah setelah sekolah. Ya pondasi inilah yang terus dipupuk oleh para pengajar Insan Cendikia Madani. 

Pondasi agama yang kuat dan kemandirian di Insan Cendikia Madani juga menerapkan metode digitalisasi karena hal ini digunakan untuk mengurangi pemakaian kertas guna mendukung pengurangan limbah kertas di Sekolah makanya para siswa -siswi SMP dan SMP sudah dilengkapi dengan tablet yang terkoneksi internet untuk sarana belajar siswa. Fix untuk belajar ya bukan komunikasi karena di sini para siswa siswi dilarang menggunakan smartphone. 

Untuk para orang tua kita bisa melihat kegiatan anak kita disini secara spesifik maupun perkembangannya, misalnya saja apakah anak kita hari ini sholat tahajud atau tidak? Nah bisa tahu menggunakan kode tertentu. 


Yups itu tadi sedikit penjelasan tentang Insan Cendikia Madani, BSD nah sekarang saya mau sharing fasilitas – fasilitas apa saja yang ada disini dan bagaimana sih lingkungannya?.



Fasilitas Insan Cendikia Madani 




Sebagai sekolah terbaik dengan visi misi yang mulia tentunya ada banyak fasilitas modern yang mendukung para siswa siswi untuk mengembangkan potensinya. Nah disini ada banyak fasilitas yang sukses bikin saya jatuh cinta dan berharap anak-anak saya dapat mengenyam pendidikan disini. Design bangunan yang artistik dan nyaman banget. Seperti foto diatas itu , saya sedang duduk di depan kantin ICM dan diatas bangunan kantin itu terdapat perpustakaan.




Perpustakaan di BSD

Perpustakaan dilantai atas, suasana disana cukup bersih , ada pula loker untuk sepatu. Untuk masuk perpustakaan wajib mengucapkan salam “Assalamu’alaikum “ baru deh kita bisa masuk. Buku-buku disana juga cukup banyak dan ada beberapa ruangan.




Fasilitas olahraga 

Doc : ICM

Doc : ICM




Ada banyak lapangan olahraga seperti basket, futsal, bulu tangkis , arena gym outdoor , arena skate board, kolam renang (sisa -siswi dipisah ) , kolam renang di asrama dan kolam renang untuk TK dan SD. Ini baru sebagian ya genks ,, masih banyak lagi lapangan lainnya yang buat kita terkagum-kagum. 


3 buah Laboratorium sains




Untuk mendukung riset daan pendalaman sains dalam bentuk studi aplikasi ada 3 laboratorium di ICM yang pastinya dilengkapi fasilitas mutakhir.




Kantin dan IC Mart 

Kantin di Insan Cendikia Madani



Kantin, yups di kantin ini tempat makan para guru, siswa , dan karyawan ini memiliki dapur yang dikelola tim catering internal ICM yang dipimpin oleh Chef yang berpengalaman di hotel berbintang dab dimonitor langsung oleh hli gizi juga , so pasti disini menghadirkan menu yang sehat dan bernutrisi.


Gedung Asrama yang luas dan bersih 



Sekolah Insan Cendikia Madani


Insan Cendikia Madani memiliki 4 gedung asrama yang cukup luas dengan kapasitas 608 orang. Asrama putera dan puteri ini juga dipisah tentunya. Setiap kamar ada AC, 4 tempat tidur, lemari, rak buku, meja serta kursi belajar dan juga rak sepatu. Nah di sini pakaian anak-anak itu di laundry dan mereka mendapat jatah 20 kg dalam sebulan. Tugas mereka ya membersihkan kamar secara mandiri tentunya.

Insan Cendikia Madani juga menyediakan kebutuhan psikis para siswa , jjadi mereka bisa curhat dengan ustadz atau ustadzah dan program ini termasuk pembinaan asrama. Cukup menarik banget ya jadi kalau anak-anak ada unek-unek bisa dicurahkan pada tempatnya dan dibantu carikan solusi.


Fasilitas Transportasi 




Untuk menunjang kegiatan-kegiatan siswa diluar sekolah seperti mengikuti pelatihan atau lomba dan lainnya ICM menyediakan puluhan mobil dengan driver yang standby setiap harinya.



Klinik Sekolah 


Untuk fasilitas kesehatan juga ada nih yaitu klinik sekolah dimana ada tim dokter dan perawat yang standby 24 jam. Tak hanya itu saja ICM juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Internasional Premier Bintaro jika ada siswa yang sakit dan harus di rujuk.


Mini Zoo dan Green House

Seneng banget bisa kasih makan Rusa dari dekat gini 😍



Saat memasuki gerbang masuk terlihat ada kawasan yang cukup unik dan menarik perhatian saya yaitu mini zoo ya disini ada mini zoo yang dihuni oleh banyak rusa laalu tak jauh dari sana ada ayam kate juga lho. Lalu ada juga nih green house di belakang kandaang rusa.


Keren banget kan ? Belum lagi ada banyak kolam-kolam ikan di beberapa spot sungguh surgawi banget ya lingkungannya.


Yups itu tadi sebagian kecil fasilitas yang ada di Insan Cendikia Madani, iya sebagian kecil saja karena masih banyak lagi fasilitas lainnya yang mendukung tumbuh kembang para siswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

Nah saya ingin juga nih share suasana Primary school dan Presschool Kindergarten yang menurut saya bagus banget . Untuk TK dan SD Insan Cendikia Madani ini tidak menginap di asrama alias pulang kerumah. Untuk kegiatan belajarnya moving class gitu. Nah di kawasan ini ada ruangan art, music, dan masih banyak lagi. 


TK dan SD Insan Cendikia Madani 













Doc : Meili





Yups itu tadi adalah sebagian foto gambaran mengenai TK dan SD di Insan Cendikia Madani BSD. Sebagai orang tua dengan 2 orang puteri, setelah melihat berbagai fasilitas, teknologi, cara pembelajaran dengan SDM yang berkualitas tentunya ingin sekali menyekolahkan mereka disini. Apa lagi lingkungan hijau yang cukup luas sehingga stress pada anak itu pastinya menurun bahkan saya berfikir kalau anak-anak menuntut ilmu disini pasti bahagia. 

Lingkungannya benar-benar surgawi banget, banyak spot foto yang bagus dan tempat-tempat seperti pendopo untuk anak-anak belajar juga. Disini potensi anak-anak juga dapat berkembang dan baik , para pengajar juga membantu mengembangkan potensi para siswa karena ada tes pskikotes untuk mengetahui bakat para siswa makanya tak heran kalau banyak anak-anak yang berprestasi di Insan Cendikia Madani.  




Insan Cendikia Madani
Boarding School Development
Jl. Ciater Raya Rt.05 RW.09 , Serpong Tangerang Selatan
Telp . 021-7587444, 021-756851
Email : info@insancendikiamadani.sch.id
www.insancendikiamadani.sch.id




23 komentar

  1. Ya Allah... mupeng banget liat sekolahnya. Tadinya saya pun berencana pengen masukin anak kesini, tapi sepertinya tdk tercapai
    :(

    BalasHapus
  2. Wah tempatnya baguuus sekali, terlihat nyaman, asri dan bersih. Fasilitasnya juga sangat lengkap ya. Pasti senang anak-anak yang bersekolah di sini.

    BalasHapus
  3. Iya sih ini sekolah keren banget.waktu tidak terasa kalau sekolah ini. Fasilitas sekolah ini memang bagus dan semoga di ikuti dengan prestasi para Siswa nya

    BalasHapus
  4. Masya Allah TabarokAllah..... dengan fasilitas luar biasa seperti ini, pertanyaan terbesar yg menggelayuti emak2 adalah.... UANG GEDUNG DAN SPP per bulan BERAPA kah? :D
    Semoga ada program beasiswa juga ya

    BalasHapus
  5. Masya Allah... aku mau disuruh sekolah lagi di situ kalau begini mah, hhee. Itu baru TK sama SD nya aja ya mom?

    BalasHapus
  6. Fasilitasnya udah canggih dan komplit. Kalau kegiatan belajarnya menyenangkan, jadi sekolah impian banget deh

    BalasHapus
  7. Masya Allah bagus banget sekolahnya. Kalaupun harus nginep pasti pada betah. Tapi ini nggak mondok kok ya. Kurikulum cambridge itu udah terbukti bagus membentuk cara belajar & berpikir anak. Seenggaknya itu yg aku lihat di anakku karena sekolahnya juga pakai.

    BalasHapus
  8. MAsha Allah visi misinya bagus banget. Apalagi tempanya asri nyaman banget bikin betah para siswa.

    BalasHapus
  9. Sekolah yang bagus ya...
    Fasilitasnya lengkap sekali, pastinya menghasilkan anak-anak hafidz dan hafidzah

    BalasHapus
  10. Waaah sekolahnya bagus, fasilitas pasti lengkap...anak-anak tentu nyaman bersekolah disini ya mbak. Terutama menyangkut ilmu agama, pasti mereka diajarkan ilmu agama oleh guru-guru yang sudah berkompeten di bidangnya.

    BalasHapus
  11. waaaahh... sekolahnya bagusss bangettt.... udah kayak universitas... fasilitasnya lengkap bersih dan besar besar...

    BalasHapus
  12. Masya Allah takjub dengan sekolahnya yang bikin betah siapapun. Apa anak saya di sekolahkan di situ aja ya. Duh bakal malas pulang kalau sekolahnya seperti ini.

    BalasHapus
  13. Bagus bangeeet ya mba.. bisa jadi referensi penting untuk kita yang mencari sekolah bagus untuk anak - anak

    BalasHapus
  14. Semua harapan orangtua dalam menitipkan putra putrinya untuk mendapat pendidikan di sekolah semua terjawab di bina insa cendekia madani ini.. jadi orangtua merasakan kenyamanan dan keamanan untuk anak anak mereka ya

    BalasHapus
  15. Wah keren banget sekolahnya. Sekolah idaman keluarga muslim nih mbak Amel. Menyeimbangkan antara kecerdasan spiritual dan akademis

    BalasHapus
  16. Waw waw hahah saya sampe berdecak kagum liat boarding school ini loh mba. Asri dan lengkap sekali untuk anak-anak bersekolah. Kebayang deh biayanya berapa yang harus disiapin hahaha.. jadi Mba Amel udah rencana nyekolahin buah hati ke sini apa gimana mba? Semoga lancar yaa semuanya

    BalasHapus
  17. Mantap sekali fasilitas yang ditawarkan oleh Insan Cendikia Madani ini. Betul sekali, pendidikan akhlak penting banget diberikan kepada anak-anak kita. Meskipun jaman telah berkembang secara pesat dan teknologi merajai kehidupan, manusia tetap makhluk yang harus menjaga adab dan nilai-nilai agamisnya.

    BalasHapus
  18. Fasilitasnya bikin mupeng banget Mbak. Serba lengkap Maa syaa Allaah. Pastinya anak-anak bakal senang menempuh pendidikan di sini, apalagi selain fasilitas , pendidikannya di sini juga oke ya Mbak

    BalasHapus
  19. Aku penasaran brp biaya masuk pendaftaran ke boarding school ini. Adanya cuma di Tangerang aja kah mba? Keren banget yah lokasi BSDnya, aku yakin siswa bakal betah jika lingkungan belajarnya seperti ini

    BalasHapus
  20. Pengin lihat anak-anaknya berinteraksi dengan para pengajar atau seragamnya.
    Hihii~
    Suka gemessh kalo lihat sekolahan Islami yang keren.

    BalasHapus
  21. Wahhh saya baru dengar nama tempat ini. Jadi penasaran pengen coba juga deh

    BalasHapus
  22. Ya allah..
    Pengen banget sekolahin anak aq arya dsana
    Semoga th depan bisa tercapai..
    Apakah ada keringanan untuk standar menengah kebawah..

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉